Minggu, Agustus 20

Apa sih Bareksa.com itu ?

Sejarah Bareksa.com

Bareksa.com adalah marketplace reksa dana online terintegrasi pertama di Indonesia, yang bernaung di bawah PT Bareksa Portal Investasi yang didirikan pada tanggal 17 Februari 2013.
Portal ini, selain menyediakan platform untuk melakukan jual-beli reksa dana secara online, juga memberikan layanan data, informasi, dan alat investasi reksa dana, saham, obligasi, dan lainnya, untuk memudahkan masyarakat berinvestasi.
Didirikan dan diawaki anak-anak muda yang berpengalaman di bidang pasar modal, teknologi informatika dan media digital, Bareksa.com memiliki visi dan misi untuk ikut menumbuh kembangkan dunia investasi di kalangan masyarakat Indonesia dengan memanfaatkan teknologi informatika dan Internet. Bareksa.com juga berambisi turut serta semakin meningkatkan eksposur dunia investasi nasional ke pasar global.
Dalam Bahasa Sansekerta, 'bareksa' berarti pohon. Adalah cita-cita kami, sebagaimana namanya, kehadiran Bareksa.com dapat turut membuat dunia investasi nasional semakin tumbuh rindang dan berbuah lebat bagi kesejahteraan masyarakat luas. Sejarah baru ditorehkan di dunia pasar modal Indonesia. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memberikan lisensi resmi kepada portal finansial Bareksa untuk menjual reksa dana di Indonesia secara langsung kepada nasabah. Dengan demikian, Bareksa menjadi perusahaan teknologi pertama yang mendapat lisensi sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APRD).
Izin diberikan kepada PT Bareksa Portal Investasi, sebagai perusahaan yang memayungi portal finansial Bareksa, dan tertuang dalam SK Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan No. KEP-6/D.04/2016 tentang Pemberian Izin Usaha Perusahaan Efek yang Melakukan Kegiatan Usaha Sebagai Perantara Pedagang Efek yang Khusus Didirikan untuk Memasarkan Efek Reksa Dana, tertanggal 8 Februari 2016. Salinan keputusan menyatakan bahwa Bareksa sudah dinyatakan memenuhi dokumen dan segala persyaratan untuk menjadi agen penjual reksa dana.

Berikut adalah produk dari Bareksa.com :
1. Data Market
Kami menyediakan berbagai data yang komprehensif, mendalam, dan updated yang pada tahap awal meliputi data reksa dana, saham, dan obligasi.
2. Alat Investasi
Untuk memudahkan investor dan calon investor, kami mengembangkan dan menyediakan berbagai alat dan aplikasi digital yang dirancang untuk memudahkan mencari, mengolah, dan menganalisis data yang relevan untuk pengambilan keputusan berinvestasi.
3. Berita & Analisis
Di tengah menggunungnya berita dan informasi di era digital ini, kami menyediakan dan memilihkan berbagai berita, informasi, dan analisis mendalam yang termutakhir dan relevan bagi investor dan calon investor dalam mengambil keputusan investasi. Bareksa.com juga menyediakan platform di mana investor dan calon investor dapat bergabung, berdiskusi, dan saling berbagi di komunitas online investor.
4. Marketplace Reksa Dana
Bareksa.com juga menyediakan platform bagi Anda untuk melakukan investasi secara online melalui komputer personal, telepon seluler, maupun tablet Anda. Platform ini dirancang oleh tim kami yang berpengalaman untuk menjamin keamanan, kenyamanan, dan kemudahan Anda dalam bertransaksi dan berinvestasi. Untuk tahap pertama, kami menyediakan marketplace untuk melakukan jual beli reksa dana secara online.

Cara Investasi Reksadana Online dan Cara buka Akun Reksa Dana di Bareksa.com
Dalam artikel kali ini Finansialku akan membahas bagaimana cara investasi reksadana online dengan Bareksa.com. Pertama kali, Anda perlu mendaftar (sign up) di Bareksa.com. Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk mendaftar akun di Bareksa.com. Berikut ini panduan cara membuka akun di Bareksa.com. Jika Anda mengalami kesulitan, jangan ragu untuk  menghubungi layanan bantuan (customer service) Bareksa di nomor 0812 2345 4552 (dapat dihubungi melalui aplikasi WhatsApp) atau Anda juga dapat mendownload tutorial penggunaan aplikasi Bareksa.
Untuk lebih memudahkan nasabah, sejak Juni 2016, Bareksa telah menggunakan fitur digital signature. Dengan fitur ini, proses pembukaan rekening nasabah reksa dana di Bareksa sudah 100 persen online. Formulir Pembukaan Rekening (FPR) cukup diisi online dan lalu dibubuhi tanda tangan elektronik. Jadi, pendaftar tidak lagi harus repot-repot mencetak FPR setelah mengisi formulir online, membubuhkan tanda tangan basah, dan lalu mengirimkannya pakai pos ke kantor Bareksa.
Berikut adalah panduan untuk mengisi FPR secara online dan membubuhkan tanda tangan elektronik: 
1. Masuk ke situs www.bareksa.com, lalu klik 'Buka Account’.
2. Isi data diri sesuai kartu identitas, juga alamat email, password untuk login, serta nomor HP. Alamat email dan nomor HP harus valid dan statusnya aktif. Ini karena keduanya akan kamu perlukan setiap kali melakukan konfirmasi transaksi.
3. Data lainnya yang harus diisi adalah data referensi bank (rekening sumber dan penerima dana saat bertransaksi). Pastikan nama rekening kamu sama dengan nama yang didaftarkan.
4. Baca Syarat dan Ketentuan, kemudian centang tanda kamu menyatakan setuju terhadap semua isinya. Jika tidak mencentang, kamu dianggap tidak setuju dan tidak dapat melangkah ke tahap berikutnya.
5. Pilih metode ‘TandaTangan Elektronik’ lalu klik ‘Kirim SMS’ untuk mendapatkan link halaman tanda tangan digital ke nomor ponsel yang kamu daftarkan. Catat nomor kode token yang tercantum di halaman pernyataan menggunakan tanda tangan digital. Sebab, kode itu diperlukan untuk mengkonfirmasi tanda tangan digital kamu di halaman (tab) berikutnya. Jangan lupa centang tanda kamu menyatakan setuju menggunakan tanda tangan digital.
6. Cek SMS yang dikirimkan Bareksa, lalu klik link halaman tanda tangan digital. Setelah halaman terbuka, putar ponsel kamu supaya layar menjadi lebih lebar, lalu tanda tangani di layar monitor ponsel kamu. Masukkan kode token di atas, lalu 'Simpan Tanda Tangan'. 
7. Buka halaman (tab) yang berisi pernyataan kamu, lalu klik 'Tampilkan Tanda Tangan' sehingga akan tampak seperti gambar berikut ini.
8. Proses selesai sudah. Klik ‘Selanjutnya’ untuk mengakhiri proses pembukaan rekening reksa dana secara online dengan membubuhkan tanda tangan digital. Tim Bareksa akan melakukan verifikasi dan lalu mengaktifkan rekening nasabah reksa dana kamu. Mudah bukan?

Apa Bukti Transaksi Reksa Dana Online (Bareksa.com) ?
Kita sebagai investor reksa dana, tidak perlu khawatir tentang proses transaksi reksa dana secara online ini melalui Bareksa. Apabila kita membeli reksa dana dan sudah mentransfer uang ke rekening produk reksa dana yang kita pilih, transaksi tersebut akan diproses dan tercantum dalam halaman 'Order' di menu Reksa Dana Online Bareksa. Status dari instruksi tersebut pun dapat terlihat di halaman 'Order' ini, yakni masih dalam proses 'On Process' atau sudah selesai 'Completed'.
Selain itu, bukti transaksi reksa dana kita juga tercatat dalam Surat Konfirmasi Transaksi (SKT) yang diterbitkan oleh Bank Kustodian yang menyimpan aset atau kekayaan reksa dana. Surat konfirmasi transaksi ini adalah dokumen yang menunjukkan nilai bersih, Nilai Aktiva Bersih per unit (NAB/unit) atau harga pembelian reksa dana, jumlah Unit Penyertaan yang ditransaksikan (dibeli atau dijual) dan saldo akhir unit penyertaan.

Referensi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar