Kamis, Agustus 10

MENJADI SEORANG ENTERPRENEUR

@E22-Jessica
Oleh : Jessica Siahaan (41615120072)



Proses termotivasinya seseorang dengan orang lain untuk menjadi pengusaha berbeda-beda. Tidak semua orang memiliki motivasi yang sama untuk menjadi pengusaha.
Sebenarnya bangsa Indonesia memiliki dasar spirit dan keterampilan yang unik di masing-masing daerah. Sebagai bangsa Indonesia jangan biarkan bangsa lain mengelolah sumber daya dan kita hanya berdiam diri tanpa melakukan apa pun.
Menjadi seorang enterpreneur harus :

1) Mengalahkan Mitos
Pendidikan menjadi kunci sukses keluar dari kesulitan dan membantu meraih keberhasilan usaha. Jangan percaya pada mitos-mitos terkait kewirausahaan. Berikut ini beberapa mitos yang selalu kita dengar di tengah masyarakat :
  •  Wirausaha merupakan bakan & keturunan
  •  Pengusaha adalah pelaku, bukan pemikir
  •  Wirausaha tidak bisa diajarkan atau dibentuk
  •  Pengusaha adalah selalu sebagai investor
  •  Pengusaha membutuhkan keberuntungan
  • Pengusaha harus selalu sukses dan tidak boleh gagal
  • Pengusaha adalah sama seperti penjudi

2) Mengubah Pola Pikir
Merubah sesuatu yang telah menjadi kebiasaan tidak mudah. Perubahan bukanlah kata yang menakutkan dan membahayakan. Mengubah pola pikir memerlukan keberanian dan kerelaan.
Menurut McGrath dan MacMillan (2000) ada lima karakteristik yang umumnya dimiliki oleh pengusaha :


  • Pengusaha sangat bersemangat dalam melihat atau mencari peluang-peluang baru
  •  Pengusaha mengejar peluang dengan disiplin yang ketat
  • Pengusaha hanya mengejar peluang yang sangat baik dan menghindari mengejar peluang lain   yang belum jelas
  • Pengusaha berfokus pada pelaksanaan
  • Pengusaha mengikutsertakan energy setiap orang yang berbeda dalam jangkauan mereka

3) Memotivasi Berprestasi
Semakin seseoang meyakini bahwa dirinya dapat mengelolah berbagai kekuatan dan kelemahan, maka semakin yakin ia bahwa dirinya dapat mewujudkan satu prestasi. Ciri-ciri pribadi wirausaha yang berhasil adalah :
  • Berorientasi pada tindakan dan memiliki motif yang tinggi dalam mengambil resiko untuk mencapai tujuan
  • Dapat mendayagunakan kekuatan-kekuatan yang dimiliki dan mengurangi kelemahan- kelemahan yang ada
  • Mempunyai perilaku yang agresif dalam mengejar tujuan atau berorientasi pada tujuan dan hasil
  • Mau belajar dari pengalaman
  • Memupuk dan mengembangkan pribadi unggul secara terus-menerus
Seseorang berwirausaha karena adanya sesuatu motif, yaitu motif berprestasi. David C. McClelland mengelompokan motivasi menjadi tiga motif social yaitu: kebutuhan akan prestasi, kebutuhan akan kekuasaan, dan kebutuhan akan afisiliasi.

4) Memanfaatkan Kekuatan Pikiran Bahwa Sadar
Apa saja yang kita dapatkan hari ini, baik disadari maupun tidak, sebenarnya merupakan hasil dari proses kekuatan alam bahwa sadar. Yakinlah apa yang kia dapatkan hari ini sebenarnya sudah pernah kita bayangkan sebelumnya atau pernah terlintas dalam otak, imajinasi, atau bahkan dalam mimpi walau hanya sesaat.
Proses mental bahwa sadar dapat membantu kita melaksanakan kegiatan sehari-hari. Menggunakan kekuatan yang terfokus pada keiginan untuk merasakan suatu kesenangan atau kesengsaraan mampu menimbulkan energy dasyat dalam hidup.
Pikiran manusia dapat dikelompokan menjadi dua yaitu pikiran sadar dan tidak sadar. Pikiran bahwa sadar mampu mengontrol tindakan secara otomatis. Beberapa factor atau kondisi yang mendorong semakin produktifitasnya pikiran bawah sadar yaitu :
  •  Sikap ragu-ragu
  •  Sikap berani
  •  Bermacam-macam pengalaman, memori, dan ketertarikan
  •  Persiapan yang sempurna dan sungguh-sungguh
  •  Menyerah sementara
  •  Istirahat / santai
  •  Menulis
  •  Bertukar pikiran
  •  Bebas dari kebingungan atau kekacauan
  •  Batas waktu (deadlines)
  •  Tensi (tension)

Berikut adalah 11 prinsip menjadi pengusaha Sukses :
a)      Sukses dapat didefinisikan dalam berbagai cara.
Jangan membuat kesalahan dengan memfokuskan secara eksklusif pada berapa banyak uang yang anda hasilkan. Uang memungkinkan untuk melakukan sesuatu, tidak lebih, tidak kurang. Anda dapat menggunakan uang untuk membantu orang lain. Ini memberi kesempatan untuk bermurah hati dan melakukan hal yang benar.
b)      Menjadi sukses akan memakan waktu lebih lama dari yang kita pikirkan seharusnya.
Tidak ada cara tepat menjadi sukses. Jangan percaya siapa pun yang mengatakan sebaliknya. Mereka mengiklankan bagaimana cara cepat mencapai keberhasilan. Mengejar kesuksesan itu membutuhkan waktu dan proses lama karena untuk jangka panjang. Profesi pengusaha itu membutuhkan dedikasi. 
c)       Banyak cara untuk mencapai keberhasilan.
Entrepreneur itu selalu bergerak. Jadi belajarlah sebanyak mungkin dari orang lain. Belajar dari pengusaha sebanyak mungkin. Tapi bukan berarti anda mengikuti jalan mereka, anda bisa membuat peta jalan sendiri dan mengubahnya. Tentu kita sudah mengetahui bahwa mendengar dan membaca pengalaman para pebinis sukses mempunyai jalan berbeda dalam meraih kesuksesan. 
d)      Harus bersedia berkorban. Waktu adalah salah satu dari mereka (usaha).
Jadi pastikan anda menikmati apa yang anda lakukan. Menjadi pengusaha harus merelakan waktu, karena waktu adalah uang. Apalagi saat memulai dan bagi pemula. Namun, jangan biarkan dedikasi anda menghancurkan bagian lain dari kehidupan anda. Memang banyak orang berkata harus bekerja 24 jam sehari. Akan tetapi kuncinya ada ditangan kita sendiri. 
e)      Perlakukan setiap orang dengan hormat.
Kita semua saling berhubungan. Industri lebih kecil dari seperti kelihatannya. Pengusaha bijaksana selalu memperlakukan setiap orang dengan hormat. Pebisnis yang telah hidup dalam proses kesuksesan berjiwa sosial yang tinggi. Memperlakukan setiap orang dengan hormat. Karena mereka pada umumnya mereka sudah mengalaminya.
f)     Jika seseorang memperlakukan anda dengan buruk dari awal, usahakan untuk memperbaiki hubungan tersebut menjadi lebih baik.
g)      Cobalah untuk bersabar.
Situasi buruk terjadi ketika anda terburu-buru. Perlu diperhatikan bahwa waktu adalah salah satu aset terbesar pebisnis. Jika anda memberikan cukup waktu untuk berpikir sesuatu, anda akan menemukan lebih banyak kemungkinan.
h)      Jangan mencoba untuk mengubah orang yang sulit.  
Berfokuslah pada mengubah cara anda menangani mereka. Itulah salah satunya hal yang dibawah kendali anda.
i)        Memiliki sikap positif.
Orang ingin bekerja dengan orang yang mereka sukai. Tapi tentu mencari orang seperti itu sulit, apalgi sesuai dengan skil yang dibutuhkan ke dalam bisnis. Maka memiliki sikap positif pada siapapun adalah cara terbaik agar dapat bekerjasama dengan setiap orang. Jika kita berpikir postif pada orang yang tidak kita sukai, besar kemungkinan mereka juga akan melakukan hal yang sama.
j)        Selalu berkata jujur, bahkan ketika itu menyakitkan.
Terkadang kita menjauhkan diri dari kejujuran, karena ketakutan beberapa hal. Menjaga harga diri atau menjaga perasaa orang lain. Tapi kejujuran walalupun menyakitkan harus tetap disampaikan, karena satu hal dapat berakibat baik atau buruk dalam di masa akan datang. 
k)      Mengakui kesalahan.
Banyak pengusaha yang memiliki egois tinggi. Ketika merasa salah, takut dan malu mengakui kesalahan. Tetap menyalahkan orang lain, pemerintahan bahkan sampai melemparkan kesalahan kepada karyawannya. Maka ketika anda gagal mengambil tanggung jawab atas tindakan sendiri atau pegawai, akuilah. Sebab itu bisa membusuk dan menjadi sebuah kebencian.


Daftar Pustaka :
Anonim. 2017. Motivasi Menjadi Pengusaha Sukses. http://fennymeifiska045.blogspot.co.id/2013/04/motivasi-menjadi-pengusaha-sukses.html (diakses pada tanggal 10 Agustus 2017)
Anonim. 2017. 11 Prinsip Menjadi Pengusaha Sukses. http://idemotivasibisnis.blogspot.co.id/2015/08/11-prinsip-menjadi-pengusaha.html (diakses pada tanggal 10 Agustus 2017)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar