Senin, Agustus 14

LANGLANGBUANA SIDAT INDONESIA


Oleh : @E13-Iqbal Muhamad iqbal

Pada saat ini bisnis ikan sidat adalah suatu hal yang  jarang orang tau, pada hal di balik itu keuntungan nya sangat mengiurkan beromset tinggi  dan juga sanga menjanjikan.
Apalagi jumlah permintaannya sangat tinggi. Contohnya saja di jepang ikan sidat sudah menjadi makanan utamnya.        Di jepang sendiri ikan  sidat biasa disebut unagi dan udanon. Hidangan ini berupa sidat bakar yang disajikan di atas nasi.  Namun di Jepang ikan sidat sudah menjadi ikan yang langka, di negaranya hanya mampu diproduksi sekitar 30 persen dan sisanya 70 persen hasil dari impor dari negara negara lain termasuk dari di Indonesia.
Permintaan ikan sidat di dalam negeri sebenarnya cukup tinggi, hanya saja jumlah petani sidat di Indonesia masih sangat rendah. Oleh karena itu harga ikan sidat Indonesia menjulang tinggi.
Untuk perencanaan usaha nya adalah :  Pemasaran  kami menargetkan pasar lokal , begitu juga dengan permintaan ekspor sidat dari Jepang dan korea meningkat menjadi 2000 ton di tahun 2011. Hal ini dikarenakan Jepang telah menutup akses impor sidat dari Taiwan dan China yang tercemar bakteri patogen. Dengan demikian tentu permintaan sidat ke Indonesia akan meningkat tajam. Dari kebutuhan sidat di Jepang 60 ribunya masih belum terpenuhi
Untuk operasioanal usaha nya adalah :
1.   Pembuatan kolam
2.  Mengetahui jenis jenis ikan sidat
3.  Mengetahui benih sidat yang Baik dan tempat pemasok benih Ikan sidat Salah satu kriteria benih         ikan sidat yang baik
4.  Manajemen pemberian pakan
5.  Mengetahui penyakit pada ikan sidat dan berikut pengobatannya

Faktor kenapa saya  memilih usaha budidaya ikan sidat 
1. Tidak terlalu sulit untuk membudidayakan ikan sidat, dimana ikan ini mudah beradaptasi.
2. Ikan sidat cukup laris di pasaran, ikan ini banyak dicari dengan menghadirkan rasa ikan yang    sangat nikmat. Ikan jenis ini kerap dolah di berbagai bisnis kuliner baik rumaha makan hingga restoran. 
3. Cara beternak ikan sidat memang bisa dikatakan tidak sulit, siapapun bisa memulainya dengan mudah termasuk Anda
4.  Modal yang dibutuhkan yang dalam budidaya ikan sidat memang terbilang tidak besar. Cara pemasaran ikan sidat juga terbilang sangat gampang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar