Sabtu, Agustus 5

Peluang Usaha dan 11 Prinsip Pengusaha Sukses

Oleh :
Yulius Adi Prasetya / 41615120074

Bebrapa jenis usaha dengan modal kecil yang berpeluang memberikan penghasilan dan sangat menguntungkan tentunya terbatas pada target yang kecil pula.
Menyimak sekilas tentang Usaha Kecil dan Menengah (UKM), di Indonesia saat ini mempunyai peranan penting dan memberikan kontribusi yang cukup besar dalam meningkatkan perekonomian dan pembangunan negara.
Sehingga, peluang bisnis dan usaha bagi pemiliki modal kecil sebaiknya lebih mengedepankan kreatifitas untuk mampu bersaing pada era ekonomi global seperti sekarang ini dan sampai masa yang akan datang.
Bergerak dalam bidang usaha kecil sebaiknya memiliki market yang benar benar jitu, sehingga bisnis yang dirintis dapat mencapai sasaran dengan tepat, mengingat dengan modal usaha yang sangat minim bisa di ibaratkan seorang pemancing yang hanya memiliki sedikit umpan namun harus dapat menarik perhatian ikan di danau yang luas.


 Peluang Usaha Dengan Modal di Bawah 500 Ribu

Saat ini negara kita sedang dihadapkan dengan ekonomi yang sulit. Harga barang semakin mahal dan entah kapan permasalahan ekonomi ini bisa berakhir. Namun Anda tak harus meratapi nasib karena Anda bisa memulai bisnis sendiri dengan modal sendiri. Banyak orang yang berpendapat bahwa membuka sebuah bisnis harus terlebih dahulu memiliki uang yang banyak.
Siapa bilang membuka sebuah usaha harus memiliki modal ratusan juta? Ada banyak peluang bisnis yang dapat Anda jalankan dengan modal 500 ribu, apa saja saja? ini dia?
1. Buka Warkop
Hampir setiap orang suka minum kopi. Warkop kecil tidak membutuhkan modal lebih dari 500 ribu jika didirikan di pinggir jalan, atau bahkan di halaman rumah Anda sendiri. Konsepnya bisa berupa lesehan atau warung duduk yang menjual aneka macam snack dan minuman utama yang bikin melek, yaitu kopi. Warkop Anda akan diserbu oleh tetangga dan kenalan sebelum mereka pergi bekerja. Ada banyak kebutuhan yang harus dibeli namun harganya tidak mahal. Spanduk yang bertuliskan nama warkop Anda, alat-alat dapur serta kompor untuk menghangatkan makanan. Perlu diketahui, resiko yang sering terjadi adalah makanan sisa yang tidak terjual.
2. Berjualan Pulsa Elektronik 
Jaman sekarang, siapa yang tidak punya handphone? Hampir setiap orang memiliki ponsel karena harganya yang semakin terjangkau, dan internet pun sudah masuk desa. Anda dapat mencoba usaha berjualan pulsa karena semua hape membutuhkannya. Apalagi, saat ini deposit minimal yang dibutuhkan untuk berjualan pulsa cukup hanya seharga Rp. 300.000,-.
Yang Anda butuhkan hanyalah ponsel yang dapat mengirimkan pulsa elektronik tersebut ke ponsel pembeli. Handphone yang biasa pun dapat digunakan dan tidak perlu harus smartphone.
3. Berjualan Gorengan
Cemilan sejuta umat ini digemari oleh siapa saja. Sebagai peluang usaha sampingan, berjualan gorengan dapat dilakukan saat sore hari, sepulang kerja. Bahannya pun mudah didapat dan murah harganya. Mulai dari tahu hingga tempe goreng, peluang usaha ini tidak membutuhkan banyak modal untuk memulainya.
Modal yang paling besar untuk peluang usaha ini adalah membeli gerobak dan alat-alat penggorengan termasuk tabung gas dan wajan. Untuk bahan-bahannya sendiri cukup mudah didapat dan harganya pun cukup murah. Sebagai bonus, gorengan disukai anak-anak maupun orang tua, miskin maupun kaya! Jadi, pangsa pasar Anda sangat terbuka lebar bagi semua kalangan.
4. Menerima Pesanan Kue
Anda suka membuat kue? Jadikan kegemaran Anda ini sebagai peluang bisnis. Banyak orang yang suka mencicipi makanan manis tapi malas untuk membuatnya sendiri. Pesanan kue tidak membutuhkan modal banyak karena biaya yang Anda harus keluarkan bergantung pada pesanannya. Anda pun tidak perlu membayar sewa tempat dan lain sebagainya.
Peluang usaha ini mengharuskan Anda membeli oven untuk memanggang roti. Namun ada banyak pilihan oven tradisional yang harganya di bawah 500 ribu. Selain itu, Anda dapat meminta pembayaran dimuka untuk membeli bahan-bahan yang dibutuhkan.
5. Menjadi Dropshipper 
Saat ini, online shop semakin menjamur. Anda bisa membuka peluang di dunia maya dengan menjadi dropshipper. Dropshipper tidak mengharuskan anda memiliki stok barang di rumah, sistem dropshipper ini sangat menguntungkan Anda karena Anda akan memesankan order dari pembeli ke pihak ketiga. Dan pihak ketiga ini pula yang akan mengirimkan barangnya kepada pembeli Anda. Dropshipper meminimalkan resiko ‘barang mati’ atau tidak laku, karena Anda tidak membutuhkan stok barang.
Ada banyak jenis bisnis yang bisa dilakukan dengan sistem dropshipper. Misalnya, baju, aksesoris, alat elektronik, dan lain sebagainya. Kesusahan menjadi dropshipper adalah, membuat konsumen percaya akan layanan Anda. Disaat penipuan yang semakin marak, sangat penting untuk menciptakan image yang positif serta menjalankan usaha dengan jujur agar pelanggan Anda pun bertambah.
6. Menulis Blog
Banyak blog-blog pribadi yang bermunculan dalam berbagai tema, dari traveling hingga kuliner. Banyak yang rela menulis informasi, menghabiskan banyak waktu memotret objek sampai bagus tanpa dibayar?
Keuntungan menulis blog yang bagus dan banyak dikunjungi oleh netizen adalah banjirnya permintaan dari pengiklan untuk memasang “spanduk” di website Anda. Peluang usaha yang populer dan bermodal murah saat ini adalah dengan menulis blog. Ada banyak layanan membuat website gratis yang bisa dicoba seperti wordpress.com atau blogspot.com.
Dengan konten yang relevan dan berkualitas, iklan akan muncul secara otomatis setelah di setting. Dari sinilah blog Anda bisa mendapat penghasilan.
7. Menjadi Endorser 
Anda tahu istilah celeb-gram? Para pengguna Instagram yang memiliki follower ribuan bahkan ratusan ribu.
Para celebgram inilah yang dinamakan endorser. Bukan melulu harus artis, tapi para pemilik akun Instagram yang follower-nya cukup banyak. Setiap hari, para endorser ini mendapatkan kiriman produk dari para penjual, untuk diiklankan di Instagram mereka. Untuk pemula, Anda tidak perlu meminta bayaran namun untuk yang sudah berskala besar, sekali posting tarifnya bisa mencapai Rp200.000 hingga Rp800.000 !

Yapp,, begitulah beberapa cara usaha yang bisa kita terapkan tanpa mengerluarkan banyak modal.

Berikut juga terlampir 11 Prinsip menjadi pengusaha sukses.
Mari berkaca dan belajar mulai dari sekarangg !! Semangat !!
J

11 Prinsip Menjadi Pengusaha Sukses
 - menjadi seorang pengusaha harus bercita-cita tinggi. Fokus menciptakan bisnis yag memiliki nilai moral dan budaya yang besar. Menjadi karyawan bukan sekedar memulai sebuah usaha kecil atau besar lalu asik dalam proses mencari keuntungan. Seorang pengusaha atau menjadi pebisnis harus mempunyai prinsip hidup. Semuanya harus terbentuk dalam sinergi positif.

Berikut adalah 11 prinsip menjadi pengusaha Sukses :

  • Sukses dapat didefinisikan dalam berbagai cara. - Jangan membuat kesalahan dengan memfokuskan secara eksklusif pada berapa banyak uang yang anda hasilkan. Uang memungkinkan untuk melakukan sesuatu, tidak lebih, tidak kurang. Anda dapat menggunakan uang untuk membantu orang lain. Ini memberi kesempatan untuk bermurah hati dan melakukan hal yang benar.
  • Menjadi sukses akan memakan waktu lebih lama dari yang kita pikirkan seharusnya. - Tidak ada cara tepat menjadi sukses. Jangan percaya siapa pun yang mengatakan sebaliknya. Mereka mengiklankan bagaimana cara cepat mencapai keberhasilan. Mengejar kesuksesan itu membutuhkan waktu dan proses lama karena untuk jangka panjang. Profesi pengusaha itu membutuhkan dedikasi. 
  • Banyak Cara untuk mencapai keberhasilan - Entrepreneur itu selalu bergerak. Jadi belajarlah sebanyak mungkin dari orang lain. Belajar dari pengusaha sebanyak mungkin. Tapi bukan berarti anda mengikuti jalan mereka, anda bisa membuat peta jalan sendiri dan mengubahnya. Tentu kita sudah mengetahui bahwa mendengar dan membaca pengalaman para pebinis sukses mempunyai jalan berbeda dalam meraih kesuksesan. 

  • Harus bersedia berkorban - Waktu adalah salah satu dari mereka (usaha). Jadi pastikan anda menikmati apa yang anda lakukan. Menjadi pengusaha harus merelakan waktu, karena waktu adalah uang. Apalagi saat memulai dan bagi pemula. Namun, jangan biarkan dedikasi anda menghancurkan bagian lain dari kehidupan anda. Memang banyak orang berkata harus bekerja 24 jam sehari. Akan tetapi kuncinya ada ditangan kita sendiri. 
  • Perlakukan setiap orang dengan hormat - Kita semua saling berhubungan. Industri lebih kecil dari seperti kelihatannya. Pengusaha bijaksana selalu memperlakukan setiap orang dengan hormat. Pebisnis yang telah hidup dalam proses kesuksesan berjiwa sosial yang tinggi. Memperlakukan setiap orang dengan hormat. Karena mereka pada umumnya mereka sudah mengalaminya.
  • Jika seseorang memperlakukan anda dengan buruk dari awal, usahakan untuk memperbaiki hubungan tersebut menjadi lebih baik.
  • Cobalah untuk bersabar - Situasi buruk terjadi ketika anda terburu-buru. Perlu diperhatikan bahwa waktu adalah salah satu aset terbesar pebisnis. Jika anda memberikan cukup waktu untuk berpikir sesuatu, anda akan menemukan lebih banyak kemungkinan.
  • Jangan mencoba untuk mengubah orang yang sulit.  Berfokuslah pada mengubah cara anda menangani mereka. Itulah salah satunya hal yang dibawah kendali anda.
  • Memiliki sikap positif - Orang ingin bekerja dengan orang yang mereka sukai. Tapi tentu mencari orang seperti itu sulit, apalgi sesuai dengan skil yang dibutuhkan ke dalam bisnis. Maka memiliki sikap positif pada siapapun adalah cara terbaik agar dapat bekerjasama dengan setiap orang. Jika kita berpikir postif pada orang yang tidak kita sukai, besar kemungkinan mereka juga akan melakukan hal yang sama.
  • Selalu berkata jujur, bahkan ketika itu menyakitkan. - Terkadang kita menjauhkan diri dari kejujuran, karena ketakutan beberapa hal. Menjaga harga diri atau menjaga perasaa orang lain. Tapi kejujuran walalupun menyakitkan harus tetap disampaikan, karena satu hal dapat berakibat baik atau buruk dalam di masa akan datang. 
  • Mengakui kesalahan - Banyak pengusaha yang memiliki egois tinggi. Ketika merasa salah, takut dan malu mengakui kesalahan. Tetap menyalahkan orang lain, pemerintahan bahkan sampai melemparkan kesalahan kepada karyawannya. Maka ketika anda gagal mengambil tanggung jawab atas tindakan sendiri atau pegawai, akuilah. Sebab itu bisa membusuk dan menjadi sebuah kebencian.
 Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar