Agustus 19, 2017

Pengembangan usaha "Comet"

@E21-sandi
@proyek C05

Untuk mengembangkan usaha saya “Comet”, ada beberapa strategi yang akan saya lakukan, diantaranya:
1. Buy Market Share
Menjual lebih banyak dari produk yang sama atau jasa kepada target pasar saat ini disebut “Buy market share” untuk tujuan baik. Untuk menjual lebih banyak produk kepada orang-orang yang sama, saya perlu membeli customer dari pesain-pesaing. Pilihan ini bisa menjadi mahal. Pilihan Ini mungkin mengharuskan saya untuk menurunkan harga produk, menawarkan ketiga hal, Q, S, dan P (Quality, Service, Price). Atau mungkin perlu memperbanyak iklan atau promosi terutama di media sosial.


2. Hunt
Menjual lebih banyak produk atau jasa ke pasar yang berbeda juga bisa menjadi sebuah pilihan. Setiap kali berburu pelanggan baru, saya perlu menciptakan kesadaran dan kredibilitas perusahaan dan produk saya di pasar baru. Cara ini sangat melelahkan namun akan sangat membuahkan hasil untuk mengenalkan produk kita ke masyarakat luas. Saya harus mencari koneksi baru, teman baru dan lingkungan baru.

3. Farm
Ini adalah strategi paling mudah dan hemat biaya. Sementara berburu pelanggan baru penting untuk mempertahankan penjualan yang sehat dalam jangka panjang, mengelola pelanggan adalah lebih efisien. Statistik menunjukkan bahwa biaya penjualan ke pelanggan baru lebih dari dua belas kali lebih mahal dibandingkan menjual ke pelanggan saat ini. pelanggan sudah tahu saya. Jadi tidak perlu untuk menciptakan kesadaran dan kredibilitas kepada mereka. Mereka sudah mempercayai saya, setidak nya saya melakukan strategi ini, jika ternyata strategi 1 & 2 tidak berjalan lancar. Ada banyak cara untuk memanen penjualan dari pelanggan yang sudah ada:
Rotation farming
Suggestive selling
Selling accessories
Incentive selling

Rotation farming
Menjual kepada pelanggan yang membeli secara berkala, di regular interval. Misalnya, meminta izin kepada pelanggan hari-hari spesial pelanggan, seperti, hari peringatan pernikahan atau ulang tahun pasangan. Menyimpan tanggal dalam database dan melakukan evaluasi secara periodik. Kemudian, jangka yang diperkirakan cukup menghubungi customer tersebut untuk menawarkan coklat.
Suggestive selling
Merupakan cara melakukan penjualan yang temudah. disebut You-Want-Fries- With-That-Order? strategy. Pelanggan sudah memiliki kemauan untuk membeli. Saya hanya menyarankan mereka untuk menghabiskan sedikit ekstra untuk meningkatkan kualitas pembelian mereka, menambahkan aksesoris yang tersedia supaya lebih menarik.
Selling accessories
Singkatnya menawarkan pelengkap atau pemanis terhadap produk anda, misal jika pelanggan memesan kue pernikahan, saya menyarankan untuk membeli coklat sebagai souvenir.
Incentive selling
Hadiah gratis, premi, dan diskon semua efektif sebagai cara untuk membangun lebih banyak penjualan dari basis pelanggan. Misalnya, membeli coklat untuk souvenir lebih dari 500 pcs dapat parchel coklat gratis.

4. New Product
Produk baru mutlak diperlukan untuk kesehatan perusahaan. Harus ada inovasi supaya pelanggan tidak bosan, misal menambah varian bentuk coklat.

5. Merge atau Akuisisi
Sebuah merger atau akuisisi dapat menawarkan banyak kesempatan untuk meningkatkan profitabilitas. Strategi ini mungkin akan sangat beresiko, akan tetapi demi memperluas pasar akusisi memang pilihan yang baik

Sumber:
Anonim. 2015. “5 Strategi Pengembangan Bisnis”, http://www.ukmpintar.com/2015/01/5-strategi-pengembangan-bisnis/, diunduh pada tanggal 19 Agustus 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar