Minggu, Agustus 20

Startup Company Niagahosting

@E37-Christmesya
@Proyek C07


Niagahoster merupakan penyedia layanan hosting asal indonesia dan merupakan anak perusahaan dari idhostinger.


Fitur-fitur yang ditawarkan dalam paket hosting Niagahoster juga banyak, ada Cloudflare yang digunakan untuk mempercepat loading situs, ada Google Apps for Work (karena Niagahoster bekerja sama dengan Google), Unlimited Bandwitdh, Server Indonesia dengan datacenter Biznet, dan gratis domain (khusus bagi yang beruntung).

Untuk data center, Niagahoster menggunakan provider yang sudah cukup terkenal, Biznet. Dengan tier 3 data center milik biznet, seharusnya website Anda jarang mengalami down time (offline).

Untuk lokasi server, kita diberi 2 pilihan, yaitu Indonesia dan Singapura. Tidak ada lokasi server USA, karena tampaknya Niagahoster fokus pada kebutuhan lokal, sedang untuk kebutuhan internasional seperti server USA diserahkan kepada “kakaknya”, Hostinger.

Kelebihan Niagahoster

“Unlimited”

Tidak banyak web hosting dengan harga semurah Niagahoster yang memberikan fasilitas “unlimited”. Untuk bandwith tampaknya Niagahosting bahkan tidak membedakan apakah bandwith dalam ataupun luar negeri, semuanya “unlimited”.

Tidak hanya bandwith, kecuali paket bayi, kapasitas penyimpanan juga “unlimited”. Bahkan paket bayi pun mendapatkan kapasitas yang memadai, 500MB. Tidak seperti paket web hosting murah lain yang umumnya hanya memberi kapasitas sangat minim, seperti 100MB misalnya. Entahlah apa yang bisa dilakukan dengan kapasitas sekecil itu.

Pada paket personal dan bisnis, Anda juga bisa menambahkan domain sebanyak yang Anda mau.

Sekali lagi, “unlimited” disini adalah bahasa marketing, bukan berarti tanpa batas, tapi dalam artian lebih dari cukup.

Gratis Bitninja

Fitur yang jarang saya temukan dalam web hosting lokal murah. Bitninja adalah layanan pihak ketiga. Bitninja merupakan perusahaan keamanan yang berfokus pada pengamanan server dari ancaman hacker, spam, malware, DDOS dan sebagainya.

Singkatnya Anda yang memilih menggunakan Niagahoster akan lebih merasa aman. Dan semua itu bisa didapatkan gratis, bahkan pada paket termurah sekalipun.

Gratis SSL

Meskipun website Anda bukan situs belanja online, menggunakan SSL cukup penting terutama di Indonesia. SSL singkatnya membuat alur data website Anda tidak bisa “disadap”.

Selain karena google menyarankan penggunaan SSL yang tentunya baik untuk SEO website. Penggunaan SSL merupakan penangkal agar website kita tidak disisipi iklan dari pihak provider internet.

Perlu Anda ketahui, provider internet seperti telkom grup, Indosat dan kawan-kawannya, seringkali menyusupi iklan ke semua website tanpa ijin. Meskipun sudah banyak yang memprotes, tapi provider-provider itu tidak bergeming. Dengan menggunakan SSL, website Anda terbebas dari iklan tanpa ijin tersebut.

Dan Niagahoster menyediakan SSL gratis untuk semua paket. SSL gratis yang digunakan Niagahoster adalah Let’s Encrypt.  Let’s Encrypt merupakan perusahaan nirlaba yang menyediakan SSL gratis untuk semua website.

Meskipun Anda tidak menggunakan Niagahoster, Anda memang bisa memasang SSL Let’s Encrypt, tapi bagi kebanyakan orang, proses pemasangan SSL ini cukup rumit. Dengan Niagahoster, Anda cukup melakukan beberapa klik dan SSL akan terpasang secara otomatis.

Gratis domain

Bitninja dan SSL gratis, tampaknya belum cukup bagi Niagahoster. Untuk lebih menarik pelanggan, Niagahoster memberikan domain gratis apabila Anda berlangganan hosting minimal 1 tahun (kecuali paket bayi). Tawaran yang sangat menarik, mengingat harga domain .com di kisaran 100ribu.

Garansi 30 hari

Mengingat minimum kontrak Niagahoster adalah 6 bulan – 1 tahun. Garansi ini sangat bermanfaat. Apabila dalam 30 hari Anda mengalami masalah dengan Niagahoster, Anda bisa meminta pengembalian dana (dikurangi biaya domain).

Garansi ini hanya berlaku bila Anda tidak pernah berlangganan di Niagahoster sebelumnya.

Gratis semi managed VPS

Selain shared hosting, Niagahoster juga menyediakan SSD VPS. Walau tidak begitu di promosikan di halaman utama, satu fitur menarik dari VPS Niagahoster adalah semi managed VPS. Meski Niagahoster menuliskan sebagai free managed VPS, tapi karena minimnya hal-hal yang akan mereka tangani, maka lebih tepat kita sebut sebagai gratis semi managed VPS.

Apabila Anda membeli paket VPS dengan control panel webuzo (Rp 30ribu / bulan) otomatis Anda berhak mendapatkan fasilitas semi managed VPS. Dengan fasilitas ini staff Niagahoster akan melakukan instalasi script yang dibutuhkan agar VPS Anda bisa dijadikan server hosting. Termasuk juga pengaturan firewall dan monitoring. Semuanya gratis. Web hosting lain rata-rata mengenakan biaya untuk layanan ini.

Website mudah digunakan

Saya menyukai layout / tampilan web hosting Niagahoster yang sangat mudah digunakan dan berkesan professional. Website ini tampaknya memang didesain untuk memudahkan pengunjung.

Yang menarik saat saya berada di halaman check out / pemesanan, ketika saya mengarahkan mouse untuk menutup halaman, jendela pop up muncul. Biasanya saya sangat membenci pop up, tapi kali ini Niagahoster mengaktifkan pop up disaat yang tepat. Customer service cantik “menyapa” menawarkan bantuan untuk melakukan order.

Kekurangan Niagahoster

Server uptime 99,99%

Niagahoster menuliskan server uptime mereka adalah 99,99%. Apa yang salah dengan server uptime 99,99%? tentu saja tidak ada yang salah. Uptime 99,99% itu artinya kemungkinan maksimal website Anda down adalah sekitar 4 menit dalam sebulan. Prosentase ini tentunya sangat baik terutama bila dibanding dengan harga langganan yang Anda bayar.

Yang menjadi masalah bukan uptime 99,99% tersebut, tapi tidak adanya tulisan “garansi”. Awalnya saya pikir tulisan tersebut artinya, Niagahoster memberikan garansi uptime 99,99%. Tapi setelah memeriksa lebih lanjut, tidak ada informasi tentang garansi uptime.

Dan Niagahoster dengan pintarnya tidak menuliskan “garansi”, tapi hanya kalimat uptime 99,99%. Dengan kata lain, Niagahoster hanya mengatakan bahwa uptime server mereka semestinya 99,99%, tapi tanpa garansi. Jadi jika website Anda down lebih dari 4 menit dalam sebulan, Anda hanya bisa komplain tanpa mendapatkan misalnya kredit gratis atau semacamnya.

Minimum Kontrak

Minimum kontrak sepertinya sudah menjadi tren di web hosting Indonesia. Sangat jarang ada web hosting Indonesia yang menawarkan paket shared hosting dengan metode bayar bulanan.

Dan Niagahoster juga begitu. Bahkan minimum kontrak tersingkat Niagahoster adalah 6 bulan.

Hanya ada 2 pilihan layanan hosting

Kombinasi antara harga, kualitas dan fitur yang berlimpah membuat duelhosting menobatkan Niagahoster sebagai salah satu web hosting terbaik, tapi bukan untuk semua orang. Kenapa?

Saat artikel ini ditulis, Niagahoster hanya menyediakan 2 layanan hosting, yaitu shared hosting dan VPS. Tidak ada cloud server, dedicated server dan semacamnya. Hal ini bisa dinilai positif, karena artinya sumber daya Niagahoster tidak terbagi untuk hal lain, dengan harapan bisa memberikan pelayanan maksimal.

Tapi disisi lain, hal ini membatasi kemampuan ekspansi Anda. Jika suatu saat website Anda semakin ramai, ketika shared hosting dan VPS tidak lagi memenuhi kebutuhan Anda, mau tidak mau Anda harus pindah hosting.

Karena hal inilah Niagahoster lebih cocok digunakan untuk website traffik rendah hingga menengah. Corporate besar ataupun website populer tampaknya harus mencari alternatif hosting lain.


Sumber :
https://www.niagahoster.co.id/review
http://belajarebusines.blogspot.co.id/2016/05/mengenal-niagahoster.html?m=1
https://www.lukmanulhakim.id/review-niagahoster
https://startupbisnis.com/solusi-hosting-murah-untuk-ukm-di-indonesia
https://www.duelhosting.com/hosting/niagahoster-review

Tidak ada komentar:

Posting Komentar