Agustus 21, 2017

Pengembangan Bisnis Shellylicious Boutique...

E20-Lina
Dibuat Oleh: Marselina Umasugi

Memiliki usaha butik yang sukses tentu menjadi dambaan kita sebagai pelaku usaha di bidang pakaian tersebut. Demi menggapai tujuan tersebut maka kita harus berusaha sekuat tenaga dalam menjalankan usaha yang kita miliki
tersebut agar cepat sukses.

Salah satu yang bisa kita lakukan untuk tujuan itu adalah dengan terus melakukan pengembangan usaha menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.  Biasanya, kita yang baru berkecimpung dalam usaha ini kebanyakan terlalu santai dan kurang produktif.
Karena dalam usaha ini kita biasanya hanya mengandalkan butik sebagai satu-satunya alat untuk mendapatkan pembeli. Kita jarang sekali melakukan promosi atau bahkan melakukan pengenalan terhadap usaha kita kepada orang lain yang belum pernah mengenal usaha kita.


Akhirnya kegiatan kita hanya menunggu pembeli, dari waktu ke waktu kita hanya menunggu seperti itu tanpa berfikir untuk melakukan inovasi pengembangan usaha apapun. Dalam kaitannya dengan pengembangan usaha, sebenarnya ada beberapa strategi yang dapat kita lakukan untuk mewujudkan tujuan usaha.

Kita dapat melakukan strategi pengembangan usaha butik yang sederhana namun terarah dan sesuai dengan perkembangan zaman dan tuntutan kebutuhan masyarakat. Lalu strategi apa yang bisa kita lakukan, berikut penjelasan lengkapnya mengenai cara membuat usaha butik maju dan ramai!
Salah satu Contoh Strategi Pengembangan Usaha Butik yang bisa kita lakukan adalah strategi menjemput bola yaitu kita bukan hanya menunggu pembeli datang ke butik kita tetapi kita mencoba membaca butik kita ke hadapan mereka yang sedang membutuhkan.

Dalam strategi ini kita akan memanfaatkan teknologi dan kecenderungan kebutuhan masyarakat yang menginginkan kemudahan, kenyamanan dan pelayanan penuh. Beberapa hal yang perlu di lakukan dalam strategi ini yaitu sebagai berikut:
1. Membuka gerai toko online
Yang pertama merupakan tuntutan kebutuhan masyarakat dimana masyarakat sekarang cenderung lebih membutuhkan proses yang mudah dalam berbagai hal begitu pun dalam hal berbelanja berbagai kebutuhan pakaian. Maka dari itu kita bisa menggunakan sistem jual beli online yaitu dengan membuka toko online untuk memperluas jangkauan konsumen. 
Dengan menyediakan gerai toko online berarti kita mempermudah masyarakat untuk membeli produk butik yang kita sediakan langsung dari rumah mereka hanya dengan menggunakan perangkat yang tersambung dengan internet. Dengan begitu orang yang jauh tidak perlu datang ke butik kita. 
Melalui sistem belanja online seperti itu berarti kita sudah bisa menerapkan sistem jual beli yang diantar sampai tempat. Sistem jual beli ini juga bisa kita sinergikan dengan menggunakan lebih banyak kemudahan misalnya menggunakan aplikasi belanja yang bisa diunduh dan di pasang di perangkat seluler.
2. Menerapkan sistem antar sampai rumah
Untuk daerah pedesaan yang belum memungkinkan kita bisa menerapkan sistem COD (bayar di tempat). Dengan sistem tersebut maka pelanggan bisa melakukan belanja dengan pesan singkat atau telepon untuk memesan barang untuk kemudian bisa kita antar ke rumah.

3. Melengkapi alternatif cara pembayaran
Untuk masalah pengiriman tersebut kita bisa bekerja sama dengan penyedia jasa kurir yang ada di kota kita. Dengan demikian maka kita memiliki alternatif sistem pembayaran yang lebih banyak dan dapat memberikan lebih banyak kemudahan.

Jika mungkin, kita juga bisa menyediakan sistem belanja dengan sistem pembayaran yang lebih beragam. Jika perlu, mungkin kita bisa menyediakan sistem cicilan atau angsuran untuk produk-produk tertentu dengan persyaratan konsumen tertentu.
4. Meningkatkan sistem promosi
Selanjutnya, untuk mendukung strategi tersebut kita bisa menerapkan sistem promosi yang lebih intensif dan tertarget. Kita dapat mengkombinasikan sistem promosi konvensional dengan sistem promosi modern di internet untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

Sebagai contoh, selain promosi melalui media lokal kita juga bisa menggunakan media promosi online untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas lagi menggunakan internet. Dengan begitu potensi calon pembeli akan lebih luas lagi dari sebelumnya.
5. Membuka cabang usaha
Terakhir, kita dapat melengkapi strategi ini dengan membuka cabang usaha di daerah lain. Cabang usaha ini bisa kita prioritaskan untuk daerah yang potensi penjualannya lebih besar terlebih dahulu. Dengan begitu dari waktu ke waktu kita bisa mencapai pelanggan yang lebih banyak dan itu berarti usaha kita akan lebih berkembang lagi.

Mode busana tidak pernah berhenti berputar dan berkembang, begitu pula dengan industri busana yang terus berlomba untuk mempengaruhi konsumennya. Berbagai macam kiat dan strategi membidik pasar terus digali oleh para pengusaha, semua bertujuan agar produk busananya dapat diterima oleh masyarakat. Industri busana yang semakin beragam, membuat masyarakat semakin mudah untuk menentukan pilihan sesuai dengan kesempatan dan keinginan yang dibutuhkannya. Distro merupakan salah satu alternatif tempat belanja busana yang sedang digemari oleh kawula muda. Selain desain busananya yang eksklusif, warna dan jumlah produk yang terbatas membuat busana disini banyak diminati. Oleh sebab itu strategi membangun industri busana yang tepat sangat diperlukan untuk dapat mempertahankan dan mengembangkan usaha kreatif ini.

Strategi Pemasaran

1. Inovasi menjadi lebih modern

Ini adalah fokus utama dari berbagai butik ketika pertama menajalankan bisnis, kita harus mencoba membuka pasar yang lebih luas bagi produk fashion. Bahkan selain melakukan demi mengembangkan bisnis butik, kita juga harus melakukan perluasan bisnis ke bidang-bidang lain dalam dunia fashion.

2. Perbaikan sistem manajemen

Demi mencapai pasar mancanegara. Oleh karena itu sebagai pengusaha butik kita perlu untuk memperbaiki sistem manajemen dalam bisnis kita agar siap bersaing dalam kompetisi fashion terutama di luar negeri. 


3. Pemasaran yang gencar

Selain dengan manajemen yang baik, Fashion juga harus melakukan strategi pemasaran yang gencar agar produk yang kita kembangkan semakin diminati terutama untuk pasar dalam negeri. Salah satu strategi yang dilakukan adalah dengan membuka cabang di berbagai daerah di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Makassar dan kota-kota lainnya.

Daftar Pustaka:

1 komentar: