September 14, 2017

APLIKASI MODERN MASA KINI

@Startup G05 -



Zalora Indonesia
     Zalora Indonesia merupakan bagian dari Zalora Group yang didirikan oleh Rocket Internet. Rocket Internet adalah incubator startup online terbesar di dunia, beberapa usaha lainnya yang hadir di Indonesia meliputi Wimdu, Foodpanda, Princepanda, Lampudi, dan Carmudi.
Zalora Indonesia mencakup online fashion terbesar yang menjadi destinasi diberbagai Negara, terutama di Asia Tenggara yaitu Singapura, Indonesia, Malaysia & Brunei, Filipina, Thailand Vietnam, Hongkong dan Taiwan. Zalora didirikan pada awal tahun 2012.
     Zalora memiliki koleksi lebih dari 500 merk local, internasional dan designer, pelanggan mereka dapat berbelanja online dengan pilihan produk fashion pria dan wanita mulai dari pakaian sepatu aksesoris dan produk kecantikan.
    Bagi kalian pelanggan Zalora, kalian dapat menikmati kemudahan 30 hari gratis pengiriman. Pengiriman tercepat selama 1-3 hari kerja dan beberapa metode pembayaran termasuk COD (Cash On Delivery).
    Situs Zalora Indonesia mempunyai navigasi yang sederhana dan intuitif sehingga mempercepat dan mempermudah proses belanja bagi pelanggan. Setelah produk yang kalian inginkan ditempatkan ke tas belanja, kalian dapat memilih beberapa metode pembayaran. Setelah pemesanan berhasil, Zalora akan segera memberikan laporan tentang status pemesanan pembeli. Semua pembeli akan menerima nomor pelacak produk yang memudahkan pembeli untuk melacak produk mereka hingga barang sampai ke tangan pembeli.
    Zalora Indonesia belum memaksimalkan kanal pemasaran. Ketika banyak pemain e-commerce dan online marketplace berrtanding untuk menjadi yang paling popular dan diminati, melalui berbagai saluran periklanan termasuk televise, fashion marketplace Zalora jarang atau hampir tidak pernah terlihat melakukan strategi yang sama. Potensi konsumen online di Indonesia tak melulu kalangan digital native. Bagi Zalora membangun awareness menjadi penting untuk memenangkan pasar tersebut, terlebih jika diiringi dengan strategi yang hampir dilakukan semua layanan saat ini, yakni penawaran diskon. Karena konsumen cenderung lebih fleksibel memanfaatkan ragam penawaran yang selalu baru dari beragam layanan belanja online yang dapat menjamin kepuasan dengan produk dan juga selalu diproritaskan semua layanan.
     Zalora Indonesia memiliki banyak kelebihan salah satunya, menyediakan berbagai produk yang dijamin lengkap, tersusun rapih dan jelas di websitenya. Zalora menyediakan beragam produk fashion dengan harga yang terjangkau, dan juga proses untuk berbelanja di zalora sangatlah mudah. Dan zalora Indonesia menyediakan berbagai diskon yang menarik. Selain kelebihannya zalora juga memiliki kekurangan yaitu konfirmasi permbayaran yang terkadang cukup lama dan fasilitas yang masih belum bisa dilakukakan dibanyak kota.






Apa itu BLIBLI.COM?
    BLIBLI.COM adalah salah satu perusahaan E-commerce di Indonesia dengan konsep belanja online ala mall. Dengan konsep tersebut yang mengharapkan masyarakat Indonesia yang terbiasa belanja di mall bias menemukan barang yang mereka cari dengan mudah dan menyenangkan dimanapun dan kapanpun. Blibli sendiri adalah produk pertama PT Global Digital Niaga yang merupakan anaka perusahaaan Djarum dibidang digital yang didirikan pada tahun 2010. Blibli bekerja sama dengan teknologi provider kelas dunia, mitra logistic, banking patner serta merchant patner dengan standar tertentu untuk menciptakan system back-end yang bias memenuhi kebutuhan pengguna blibli. Saat ini Djarum Group melalui Global Digital Prima Ventures (GDP) misalnya, membentuk incubator start-up local berbasis komunitas dan memberikanbantuan modal bagi star-up local yang inovatif. Kantor pusat blibli bermarkas di Jakarta Barat dengan biaya infrastuktur seperti server dan jaringan hamper mencapai Rp 100 milyar.
     Presiden Direktur blibli yaitu Kusumo Martanto juga gencar ekspansi. Ia menuturkan sejak Juli 2011 telah mengeluarkan dana investasi hingga Rp 50 miliyar. Investasi tersebuit digunakan untuk pengembangan desain dan layanan situsnya. “yaitu membuat kategori untuk barang atau produk baru” begitulah ungkapnya.
Toko  blibli sendiri it sendiri berupa :
  1. home pada web toko online ini blibli merupakan situs mengenai penjualan berbagai macam produk secara online. Ada 11 kategori prosuk yang bias dipilih sesuai kebutuhan seperti handponde & tablet, fashion pria dan wanita, kamera, computer &laptop, kecantikan dan kesehatan,hobi dan olahraga, ibu dan anak, otomotif dan kuliner.
  2. Desain web blibli.com cukup simple. Pembeli dapat mencari barang yang diinginkan sesuai kategori yang disediakan. Selain itu pebeli juga dapat dengan mudah mencari barang yang mereka cari dengan menulisnya di kotak pencarian yang tersedia.warna biru dan putih mendominasi tampilan web. Komponen yang ada disitus web ini juga cukup lengkap dan tata letaknya rapi, walaupun terdapat beberapa komponen yang ukurannya cukup kecil yang menyebabkan tidak begitu jelas dilihat oleh pengunjung.
  3. Berdasarkan analisa koneksi internet, blibli.com adalah sebuah situs web yang dapat dibuka disegala platform baik media computer maupun smartphone. 
  4. Berdasarkan kelengkapan fitur, fitur yang disediakan blibli.com cukup banyak.
      Berdasarkan analisa pemasaran, pemasaran blibli.com melalui twitter, facebook, goggle+, instagram, dan youtube. Blibli.com menggunakan media tersebut untuk mempromosikan produk dan promo. Berdasarkan analisa transaksi blibli.combisa dengan internet banking, kartu debit/kredit, transfer virtual account, maupun uang elektronik, tetapi saat ini blibli.com belum menerima pembayaran cash on delivery (COD). Pembayaran dapat dilakukan dalam kurun waktu 1x24 jam, lebih dari itu makan transaksi akan dibatalkan secara otomatis.





Apa itu GO-JEK?
 GO-JEK adalah sebuah perusahaan teknologi berjiwa sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja di berbagai sektor informal di Indonesia. GO-JEK merupakan perusahaan dibidang jasa yang memimpin revolusi industri transportasi Ojek. Kegiatan GO-JEK bertumpu pada tiga nilai pokok: kecepatan, inovasi, dan dampak sosial.
Di awali dengan memberitahu kepada semua orang bahwa GO-JEK adalah startup asli Indonesia dengan misi sosial. GO-JEK ingin meningkatkan kesejahteraan sosial dengan menciptakan efisiensi pasar. Melalui teknologi kami berusaha menyebarkan dampak sosial yaitu kehidupan yang lebih baik untuk driver dan keluarganya dengan meningkatkan jumlah penghasilan mereka. Layanan utama GO-JEK sangat penting bagi kota dengan tingkat lalu lintas yang padat seperti Jakarta dan kota lainnya di mana kami beroperasi. GO-JEK menawarkan manfaat besar baik untuk para pelanggan dan penyedia jasa.
GO-JEK merupakan hasil karya anak bangsa yang bernama Nadiem Makarim. Nadiem adalah sosok di balik revolusi industri transportasi khas Indonesia, ojek. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi mobile, Nadiem sukses membangun Gojek, sebuah layanan jasa ojek berbasis aplikasi online menjadi sebuah perusahaan layanan transportasi alternatif yang digemari masyarakat.
Saat ini, aplikasi GO-JEK sudah diunduh lebih dari 13 juta orang di berbagai daerah. Kini, tak kurang dari 210 ribu orang pengemudi atau biasa dipanggil driver Gojek telah meroda di jalanan. GO-JEK telah beroperasi di 50 kota di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, Makassar, Medan, Palembang, Semarang, Yogyakarta, Balikpapan, Malang, Solo, Manado, Samarinda, Batam, Sidoarjo, Gresik, Pekanbaru, Jambi, Sukabumi, Bandar Lampung, Padang, Pontianak, Banjarmasin, Mataram, Kediri, Probolinggo, Pekalongan, Karawang, Madiun, Purwokerto, Cirebon, Serang, Jember, Magelang, Tasikmalaya, Belitung, Banyuwangi, Salatiga, Garut, Bukittinggi, Pasuruan, Tegal,Sumedang, Banda Aceh, Mojokerto, Cilacap, Purwakarta, Pematang Siantar, dan Madura serta pengembangan di kota-kota lainnya pada tahun mendatang.
Saat ini GO-JEK mempunyai layanan yaitu, GO-RIDE, GO-CAR, GO-FOOD, GO-MART, GO-SEND, GO-BOX, GO-TIK, GO-MED, GO-PAY, GO-PULSA, GO-POINTS, GO-MASSAGE, GO-CLEAN, GO-AUTO, GO-CLAM.
Manfaat dari GO-JEK berikut ini adalah keefesienan waktu yang diberikan. Di kota besar yang serba padat merayap terkadang membuat sebagian orang merasa malas keluar rumah karena hampir sebagian waktu di gunakan untuk tertebak macet di jalanan. Nah saat kebutuhan mengharuskan anda keluar rumah tapi anda tidak bisa maka anda bisa menggunakan jasa GO-JEK ini agar membantu anda secepatnya jadi sambil menunggu gojek menyelesaikan pekerjaannya anda juga bisa melakukan aktivitas lain dari dalam rumah. Dengan ini waktu anda menjadi sangat efesien sekali. 
    




TRAVELOKA
     Traveloka adalah perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia. Traveloka memiliki basis operasional di Jakarta.
Para pendiri Traveloka adalah para praktisi teknologi informasi yang kembali dari Amerika Serikat ke Indonesia antara lain:
      Pada awal 2015, dilaporkan tim Traveloka terdiri dari lebih dari 50 orang. Penggagas KawalPemilu.orgAinun Najib juga bergabung.

Strategi Pemasaran Traveloka

  • Price
Traveloka adalah online travel agent terbesar di Indonesia jadi mereka bisa bernegosiasi dan mendapatkan harga khusus dari pihak maskapai penerbangan. Selain itu sistem online yang diterapkan sangatlah menghemat biaya operasional sehingga dapat menekan harga tiket pesawat. Selain itu, Traveloka juga mendapatkan keuntungan sebanyak 5% dari maskapai untuk setiap pembelian tiket.
  • Product
Traveloka adalah layanan jual beli tiket pesawat. Dalam laman resminya yakni http://www.traveloka.com. Mengatakan bahwa traveloka adalah system reservasi tiket yang terintegrasi dengan booking system dari airline itu sendiri, melalui partner-partner yang sudah di percaya. Dengan memberikan keamanan trasaksi tiket serta kemudahan pemesanan melalui sistem otomatis, tanpa harus melalui pemesanan manual.
Traveloka bekerjasama dengan travel agent resmi maskapai-maskapai yang sudah terpercaya untuk menerbitkan tiket melalui http://www.traveloka.com/ . hal ini memungkinkan konsumen yang akan melakukan pemesanan tiket mendapatkan pilihan penjual yang di inginkan, serta kenyamanan dan keamanan yang terjamin.
Maskapai-maskapai yang bekerjasama dengan traveloka dalam menerbitkan tiketnya diantaranya adalah : Merpati, Garuda, Lion Air, Air Asia. Tiger Air, dll.  Traveloka juga menyediakan fasilitas untuk menampilkan maskapai dan rute penerbangan yang sedang dalam harga promo, yakni tiket yang di jual mengalami penurunan harga atau telah mendapatkan diskon dari masing-masing maskapai penerbangan.
  • Promotion
Cara promosi yang dilakukan oleh traveloka antara lain, adalah melalui media social, iklan di tv dan pembagian kupon diskon. Media social yang digunakannya antara lain adalah facebook, twiiter, dan website. Iklannya sendiri pun sudah banyak kita lihat di tv. Kita tahu sendiri kalau biaya untuk beriklan di televisi sangatlah mahal. Mungkin karena visi dari Traveloka yang sangat yakin kalau langkah yang diambilnya itu pasti sepadan dengan apa yang nanti didapatkan. Apabila beriklan di televisi, pasti akan dilihat oleh banyak orang. Dengan dilihat oleh banyak orang, maka akan dikenal oleh orang-orang.
Dalam dunia marketing modern, mengeluarkan budget untuk iklan adalah hal yang biasa bagi yang punya modal. Prinsip marketing, mengeluarkan biaya memang diperlukan — guna memperoleh pendapatan yang lebih besar. Istilahnya adalah input harus lebih besar daripada output.
  • Place
Berhubung Traveloka adalah agent pemesanan tiket pesawat dan hotel dengan cara online. Maka tempat berinteraksinya antara produsen dengan konsumen adalah melalui internet dan Business to Customer (B2C). Dimana Traveloka ini, beriklan diberbagai media social dan websitenya. Selain itu, seluruh rangkaian kegiatan pemesanan dilakukan melalui internet.
Traveloka sangat menikmati struktur transaksi business-to-consumer (B2C), dimana rata-rata transaksi lebih dari USD50 (Rp650.000) dan tidak memerlukan saham atau menyimpan benda fisik apa pun. Karena inilah Traveloka bisa dengan mudah terbebas dari bahaya logistik yang menghantui industri e-commerce di Asia Tenggara
  • People
Ferry Unardi, pendiri sekaligus Managing Director Traveloka.com. Ferry mendirikan situs ini lantaran pernah kesulitan mencari tiket pesawat. Awalnya, Ferry hanya dibantu dua rekannya yang pernah bekerja di Microsoft. Modalnya diperoleh dari East Venture, perusahaan investasi yang fokus pada pendanaan merintis usaha baru.  Pada tahap pengembangan, ia mendapat bantuan dari Samwer Brothers yang memiliki jaringan startup Rocket Internet. Dalam waktu enam bulan, karyawannya menjadi lima. Mereka menempati satu unit ruko. Karena bisnisnya terus bertumbuh, Traveloka kemudian berkantor di salah satu gedung perkantoran di Slipi, Jakarta Barat. Saat itu, jumlah Karyawannya telah bertambah menjadi 30 orang. Setahun setelah didirikan, Traveloka punya 120 pegawai.
  • Proses
Proses pemesanan tiket pesawat di Traveloka :
  1. Cukup masukan kota asal, kota tujuan, tanggal berangkat, dan jumlah penumpang lalu klik tombol cari tiket.
  2. Setelah itu kita akan dibawa ke halaman hasil pencarian. Di halaman ini akan memperlihatkan seluruh penerbangan yang tersedia dan diurutkan dari harga yang paling murah. Pilih penerbangan yang diinginkan dengan cara mengklik tombol pesan yang ada di sebelah kanan.
  3. Isi data diri kita lalu bayar. Tidak lama setelah melakukan pembayaran, e-tiket pun akan dikirimkan melalui email. Metode Pembayaran Yang Ada di Traveloka :  Transfer bank, Kartu kredit, Mandiri clickpay, BCA klikpay, ATM, CIMB clicks, Mandiri ecash, Mandiri debit, BNI debit.
  • Physical Environment  
     Physical Environment yang ditunjukkan oleh Traveloka sangat baik, hal itu dapat disimpulkan bahwa sebanyak 250.000 kunjungan ke website dilakukan perharinya. Sehingga, selama sebulan website Traveloka telah dikunjungi oleh 7,5 juta pengunjung. Baik itu dari desktop maupun smartphone. Ini menunjukkan bahwa Traveloka telah menjadi suatu icon dari agen pemesanan tiket pesawat dan hotel yang besar dan terpercaya. Hal tersebut tidak luput karena pengembangan teknologi, bisnis, serta design interface website yang dikerjakan dengan sungguh-sungguh. Dan begitulah seharusnya. Apapun itu, pasti memerlukan modal. Meskipun tak selalu berbentuk uang. Bisa saja modal berupa tenaga, waktu, pikiran, skill dan lain sebagainya.




 
ALODOKTER
Alodokter adalah situs kesehatan nomor 1 di Indonesia dengan lebih dari 3 juta pengunjung setiap bulan. Alodokter memungkinkan Anda memiliki dokter gratis di dalam saku. Tanpa perlu membuat janji terlebih dahulu dan tanpa perlu menunggu lama, Anda dapat berbincang dengan salah satu dokter umum Alodokter secara gratis guna mendapatkan nasihat yang Anda perlukan. Alodokter menyediakan laman tanya-jawab secara online dengan dokter-dokter Indonesia. Di Alodokter Anda bisa bertanya soal penyakit, obat-obatan, suatu gejala, pencegahan, masalah keluarga dan masalah kesejahteraan.
Seluruh konten dan artikel yang terdapat di Alodokter berdasarkan pada riset ilmiah dan telah melewati proses editing ketat dari tim jurnalis editorial dan tim dokter sebelum akhirnya tayang di website. Situs Alodokter dapat dipercaya 100% bagi penggunanya. Bagaimana bisa? Agar pasien yakin dengan dokter di situs tersebut, Alodokter memberikan informasi pada masing-masing dokternya. Seperti, nomor STR, IDI Membership, tempat praktek dokter, pendidikan dan juga tahun lulus.
Alodokter berusaha sebaik mungkin untuk memberikan informasi kedokteran atau  nasihat melalui penyampaian kata-kata yang mudah dipahami guna membantu Anda dalam mengambil keputusan terbaik terkait kesehatan. Tujuan Alodokter adalah menyediakan indormasi kesehatan berkualitas tinggi yang dapat diandalkan demi membantu pasien Indonesia dalam mengambil keputusan yang lebih baik terkait kesehatan mereka. Alodokter yakin bahwa pasien yang berpengetahuan akan mampu merawat diri sendiri dan keluarganya dengan lebih baik. Harapan Alodokter adalah membuat Indonesia menjadi lebih sehat.


  • Penyakit A-Z. Pada kategori ini menyajikan informasi mengenai penyakit berdasarkan alfabet. Informasi yang diberikan mulai dari penyebab penyakit tersebut, cara diagnosis hingga pengobatannya.
  • Obat A-Z. Pada kategori ini menyajikan informasi mengenai obat berdasarkan alfabet. Informasi yang diberikan mulai dari tentang obat tersebut, peringatan, dosis, aturan mengonsumsi dan efek samping obat tersebut.
  • Hidup Sehat. Berisi informasi megenai tips-tips dalam menjalani hidup sehat.
  • Keluarga. Pada kategori ini menyajikan informasi mengenai kesehatan keluarga, terutama ibu dan anak.
  • Cari Rumah Sakit. Pada kategori ini menyajikan daftar pencarian rumah sakit berdasarkan tindakan medis dan kota yang ingin dituju. 
  • Tanya Dokter. Pada halaman ini, pengguna bisa mengajukan pertanyaan dan berkonsultasi mengenai keluhan penyakitnya yang nantinya akan dijawab oleh dokter yang telah bergabung di Alodokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar