Kamis, September 14

BOLBIDUM ( Bola-Bola Ubi Gandum )





Negara Indonesia termasuk Negara yang mengalami penderita diabetes terbanyak ke-5 di dunia, karena pola hidup dan pola makan yang kurang sehat , oleh karenanya butuh pencegahan dini agar bias meminimalisir penyakit tersebut . Pada 2014 saja ada 9,1 juta jiwa. Jumlah tersebut bertambah 500 ribu jiwa dari tahun sebelumnya.
Perlu adanya kesadaran dari masyarakat mengatur pola hidup yang sehat, seperti mengkonsumsi makanan yang rendah gula dan pemanis buatan. Untuk mengurangi konsumsi makanan yang menyebabkan banyak masalah kesehatan dan penyebab kegemukan, maka peralihan penggunaan bahan makanan yang lebih sehat dan aman perlu dilakukan.
Melihat fakta miris yang masih sering diabaikan oleh masyarakat, kami membuat inovasi makanan yang banyak disenangi masyarakat meski kandungannya banyak mengandung kandungan yang berisiko terkena diabetes. Mengganti tepung terigu dengan tepung gandum, dan tanpa menggunakan gula pasir. Kandungan tepung gandum yang lebih banyak mengandung serat juga terdapat karbohidrat kompleks sehingga pencernaan lebih lama dan tubuh akan kenyang lebih lama. Dalam 100 gram gandum terkandung 3,1 mg zat besi dan 3 mg kalsium dengan jumlah glukosa yang rendah.
Maka, kami menggunakan tepung gandum sebagai pengganti tepung terigu dalam membuat bahan olahan, kue bolu.

Tips Menciptakan ide usaha kreatif:


  •              Menciptakan Hal Baru dan Berbeda

Kami ingin membuat suatu produk yang berbeda dengan makanan dipasaran.  Disini kami membuat “BOLBIDUM” Bola Bola Ubi Gandum. BOLBIDUM merupakan makanan yang bergizi mengandungkan karbohidrat yang bisa membuat seseorang merasa  kenyang tanpa perlu khawatir kandungan gizi dan gula dari makanan tersebut.

  •   Menciptakan Kebutuhan Konsumen

Generasi muda merupakan cerminan masa depan bangsa, oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita tetap menjaga kualitas generasi muda melalui asupan gizinya. Target pasar dari produk ini adalah generasi muda secara khusus, dan masyarakat secara umum. Oleh karena itu, dibutuhkan kreatifitas agar dapat menciptakan produk berupa makanan yang dapat menarik minat generasi mudadan harus tetap mencukupi kebutuhan gizi generasi muda serta harganya harus terjangkau sebisa mungkin.

  • Strategi Pemasaran

strategi marketing yang harus dilakukan menjadi sebuah kunci dari keberhasilan dalam menciptakan produk yang sesuai tujuan. Dimulai dari bagaimana mengolah bahan mentahnya, apa saja bahan tambahanya serta bahan pelengkap agar menyempurnakan produk, bagaimana memberikan harga yang sesuai dengan kemampuan generasi muda secara umum, bagaimana memilih lokasi dengan kecenderungan minat generasi muda untuk datang, serta bagaimana bentuk promosi yang dapat ditawarkan agar sesuai dengan target pasar. Keunggulan produk menjadi kekuatan saing dari produk ini, dimulai dari pengemasan produk serta bagaimana cara memberikan mindset kepada konsumen bahwa produk ini bermanfaat dan perlu untuk dibeli. Karena target pasarnya adalah generasi muda, terutama mahasiswa, maka kesesuaian produk harus diangkat dari persoalan dan kebutuhan yang ada di generasi muda.

Usaha yang kami kembangkan ini berupa bolu yang terbuat dari ubi ungu dan tepung gandum. Kami mengolah kedua bahan tersebut menjadi bolu agar dapat dikonsumsi oleh masyarakat luas, yang kami tujukan terutama untuk para penderita diabetes maupun yang tidak. Kami pun ingin agar masyarakat dapat lebih mawas lagi terhadap potensi diabetes yang sangat berbahaya namun begitu merajalela.



DAFTAR PUSTAKA

Faruqi, I., Dalam: https://centrausaha.com/strategi-menciptakan-ide-bisnis-kreatif/, Diakses tgl: 13 September 2017.

Pentadini, F., Andini, S., and Hartini, S., 2015. Nilai Indeks Glikemik dan Kadar Gizi Gandum, Jurnal Gizi, Vol. 1.


Zahtama., Chandra, F., Suryanto., and Restuastuti, T., 2007. Faktor-Faktor Risiko Pasien Diabetes Militus, Jurnal Berita Kedokteran Masyarakat, Vol. 23, No. 3.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar