Kamis, September 14

Review 5 Aplikasi Belanja Online Terbesar di Indonesia

1. TOKOPEDIA

www.tokopedia.com




Hallo temen-temen, kali ini aku mau review aplikasi belanja online nih salah satunya yaitu “tokopedia” kalian pasti udah pada tau kan aplikasi  ini. Yup bener banget,ini aplikasi jual-beli online yang lagi digandrungi oleh banyak kalangan masyarakat yang ingin berjualan atau membeli barang secara online.Tokopedia sudah menjadi starup peringkat pertama di Indonesia dan peringkat ke 34 di dunia, temen temen bisa cek di www.startupranking.com
Tokopedia.com merupakan sebuahtoko online yang dimiliki oleh Indonesia.Tokopedia.com resmi diluncurkan ke publik pada 17 Agustus 2009 di bawah naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009.Tokopedia.com memakai jenis bisnis Costumer to Costumer (C2C).Tokopedia sendiri menjelaskan di situs mereka bahwa keuntungan bagi pembeli dengan pembayaran yang unik adalah proses verifikasi pembayaran yang instan, yang memungkinkan penjual lebih cepat menerima order danbarang yang dijual bisa lebih cepat sampai ke pembeli. Sedangkan untuk  penjual, keuntungan yang ditawarkan adalah perluasan  pasar pada para pengguna unik ini yang ingin membeli di berbagai merchant Tokopedia.
Temen-temen tau gaknihapaaja yang dijual oleh tokopedia? Kalau yang belum tau, aku akan kasih tau ke kalian semuanih. Tokopedia itu menjual pakaian, Fashion &aksesoris, Kecantikan, Kesehatan, Rumahtangga, Dapur, Perawatanbayi, Handphone& tablet, Laptop &aksesoris, Komputer&aksesoris, Elektronik, Kamera,Foto& Video, Otomotif, Olahraga, Office & stationery, Souvenir,kado&hadiah, Mainan&hobi, Makanan&minuman, Buku, Software, Film,musik& game,  nah lengkap banget kan gengs, pokoknya rekomen banget deh buat kalian!
Nah temen-temenbagi kalian yang berminat buat jualan di tokopedia, bagi yang belum tau caranya aku kasih tau nih, caranya gampang banget gengsss,yaitu:
  1. Membangun Toko Online terlebih dahulu di TokoPedia.dan menata etalase
  2. Mengupload produk
  3. Menunggu datangnya orderan baru,orderan baru ditandakan adanya alert di To Do List di panel sebelahkiritokopediaanda.Tokopediamengirimkan email kepadapenjual,jikaadaorderan yang masuk.
  4. Untuk setiap orderan yang baru,penjual harus menentukan apakah akan menerima orderan atau menolak. Apabila penjual  menolak orderan atau tidak memberikan respon maksimal waktu 3 hari,maka orderan akan otomatis dibatalkan.


Kalau temen-temen yang hobi banget belanja online atau yang males banget keluar rumah nih solusinya kalian tinggal download aplikasi tokopedia kemudian ikutin deh langkah-langkahnya nih aku kasih tau ya gengs proses untuk berbelanja di TokoPedia,yaitu:
  1. Cari barang yang diinginkan
  2. Klik menu add to chart yang ada di sisi kanan layar produk,kemudian isi formulir pembelian, setelah itu klik
  3. Tombol tambah. Jika ingin melihat isi keranjang belanjaan, klik tombol view chart.
  4. Setelah selesai berbelanja, masuk ke proses check out untuk konfirmasi belanjaan.
  5. Setelah proses checkout,pembeli akan menerima invoice melalui email yang berisi nomor rekening dan nominal yang harus di transfer,kemudian pembeli melakukan pembayaran.
  6. Setelah  pembayaran, pembeli wajib melakukan konfirmasi pembayaran. Caranya :Klik menu Konfirmasi pembayaran di panel To Do di sebelah kiri layar Log in.Masuk ke menu profil->transaksi->konfirmasi pembayaran.
  7. Menunggu Konfirmasi dari penjual, penjual akan diberi waktu 3 hari untuk memproses orderan barang,apabila penjual menolak orderan,maka dana yang sudah dibalikkan ke saldo deposito pembeli.
  8. Konfirmasi Penerimaan barang, setelah barang sampai pembeli diberikan waktu hingga 3 hari untuk melakukan konfirmasi penerimaan barang, apabila pembeli tidak melakukan konfirmasi maka transaksi dianggap selesai.


Tokopedia juga mempunyai kelebihan dan kekuranganya nih gengs,


KelebihandariTokoPedia,yaitu:
  1. TokoPedia menjual bermacam-macam barang .
  2. Transaksi pembayaran lebih cepat.
  3. Barang yang dijual masih dalam kondisi yang baik dan terjamin.
  4. Setiap barang yang kita terima setelah dibeli, sesuai dengan gambar barang yang ada di TokoPedia.
  5. Katalog belanja telah dikelompokkan sesuai dengan jenisnya.
  6. Dapat membuka toko online pribadi yang gratis.


KelemahandariTokoPedia,yaitu:
  1. Spesifikasi setiap barang tidak disebutkan.
  2. Misalnya: Bahan dari setiap barang tidak menampilkan detail produknya.
  3. TokoPedia tidak menyebutkan nomor HP yang bisa dihubungi untuk konfirmasi setelah melakukan transaksi pembayaran dan pengiriman.
  4. Harus terhubung ke koneksi internet.


Segitu dulu review  dari aku tentang Tokopedia, semoga bermanfaat buat kalian semua!


Sumber :



2. LAZADA

www.lazada.co.id




Lazada diluncurkan pada bulan Maret 2012 dan berkembang pesat hingga saat ini. Lazada Indonesia merupakan salah satu bagian dari jaringan retail online Lazada Group yang beroperasi di enam negara di Asia Tenggara, yang terdiri dari Lazada Indonesia, Lazada Malaysia, Lazada Thailand, Lazada Vietnam, lazada Singapore dan Lazada Filipina dengan total pengguna 550 juta pengguna dari total keseluruhan enam negara tersebut. 

CEO Lazada Indonesia pada saat ini adalah Magnus Ekbom. Ia pindah dari Swedia ke Asia pada tahun 2011 dan dalam lima tahun terakhir terfokus pada pasar Asia Tenggara di mana dia sekarang bertempat tinggal di Indonesia. Ia mengungkapkan saat ini Lazada Indonesia kurang lebih memiliki sekitar lima ratus karyawan



Prosedur Berjualan

1.            Masuk ke lazada.co.id
2.            Cari Jual di Lazada (bagian paling bawah) http://www.lazada.co.id/marketplace/
3.            kemudian muncul form registrasi pada form yang tersedia
4.            Isi Formnya
5.            Tunggu konfirmasi dari lazada
6.            Setelah persyaratan lengkap anda tinggal iklankan produk anda.


7.            Selesai

Prosedur Membeli
  1. Pergi ke halaman Lazada Malaysia, www.lazada.com.my. Jika anda belum ada akaun di Lazada Malaysia, anda perlu buat 1 akaun untuk proses pembelian. Tekan Login & Sign Up dan isikan detail anda.
  2. Isikan butir butir peribadi anda dan Submit
  3. Setelah selesai membuat akaun, anda akan menerima email dari pihak Lazada 
  4. Selepas itu anda bolehlah shopping barang yang anda hendak beli. Macam aku yang nak beli baby carrier 5 in 1 ni seperti gambar di bawah. Klik ‘BUY NOW‘ jika sudah pasti hendak membeli. Anda dikehendaki untuk memasukkan email adress anda, tetapi jika sudah anda sudah berdaftar anda hanya perlu pilih option yang kedua iaitu ‘I already have an account‘. Masukkan password akaun anda dan klik ‘continue’.
  5. Setelah itu, isikan ruang ‘Delivery Information‘ iaitu maklumat penghantaran barang kepada anda. ‘Create New Adress’ jika anda ingin menggunakan alamat yang lain. ‘Use existing address’ jika sebelum ini anda pernah membeli di Lazada dengan alamat yang sama.

Kelebihan Lazada
  1. Beraneka Ragam Produk Tersedia Di Lazada.co.id, barang yang di jual sangat beraneka macam, mulai dari barang elektronik, peralatan rumah tangga, perlengkapan bayi, mainan, alat musik, alat olahraga, buku, tas, alat kecantikan dan lain-lain.
  2. Banyak Diskon Menarik Yang Di Tawarkan Lazada sangat sering memberikan diskon-diskon terhadap produk yang dijualnya. Diskon yang diberikan pun bervariasi, mulai dari 10% sampai dengan diatas 30%.
  3. Website yang user friendly Website di Lazada.co.id memiliki tampilan yang user friendly, navigasinya sangat mudah dan tampilannya pun menarik sehingga orang yang awampun bias menggunakannya dengan mudah
  4. Bebas Ongkos Kirim Lazada memberika kebijakan untuk membebaskan ongkos kirim dengan beberapa ketentuan wilayah. Jika JABODETABEK dan pembelian diatas Rp. 100.000, maka akan bebas dari biaya ongkos kirim. Lalu jika diluar JABODETABEK ada yang masuk dalam wilayah 2 dan 3. Jika masuk wilayah 2, pengirimiman akan gratis jika pembelian diatas Rp. 90.000 dan berat barang kurang dari 6kg. Dan yang masuk wilayah 3, seluruhnya dikenakan biaya pengiriman.
  5. COD (Cash On Delivery) Terkadang dalam belanja online terdapat beberapa ketakutan seperti barang tidak sampai dan takut ditipu, tapi di pelayanan ini anda dapat melakukan pembayaran di tempat pada saat anda menerima barang sehingga terhindar dari penipuan. Tapi saat ini mungkin baru ada di daerah jakarta saja.
  6. Pengiriman Barang Cepat Sebagai pembeli pasti mengharapkan barang yang ia beli cepat sampai dan tidak terjadi kerusakan ataupun cacat, Lazada sepertinya tahu persis kebutuhan konsumen itu oleh karena itu mereka melakukan pengiriman barang yang cepat setelah pembayaran diterima.


Kekurangan Lazada 
  1. Konfirmasi Pembayaran Cukup Lama Sebagai pembeli juga tentu ingin segera mendapatkan kepastian dalam berbelanja, saya rasa konfimasi pembayaran diterima oleh pihak lazada cukup lama sehingga sedikit membuat pembeli khawatir.
  2. Fasilitas COD masih belum bisa dibanyak kota Fasilitas COD yang ditawarkan memang bagus untuk konsumen tapi sayangnya untuk saat ini masih untuk kota jakarta dan sekitarnya.


MIND MAP :


Sumber :





3. BLIBLI

www.blibli.com




Blibli.com ini didirikan pada tahun 2011 oleh PT. Global Digital Niaga (GDN). Kemudian dibantu oleh PT. Global Digital Niaga, Perusahaan ini tidak lain adalah adik dari PT. Global Digital Niaga. Sedangkan pemiliknya adalah Martin Hartono.
Martin Hartono adalah seorang putra owner Djarum Grup, Budi Hartono. PT. Global Digital Prima yang biasa dikenal ini merupakan salah satu bagian dari perusahaan rokok terbesar di Indonesia. Djarum Grup juga merupakan seorang pemilik saham beberapa bisnis online lainnya seperti, Kaskus bahkan beberapa situs lokal lain diantaranya, lintasberita.com, krassymarket.com dan dailysocial.net.
Blibli.com didirikan oleh Kusumo Martanto. Ia merupakan seorang yang lulusan S-2 teknik industri dan Georgia Institute of Teknology di Amerika Serikat. Untuk saat ini ia menjadi bagian dari CEO di PT. Global Digital Niaga.

Setelah ia lulus dari SMA di tahun 1992, Kusumo Martanto langsung melanjutkan pendidikannya di Amerika Serikat.

Sambil melanjutkan Study, ia juga bekerja di beberapa perusahaan seperti, Intel Corporation dan i2 Technologies yan menjabat sebagai senior manajer produk.
Setelah lulus di tahun 2009 dia kembali ke rumahnya tepatnya di Indonesia. karena, ia harus mengikat sistem kerja sama dengan Blibli.com di bawah PT. Global Digital Prima.
Sekian penjelasan tentang pendiri blibli.com. Semoga berguna dan dapat menambah pengetahuan kita. Terimakasih.
Prosedur Menjual
1.    mendaftar sebagai penjual atau merchant di Blibli dengan mengontak semua kontak yang tersedia, baik itu melalui telepon maupun email. Kalau sudah mengirim email ke layanan merchant Blibli, kita akan mendapatkan isi email
2.    Pendaftaran merchant atau penjual di Blibli, membutuhkan KTP, NPWP, foto produk dan foto toko / gudang. Selain itu juga ada form surat perjanjian kerja sama sebanyak 20an lembar, sekilas mengenai Blibli dan form pendaftaran yang berisikan data-data penjual atau merchant.
3.    Jika ada pertanyaan seputar merchant dan berjualan di Blibli, bisa menghubungi email alternatifnya di merchant.care@blibli.com
4.    menunggu lebih dari 1 minggu untuk mendapatkan formulir pendaftaran merchant Blibli. Namun setelah mendapatkan form melalui email, silakan diisi data-data yang diminta. Kamu nanti akan dikontak secara continue melalui sms

5.    sudah mendapat username dan password merchant Blibli, kamu tidak bisa menggunakannya begitu saja alias tidak bisa langsung digunakan. Kamu baru bisa menggunakannya setelah 2-3 hari kerja dan kamu telah melunasi pembayaran pendaftaran merchant. Biaya pendaftaran merchant di Blibli adalah sebesar 500 ribu. Uang ini merupakan uang semacam jaminan karena jika nanti produk tidak sesuai dengan yang dijual di lapak atau dideskripsikan. Atau juga barang mengalami kerusakan atau return sehingga pembeli produk kita merasa dikecewakan. Uang inilah yang nantikan akan digunakan.

Prosedur Membeli


  1. Pilih produk yang ingin Anda order dan klik button BUY NOW.
  2. Klik SHOPPING BAG dan klik button CHECKOUT NOW.
  3. Bila Anda sudah login maka Anda akan diarahkan ke Step 3, sedangkan jika Anda memilih berbelanja sebagai Guest maka akan diarahkan ke Step 2 terlebih dahulu untuk mengisi alamat.
  4. Pada Step 3 lengkapi Informasi Pengiriman lalu pilih Jasa Pengiriman yang Anda inginkan.
  5. Lengkapi Informasi Pembayaran lalu pilih Metode Pembayaran yang Anda inginkan.
  6. Isi kode verifikasi (CAPTCHA) pada pojok kanan bawah dan beri tanda checklist pada syarat dan ketentuan berbelanja, kemudian klik button PAY NOW.


Kelebihan dari Blibli
  • Harganya kompetitif kalau dibandingkan dengan online mall dan shop di Indonesia, bahkan bisa termurah kalau anda betah mengecek stoknya. Sering habis soalnya.
  • Kupon belanja yang mudah didapatkan dengan berbagai macam nominal, minimal anda bisa mendapatkan 2 buah kupon senilai total 100 ribu dari mendaftar newsletter Blibli.
  • Ongkos kirim gratis ke seluruh Indonesia, dan ini benar – benar nyata saat saya coba mengirim ke Malang dari Jakarta. Lazada saja masih membayar ongkos kirimnya. Ini ikut andil belanja kita jadi lebih hemat.
  • Customer service yang mudah dicari, setidaknya lewat Livechat kita bisa bertanya langsung mengenai masalah yang kita alami. Walau anda belum tentu membutuhkannya tapi saat anda mengalami masalah saya jamin anda bersyukur tim support Blibli selalu ada 24 jam sehari.
  • Pelayanan customer service Blibli yang cepat, ramah dan sabar. Saya tidak kecewa sama sekali.


Kekurangan Blibli
  • Sistem konfirmasi pembayaran transfer bank yang memakan waktu 1 hari sejak mengirimkan uang kalau order di hari kerja dan 2-3 hari kalau anda membelinya di hari sabtu dan minggu. Ini yang saya alami dan sempat frustasi karena masih pertama kali mengujicoba Blibli. Sedangkan di tetangga kurang lebih beberapa menit sudah dikonfirmasi.
  • Tidak ada cara konfirmasi pembayaran manual, tampaknya harus komplain ke customer care Blibli untuk hal ini.
  • Kalau di Lazada setiap ada perubahan status order akan diberitahukan melalui email dan SMS. Sedangkan Blibli hanya pada saat meletakkan pesanan dan konfirmasinya. Jadi kita harus sering – sering mengecek kabar terbarunya.
  • Sistem pengiriman barang yang tampaknya harus dijemput oleh kurirnya (Pickup), jadi merchant partnernya tidak boleh mengirimkan sendiri. Ini kelemahannya menjadi lebih lama (menunggu 2 hari baru statusnya berubah sudah diambil kurir) tapi kelebihannya tampaknya ada standar packingnya. Pembelian hp yang saya sebutkan diatas menggunakan kotak kayu. Imbang lah, agak lama tapi barang aman.



MIND MAP :





Sumber :




4. BUKALAPAK

www.bukalapak.com





Selain startup di atas, saya juga ingin mereview startup yang kalian sering dengar, sampai ada iklannya yang hits banget dengan lagu yang unik, yaitu bernamakan Bukalapak.com. Ituloh, yang iklannya ibu-ibu pakai baju untuk imlek sambil nyanyi “buka lapak emang cincay, harganya pas kaga lebay. Di nego aja say, pasti bisa say, di nego sampai okay”, udah inget kan? hehe. Kira-kira, kalian tahu engga sih apa bukalapak itu? Bukalapak itu merupakan salah satu pasar daring (online marketplace)  terkemuka di Indonesia (biasa dikenal juga dengan jaringan toko daring ) yang dimiliki dan dijalankan oleh PT. Bukalapak. Seperti halnya situs layanan jual-beli daring (online) dengan model bisnis consumer-to-consumer (C2C ), Bukalapak menyediakan sarana penjualan dari konsumen-ke-konsumen di mana pun. Siapa pun bisa membuka toko daring untuk kemudian melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia baik satuan ataupun dalam jumlah banyak. Pengguna perorangan ataupun perusahaan dapat membeli dan menjual produk, baik baru maupun bekas, seperti sepeda, ponsel, perlengkapan bayi, gawai (gadget), aksesoris gawai, komputer, sabak (tablet), perlengkapan rumah tangga, busana, elektronik, dan lain-lain. Pokoknya banyak banget deh yang dijual, bisa dibilang hampir lengkap yaa ada di situs ini, hehehe.
Lalu apa ya tujuan dari startup bukalapak ini? Sama seperti pasar tradisional, Bukalapak.com menjadi tempat dimana semua orang bisa menjual barangnya dan membuka lapak disini dengan mudah. Karena Bukalapak percaya, dengan mekanisme pasar online, penjual dan pembeli mendapatkan keuntungan maksimal. Jadi penjual bisa memperbesar pasar dan menaikkan bargaining terhadap calon pembeli lain, sementara pembeli bisa mendapatkan banyak pilihan barang. Lewat mekanisme inilah tercipta pasar yang akan menentukan harga. Bahkan bukalapak sering mengadakan promo harga di situsnya, harganya jadi turun tapi wajar engga lebay seperti di iklannya, hehehe. Oh iya, selain menjual barang-barang yang sudah dijabarkan diatas, kita juga bisa membeli pulsa dan paket data di situs bukalapak, loh. Engga cuma itu aja, kita juga bisa bayar tagihan listrik, beli tiket kereta, beli voucher games, tiket pesawat, sampai zakat profesi. Woaaah, banyak banget kan yang bisa kita beli di situs bukalapak. Untuk mempermudah pembelian maupun penjualan, kalian bisa banget download applikasinya di gadget kalian masing-masing. Pokoknya seru banget deh belanja dan jualan di bukalapak.com.

FYI (For Your Information) aja ya guys, Bukalapak pertama kali didirikan oleh Achmad Zaky pada awal tahun 2010 sebagai divisi agensi digital bernama Suitmedia yang berbasis di Jakarta. Namun,          Bukalapak baru berstatus sebagai sebuah Perseroan Terbatas (PT) pada September 2011 dan dikelola oleh manajemen yang dipimpin oleh Achmad Zaky sebagai CEO (Chief Executive Office) dan Nugroho Herucahyono sebagai CTO (Chief Technology Officer).
            Setelah berdiri kurang lebih setahun, Bukalapak mendapat penambahan modal dari Batavia Incubator (perusahaan gabungan dari Rebright Partners yang dipimpin oleh Takeshi Ebihara, Japanese Incubator dan Corfina Group). Di      tahun 2012, Bukalapak menerima tambahan investasi dari GREE Ventures yang dipimpin oleh Kuan Hsu.
            Pada bulan Maret 2014, Bukalapak mengumumkan investasi oleh Aucfan, IREP, 500 Startups, dan GREE Ventures. Tidak berselang lama dari      pemberitaan tersebut, di tanggal 18 Maret 2014 Bukalapak pun meluncurkan aplikasi selular untuk Android. Aplikasi yang dikenal dengan mobile Bukalapak tersebut diciptakan khusus untuk para penjual untuk             mempermudah penjual dalam mengakses lapak dagangannya dan melakukan transaksinya melalui smartphone.[8] Sejak pertama kali diluncurkan sampai dengan 3 Juli 2014, applikasi tersebut telah didownload oleh lebih dari 87 ribu user Bukalapak.
            Walaupun baru berdiri kurang lebih 3 tahun, Bukalapak memiliki reputasi            yang baik dalam hal customer service dan websitenya yang mudah untuk diakses. Bukalapak pun seiring dengan berjalannya waktu, semakin berkembang dengan inovasi terbarunya untuk mempermudah para pengguna Bukalapak untuk transaksinya.
            Bukalapak memiliki program untuk memfasilitasi para UKM yang ada di    Indonesia untuk melakukan transaksi jual beli secara online. Hal ini dikarenakan transaksi melalui online dapat mempermudah UKM dalam menjual produk-produk yang mereka miliki tanpa harus memiliki toko offline. Untuk yang telah memiliki toko offline, Bukalapak mengharapkan dengan          adanya situs tersebut dapat membantu meningkatkan penjualan toko offline tersebut.
Mengapa Belanja di Bukalapak.com Bebas Penipuan dan Aman?Memang belanja online beresiko besar terhadap penipuan, apalagi kalau situsnya engga jelas dan engga ada jaminannya, iya kan? Tapi tenang aja, di bukalapak semuanya aman. Bukalapak sendiri mengklaim bahwa situsnya merupakan “situs jual beli online mudah & terpercaya”. Pembeli tidak perlu merasa khawatir jika berbelanja onlinedi bukalapak sebab adanya Jaminan Aman Berkat Payment System.

Payment System adalah metode transaksi mirip rekening bersama tradisional; penjual menerima dana pembayaran setelah pembeli terima barang sehingga jika penjual tidak mengirim barang, dana pembeli tetap aman dan dapat dikembalikan 100%.


Keunggulan Payment System Bukalapak.com dibanding rekening bersama tradisional:
Lebih cepat – karena pembeli dapat langsung membayar tanpa harus hubungi penjual untuk sepakat menggunakan rekening bersama seperti yang dilakukan di forum jual beli.
Notifikasi SMS – tiap pembeli melunasi pembayaran maka secara real-time penjual mendapat SMS dari sistem Bukalapak.com untuk segera kirim barang.
E-banking – tak seperti rekening bersama tradisional, lewat Payment System Bukalapak.com pembeli dapat membayar lewat transfer, BCA KlikPay atau Mandiri Clickpay.
Tercatat sistem – proses transaksi diatur otomatis oleh komputer sehingga kecil kemungkinan ada kesalahan yang dapat dilakukan manusia.
Otomatis refund – sistem otomatis deteksi dan mengembalikan(refund) dana ke pembeli jika dalam 3 hari penjual tidak mengirim barang.
Feedback positif – penjual tetap mendapat feedback positif jika tidak ada konfirmasi dari pembeli, jadi tidak perlu meminta-minta pembeli untuk beri feedback/rekomendasi.
Tim Customer Service – walau transaksi telah diatur oleh sistem, BL tetap miliki tim Customer Service yang sigap melayani pembeli dan penjual yang belum paham cara bertransaksi dengan Payment System Bukalapak.com.

Apa aja ya kelebihan dan kekurangan dari situs bukalapak? Hmm, pada tahu engga? Mari kita ulas sama-sama yaa.

Kelebihan:

1.Mendapatkan Notifikasi Pesan

            Kalian pasti sering kan mengalami sebagai orang yang gagal memesan karena memang enggak serius? Sudah enggak jamannya lagi sekarang. Sekarang kalian cuma perlu fokus kepada orang yang memesan barang kalian. Nah, perusahaan E-Commerce yang berdiri sejak tahun 2011 ini menghadirkan konsep transaksi sederhana yaitu dengan memberitahu kepada Penjual jika terjadi transaksi ataupun penjualan di lapak Anda. Dengan begitu, kalian bisa lebih fokus kepada pembeli yang serius.

2. Pasti Menerima Uang dan Testimoni Positif Bagi Penjual

            Engga cuma pembeli aja yang bisa merasa aman, penjual juga bisa bernapas dengan lega. Kamu sebagai penjual engga usah khawatir jika pembeli kalian tipu-tipu, sebab sistem pembayaran yang digunakan Bukalapak sangat aman. Karena pembeli akan menransfer uang terlebih dahulu sebelum kamu mengirim barangnya. Kalau pembeli sudah mengirim barangnya, kamu bisa menerima uang dari Bukalapak.com sejumlah harga yang kamu pasang.

            Engga perlu khawatir jika pembeli kamu tidak memberikan testimoni buat kamu. Karena jika pembeli tidak mau memberikan testimoni, maka sistem akan otomatis memberikan feedback positif kepada lapak Anda.

3. Ongkos Kirim Otomatis

            Buat klean-klean sebagai pembeli, engga perlu khawatir salah memberikan ongkos kirim kepada pembeli. Karena sistem akan berjalan secara otomatis memberikan atau menghitung ongkos kirim kepada pembeli. Meski begitu, perlu diperhatikan lokasi Anda, karena penghitungan harga ongkos kirim tergantung dari jarak lokasi daerahnya dengan gudang penyimpanan barang.

4. Prioritas di Mesin Pencari

            Lapak yang udah kamu buka akan dioptimasi dengan SEO secara otomatis, tujuannya adalah agar dapat lebih unggul dari yang lainnya meski memiliki produk jualan yang sama namun posisi pencarian di mesin pencari google lebih unggul kamu yang telah membuka toko di perusahaan ini.

Kekurangan :
  1. Jika dibandingkan Pesaing sejenis, Bukalapak kurang gencar memberikan promo kepada pelanggan.
  2. Barang yang dijual tidak terjamin keaslian merknya.
  3. Promo gratis ongkos kirim bisa dimanfaatkan penjual nakal untuk mencari keuntungan dengan membeli barangnya sendiri dengan akun lain dan mengambil untung dari selisih ongkos kirim.
Sekian dulu yaa review dari aku kali ini. SEE YOU ON OUR NEXT PROJECT! ❤❤


MINDMAP:



Sumber:
https://blog.bukalapak.com/2013/05/mengapa-belanja-di-bukalapak-com-aman/


ariyantidwiastuti.blogspot.co.id/2015/10/analisis-web-e-commerce.html?m=1


5. SHOPEE

www.shopee.co.id




Chris Feng, Chief Executive Officer Shopee menjelaskan, hadirnya fitur ini sangat memudahkan pengguna Shopee, mengingat di aplikasi atau situs e-commerce lainnya para pembeli harus menyimpan nomor telepon penjual terlebih dahulu untuk berhubungan langsung.

Kelebihan Shopee

1.    Kemudahan dalam menginput gambar produk yang akan dipasarkan disana. Maksimum hingga 9 gambar dapat diupload secara bersamaan di Shopee.
2.    Pada bagian penjualan, terdapat fitur yang akan mempermudah penjual ketika menanti pembayaran, produk yang harus dikirim, hingga status transaksi yang sudah selesai.
3.    Adanya fitur khusus “barang diblokir” yang dapat memudahkan pengguna ketika ada masalah pada produk yang dijual.
4.    Fitur varian produk yang akan mempermudah dan sangat cocok untuk penjualan produk yang memiliki ragam warna, motif, aatu ukuran.
5.    Terdapat fitur untuk mengambil foto dari Instagram dan menambahkan hastag hingga 18 maksimum hastag.
6.    Aplikasi tersedia untuk Playstore (Android) dan iTunes (Apple).
7.    Saat ini masih banyak program promosi seperti penangguhan ongkos kirim (JNE), promosi di halaman depan masih gratis.
8.    Tidak memiliki batasan pada produk yang akan dijual disini.
9.    Memiliki peluang yang masih sangat besar dan menjanjikan. Karena belum terlalu populer, sehingga masih belum banyak onlineshop yang menggunakan Shopee.

Prosedur Menjual

  1. Download aplikasi Shopee di ponsel Anda melalui playstore (untuk pengguna android dan app store untuk pengguna apple),
  2. Lakukan pendaftaran dengan mengisi data personal , data kontak seperti Nomor HP, e-mail, Pin BBM dan yang lainnya.
  3. Selanjutnya Anda akan masuk kehalaman profile Anda. Nah, disinilah Anda bisa memulai apakah akan berjualan atau berbelanja, terdapat fitur dan tab yang bisa memudahkan aktivitas jual-beli yang akan Anda lakukan.
  4. Bila Anda ingin menjual maka terdapat tab untuk menjual produk dan fitur share yang bisa Anda gunakan untuk menyebarkan produk yang akan Anda jual ke media sosial lainnya.
  5. Lalau Anda hanya perlu mengambil foto produk yang akan Anda jual melalui ponsel Anda, setelah itu tambahkan penjelasan produk serta harganya.
  6. Bila ada pembeli yang tertarik dengan produk Anda maka proses komunikasi dapat dilakukan melalui fitur “Chat”.

Prosedur Membeli

1.    Login Shopee terlebih dahulu
2.    Setelah sebelumnya memilih barang, kemudian akan masuk ke menu Keranjangku, tambahkan
3.    TIKI, Kantor Pos dll, dan klik Lanjut opsi pembayaran
4.    Karena ini merupakan tutorial belanja di Shopee tidak memiliki rekening Bank, maka silahkan pilih Indomaret dan klik Lanjut konfirmasi informasi.
5.     Silahkan periksa kembali apakah alamat pengiriman, metode pembayaran, total pesanan dan opsi pengiriman sudah benar atau belum. Jika sudah silahkan klik Buat pesanan.
6.    Setelah itu akan muncul kode pembayaran yang nanti akan diperlihatkan kepada kasir Indomaret, kemudian klik OK.
7.     Setelah dari melakukan pembayaran simpan baik baik struk dari Indomaret sampai order barang di Shopee tersebut sampai ditangan. Dan jika ada masalah dapat menghubungi CS Shopee.


Kekurangan Shopee

1.    Adanya bagian pembeli dan penjual, sehingga terkesan tidak efisien dan rumit.
2.    Untuk promo ongkos kirim gratis, syarat yang harus dipenuhi terkesan sulit dan merepotkan.
3.    Tampilan deksripsi produk yang dinilai kurang menarik perhatian para calon pembeli.
4.    Pencairan dana ke rekening yang terhitung sangat lama setelah proses transaksi sukses.
5.    Terkadang situs sulit di akses atau bahkan lambat pada jam-jam tertentu.
6.    Walupun dapat menginput gambar dalam jumlah yang relatif banyak, namun pada beberapa kasus terkadang upload gambar tersebut sering gagal.
7.    Selain gambar, ketika menginput no resi via aplikasi pun sering gagal.
8.    Marketplace online terbaru ini juga tidak menyarankan dropship.



MIND MAP :





Sumber :





1 komentar:

  1. Saya merasa bingung pas mau check out di Android, ketika isi kode verivikasi no problem karena hanya angka angka tapi pas isi capcha diboard sama capcha beda ..Al hasil gagal beli...shopee marketplace

    BalasHapus