September 14, 2017

IDE BISNIS KREATIF SNACK ANTI MAINSTREAM


Oleh @H21-Ramadhon, @H29-Deny, @H31-Zaki, Pengertian bisnis menurut Prof.L.R.Dicksee adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam terjadinya aktivitas tersebut. Sedangkan, Pengertian Kreatif menurut Conny R. Semiawan merupakan kemampuan untuk melahirkan suatu gagasan yang baru dalam memecahkan sebuah masalah

         Kenapa Kita Harus Memulai Bisnis Kreatif ?
1.       Untuk Menjadi Bos bagi DIRI SENDIRI
               Dengan berbisnis, anda akan menjadi penentu dan pemimpin dari bisnis anda. Besar kecilnya bisnis anda ditentukan oleh kemampuan anda menjadi bos.
2.       Untuk Membuka Lapangan Pekerjaan
               Jika Anda memulai usaha sendiri, Anda akan menjadi salah satu orang yang berkontribusi untuk mengurangi jumlah pengangguran. Secara tidak langsung, Anda membuka peluang untuk orang lain untuk mengasah bakat mereka dan memiliki penghasilan.
3.       Meningkatkan Pengalaman dan Keahlian dengan Lebih Cepat
                                Jika Anda memulai usaha sendiri. Anda akan lebih semangat untuk mempelajari               hal baru dan berinteraksi dengan orang- orang baru. Mempelajari hal baru adalah cara          pengusaha untuk berkembang dan membuat usahanya semakin maju dari waktu ke waktu. Selain itu, memiliki usaha sendiri menjadikan Anda mampu melakukan beberapa peran sekaligus, seperti menjadi leader, supervisor, marketing/sales, enginer dan peran lainnya

·         Langkah-Langkah untuk memulai Bisnis Kreatif
1.       Menganalisis Jenis Usaha Terkait
               Lakukan analisis untuk menentukan potensi yang ada dalam jenis usaha Anda. Setelah itu jabarkan rencana usaha Anda secara detail . Setelah itu susun rencana pemasaran yang akan Anda lakukan untuk memasarkan usaha Anda tersebut.
2.       Menyusun Konsep Bisnis yang Sesuai
               Jika Anda akan mencari pendanaan dari luar, rencana usaha/business plan proposal adalah sebuah kebutuhan. Buatlah konsep bisnis yang sesuai dengan ide kreatif anda.
3.       Siapkan Modal
               Modal merupakan faktor penting dalam memulai usaha sendiri. Banyak orang ingin memulai usaha, namun tak mempunyai modal sehingga tidak jalan. Modal dapat dihasilkan dari : modal sendiri dari hasil menabung, mencari modal dari investor, atau meminjan uang dari bank.  Atau Anda juga dapat memulai bisnis tanpa modal dengan menjadi reseller dari suatu produk atau barang
4.       Perluas Networking
               Networking dapat menjadi landasan untuk kelangsungan usaha Anda. Anda dapat bergabung dengan komunitas yang terkait dengan jenis usaha Anda. Hal ini dapat Anda lakukan sebelum Anda memulai usaha sendiri, sehingga pada saat Anda mulai memasarkan produk/jasa yang Anda tawarkan, Anda telah memiliki networking yang luas.

·         Bisnis Kreatif Snack Anti Mainstream
                Salah satu bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan adalah bisnis makanan dan minuman, salah satunya adalah Snack, terlebih Snack tersebut adalah Snack Anti mainstream, arti anti mainstream sendiri adalah hal-hal yang tidak biasa atau tidak lumrah. Namun, yang dimaksud Snack Anti Mainstream disini adalah Snack yang berbeda daripada snack-snack biasa lainnya, Dimulai dari Berbeda cara pengemasan hingga cita rasa yang berbeda dari snack-snack pada umumnya. Contohnya yaitu Keripik Kentang Ataupun Singkong, yang biasanya memiliki cita rasa gurih, namun dengan pemikiran anti mainstream, snack ini bisa memiliki cita rasa manis, dan juga dengan desain kemasan yang unik sehingga dapat menarik perhatian calon konsumen.





Daftar Pustaka :

Anonymous. 2016. “10 Alasan Kenapa Anda Harus Memulai Usaha Sendiri”. http://www.pandagila.com/alasan-memulai-usaha-sendiri/ (Dilihat tanggal 12 September 2017)
Anonim. 2015. “Pengertian Bisnis, Manfaat Bisnis dan Tujuan Bisnis”. http://hariannetral.com/2015/06/pengertian-bisnis-manfaat-bisnis-dan-tujuan-bisnis.html (Dilihat tanggal 12 September 2017)
Anonim. 2017. “Langkah Yang Dibutuhkan Untuk Membuka Usaha Sendiri”. http://www.gajimu.com/main/tips-karir/langkah-yang-dibutuhkan-untuk-membuka-usaha-sendiri (Dilihat tanggal 12 September 2017)
Tyas, Rizky. 2017. “10 Variasi Rasa Keripik Ini Nyleneh Banget, Mana yang Pernah Kamu Coba?”.  http://travel.tribunnews.com/2017/05/18/10-variasi-rasa-keripik-ini-nyleneh-banget-mana-yang-pernah-kamu-coba. (Dilihat tanggal 12 September 2017)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar