September 29, 2017

INOVASI RAMA SHINTA ( RICE FARMING WITH AUTOMATIC TRACKTOR AND INTEGRATED IRIGATION)

Reporter : Ramadhon, Deny dan Zaki
@STARTUP H06

A.    TINJAUAN UMUM EVENT IYIA (INTERNATIONAL YOUNG INVENTION AWARD )
CN, Jakarta - Universitas Mercu Buana (UMB) terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan "The 4th International Young Inventor Award (IYIA) 2017. Event ini merupakan tahun ke empat INNOPA (Indonesian Invention and Innovation Promotion Association) mengadakan kompetisi Inovasi Internasional di Indonesia.
"Terpilihnya UMB sebagai tuan rumah penyelenggaraan IYIA ke-4 ini merupakan bukti pengakuan Internasional. Karena event ini merupakan pertemuan para inovator muda di seluruh dunia yang banyak diantara karya temuan tersebut berdampak pada peradaban manusia," kata Wakil Rektor UMB, Prof. Dana Santoso, Ph.D saat mendampingi Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, JumainAppe meninjau ruang pameran IYIA 2017 di Aula Kampus UMB Jakarta, Jumat (22/9/2017)..
Sementara itu Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, JumainAppe mengatakan bahwa kegiatan ini sangat inspiratif karena kedepan nanti SDM harus didorong agar SDM ini bisa berinovasi dan kreatif dalam rangka menciptakan produk-produk yang memiliki daya saing.
"Indonesia kedepan memerlukan banyak inventor-inventor dan inovator yang bisa terlahir dari event seperti ini dan kita harapkan ini terjadi baik secara nasional dan internasional sehingga sistim inovasi kita dapat berjalan karena inti dari inovasi yaitu sinergi dan kerjasama," ungkap JumainAppe.
Acara IYIA 2017 dimulai pada hari ini Jumat 22 September 2017 yang dihadiri oleh Presiden INNOPA Erricha Insan Pratisi, Man Li (Asosiasi Inovasi Dunia World Invention Intellectual Property Associations (WIIPA), Dr. Ir. Arissetyanto Nugroho, MM (Rektor Universitas Mercu Buana) dan beberapa Head of Delegation dari berbagai negara. IYIA 2017 kali ini diikuti lebih dari 200 tim yang berasal dari nasional maupun internasional terdiri dari beberapa negara seperti Indonesia, Malaysia, Egypt, Filipina, Sri Lanka, Jordan, Thailand, Iran, Suriah, Taiwan, India, Macau dan Vietnam.
 
B.      TINJAUAN SPESIFIK
Pada acara IYIA Tersebut, Kami tertarik mengunjingi peserta dari Jurusan Teknik Elektro Universitas Mercu Buana yang menemukan inovasi di bidang pertanian bernama RAMA SHINTA ( Rice Farming With Automatic Tracktor and Integrated Irrigation).
RAMA SHINTA ( Rice Farming With Automatic Tracktor and Integrated Irrigation) adalah alat yang akan mereka kembangkan, alat multifungsi untuk lahan dipertanian ini juga mampu menyiram,membajak sawah, dan menyemprotkan pupuk cair secara efektif pada sawah. Cara kerja alat ini dengan menggunakan remote kontrol untuk menggerakkan traktor tersebut.
Keunggulan Produk Tersebut adalah
- Murah
- Fleksibel
- Otomatis
- Hemat Energi
- Pengoperasian Mudah
- Multifungsi
- Perawatan mudah

Daftar Pustaka :

Anonim. 2017. http://www.cakrawalanews.co.id/artikel/1443/UMB-Terpilih-Sebagai-Tuan-Rumah-Penyelenggaraan-IYIA-ke-4-Tahun-2017/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar