Jumat, Oktober 6

Business Plan KOFA Sablon & Design



1.   Pendahuluan

Di era jaman sekarang percetakan sablon sangatlah dibutuhkan oleh banyak kalangan. Percetakan sudah menjadi tren dimana-mana dan menghasilkan banyak produk yang sangat bermanfaat bagi masyarakat luas.
Contoh produk yang dihasilkan oleh percetakan sablon adalah seperti gambar pada atau tulisan pada kaos, bendera, spanduk,undangan,dll. Salah satunya yang paling tren saat ini adalah kaos. Barang kebutuhan primer ini sangatlah banyak jenis gambarnya yang merupakan hasil dari percetakan sablon. 
Percetakan di jaman sekarang sudah berkembang sangat pesat, dan ada pun jenis percetakan sablonya itu manual dan modern. Percetakan manual masih menggunakan tenaga manusia yaitu dengan alat screen sejenis alat penyaring yang bentuk nya kotak tipis dan datar. Sedangkan percetakan modern sudah tidak menggunakan tenaga manusia, hanya dengan printer khusus sablon yang dihubungkankekomputer printer sudah bisa men cetak gambar pada kain. Tapi di balik itu semua pasti ada kelemahan dan kelebihannya masing -masing dan itu tergantung pada kita bagaimana menilainya. 


2.         Konsumen

Target utama saya adalah pelajar, kalangan remaja. Pelajar dan kalangan remaja sangat suka memakai kaos dengan gambar yang bagus dan unik. Dan tak jarang mereka membuat sendiri desain gambarnya, di sini lah saya akan mempromosikan usaha saya. Dan promosi pada pengurus cabang partai dengan menjadikan nya pelanggan. Karena jika masa - masa pemilu pasti mereka membutuhkan banyak produk kampanye yang berkaitan dengan sablon. Produk kampanye yang dimaksud contohnya pada kaos, bendera, spanduk, dll.


3.      Memulai Bisnis

Untuk menjalan kan bisnis ini, ada beberapa hal yang penting yang perlu kami persiapkanterlebihdahulu, antara lain sebagaiberikut :

1)      Modal
Untuk membuat usaha ini bisa berjalan kami membutuhkan modal untuk membeli bahan baju kaos polos yang nantinya akan di sablon dan untuk biaya sablon serta pembuatan desainnya.

2)      SDM
Untuk membuat usaha ini berjalan dengan dengan baik maka kami membutuh beberapa tenaga sumber daya manusia yang nantinya akan dipekerjakan sesuai keahliannya sehingga nantinya dapat membuat kualitas produk sablon kaos yang bagus.

3)      Pengawasan
Setelah SDM terpenuhidan modal sudah ada sekarang hanya tinggal melakukan pengawasan terhadap kinerja masing2 sehingga usaha ini nantinya dapat berkembang dan menjadi usaha yang besar.


4.                        Faktor penghambat dan pendukung

Setiap usaha yang dijalankan, pasti ada yang sukses dan ada yang belum sukses sepertihal nya usaha ini. Ada beberapahal yang menurut kami akan menghambat dan sangat mendukung dalam menjalankan usaha ini.

a.           Faktor penghambat tersebut diantara nya :

      1.    Sulitnya men dapat bahanbaku yang sesuai.

      2.    Harga bahan baku yang tidak stabil.

Tapi kami sudah merencanakan untuk memecahkan masalah faktor penghambat tersebut diantaranya yaitu dengan berhati–hati dalam mengelola setiap anggaran dana yang akan dikeluarkan. Sedangkan untuk mengatasi faktor yang kedua, yakni harga bahan baku tidak stabil, kami menyiasatinya dengan membeli bahan baku langsung kepada penjual setempat yang menjual dengan harga yang lebih murah.

b.          Faktor pendukung usaha ini diantaranya :

1.    Kondisi tempat, dan peralatan yang memadai
2.    Banyak diminati pelanggan.
3.    Merupakan salah satu mode yang sedang trend di lingkungan masyarakat.



5.                  Analisis SWOT

Strength (kekuatan)

1)        Memiliki SDM dengan etos kerja yang baik.
2)        Harga produk yang terjangkau
3)        Inovasi yang bagus dari stiker yang diciptakan sebelumnya.

Weakness (kelemahan)

1)      Kurangnya modal untuk menjalankan bisnis ini
2)      Harga bahan baku yang tidak stabil.

Opportunity (peluang/kesempatan)

1)      Tempat yang strategis dalam penjualan
2)      Budaya masyarakat yang konsumtif

Threat ( hambatan)

1)    Banyaknya kompetitor yang bergerak dibidang yang sama


6.                     Keuangan

Harga yang ditetapkansesuaidenganbanyaknyawarnasablon, ukurankaos, danjeniskain. 
Berikutrincianharganya : 

1.      Ukuran M kebawah 

a. Semi katun, sablonlebih 3 warna                        : Rp. 85.000 
b. Semi katun, sablonkurangdari 3 warna              : Rp. 70.000 
c. Katun, sablonlebih 3 warna                                : Rp. 90.000 
d. Katun, sablonkurangdari 3 warna                      : Rp.80.000 

2.      Ukuran M keatas 

a. Semi katun, sablonlebih 3 warna                               : Rp.85.000 
b. Semi katun, sablonkurangdari 3 warna                      : Rp. 80.000 
c. Katun, sablonlebih 3 warna                                        : Rp. 95.000 
d. Katun, sablonkurangdari 3 warna                               : Rp. 90.000 

Jika ukuran gambar besar dan gambarnya banyak maka harga ditambah Rp. 2.000 dari harga asli. Dan jika kaos berlengan panjang maka harga ditambah Rp. 3.000 dari harga asli. Jasa pembuatan desain Rp.50.000 per desain.

7.      Kunci Sukses

Adanya struktur usaha yang bagus Dimana dalam usaha ini akan ada bebereapa struktur atau pembagian kerja sesuai dengan kemampuan saya dan team untuk mencapai tujuan kami.

Dimana di sini akan ada bagian manajer yang mengatur kinerja keseluruhan team. Juga ada bendahara yang mengatur bagian keuangan pengeluaran dan pemasukan sehingga jelas keuntungan dan kerugian dalam usaha ini. Ada juga bagian pemasaran yang membantu memasarkan usaha ini agar dapat dikenal oleh banyak orang. Dan kariawan2 lainnya yang membantu saya dalam mendesain dan memperoleh bahan.

Bila semua dapan berjalan dengan baik sesuai dengan skill masing2 maka dapat memperbesar berkembangnya usaha ini.



8.      Penutup

Kegiatan usaha sablon merupakan usaha yang sangat cocok bagi orang yang kreatif dan suka kesenian. Produ ksablon era sekarang sangat populer bahkan banyak orang yang membutuhkan dan mencarinya.




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar