Jumat, Oktober 6

Business Plan "el papi pasta and beverage"

Perusahaan ini bergerak dibidang makanan utama yang diberi nama El Papi. Perusahaan ini direncanakan bertempat di Jl. Kisamaun sukasari, Pasar lama, Tangerang Banten. Perusahaan ini milik Farid Fadilah
         Usaha ini berbahan dasar yang sangat mudah sekali didapat di outlet pasar modern dan suppliyer yaitu Mie pasta. Usaha ini diyakini dapat menjanjikan, karena pada dasarnya orang indonesia menyukai makanan yang eksperimental dan mudah di jangkau di pinggir jalan. Makanan ini tidak perlu seorang chef atau keterampilan khusus, cukup mengikuti SOP yang sudah ada. Siapapun dapat melakukan pengolahan mie pasta jika mengikuti SOP yang sudah berlaku.
        El Papi ini memiliki harga yang sangat terjangkau. Hanya dengan harga Rp.25.000 per pcs, siapapun bisa membelinya mulai dari remaja sampai orang dewasa. Selain harga yang terjangkau, El Papi juga ini terdiri dari berbagai macam varian menu, yaitu : Pasta Carbonara, Spaghetti Marinera, Spaghetti Primavera, Spaghetti Bolognaise, Spagetti Aglio Olio Tuna, dan cemilan western lainnya
           Kandungan yang terdapat dalam menu pasta yang dijual dijamin sangat bermanfaat untuk kesehatan. Karena menu yang di jual tentunya berbahan utama mie fettuccine dan Spageti : memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang bagus untuk tubuh. Sayuran, seperti Brokoli : memiliki kandungan kalori paling rendah daripada sayuran yang lain, dan juga protein tinggi. Susu : memiliki zat kalsium yang baik untuk tulang. keju : kandungan kalsium, fosfor dan protein dalam keju baik untuk kesehatan gigi. Selain menggunakan bahan-bahan 100% alami, menu pasta yang di jual pun menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat juga, sehingga cepat untuk diproduksi setiap harinya.
               Melihat peluang pasar pun, masih jarang  sebuah perusahaan makanan yang bergerak di bidang pasta yang di jual ditempat kaki lima dan juga menggunakan bahan mie pasta sebagai bahan inti yang makanan utama. Untuk itu, Perusahaan ini tidak menyia-nyiakan kesempatan yang sudah ada. Promosi yang dilakukan adalah dengan menyebarkan informasi dari mulut ke mulut, social media ( Instagram, Twitter, Facebook, Path). Karena di jaman sekarang, sudah banyak para pengusaha menggunakan social media sebagai sarana mereka untuk mempromosikan barang/jasa mereka. Untuk itu, perusahaan Selera Italian Food melakukan hal yang sama untuk media promosi
       VISI DAN MISI PERUSAHAAN
VISI
Menjadikan perusahaan kami sebagai destinasi warung pasta kaki lima dengan cita rasa yang tinggi dan harga yang cukup terjangkau di mata masyarakat
MISI
·         Memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan
·         Mengutamakan kesehatan, kerapihan, dan kebersihan
·         Terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas rasa, menu,  pelayanan pelanggan
·         Menciptakan suasana usaha yang nyaman
RUANG LINGKUP USAHA
         Usaha ini termasuk usaha menengah kebawah yang akan di jual didaerah Tangerang dan di depan mini market di daerah tangerang. Namun, dengan seiring berjalannya waktu bisa menjadi usaha besar dengan memliki cabang dan outlet / ruko karena dijual menggunakan sarana Sosial Media, sehingga kalangan manapun dan dimanapun bisa menikmati produk La Carbonara di Seluruh Indonesia

     ALASAN PEMILIHAN USAHA
       Pada saat ini, banyak orang terus berinovasi dan bereksperimen untuk membuat makanan utama dengan harga terjangkau, dan dengan berbagai macam menu. Untuk itu, perusahaan ini berniat untuk membuat sebuah menu makanan pasta yang berbeda dengan yang lain dan jarang ditemui di jajanan pinggir jalan di Tangerang. Perusahaan ini akan membuat makanan bernama “ El Papi ”, dimana bahan-bahan yang dibutuhkan itu sangat terjangkau untuk didapat.
         Perusahaan Rasa Italian food ini akan menyediakan berbagai macam menu. Seperti Fettucine Carbonara, Fettuccine Alfredo, Fettuccine Ayam Saltimboca, Spageti Aglio Olio. Dengan harga yang relatif terjangkau, Rp. 25.000 dan bisa dinikmati oleh segala macam kalangan. Mulai dari anak kecil, remaja, dan orang tua. Dan tentunya, El Papi ini tidak menggunakan bahan pengawet dan MSG. jadi aman dikonsumsi dan menyehatkan.

ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN

  PRODUK YANG DIHASILKAN
Produk yang akan dihasilkan adalah menu makanan berbahan mie fettuccine dengan topping telur, susu, dan daging smoked beef. Di sajikan dalam piring dan kemasan kertas art paper yang di desain sedemikian rupa sehingga menghasilkan kesan yang keren.

    KEUNGGULAN PRODUK YANG DIMILIKI
ü  El Papi memiliki SOP ( Standar Operational Prosedure), yaitu tidak hanya menjaga kebersihan, tetapi juga mementingkan kualitas rasa yang di sajikan.
ü  Menu di El Papi memiliki banyak sifat nilai gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
ü  Produk menu El Papi adalah produk pasta yang jarang sekali di jajaki di jalan kaki lima, sehingga tidak banyak kompetitor yang berada di kawasan Tangerang
ü  Karena menu yang di jual El Papi berbahan dasar mie Fettuccine dan Spageti. Maka ketika selesai memakannya, kita akan merasa lebih kenyang seperti sehabis makan nasi
ü  Menu El Papi dapat dimakan oleh segala kalangan. Dari anak-anak sampai orang tua. Dan tidak menggunakan bahan pengawet dan MSG.
ü  Menu El Papi bisa menjadi makanan pengganti nasi karena tingkat kandungan mie fettuccine dan nasi hampir sama. Dan juga dapat mengenyangkan
ü  Harga yang di jual di outlet El Papi terjangkau, jadi segala kalangan dapat membelinya.

TARGET/SEGMENT PASAR YANG DITUJU
          1. Geografi
          Wilayah yang akan perusahaan ini jadikan target yaitu Tangerang. Untuk Tangerang, akan berada di kawasan pasar lama kisamaun Tangerang, dan di depan mini market yang berada di Tangerang. Alasan memilih tempat tersebut, karena wilayah pasar lama kisamaun tersebut adalah kawasan wisata kuliner favorit bagi masyarakat tangerang dan sangat sering didatangi oleh orang-orang setiap harinya dibanding dengan wilayah lain. Dan belum ada pula yang berjualan dengan jenis pasta yang di jual di kaki lima yaitu El Papi  disekitaran wilayah tersebut. Jadi ini dianggap sebagai kesempatan yang dapat mengguntungkan perusahaan. Namun, jika permintaan dan pasar di daerah lain memungkinkan  El Papi semakin banyak, kita akan membuka cabang pula di tempat lain.
           2. Demografi
            Berdasarkan Demografi, secara pasar kami bertuju pada semua kalangan ( umur 12 tahun – usia tua), masyarakat yang tinggal disekitaran Tangerang.

TREND PERKEMBANGAN PASAR
           Pada era tahun 2010an sampai sekarang ini, Masyarakat semakin banyak mengikuti trend. Trend seperti fashion dan kuliner lah yang makin banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia. Sudah banyak pengusaha dibidang kuliner yang berlomba-lomba untuk menciptakan sesuatu yang unik dan berbeda. Entah dari packing makanan, topping makanan, harga yang miring, tempat yang dibuat semenarik mungkin dengan berbagai tema, dan nama-nama “jargon” mereka yang terlihat aneh tapi bisa menarik pelanggan.    
              Tidak hanya pengusaha, tetapi banyak pula masyarakat kita yang berlomba-lomba untuk mencoba kuliner yang sedang hitz pada masanya. Biasanya  tak jarang, mereka akan mengupload foto makanan/minuman yang lagi hitz tersebut ke akun Instagram mereka. Dan penulis pun melihat sudah banyak para pecinta kuliner yang membuat akun khusus kuliner di Instagram, dimana akun tersebut terdapat foto-foto makanan yang sedang hitz di Indonesia.
            Untuk itu, melihat peluang trend yang sangat bagus, perusahaan ini pun menciptakan sebuah makanan yang berbeda dari yang lain. Walaupun ada perusahaan lain yang membuat jenis makanan yang sama dengan perusahaan ini, namu El papi adalah perusahaan cafe kaki lima ternama, yang biasa dijual disekitar masyarakat. Maka dari itu perusahaan ini berniat menjajakan pasar kaki lima karena jarang sekali pasta di jual di pinggir jalan. Karena itu ancaman dari usaha ini sangat kecil. Karena memang jarang ada yang menjual pasta di pasar kaki lima.
         STRATEGI PEMASARAN
             1. Produk
            Produk yang direncanakan untuk diproduksi adalah Menu Pasta. Produk yang dihasilkan akan dijual langsung dan lewat media Online. Langsung : customer datang, memesan dan ketika sudah matang menu langsung di disajikan ke customer. Online : Pasta diletakan di kemasan kertas artpaper yang telah di desain sedemikian rupa, lalu jika ada customer  yang order kami kirim melalui jasa pengiriman. Seperti : Via Gojek (GO FOOD) atau Grab Bike (GRAB FOOD)
            2. Tempat
    Usaha ini akan ditempatkan dalam 1 wilayah, yaitu Tangerang. Di Tangerang tepatnya ada di pasar lama kisamaun Kota Tangerang, dan sekitar depan mini market terdekat. Penjualan di pasar lama, akan menggunakan Kontainer yang telah di modifikasi dengan taste italia (agar secara tidak langsung, membranding produk) sebagai tempat usaha.
             3. Harga
     Penentuan harga yang dipasarkan disesuaikan dengan banyaknya permintaan konsumen yang ingin membeli makanan dengan harga murah tetapi tetap berkualitas. Untuk itu, La Carbonara dibandrol dengan harga Rp.25.000 per porsi
           4. Promosi
     a. personal selling : Penjual akan menawarkan produk ini secara face-to-face, sehingga customer pun dapat melihat langsung bagaimana bentuk dari menu pasta yang di pesan, dan sistem transaksi pun akan jauh lebih cepat. Dan konsumen pun langsung bisa memakannya.
      b. Iklan : karena produk ini juga akan dijual di social media. Penjual akan memasang iklan di social media tersebut. Agar produk ini lebih cepat dikenal masyarakat. Penjual akan meminta bantuan dengan onlineshop lain untuk melakukan paid promotion di Instagram mereka. Jadi, iklan usaha ini bisa merambah luas bukan hanya dari akun Instagram resmi. Dan media periklanan yang lain untuk mencari followers untuk akun produk El Papi. Dan iklan juga akan di lakukan melalui media cetak yaitu lewat brosur yang di sebarkan di sekitar outlet El Papi berada.

     ANALISIS PESAING
         Pesaing atau yang biasa disebut sebagai competitor adalah merupakan factor yang sangat penting dalam menyusun keberhasilan pemasaran. Dalam usaha La Carbonara, jika dilihat analisis pesaingnya terdiri dari : ancaman masuknya pendatang baru, pengusaha lain menjual produk yang sama dengan varian menu yang lebih banyak.

 ANALISIS PRODUK

      PRODUK MAKANAN YANG DI JUAL
1.    Fettucine Carbonara











Bahan – Bahan :
  • 100 gram fetucini
  • 2 siung bawang putih
  • 1 slice daging smoked beef
  • 200 ml susu cair
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica hitam kasar
  • 25 gram keju parmesan
  • 1 kuning telur, dikocok
  • 1 sendok makan margarin

2.    Spaghetti Aglio Olio Tuna








Bahan – Bahan :
·         6 sdm olive oil


·         50 gr ikan tuna
·         100 gr spaghetti
·         1 1/2 ltr air
·         2 bh cabai rawit merah
·         ½ sendok teh garam
·         ½ sendok the merica hitam kasar
·         3 siung bawang putih
·         Perasan Lemon
·         Daun parsley secukupnya


3.    Sandwich Cuban
 

Bahan – Bahan :
  • 30 gram daging sapi mojo
  • 2 slice smoked beef
  • Roti kuban
  • Mustard
  • 3 slice acar
  • Mentega


4.    Fettucine Bolognaise









Bahan – Bahan :
·         6 sdm olive oi
·         120 gr Fettucine
·         Saos bolognaise
·         1/2 ltr air
·         Saus tomat
·         ½ sendok teh garam
·         ½ sendok the merica hitam kasar
·         2 siung bawang putih
·         ½ sendok gula
·         Daun parsley secukupnya


5.    Chicken Taco









Bahan – Bahan :
·         1 lembar kulit kebab
·         1 1/2 buah bawang bombay
·         daun ketumbar, iris
·         1 buah jeruk nipis
·         1 buah alpukat, hancurkan
·         1/2 buah tomat
·         Kubis iris tipis
·         1 slice jeruk
·         Daging ayam nugget


6.    Spaghetti Primavera









Bahan – Bahan :
·         6 sdm olive oil
·         100 gr spaghetti
·         30 gr brokoli hijau
·         30 gr kacang polong
·         30 gr wortel
·         ½ sendok teh garam
·         ½ sendok the merica hitam kasar
·         3 siung bawang putih
·         Perasan lemon
·         Daun parsley secukupnya



DESAIN PRODUK
El Papi yang telah diproduksi akan disajikan dengan piring jika customer langsung datang ke outlet kami, dan akan dikemas jika ingin di bawa pulang (takeaway) dipasarkan dengan dikemas. Pengemasan di sisni dilakukan karena  memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia usaha, karena pengemasan tidak sekedar memberi wadah dari dari produk yang dihasilkan tapi lebih pada pengembanan muatan misi dalam rangka persaingan pasar dan sekaligus membranding nilai suatu produk. Di mana konsumen akan cenderung tertarik dengan produk yang dikemas dengan rapi dan menarik.

Fungsi kemasan tidak sebatas digunakan sebagai pelindung produk melainkan juga sangat mendukung terjaganya kualitas produk serta adanya peningkatan kelas (penampilan) imej yang baik. Jenis bahan kemasan  yang digunakan adalah piring beling putih untuk pembelian langsung, dan art paper kemasan tutup rapat untuk pembelian take away.

              Selain itu, pada kemesan juga akan di desain sedemikian rupa sesuai dengan logo produk El Papi. Pemberian desain di sini tidak hanya sekedar tulisan, tapi di dalamnya terkandung pesan-pesan tertentu yang disampaikan pada konsumen. Dengan harapan produknya dapat dikenal oleh konsumen luas, sehingga mudah dicari ketika dibutuhkan.

 Selain itu desain juga berfungsi sebagai jaminan atas kualitas produk, sarana untuk merk dagang, logo perusahaan, nama dan alamat perusahaan, dan berat atau volume produk. Informasi yang ingin disampaikan kepada konsumen tersebut terangkum dalam tulisan yang dicetak pada kemasan produk. Maka pada kemasan art paper akan di desain serta di cetak di percetakan terdekat. Dengan mencatumkan logo perusahaan, nama dan alamat perusahaan, dan berat atau volume produk

 *contoh visualisasi kemasan produk yang belum di modifikasi*



BAB V
ANALISIS KEUANGAN
     5.1. ANALISIS BIAYA USAHA
A. BIAYA TETAP
No.
Uraian
Jumlah (unit)
Harga (Rp)
Jumlah (Rp)
Masa pakai (th)
1.
Modena free standing cooker
1
Rp. 8.000.000
Rp. 8.000.000
Selamanya
2.
Kulkas 1 pintu
1
Rp. 1.745.000
Rp. 1.745.000
10 thn
3.
Meja Preparation
1
Rp. 3.600.000
Rp. 3.600.000
Selamanya
4.
Teplon 24 cm
2
Rp. 120.000
Rp. 240.000
3 tahun
5.
Baskom Stainless
4
Rp. 30.000
Rp. 120.000
Selamanya
6.
Pisau
3
Rp. 40.000
Rp. 120.000
3 Tahun
7.
Piring
30
Rp. 15.000
Rp. 450.000
Selamanya
(selama tidak pecah)
8.
Sendok
36
Rp. 3.000
Rp. 108.000
Selamanya (selama tidak hilang)
9.
Garpu
36
Rp 3.000
Rp. 108.000
Selamanya
(selama tidak hilang)
10.
Panci
2
Rp. 50.000
Rp. 100.000
Selamanya
11.
Spatula
2
Rp. 20.000
Rp. 40.000
5 tahun
12.
Saringan
2
Rp. 20.000
Rp. 40.000
5 tahun
13.
Talenan
3
Rp. 20.000
Rp. 60.000
5 tahun
14.
Container
1
Rp.15.000.000
Rp. 15.000.000
Selamanya
15.
Kanopi container
1
Rp. 3.000.000
Rp. 3.000.000
Selamanya
16.
Cat container
2
Rp. 1.000.000
Rp. 1.000.000
5 tahun
17.
Neon Box
1
Rp. 2.000.000
Rp. 2.000.000
Selamanya
18.
Double sink
1
Rp. 5.200.000
Rp. 5.200.000
Selamanya







Total


Rp. 40.891.000


B. BIAYA VARIABEL
No.
Uraian
Jumlah (unit)
Harga (Rp)
Jumlah (Rp)
1.
Bahan baku




Mie Fettuccine
30 pack
Rp. 35.000/pack
Rp. 1.050.000

Mie Spaghetti
20 pack
Rp. 35.000/pack
Rp. 700.000

Saus Bolognaise
6 pack
Rp. 25.000/pack
Rp. 150.000

Telur Ayam
10 kg
Rp. 17.500/kg
Rp. 175.000

Garam
3  bungkus
Rp. 6.000/bks
Rp. 18.000

Merica hitam
5 botol
Rp. 30.000 /30 gr
Rp. 150.000

Margarine
2 kg
Rp. 25.000/kg
Rp. 50.000

Smoked beef
3 pack
Rp. 30.000 /pack
Rp. 90.000

Keju Prochitz
2 kg
Rp. 101.000/kg
Rp. 202.000

Bawang Putih
2 kg
Rp. 33.000/kg
Rp. 66.000

Sosis
3 pack
Rp. 30.000/pack
Rp. 90.000

Daun piterseli
1 kg
Rp. 25.000
Rp. 25.000

Tuna Deho
5 kaleng
Rp. 30.000
Rp. 150.000

Lemon
2 kg
Rp. 20.000
Rp. 40.000

Daun Parsley
½ kg
Rp. 13.000
Rp. 13.000





3.
Bahan pendukung




Gas LPJ 3 Kg
5 Tabung
Rp. 17.500
Rp. 87.500

Plastic kecil
10 bungkus
Rp. 5.000
Rp. 50.000

Pack kemasan
500
Rp. 2.000
Rp. 1.000.000

Garpu plastik
5 lusin
Rp. 10.000
Rp. 50.000





4.
Tenaga Kerja




Karyawan
2 orang
Rp. 1.500.000
Rp. 3.000.000

Admin Official Account
1 orang
Rp. 500.000
Rp. 500.000






Total


Rp. 5.443.500
*perkiraan modal perbulan*

C. Biaya lain-lain (per bulan)
No.
Uraian
Jumlah
Unit
Harga per unit
Jumlah Harga
1.
Bensin Transportasi
1
Bln
Rp. 300.000
Rp. 300.000
2.
Promosi
·         Brosur A5
·         Jasa Desain media sosial
·         Iklan Seputar event Instagram

500
6

2

Lembar
Desain

Posting

Rp. 200
Rp. 25.000

Rp. 100.000

Rp 100.000
Rp. 150.000

Rp. 200.000

Total



Rp. 650.000

Modal Biaya Usaha
No.
Jenias Biaya
Jumlah Biaya (Rp/Bln)
1.
Biaya Tetap
               Rp.                          40.891.000
2.
Biaya Variabel Bulan pertama
Rp.                             7.656.000
3.
Biaya Lain-Lain
Rp.                                650.000

Grand Total Jumlah
               Rp.                          49.197.000

Perhitungan Biaya Fettucine Carbonara per porsi :
No.
Bahan Baku
Jumlah Biaya
1.
Mie Fettuccine 150 gr
           Rp.                                       3000
2.
Bawang Putih 1 siung
           Rp.                                         300
3.
Margarine 5 gr
           Rp.                                         200
4..
Keju Prochitz per porsi
           Rp.                                         500
5.
Daging smoked beef 1 buah
Rp.                                        1500
6.
Sosis 1 buah
Rp.                                        1000
7.
Telur 1 buah
Rp.                                        1000
8.
Daun Piterseli 1 jumput
Rp.                                          500
9.
Brokoli
Rp.                                          500

Jumlah
           Rp.                                       8500

Perhitungan Biaya Fettucine Bolognaise per porsi :
No.
Bahan Baku
Jumlah Biaya
1.
Mie Fettuccine 150 gr
            Rp.                                       3000
2.
Bawang Putih 1 siung
            Rp.                                         300
3.
Margarine 5 gr
            Rp.                                         200
4..
Saus Bolognaise
            Rp.                                       2000
5.
Daging smoked beef 1 buah
Rp.                                        1500
6.
Sosis 1 buah
Rp.                                        1000
7.
Daun Piterseli 1 jumput
Rp.                                          500

Jumlah
           Rp.                                        8500

D. Keuntungan per porsi
Harga 1 porsi : Rp. 8500
Harga jual : Rp 25.000
Keuntungan tiap porsi: Rp. 16.500

E. Harga Per Unit
      Harga jual El Papi Rp. 25.000/porsi.Target penjualan FRB ini adalah 35 porsi/hari. Dengan dibagi wilayah Tangerang dengan penjualan menggunakan gerobak, untuk media social berharap terjual 5 pors/hari ditargetkan. Dengan Target penjualan per hari El Papi yaitu Rp. 1.000.000 untuk mencapai angka biaya operasional per hari.
F. Penerimaan, pendapatan, dan R/C Ratio Usaha
     Waktu berjualan yaitu setiap hari selasa s/d minggu.
Berikut rinciannya :
·       Pendapatan Harian = Rp. 25.000 x 40 porsi  = Rp. 1.000.000
·         Pendapatan bulanan = Rp. 1.000.000 x 26 hari = Rp. 26.000.000

Pendapatan (laba) perbulan          R/C Ratio
Total revenue – total fix cost          Total Revenue : Total Cost
= 26.000.000 – 6.116.000               = 26.000.000 : 6.116.000
= Rp. 19.884.000                            = 6,66
Berdasarkan hasil dari Tabel Analisis Biaya dan penghitungan diatas dapat dilihat bahwa bisnis yang dipilih layak untuk dilakukan karena pelaku usaha dapat meraup keuntungan dari usaha yang dilakukan (R/C ratio > 1).

LAMPIRAN

             A. ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS
Banyak

Harga Produk yang terjangkau, dapat dipilih sebagai makanan dan sekaligus di waktu nongkrong dengan teman.

 kami menggunakan 3 strategi marketing : 1. Personal selling memakai gerobak yang dilakukan di Pasar Lama Kisamaun.
2. Promosi di social media,
3. Promo MARE (Makan Rame RamE)
Memiliki cita rasa Bintang Lima dengan harga kaki lima

pemilihan tempat di pasar lama kota Tangerang dirasa sangat strategis, karena banyak orang yang datang kesini untuk wisata kuliner setiap harinya terlebih hari sabtu dan minggu, jadi dirasa sangat menguntungkan.

mempunyai berbagai rasa tidak pedas dan pedas sehingga anak anak dapat menikmati juga.

Tidak hanya warga tangerang saja yang bisa menikmati El Papi, tetapi masyarakat Indonesia pun bisa. Kami menawarkan pembelian melalui online dan franchaise, pengiriman ke seluruh Jabodetabek dengan menggunakan jasa pengiriman order via Gojek/GrabBike
.
semua kalangan dapat membelinya, mulai dari anak-anak sampai orang tua.
Pembuatan produksi bertempat di outlet kami, jadi dapat mengjangkau masyarakat luas yang datang ke pasar lama
tidak mengandung bahan pengawet dan MSG, karena kami menggunakan bahan-bahan yang 100% alami.
Ancaman pesaing dirasa masih kecil, karena jarang ada yang menjual produk yang sama di pasaran




WEAKNESS

System manajemen yang lemah dan tidak terstruktur, karena pemilik sendiri yang turun tangan mengatur semua. Karena masih kurangnya tenaga kerja yang membantu.
Jika harga bahan bahan sedang naik, terpaksa akan mengurangi jumlah produksi perharinya.
Pemilik susah membagi waktu antara kuliah dengan memanage usaha ini. jadi usaha ini, mungkin akan keteteran.
Karena tidak menggunakan bahan-bahan pengawet, produk ini tidak tahan lama. Jika disimpan dalam kulkas hanya bertahan selama 3 hari saja.
Tempat berjualan yang lumayan jauh jaraknya dari rumah produksi, butuh sekitar 30 menit untuk menuju Pasar lama kisamaun Kota Tangerang, jadi persiapan untuk berdagang harus disiapkan semalamnya jika ingin berjualan pagi.
Karena tidak tahan lama itulah, hanya bisa mengirimkan produk ini ke daerah jabodetabek saja. Yang sekiranya tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengirim produk ini. 
Karena menggunakan gerobak, Dengan terpaksa, Menitipkan gerobak ke tempat yang lebih aman. Mungkin akan kena biaya charge penitipan gerobak. (biaya preman)
Karena produk ini dikirim menggunakan jasa order via ojek online, Rawan sekali ketika pesanan sampai kepada customer, makanan yg sudah jadi tidak hangat dan kurang nikmat untuk di santap. Jika ingin di santap disarankan memanaskan memakai microwave.


OPPORTUNNITIES

Belum ada pesaing  khususnya untuk pemasaran di pasar lama tangerang. Yang berjaualan pasta kaki lima

Banyaknya masyarakat yang sudah menggunakan gadget dan membuat social media untuk mereka berinteraksi, terlebih di Instagram.
Meningkatnya peminat konsumen di bidang kuliner
orang yang malas untuk pergi membeli produk ini, bisa membeli hanya menggunakan order via grab food/ go food. Jadi, orderan tinggal kirim ke rumah konsumen tersebut. Tanpa mereka harus keluar rumah
Masyarakat di Indonesia sedang menyukai dan mencari makanan yang terbilang hitz dan jarang di temukan orang lain
Masyarakat yang tinggal diluar Jakarta dan Tangerang pun dapat membeli El Papi. Jadi, tidak perlu repot untuk datang jauh-jauh ke Tangerang.


THREATS

Selera konsumen yang selalu berubah – ubah mempunyai pengaruh yang besar terhadap pembelian produk

Banyaknya pesaing baru dengan berbagai jenis usaha lain yang dapat membuat produk ini lewat akan masanya
Dapat terjadinya copy paste jenis usaha yang sama
Lidah orang indonesia adalah lidah penyuka rempah, untuk itu pasta dapat menjadi makanan yang membosankan
Karena tidak menggunakan bahan pengawet, Jika disimpan terlalu lama El Papi ini akan cepat basi



 B. GAMBAR TEMPAT PENYAJIAN PRODUK
1. Art Paper untuk membukus dan menaruh La Carbonara untuk kemasan take away (dibawa pulang)



*contoh visualisasi kemasan produk yang belum di desain dan modifikasi*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar