Jumat, Oktober 6

Inovasi Permen dari Pepaya

Event keempat International Young Inventor Award (IYIA) hadir di Indonesia. Event ke empat International Young Inventors Award (IYIA) dilaksanakan di Jakarta dan bekerjasama dengan Universitas Mercu Buana pada tanggal 22- 23 September 2017.

International Young Inventor Award (IYIA) merupakan sebuah event perhelatan kompetensi inovasi internasional  yang bertujuan untuk Untuk memperkenalkan, menghargai dan mempromosikan inovator muda di seluruh dunia, yang telah mendedikasikan diri dalam membuat inovasi, kreasi, dan kreativitas. Selain itu IYIA juga bertujuan untuk Menyalurkan minat para inovator Indonesia, dan juga sebagai wadah untuk menjembatani para inovator Indonesia dalam berkompetisi di bidang inovasi dengan masyarakat dunia.
    
 Event IYIA yang digelar di Universitas Mercubuana pada tanggal 22 – 23 September 2017 kemarin berfokus untuk memamerkan inovasi kreatif dari inovator muda di Dunia. Semua peserta dapat mempresentasikan penemuan mereka dalam bentuk sampel, prototipe, tiruan, dan banyak lainnya.

Helatan kompetisi inovasi Internasional tahun ini diikuti oleh ratusan inventor dari beberapa negara, di antaranya Indonesia, Malaysia, India, Vietnam, Thailand, Philiphina, Sri Langka, Mesir, Maccau, Jordania, India, Taiwan dan lain-lain.  Para peserta yang mengikuti event ini berlomba-lomba dalam memperkenalkan produk inovatif yang mereka akan perkenalkan.

Nantinya setiap peserta yang mengikuti event ini berlomba untuk mendapatkan yang terbaik. Lomba ini berkonsep pameran dimana setiap peserta mendapat stand masing-masing  dengan sistem penjurian adalah presentasi dan tanya jawab mengenai inovasi produk yang diperkenalkannya dalam bahasa inggris. Jurinya pun tidak hanya berasal dari Indonesia, melainkan dari berbagai negara. Untuk memberikan penilaian Para dewan Juri tersebut berputar mengunjungi tiap meja dan melakukan tanya jawab dengan semua peserta .

Kami @Startup F06 tertarik dengan salah satu stand anak bangsa, yaitu stand yang berasal dari kota malang. Awal mula mereka membuat suatu inovasi karena mereka mempunyai banyak teman yang memiliki mata minus, akhirnya mereka mencoba mencari tahu buah-buahan apa yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. akhirnya mereka membuat suatu inovasi dari buah pepaya menjadi sebuah permen. 

Mereka membuat buah pepaya menjadi permen di karenakan kebanyakan orang tidak tertarik mengkonsumsi buah-buahan, maka dari itu dia rubah supaya menjadi menarik akhirnya dia buat lah permen dari buah pepaya




Untuk saat ini sayangnya mereka belum memproduksi secara massal untuk diperjual belikan.

Pertanyaan Wawancara
apakah produk anda mau di patenkan oleh mercubuana
apakah anda mau mendapatkan beasiswa dari mercubuana

Hasil Wawancara
Jika memang ada yang ingin membantu mempatenkan produknya dia sangat mau
Dia mau untuk mendapatkan beasiswa dari mercubuana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar