Jumat, November 10

@Proyek F06: Inspirasi Bisnis Pengusaha Muda



Proyek Perorangan dan hanya berlaku di kelas

Setelah Anda mengerjakan beberapa proyek yang berkaitan dengan rintisan dan pengembangan bisnis Anda, simak tayangan video bisnis di atas.

Buat review  secara langsung  di kolom komentar yang tersedia,   dikaitkan dengan  rintisan dan pengembangan bisnis Anda.  Cantumkan Kode Pebisnis dibagian atas kolom komentar.

23 komentar:

  1. Kode Pebisnis : @F02-Ranjhi

    Karena beberapa faktor dan kendala, tidak senua bidang usaha yang kita geluti selalu berhasil, bahkan, ada keberhasilan yang hanya bertahan sebentar, keuntungan untuk memiliki bisnis besar harus datang dari diri sendiri. keputusan untuk berwirausaha bukanlah hasil dari paksaan atau bakat. Ada keinginan besar dalam diri untuk berwirausaha dan memotivasi diri supaya lebih serius. cara menjadi pengusaha sukses adalah dengan :

    1.Menentukan produk yang tepat
    2.Mencari tahu siapa target pasar
    3.Memilih media promosi yang efektif
    4.Menggunakan strategi promosi kreatif
    5.Membuat pembukuan untuk menghitung margin

    BalasHapus
  2. @f-10 Fajar Andrianto

    Sukses diusia muda.. Theresia memulai bisnis dr smp.. Pengusaha mendapat keinginan untuk berbisnis karena keinginan untuk mendapatkan uang lebih.. Thersia memulai bisnis dengan modal tabungan yang ia tabung dari tk.. Pertama thersia memulai bisnis dengan berjualan pisang goreng disekolahnya.. Setelah lulus kuliah thersia bekerja sebagai karyawan di perusahaan kopi.. Seiring berkembangnya waktu theresia melihat hal ini sebagai peluang.. Lalu theresia mencoba memulai bisnis kopi.. Thersia memasarkan produknya ke warung warung disekitar tempat usahanya.. Seiring berkembangnya waktu thersia memodifikasi produknya menjadi beberapa varian jenis kopi.. Namun dibalik keberhasilannya theresia juga pernah gagal dlm menjalankan bisnisnya..namun dia tetap optimis sehingga bisnisnya dapat bangkit kembali




    Yg patut dicontoh dr theresia utk ide bisnis yg dijalankan :
    1. Adanya keinginan dan keberanian yang tinggi untuk memulai berbisnis
    2. Adanya perilaku bisnis dr theresia utk amati, tiru, dan modifikasi dr tempat dia bekerja di perusahaan kopi.. Sehingga thersia mampu untuk menciptakan bisnis kopinya..
    3. Memiliki prinsip hidup yg baik sehingga dapat tetap bangkit walaupun bisnisnya sedang mengalami kegagalan

    BalasHapus
  3. @f05-Rangga

    Memulai bisnis hendaknya dimulai dari bangku sekolah. Seperti Putri yang dari sekolah SMP sudah mulai berjualan di sekolah dan dia tidak malu untuk menjual nya.

    Kesimpulan yang saya dapatkan :
    1. Peluang itu bisa di dapat dari mana saja, tergantung bagaimana kita yang melihat peluang itu sendiri apakah itu adalah "PELUANG" yang seperti apa,bagaimana dan untuk siapa. Dan kita harus selalu yakin setiap peluang itu pasti bisa kita ambil, apabila kita yakin dan berusaha.

    2. Yakin dan percaya diri
    3. Jangan menyerah dengan sesuatu yang kita kerjakan
    4. Optimis dalam mencapai sesuatu

    BalasHapus
  4. @F03-Isrami

    kalau memulai bisnis jangan sampai ketika baru mulai langsung membayangkan untung besar atau membangun sistem yang rumit. yang penting bisnis bisa bergulir dulu. Kita bisa ambil contoh dari pengalaman Mba Putri, jatuh bangun bahkan pernah ditipu merupakan suatu cobaan serta pengalaman yg sangat berharga untuk seorang pebisnis

    BalasHapus
  5. @f0-9 Ruly

    Baik itu dari umur belia maupun sudah dewasa, start dari suatu bisnis tidak ada batasnya. Awal mula dari bisnis dilakukan dengan niat dan keinginan untuk melakukan usaha tersebut. Dikarenakan banyak nya saingan bisnis lain, kita juga tidak boleh lengah. Dari bisnis kopi lanang tersebut bisa dijadikan contoh untuk kelompok kami dan kelompok lain tentang bagaimana cara menjalankan bisnis, cara memanage bisnis dengan baik, yakin dan percaya diri disaat kesulitan, begitupula mengexpand bisnis kita ke region lain

    BalasHapus
  6. Kode pebisnis:@F01-Dicky
    Karna dengan kegagalan lah bisa diukur seberapa keinginan kita untuk mencapai kesuksesan di bisnis yg ditekuni....

    BalasHapus
  7. @F13-Andi

    Dalam memulai sebuah bisnis dibutuhkan niat dan kemauan yang tinggi sehingga dapat memunculkan usaha yang maksimal dan menjalaninya dengan semangat.

    Karena saat sudah masuk dalam pintu dunia bisnis, akan ada banyak sekali rintangan dan masalah yang menghadang. Namun jika kita berhasil melewatinya. Kita akan melawati dinding tersebut dan meraih kesuksesan.

    Seperti yang di alami putri, pengusaha wanita muda yang sukses dengan usaha kopinya sampai menjual ke luar negeri.
    Walaupun pada awalnya sempat merasakan kesusahan dan bahkan bangkrut karena di tipu. Namun, dia tetap memiliki pemikiran positif dan terus berusaha untuk maju ke depan. Sehingga akhirnya dia bisa membalikkan keadaan dengan sukses menjadi milyader di usia muda

    BalasHapus
  8. @F45-Rey
    Review : usaha harus kuat mental, tidak boleh takut di ejek oleh orang lain, harus jeli melihat peluang dengan jeli, tekun dalam berusaha, dan tidak pantang menyerah jika mengalami kesulitan

    BalasHapus
  9. @f06-Yanuar

    Sukses bukan hanya milik orang-orang yg berumur, sukses bisa dimulai dari usia muda asalkan tetap semangat untuk meraih kesuksesan. Untuk memulai sebuah bisnis tidak harus mempunyai modal besar namun dengan sedikit modal dan melihat peluang yang ada akan memudahkan untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis. Kendala disetiap pebisnis pasti ada tetapi dengan adanya pengalaman pasti akan bisa memaluinya. Terus semangat adalah kunci kesuksesan dalam berbisnis.

    BalasHapus
  10. Koede pebisnis: @F35-Denis
    Ada berberapa faktor dan kendala jika ingin memulai usaha, diantaranya adalah modal, target pasar, bagaimana cara mempromosikannya. Tetapi jika mau mencoba untuk melakukannya walaupun susah tidak akan ada yang sia-sia.

    BalasHapus
  11. F-011 dimas aji anjasmoro
    Memulai bisnis bisa di usia berapa pun, asal
    kita memiliki kemauan, niat, dan usaha inshaAllah kita bisa menjalankan usaha yang ingin kita geluti. Seperti yang dilakukan oleh Putri yang memulai bisnis nya sejak duduk di bangku SMP.
    Dari putri kita belajar bagaimana bisa melihat peluang usaha dalam berbisnis. namun dalam berusaha tidaklah berjalan mulus pasti ada hal-hal yang menghambat. Namun disitulah mental usaha kita di uji.

    BalasHapus
  12. Kode pebisnis:@f32-Dona

    Yang saya simpulkan,dimana kita berusaha akan selalu ada jalan nya.akan tetapi didalam berbisnis tidak lah mudah menyerah. berbisnis juga harus melihat peluang disekitar.

    BalasHapus
  13. @F48-Freliyania

    Berwirausaha memang harus merintis Dan tidak semua berwirausaha itu lancar-lancar saja ,pasti ada hambatannya . berwirausaha memang harus memiliki mental yang kuat menghadapi semuanya Dan mengerti tentang pemasaran . semua usaha tidak Ada yang instant semua bertahap , kita harus melakukannya dengan berdoa, kesabaran ,dan ketekunan untuk mencapai semua yang Kita inginkan . berwirausaha pun tidak perlu modal besar dengan modal yang seadanya kita bisa melaksanakan wirausaha yang ingin kita jalani Dan kita harus mengerti apa yang mau kita bisniskan dan visi misi kita berjualan tersebut juga jelas serta kreatiftas yang kita miliki supaya Ada pelanggan yang mau membeli produk kita.

    BalasHapus
  14. @F08
    Strategi penjualan yang tepat dilakukan oleh Putri, dengan membuat 3 jenis produk kopi. Produk-produk tersebut dipasarkan sesuai dengan kelas masyarakat. Seperti kopi Gajah Hitam yang khusus dipasarkan untuk kelas menengah kebawah. Strategi yang dipilih terbukti memberikan dampak penjualan yang baik.
    Hingga saat ini, produk Kopi yang dibuat oleh Putri sudah menyentuh pasar internasional.

    BalasHapus
  15. @F12-Chairul

    Semua pengalaman dalam membangun bisnis di kehidupan kita dapat membuat kita menarik sebuah pelajaran hidup yang sangat berharga yaitu terus berusaha meskipun masalah dan rintangan terus berdatangan silih berganti. Kita perlu mengamalkan kalimat yang diungkapkan oleh Theresia Deka Putri yaitu "Dalam hidup ini kita tidak bisa mengarahkan angin, tapi kita masih bisa mengarahkan layar" sebagai motivasi dalan hidup kita

    BalasHapus
  16. @F34-Agung

    Menurut saya dengan tayangan video tadi , saya bisa mengambil kesimpulan bahwa dalam sebuah usaha mengalami pahit dan manis usaha yang telah di jalankan . Untuk itu kita harus bersungguh sungguh dalam menjalani sebuah usaha . Karena proses tidak akan menghianati hasil yang kita dapat

    BalasHapus
  17. @F44- Riska
    dalam menjalankan usaha kita harus disertai dengan kerja keras, di lihat dari video yg tadi yg putri jelaskan bahwa saya ingin seperti dia di usia muda sudah punya usaha sendiri, waktu dulu saya punya usaha jualan pulsa, awalnya saya maju dengan usaha itu tetapi lama kelamaan saya sudah tidak jualan karena kehabisan modal saya tidak mempunyai daya usaha, setelah menonton video itu putri menjelaskaan bagaimana usaha yang baik, maka saya terinspirasi dari dia untuk bisa mengembangkan usahak yang baik dan lancar, ini bisa menjadi pemebeljaran awal yang baik buat bisa merintis usaha yang dulu pernah gagal.

    BalasHapus
  18. Kode Pebisnis : @F04-Abdulloh

    Menjadi pebisnis bisa dimulai dari usia muda, karena dari usia muda pengalaman yang didapatpun lebih banyak untuk mengarungi dunia bisnis yang terkenal banyak rintangan.

    Contoh Theresia Deka Putri, seorang perempuan yang memulai bisnis dari bangku sekolah bermodalkan tabungan dari TK. Awal mula ia berjualan makanan, sepatu, fashion. Sejak dari bangku sekopah jg ia sudah mengalami rintangan seperti omongan dari teman-teman atau gurunya. Dari situ pula ia sudah mulai bisa membaca peluang sehingga insting pebisnisnya makin bertambah seiring bertambahnya usia.

    Singkat cerita ia melihat peluang bahwa bisnis kopi cukup menjanjikan. Kenapa kopi ? Bahkan sebagian dari kita melihat kopi adalah minuman biasa. Namun yang dilihat oleh Theresia ialah kopi merupakan minuman yang pasarnya jelas, setiap warung ada kopi, bahkan untuk pasar luar negeri pun pecinta kopi tergolong banyak. Maka dari itu ia memulai bisnis kopinya dengan mencari modal dengan cara menjual kopi produk orang lain. Selain mencari modal, bekerja sebagai seller kopi produk orang lain adalah cara memasarkan kopi produk buatannya sendiri yang ia buat dari modal yang pas-pasan. Kita disini dapat melihat bahwa Theresia sekali lagi pintar mencari kesempatan dalam kesempitan. Bisnis yang ia lalui tidak melulu naik dan untung, pernah ia ditipu dengan nilai yang cukup besar, yaitu senilai "3 mobil inova". Disitu ia tidak patah semangat dan terus menjalaninya sehingga pada suatu waktu dapat sebuah order dari perusahaan besar dan pinjaman modal dari BUMN.

    Dari kisah Theresia kita dapat belajar bahwa menjadi pebisnis bukan hanya seperti membalikkan telapak tangan, namun juga perlu perjuangan yang serius, selain itu menjadi pebisnis harus jeli melihat semua peluang yang ada. Quote dari Theresia "Kita tidak bisa mengarahkan angin, namun kita bisa mengarahkan layar".

    BalasHapus
  19. G48-Nanda

    Hal yang dapat dipelajari dari nicholas pengusaha eksportir ikan hias dan hamzah pengusaha bimbingan belajar, yaitu:
    1. Berbisnis dibutuhkan keberanian untuk bertindak dan berani untuk mengambil resiko karena dalam berbisnis tidak selalu menguntungkan.
    2. Berbisnis juga dibutuhkan inovasi atau kreativitas agar bisnis yang kita jalankan dapat berbeda dengan orang lain
    3. Pebisnia juga harus jeli melihat peluang bisnis yang ada karena dengan melihat peluang kita dapat menjalankan bisnis yang seauai dengan kebutuhan di masyarakat.

    BalasHapus
  20. @G47-indri

    Dalam memulai dan menjalankan suatu bisnis, banyak hal yang harus dipersiapkan. Terutama dalam hal kesiapan dan kemauan. Untuk menjalankan bisnis tersebut dibutuhkan kesiapan dan kemauan yang keras untuk memulai bisnis tersebut dan siap untuk menghadapi konsekuensi apa saja yang nantinya akan dihadapi selama bisnis tersebut berjalan.
    Selain itu, dalam memulai bisnis di usia muda mental yang kuat juga dibutuhkan, karena banyaknya hambatan dan kemungkinan-kemungkinan jatuh dalam bisnis sangat besar, oleh karena itu dibutuhkan mental yang kuat. Strategi-strategi yang digunakan untuk mengembangkan bisnis pun sangat perlu, seperti misalnya marketing yang baik. Karena dengan marketing yang baik mampu menunjang usaha tersebut baik dalam maupun di luar negeri

    BalasHapus
  21. @f50-Tika
    Sukseslah di usia muda. Cari puluang, tentukan sasaran pasar dan berkreativitas. Jika gagal atau jatuh maka bangunlah lagi. Karena sukses butuh usaha yang lebih dan tidak hanya sekali jalan langsung bisa sukses.

    BalasHapus
  22. Kode Pebisnis : @F14-Surya

    memulai bisnis tidak terparut umur dalam artian kamu bisa memulai bisnis kapan saja, asalkan memiliki tekad yang kuat dengan niatan berbisnis dari awal. dan mampu melihat dan memanfaatkan peluang - peluang yang ada.

    BalasHapus
  23. Kode Pebisnis : @F15-Arif

    Kisah sukses pengusaha di video tersebut adalah bahwa ketiga pengusaha ini pantang menyerah dan usia yang muda tidak menjadikan penghalang bagi mereka namun menjadi motivasi untuk sukses dan akhirnya suskses karena ingin memenuhi salah satu dari ketiga kebutuhan yaitu eksistensi , pertumubuhan dan keterkaitan.

    BalasHapus