Jumat, Desember 1

Memperbaiki "Mindset" Kewirausahaan



A.      TINJAUAN SECARA UMUM FESTIVAL KEWIRAUSAHAAN KOPERTIS WILAYAH III

Festival Kewirausahaan Kopertis Wilayah III  dengan tema “The Spirit of Enterpreneur”. Diselenggarakan di Universitas Mercu Buana pada tanggal 23-25 November 2017. Festival kewirausahaan ini merupakan salah satu sarana untuk memotivasi generasi muda.

Ada dua hal penting berkaitan dengan motivasi dalam kewirausahaan, yaitu adanya harapan dan tujuan, dengan melibatkan pengenalan serta eksploitasi terhadap peluang bisnis. Festival Kewirausahaan ini sangat menarik, karena berkaitan dengan harapan generasi muda yang inovatif.
Dalam Acara festival kewirausahaan ini terdapat beberapa kegiatan diantaranya Seminar Nasional Kewirausahaan, Workshop Kewirausahaan, Talkshow Kewirausahaan, Gathering Pengusaha dan festival produk yang diikuti oleh segenap mahasiswa dari berbagai universitas di Jakarta Barat.

Festival Wirausaha Yang diadakan Universitas Mercu Buana ini bertujuan untuk :
1.       Memotivasi mahasiswauntuk mampu menjadi wirausaha yang mandiri.
2.       Meningkatkan minat mahasiswa dalam menciptakan lapangan pekerjaan.
3.       Menyiapkan mahasiswa setelah lulus untuk lebih mandiri dalam menciptakan usaha.
4.       Meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam penyelenggaraan kegiatan.
5.       Menarik minat mahasiswa dan PTS untuk memanfaatkan kegiatan kewirausahaan dilingkungan kampusnya masing-masing.
6.       Memfasilitasi ajang produksi dan promosi produk kewirausahaan mahasiswa.

B.      TINJAUAN SECARA KHUSUS FESTIVAL KEWIRAUSAHAAN KOPERTIS WILAYAH III
Pada Acara Festival Kewirausahaan yang yang bertemakan The Spirit of Enterpreneur kelompok bisnis kami (@Startup H-06) mengikuti kegiatan yang diselenggarakan yaitu festival produk dan workshop kewirausahaan.
Pada Festival Produk,kelompok bisnis kami membuka stand festival produk selama 3 hari bekerjasama dengan kelompok dari kelas lain, dengan stand bernama “Noob Clothing” yang menjual berbagai macam jenis kaos-kaos model jaman now.
Pada Workshop kewirausahaan yang merupakan salah satu kendaraan bagi semua kalangan terutama anak- anak muda khususnya mahasiswa yang ingin mengetahui banyak hal tentang kewirausahaan. Salah satu tujuan dari diadakannya workshop kewirausahaan ini adalah agar terbukanya mindset wirausaha dalam diri anak- anak muda zaman sekarang, dan dari mindset tersebut akan muncul sikap- sikap mandiri, inovatif, kreatif, dan berjiwa kepemimpinan.
Workshop kewirausahaan yang kami ikuti diselenggarakan pada hari Jumat  tanggal 24 November 2017 di Atrium Universitas Mercubuana. Dalam workshop ini dihadirkan pembicara profesional yang sudah malang melintang dalam dunia kewirausahaan. 


C.      KESIMPULAN
Acara Festival Kewirausahaan yang diadakan ini mengangkat tema The Spirit of Enterpreneur' di universitas Mercubuana ini dilaksanakan dengan maksud untuk membuka mindset wirausaha dalam diri anak- anak muda zaman sekarang, dan dari mindset tersebut akan muncul sikap- sikap mandiri, inovatif, kreatif, dan berjiwa kepemimpinan.

D.     SARAN DAN PESAN
            Acara Festival Kewirausahaan harus terus dilaksanakan di universitas mercubuana setiap tahunnya. Selain itu sebaiknya kegiatan yang diadakan dalam acara Festival Kewirausahaan ini gratis supaya lebih banyak mahasiswa yang mengikuti acara ini.

.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar