Jumat, Desember 1

How To Start

Tinjauan Umum
Seminar Kewirausahaan “The Spirit of Enterpreneur”. Pada tanggal 23 November- 25 November 2017 Universitas Mercu Buana menyelenggarakan festival kewirausahaan.  Festival Kewirausahaan yang diadakan ini mengangkat tema 
“The Spirit of Enterpreneur”. 


Festival kewirausahaan ini merupakan salah satu sarana dan ajang untuk meningkatkan motivasi generasi muda dalam berwirausaha. Festival Kewirausahaan ini sangat menarik, karena berkaitan dengan harapan generasi muda yang inovatif. Artinya, bagaimana seseorang yang memiliki passion akan terus menerus memikirkan built-in dalam dirinya, untuk mewujudkan sesuatu, dan dia tidak pernah akan berhenti sebelum sesuatu itu terjadi.
Tinjauan Khusus
Festival Kewirausahaan yang diadakan ini memiliki banyak sekali judul dalam setiap kegiatannya, salahsatunya yaitu “Morning Chat, Build Your Own Start Up”  kegiatan yang satu ini diadakan pada tanggal 24 November 2017 bertempat di Gedung Tower Universitas Mercu Buana lantai 7 jam 08.30 s/d 11.30 ini berbentuk sebuah seminar, dimana dalam seminar ini mendatangkan dua orang yang sangat menginspirasi bagi mahasiswa/i ataupun orang-orang yang turut mengikuti seminar tersebut yaitu Ihsan F. Rahman selaku CEO aplikasi Infonesia dan Fauzan Gani selaku CEO aplikasi Doogether.

Aplikasi Infonesia merupakan aplikasi tanya jawab karya anak bangsa dengan model bisnis unik yang menguntungkan setiap pengguna. CEO dari aplikasi Infonesia ini yaitu
Ihsan F. Rahman menawarkan model bisnis yang menguntungkan setiap penggunanya. Tidak hanya responden tapi juga penanya yang kreatif dapat mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Nantinya, responden dan penanya akan mendapatkan persentasi dari total pemasukan yang diterima dari setiap penguping tersebut


Aplikasi Doogether merupakan sebuah platform olahraga yang memudahkan penggunanya mengakses informasi mengenai tempat-tempat untuk berolahraga. Mulai dari harga, jenis olahraga yang dilakukan, schedule, foto, alamat, promo, eventrating, dan ulasan. Pengguna juga bisa menggunakan layanan Doogether untuk melakukan booking tempat olahraga yang bersangkutan atau langsung membeli paket-paket olahraga yang ditawarkan.


Dalam seminar ini dua orang pembicara tersebut menginspirasi mahasiswa/i melalui kisah perjuangan yang diceritakan oleh keduanya, tidak semudah membalik telapak tangan dalam membuat dan menjalankan sebuah usaha. Dalam sebuah usaha membutuhkan ide yang menarik dan tim yang membantu percaya ,membangun dan mengembangkan ide serta usaha tersebut.


Cara memulai usaha bisa dimulai dari  :

1. What you think, what you become

2. Learn up and downside from other similiar company

3. Creat minimum plain and business model

4. Go for it, start working on it

5. Find Mentor’s and scale your network


Kesimpulan

Dalam memulai sebuah usaha tidak semudah membalik telapak tangan dalam membuat dan menjalankan sebuah usaha. Dalam sebuah usaha membutuhkan ide yang menarik dan tim yang membantu percaya ,membangun dan mengembangkan ide serta usaha tersebut.

Kritik, Saran Dan Pesan

Secara keseluruhan dalam seminar ini sudah sempurna, hanya perlu menambahkan interaktif antar mc dan pemateri kepada peserta agar seluruh peserta terlibat dalam sesi tanya jawab, Selain itu sebaiknya kegiatan yang diadakan dalam acara Festival Kewirausahaan ini gratis supaya lebih banyak mahasiswa yang mengikuti acara ini.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar