Minggu, Desember 3

Produk dan Perjalanan Karir Pebisnis

Review Festival Wirausaha

A.   Tinjauan Umum
Pada kesempatan kali ini, Festival Wirausaha Kopertis III bertempatan di Universitas Mercu Buana Jakarta yang berlangsung selama 3 hari mulai dari tanggal 23-25 November 2017.
Festival Wirausaha Kopertis III pada kali ini bertemakan “ THE SPIRIT of ENTERPEUNER”
Festival wirausaha ini sangat menarik, karena berkaitan dengan harapan generasi muda yang kreatif dan Inovatif. Festival wirausahan ini merupakan salah satu sarana untuk memotivasi generasi muda khususnya mahasiswa/i Universitas mercubuana Jakarta untuk membuka peluang bisnis yang beraneka ragam. Dengan kegiatan ini mahasiswa/i dapat menyalurkan bisnis-bisnisnya dengan berjualan dan sekaligus memperkenalkan produk atau jasa yang mereka jual.
Selama tiga hari banyak sekali kegiatan menarik dalam acara Festival Wirausaha ini diantaranya, Seminar Nasional Kewirausahaan yang diadakan pada tanggal 25 November 2017 yang bertempatan di Gedung tower Lt.7 UMB, kemudian ada Workshop Kewirausahaan dan Talkshow Kewirausahaan yang diadakan pada tanggal 24 November 2017 yang bertempatan di Atrium UMB, lalu ada Gathering pengusaha yang diadakan pada tanggal 24 November 2017 yang bertempatan di Aula Rektorat UMB dan  yang terakhir yaitu Festival Produk yang diikuti oleh mahasiswa/i Universita Mercu Buana itu sendiri yang diadakan pada tanggal 23-25 November 2017 bertempatan di Atrium UMB.

B.   Tinjauan Khusus
Pada acara Festival Wirausaha ini, kelompok bisnis G-06 berkesempatan untuk mengikuti salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh Festival Wirausaha Kopertis III yaitu Seminar Nasional Kewirausahaan yang dilaksanakan pada tanggal 25 November 2017 yang bertemppatan di Gedung Tower Lt.7 UMB.
Seminar Nasional Kewirausahaan ini merupakan kegiatan seminar yang menghadirkan para eneterpeuner-enterpeuner yang sukses yang membagikan pengalaman-pengalam mereka dalam berbisnis. Enterpeuner-enterpeuner yang hadir dalam kegiatan ini diantaranya Bagus Rachman, SE, MEc sebagai Direktur Bisnis dan Pemasaran LLP-KUKM dan enterpeuner kedua adalah seorang anak muda yang sudah sukses dalam dunia bisnisnya dengan berjualan Pisang ijo beliau bernama Riezka Rahmatiana. Gadis asal Bandung ini adalah pencetus produk makanan ringan atau dessert yang bernama “Just Mine Pisang ijo” yang sekarang cabangnya sudah diseluruh Indonesia bahkan sampai mancanegara.
Seminar Nasional Wiraushaan ini merupakan salah satu kegiatan penting yang wajib diikuti oleh anak-anak muda yang khususnya mau memulai bisnisnisnya atau yang sedang menjalankan bisnisnya supaya mengetahui banyak hal ilmu tentang bisnis atau wirausaha yang diberikan oleh para enterpeuner. Dengan mengikuti kegiatan ini setidaknya akan memotivasi peserta dan memunculkan sikap inovatif dan kreatif dalam berbisnis serta memiliki jiwa berwirausaha.
C.   Kritik dan saran, kesan dan pesan

Acara ini sangat bagus dan menarik, banyak yang antusias terhadap acara ini jika dilihat dari jumlah hadir peserta Seminar Kewirausahaan ini. Bintang tamu atau pembicaranya juga sangat menarik. Hanya saja, seharusnya ditambah lagi pembicara atau enterpreneur yang lain. Selain itu, enterpreneurnya kurang membahas tentang perjalanan kariernya. Ia hanya menceritakan awal mula produknya saja dan menjelaskan hal hal yang penting untuk memulai berbisnis.

Dokumentasi tempat kegiatan berlangsung yang dihadiri oleh pembisnis G-06


Tidak ada komentar:

Posting Komentar