Selasa, Maret 20

Be innoative (Menjadi Inovatif dan Kreatif)


LUTVIYANTI TAMARA @J14-Lutviyanti
ARVIA NUR VIANHANI @J28-Arvia
@Startup-J09
@Proyek-J-04

ABSTRAK

Artikel ini bertujuan mengetahui kreativitas dan inovatif sebagai wirausaha. Penulis memberikan saran agar para pembaca lebih memahami lebih jelas dan semoga dapat terinspirasi.

KATA KUNCI: Kreativitas, Inovatif, Wirausaha




LATAR BELAKANG

Semakin kesini, jaman sudah semakin maju. Otomatis untuk kebutuhan pasar berubah. Kita sebagai wirausahawan harus pintar memanfaatkan keadaan. Dengan cara memiliki inovasi dan kreatifitas yang berbeda dari yang lain.
Dalam masa kini, memiliki ide yang unik dapat dimanfaatkan untuk marketing agar sesuatu yang kita ditawarkan dapat menarik banyak orang. Namun, bagaimana cara untuk mendapatkan ide tersebut?




PEMBAHASAN

Kreativitas adalah proses yang bermanfaat sebagai petunjuk untuk menemukan suatu hal yang baru.
Suryana (2003) mengatakan bahwa kreativitas adalah
“Kreativitas sebagai kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru untuk menemukan cara-cara baru dalam memecahkan persoalan dan menghadapi peluang.”

Kreativitas itu penting, karena kreativitas itu tak terbatas dan dapat dijadikan sebagai simbolis atau karakter. Sedangkan inovatif adalah usaha seseorang dengan mendayagunakan kemampuan dan keahlian untuk menghasilkan karya baru. Berpikir inovatif dapat menghasilkan solusi. 

Pola pikir dari orang kreatif adalah berpikir out of the box, serta memiliki pikiran yang terbuka dan bebas untuk mendekati sesuatu dengan cara baru. Sedangkan, inovasi adalah mengimplementasikan kreativitas terhadap sesuatu menjadi satu kombinasi baru yang dapat menghasilkan.

Pengembangan usaha membutuhkan kemampuan inovasi dan kreativitas untuk menghadapi tantangan dalam usaha, khususnya untuk menemukan produk dan layanan yang unggul. Banyak produk dan layanan yang dihasilkan oleh pebisnis sukses merupakan hasil inovasi dan kreativitas yang dikembangkan dalam usaha. Oleh karena itu, untuk menjadi wirausaha yang unggul diperlukan kemampuan melakukan inovasi dan kreativitas.

Cara mendapatkan sumber kreativitas tersebut adalah:

  • Mencari inpirasi dari suatu hal yang sedang diminati oleh konsumen jaman sekarang juga berpengaruh.
  • Mengumpulkan ide.
  • Berfikir kritis.

KISAH INSPIRATIF

Katanya punya bisnis dengan target pasar mahasiswa itu tidak bikin untung karena kantongnya pas-pasan. Olive Avianca Savitri berhasil membuktikan bahwa ungkapan itu salah dengan bisnisnya yang bernama Sliv Bedroom, rangkaian produk dekorasi interior bagi kamar kos-kosan mahasiswa atau bagi orang-orang yang berjiwa muda dengan harga terjangkau. 

Kos-kosan adalah rumah kedua mahasiswa perantauan atau yang yang kampusnya jauh dari rumah. Olive yang asli Jakarta, saat itu kuliah di Jurusan Arsitektur Institut Teknologi Bandung, ingin kamar kosnya nyaman seperti di rumah dan sesuai selera pribadinya. Akan tetapi, tidak banyak pernak-pernik interior yang sesuai selera anak mudanya, namun Olive menemukan satu peluang emas berbisnis.
Suatu waktu di tahun 2007, wanita kelahiran 1982 ini merealisasikan idenya. la survei bahan baku, mencari bahan-bahan yang unik untuk dijadikan karpet, seprai, bed cover, dan lainnya. Olive juga survey penjahit dengan cara menjahitkan satu item di beberapa penjahit. Penjahit yang hasilnya bagus diajaknya kerja sama. Modal awal olive berasal dari pinjaman orang tuanya sebesar Rp.15 juta.
Produk yang ditawarkan Sliv Bedroom memang unik dan khas anak muda sekali. Karpetnya tidak selalu berbentuk persegi panjang, ada bentuk hati, oval, bulat, meliuk, dan sebagainya. Ada juga seprai, bed cover, sarung bantal, gorden, kantong sepatu, sarung CD, lampu, dan cermin, semua warna-warni. Semua barang itu bobotnya sangat ringan, jadi memudahkan mahasiswa saat ingin pindah-pindah kos. Harganya pun sangat terjangkau, misalnya karpet kecil ukuran 1x1,5m Cuma Rp.45.000
Setelah punya stok barang, Olive mulai mempersiapkan diri untuk berpromosi. Ia menyewa kamar tamu di rumah kosnya yang seringkali kosong seharga Rp. 400.000/bulan. Kamar itu ia dekor menjadi kamar showroom sekaligus toko, denqan tempat tidur, rak, dan cat ulang dinding. Cara awal Olive berpromosi adalah dengan menyebarkan brosur di daerah Dago setiap malam Minggu, juga mengetuk rumah-rumah kos satu-persatu untuk membagikan brosurnya.


KESIMPULAN



Kreatif dan inovatif sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, karena keduanya saling menentukan kualitas hidup kita. Terutama wirausaha, karena akan berpengaruh pada hasil usahanya (feedback). Dan berpengaruh pula untuk perkembangan ke depannya, agar semakin baik dengan cara menambahkan suatu hal yang baru.


“Creativity is thinking up new things. Innovation is doing new things.” – Theodore Levitt.
 


 
  DAFTAR PUSTAKA


Wahyudi, Eko (2013). Pengertian Kreatif dan Inovatif (download 18/03/18)
https://www.kompasiana.com/ekogenshter/pengertian-kreatif-dan-inovatif_552feef86ea834b36b8b45ac


Porwani, Sri (2016). KREATIVITAS DAN INOVASI WIRAUSAHA TERHADAP KUALITAS PRODUK BIG ART PROJECT PALEMBANG (download 17/03/2018) http://www.academia.edu/27935366/KREATIVITAS_DAN_INOVASI_WIRAUSAHA_TERHADAP_KUALITAS_PRODUK_BIG_ART_PROJECT_PALEMBANG



BIOGRAFI OLIVE AVIANCA
http://www.biografi.biz/2017/08/olive-avianca-savitri-dekorator-kamar.html
http://wishnumahendra12.blogspot.co.id/2014/08/10-pengusaha-muda-kreatif-indonesia-i.html?m=1
http://pmct.co.id/pentingnya-inovasi-dan-kreativitas-dalam-berwirausaha/

 






1 komentar: