Selasa, Maret 20

MELAKUKAN PERUBAHAN DENGAN CARA KREATIFITAS DAN INOVASI


MELAKUKAN PERUBAHAN DENGAN CARA
KREATIFITAS DAN INOVASI


ABSTRACT
Creativity is the ability to develop new ideas and new ways of solving problems and finding opportunities (thinking a new thing). While innovation is the ability to apply creativity in order to solve problems and find opportunities (doing a new thing).
For entrepreneurship, innovation and creativity are things that need to be owned and developed in self-employment for the development and success of a business. Both are often viewed almost identically. Innovation and creativity are at the core of entrepreneurship. Basically an innovation in business is the ability to apply creative solutions to problems and opportunities to improve or to improve business performance. While creativity can be viewed as the ability to develop new ideas and to discover new ways of looking at problems and opportunities.
The ability produced by creativity is the ability to make something new in its existence and is the formation of new ideas that are original and unusual or unique. The mindset of creative people is thinking out of the box, and having an open mind and being free to approach things in a new way. Meanwhile, innovation is to implement creativity to something into a new combination that can produce. The new definition here does not necessarily mean original, but novelty or renewal, which also means improvement, because innovation is not necessarily new goods or services, but rather the improvement or development of existing goods or services. Business development requires the ability of innovation and creativity to face challenges in business, especially to find superior products and services. Many of the products and services produced by successful businesses are the result of innovation and creativity developed in the business. Therefore, to become a superior entrepreneur needs the ability to innovate and creativity.
Keywords: Inovation, Creativity, and Transformation.
ABSTRAK
Kreativitas adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan cara-cara baru dalam pemecahan masalah dan menemukan peluang (thinking a new thing). Sedangkan inovasi adalah kemampuan untuk menerapkan kreativitas dalam rangka pemecahan masalah dan menemukan peluang (doing a new thing).
Untuk berwirausaha, inovasi dan kreativitas adalah hal yang perlu dimiliki dan dikembangkan dalam diri wirausaha demi perkembangan dan kesuksesan sebuah usaha. Keduanya sering kali dipandang hampir serupa. Inovasi dan kreativitas adalah inti dari kewirausahaan. Pada dasarnya sebuah inovasi dalam berusaha adalah kemampuan untuk menerapkan solusi kreatif terhadap masalah dan peluang untuk meningkatkan atau untuk memperbaiki kinerja usaha. Sedangkan kreativitas dapat dipandang sebagai kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan untuk menemukan cara-cara baru dalam melihat masalah dan peluang.
Kemampuan yang dihasilkan oleh kreativitas merupakan kemampuan dalam membuat sesuatu menjadi baru dalam keberadaannya dan merupakan pembentukan ide-ide baru yang original dan tidak biasa atau unik. Pola pikir dari orang kreatif adalah berpikir out of the box, serta memiliki pikiran yang terbuka dan bebas untuk mendekati sesuatu dengan cara baru. Sedangkan, inovasi adalah mengimplementasikan kreativitas terhadap sesuatu menjadi satu kombinasi baru yang dapat menghasilkan. Definisi baru disini tidak selalu berarti original, melainkan kebaruan atau diperbaharui, yang berarti juga adalah improvement, karena inovasi tidak harus selalu barang atau jasa baru, melainkan perbaikan atau pengembangan dari barang atau jasa yang telah ada.  Pengembangan usaha membutuhkan kemampuan inovasi dan kreativitas untuk menghadapi tantangan dalam usaha, khususnya untuk menemukan produk dan layanan yang unggul. Banyak produk dan layanan yang dihasilkan oleh pebisnis sukses merupakan hasil inovasi dan kreativitas yang dikembangkan dalam usaha. Oleh karena itu, untuk menjadi wirausaha yang unggul diperlukan kemampuan melakukan inovasi dan kreativitas.
Kata Kunci: Inovasi, Kreativitas, dan Perubahan

PENDAHULUAN
Seiring perkembangan dan pesatnya persaingan dalam berwirausaha, para  wirausahawan dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan produk atau jasa yang dimilikinya. Hal ini dilakukan dalam rangka menyelaraskan kebutuhan konsumen yang semakin beragam dan tanpa batas. Disinilah kita harapkan munculnya ide-ide yang jauh lebih fresh dan bermutu.
Dan perlu diingat bahwa walaupun dalam implementasi menerapkan ide kreatif dan inovatif hampir tidak terbatas oleh ruang dan waktu, namun hendaknya ide-ide tersebut tetap mendasarkan pada kebutuhan pasar yang ada. Sebaik dan sebagus apapun ide kreatif jika tidak memperhitungkan kebutuhan, maka hanya akan menjadi mimpi yang tidak pernah akan terwujud. Hal yang dibutuhkan adalah kemampuan seorang wirausahawan yang biasa menciptakan produk baru atau bisa menambahkan nilai guna/nilai manfaat terhadap suatu produk dan menjaga mutu produk dengan memperhatikan kebutuhan pasar (market oriented) sehingga laku dijual. Dengan bertambahnya nilai guna atau manfaat pada sebuah produk, maka meningkat pula daya jual produk tersebut di mata konsumen, karena adanya peningkatan nilai ekonomis bagi produk tersebut bagi konsumen.
Oleh karena itu untuk mengantisipasi era persaingan perdagangan bebas tersebut, banyak perusahaan di Indonesia baik yang berskala besar, menengah maupun yang berskala kecil mulai menata ulang strategi persaingannya dengan melakukan kajian terhadap tujuan strategi perusahaan yang didasarkan atas kebutuhan pasar baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional, dan juga melakukan evaluasi yang intens (terus menerus secara mendalam) terhadap kompetensi internal perusahaan itu sendiri, termasuk dalam hal ini melakukan penilaian kinerja pemasaran.
MASALAH
Banyak sekali individu dari kita yang sedang menjalankan usaha tidak melakukan pikiran kreatif serta melakukan inovasi terhadap usaha yang mereka jalani. Hal ini mengakibatkan mereka harus siap-siap menerima kenyataan yang menyatakan bahwasannya mereka akan tersisihkan dibidang wirausaha. Karena berfikiran kreatif serta melakukan inovasi sangatlah diperlukan untuk dapat melakukan persaingan dengan para pengusaha lainnya.
PEMBAHASAN
Disini saya akan memberi tahu kenapa kreatif dan inovasi dapat melakukan perubahan? Sebelumnya saya akan memberi tahu masing masing pengertian dari kreatif dan inovasi. Kreativitas menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) (2005:599) adalah kemampuan untuk mencipta, perihal berkreasi, dan kekreatifan. Inovasi tidak hanya membicarakan mengenai produk, inovasi dapat berupa ide, cara-cara ataupun obyek yang dipersepsikan oleh seseorang sebagai sesuatu yang baru Suryani(2008:308). Lalu untuk mengambangkan kreatifitas apa yang harus kita lakukan? Berikut adalah 5 langkah yang dapat kita gunakan untuk mengembangkan kreatifitas kita.
1.    Penasaran
Untuk mengembangkan ide kreatifitas kita, kita harus menimbulkan rasa penasaran terhadap suatu hal. Dimana dengan adanya rasa penasaran, kita akan menemukan hal-hal baru yang membuat kita lebiih kreatif serta inovatif.
2.    Menyerap Berbagai Macam Hal Baru
Dengan menyerap hal-hal baru kita akan lebih mudah menemukan sesuatu yang membuat kita lebih menginspirasi untuk menjadi kita kreatif serta inovatif.
3.    Mencari Pengalaman Baru
Dengan adanya pengalaman baru yang kita dapatkan, membuat kita lebih inovatif lagi untuk menciptakan sebuah usaha.
4.    Selalu Bertanya
Selalu tanamkan dalam diri, untuk selalu bertanya. Karena dengan adanya bertanya kita menjadi tahu apa yang sebelumnya kita tidak ketahui.
5.    Harus Take Action (Bertindak)
Setelah mendapatkan informasi serta pengetahuan baru, kita jangan lupa melakukan action untuk melakukan semua ilmu yang sudah kita miliki.
CONTOH KASUS


Yukka Harlanda                                              
Pemuda Indonesia ini telah sukses berbisnis alas kaki dengan merek Brodo Footwear. Bisnis ini berawal dari kesulitan Yukka menemukan ukuran sepatu untuknya dengan harga yang pas di kantong mahasiswa saat itu. Setelah menemukan vendor sepatu yang cocok, Yukka memamerkan sepatunya ke teman-temannya dan siapa sangka teman-teman Yukka tertarik dan memesan dengan sistem pre-order. Melihat peluang bisnis, Yukka mulai memproduksi Brodo sebanyak 40 pasang sepatu dan memasarkannya melalui kaskus, Facebook, dan BBM.
Kini Yukka berhasil memasarkan produknya secara online dan offline dengan Brodo Store yang tersebar di 4 kota besar seperti Jakarta, Banding, Bekasi, dan Surabaya. Kesuksesan Brodo terlihat dari omzet yang telah dihasilkan yaitu hingga miliaran rupiah perbulan. Tak hanya itu, Yukka juga berhasil mensejahterakan pengrajin lokal yang membantunya dalam memproduksi Brodo.

KESIMPULAN
Melakukan perubahan dengan cara kreatif dan inovasi adalah, dimana secara pola pikir kita haru memiliki yang namanya kreativitas dan mampu menemukan sesuatu hal bsru yang biasa disebut dengan inovasi. Kreatif serta inovatif harus lah dimiliki oleh setiap orang yang memiliki jiwa Enterpreneur. Mengapa demikian? Karena apabila suatu produk yang kita miliki hanya itu-itu saja, konsumen pada suatu saat akan merasa bosan dengan tidak adanya inovasi yang kita lakukan.
DAFTAR PUSTAKA
digilib.unila.ac.id/15763/17/BAB%20II.pdf (diunduh tanggal 14 Maret 2018)  
eprints.uny.ac.id/9844/2/BAB%202%20-%2008108244084.pdf (diunduh tanggal 14 Maret 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar