Selasa, Maret 13

BERFIKIR KREATIF UNTUK MENJADI ENTERPRENEUR SUKSES

BERFIKIR KREATIF UNTUK MENJADI  ENTERPRENEUR SUKSES


Abstract
An employer is a person who works in business or commerce, especially at an executive level or someone with special financial skills.
A person who has a business soul or a reliable businessman must have a different concept of thinking. In other words, the entrepreneur must have creative thinking to create, maintain, and also develop the business he is living.
A successful entrepreneur will never give up quickly. Especially in conditions where the temperature of business competition is heating up, more and more business competencies must be mastered. On this occasion will be reiterated that a businessman must have a creative thinking.
The problem in this research is: 1.) how level of creative thinking of students in entrepreneurship?, 2.) how level of creative thinking of students in entrepreneurship?, 3.) how students learning result about entrepreneurship?. The purpose of this reasearch is: 1. level of creative thinking of students in entrepreneurship, 2. level of creative thinking of students in entrepreneurship, 3. students learnimg result about entrepreneurship.
Keywords: enterpreneur, enterpreneurship, success, and creative thinking
Abstrak
Pengusaha adalah orang yang bekerja di bidang bisnis atau perdagangan, khususnya pada level eksekutif atau seseorang yang memiliki keterampilan khusus di bidang finansial.
Seseorang yang memiliki jiwa usaha atau pebisnis yang andal harus memiliki konsep berpikir yang berbeda. Dengan kata lain, pengusaha harus mempunyai pemikiran yang kreatif demi menciptakan, mempertahankan, dan juga mengembangkan bisnis yang tengah dijalaninya.
Seorang pengusaha sukses tidak akan pernah cepat menyerah. Terlebih di dalam kondisi yang mana suhu persaingan usaha sedang memanas, makin banyak lagi kompetensi bisnis yang harus dikuasai. Dalam kesempatan ini akan dipertegas lagi bahwa seorang pebisnis harus memiliki pemikiran yang kreatif.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1.) bagaimana tingkat berpikir kreatif mahasiswa dalam berworausaha?, 2.) bagaimana minat mahasiswa dalam berwirausaha?, 3.) bagaimana hasil belajar mahasiswa mengenai kewirausahaan?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1. tingkat berpikir kreatif mahasiswa dalam berworausaha, 2. minat mahasiswa dalam berwirausaha, 3. hasil belajar mahasiswa mengenai kewirausahaan
Kata Kunci: pengusaha, kewirausaahan, sukses, dan berpikir kreatif


PENDAHULUAN
Persaingan bisnis saat ini semakin ketat seiring dengan cepatnya arus perubahan informasi dan teknologi dalam era persaingan global. Dalam situasi sekarang ini tidak ada cara yang baik untuk bertahan dan memenangkan persaingan kecuali dengan membangun dan mengembangkan sikap kreatif dan inovatif. Dengan bersikap kreatif diharapkan kita dapat menjadi seorang pengusaha yang berbeda dan dapat meraih kesuksesan kedepannya.
Setiap orang pada dasarnya memiliki sikap kreatif dan inovatif, akan tetapi tidak semua orang bisa mengembangkan sikap kreatif dan inovatifnya tersebut secara maksimal. Untuk bisa mengembangkan sikap kreatif dan inovatif dibutuhkan usaha yang sungguh- sungguh, tekun, konsisten, dan penuh dedikasi yang tinggi. Dalam mengembangkan sikap kreatif dan inovatif harus dibarengi dengan belajar dari para pelaku bisnis yang telah lebih dulu sukses dengan pengalaman kegagalan demi kegagalan yang dialami sebelumnya.
Perlu diingat bahwa walupun dalam implementasi menerapkan ide kreatif dan inovatif hampir tidak terbatas oleh ruang dan waktu, namun hendaknya ide-ide tersebut tetap mendasarkan pada kebutuhan pasar yang ada. Sebaik dan sebagus apapun ide kreatif jika tidak memperhitungkan kebutuhan, maka hanya akan menjadi mimpi yang tidak pernah akan terwujud. Hal yang dibutuhkan adalah kemampuan seorang wirausahawan yang biasa menciptakan produk baru atau bisa menambahkan nilai guna/nilai manfaat terhadap suatu produk dan menjaga mutu produk dengan memperhatikan kebutuhan pasar (market oriented) sehingga laku dijual. Dengan bertambahnya nilai guna atau manfaat pada sebuah produk, maka meningkat pula daya jual produk tersebut di mata konsumen, karena adanya peningkatan nilai ekonomis bagi produk tersebut bagi konsumen.

MASALAH
Untuk menjadi pengusaha sukses kerap kali kita terkendala akan pemikiran yang tidak kreatif sehingga tidak memunculkan inovasi dalam usaha yang kita jalani. Disini kami akan membahas bagaimana dan apa saja yang dilakukan seorang Enterpreneur untuk mencapai inovasi dalam berwirausaha.

ISI
Sebelum masuk ke topik pembahasan mengenai bagaimana langkah-langkah untuk menjadi pengusaha yang berfikir kreatif. Disini saya akan memberitahu definisi apa itu berfikir kreatif. Berpikir kreatif dapat juga dipandang sebagai suatu proses yang digunakan ketika seorang individu mendatangkan atau memunculkan suatu ide baru. Ide baru tersebut merupakan gabungan ide-ide sebelumnya yang belum pernah diwujudkan (Infinite Innovation Ltd, 2001). Dimana disini jikalau di satukan antar  pengertian tersebut dengan judul kita adalah dimana pengusaha yang sukses harus mampu menciptakan ide-ide baru dengan menggabungkan ide yang lama, maka terciptalah sebuah inovasi.
Lalu apa-apa saja kah usaha kita untuk menggapai itu semua? Berikut langkah-langkah dalam melakukan inovasi dalam berwirausaha dengan pemikiran yang kreatif untuk seorang Enterpreneur.
1.    Berfikirlah bahwa tantangan adalah sebuah peluang
2.    Jadikan pesaing sebagai sumber pelajaran
3.    Jangan puas diri
4.    Jangan terpuruk dengan kesalahan
5.    Wirausaha = gaya hidup
Serta seorang entrepreneur yang sukses harus lah memiliki sifat yang membangun. Sifat yang membangun disini diantaranya, yaitu :
1.    Jangan ingin kaya
2.    Membangun tim
3.    Penguaha sukses adalah mereka yang kuat

CONTOH KASUS
Royas Amri Bestian (Mengubah Hobi Gambar Menjadi Bisnis)
.Anak muda kelahiran Bekasi, 7 Juni 1982 ini memiliki hobi menggambar sejak kecil. Ia telah memanfaatkan hobinya tersebut untuk mendapatkan tambahan uang saku. Saat SD, ia suka membuat kartu nama yang digambar dengan spidol dan cat poster kemudian dijual kepada teman temannya. 


Saat kuliah di S1 Desain Komunikasi Visual, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya, Royas bersama kakaknya membuat kaos bertema budaya Madura (orang tua mereka berasal dari Madura) dengan merk Alapola, kosepnya seperti Dagadu di Jogja atau Joger dari Bali. Lulus kuliah pada 2005, ia bergabung dengan dua orang kakaknya dan satu orang temannya untuk membuat perusahaan di bidang komunikasi visual, bernama SignDesign. Nama ini terinspirasi dari logat bicara orang Madura yang suka mengulang ulang, seperti "te-sate". Sambil mengembangkan SignDesign, Royas juga bekerja di perusahaan lain sebagai art director untuk menggali ilmu dan pengetahuan, setelah empat tahun ia kemudian resign dan fokus di SignDesign.
Pada awalnya, Royas dan ketiga partner nya melakukan semuanya sendiri, seperti saat menempel nama sales satu per satu di 3000 buah buku atau mencetak seribu buah pin. Pengalaman pahit pernah mencetak ulang ribuan brosur dan buku karena kesalahan menjadi pelajaran berharga. Untuk mempromosikan jasanya, mereka melakukan 'jemput bola' melalui pameran, anehnya, pameran yang mereka ikuti bukanlah pameran desain melainkan pameran haji dan umroh karena melihat bahwa target pasar disana membutuhkan jasanya. SignDesign pun mendapatkan klien satu biro haji dan umroh yang mempercayakan desain company profile buku umroh anak dan multimedia. Pada tahun 2009, omzet SignDesign mencapai Rp 1,2 miliar per tahun. Royas pun diganjar sebagai Finalis Nasional Wirausaha Muda Mandiri tahun 2009.


KESIMPULAN
Seharusnya untuk menjadi pengusha yang sukses kita hendaknya dapat berfikir secara kreatif. Dan untuk menjadi pengusaha yang sukses hendaklah berinovasi  akan setiap waktunya. Tujuannya disini adalah agar masyarakat serta merta membeli produk serta jasa yang kita tawarkan dengan adanya perkembangan dari usaha kita tersebut.

DAFTAR PUTAKA
                  
https://blog.payrollbozz.com/pola-pikir-pengusaha-sukses/ (Diunduh tanggal 09 Maret 2018)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar