Selasa, Maret 13

@Proyek-J03/ @Proyek-K03/ @Proyek-L03 : Berpikir Kreatif dan Inovatif

Sumber : https://www.brandingstrategyinsider.com
Berlaku  
14 - 20 Maret 2018

Simak bahan kajian pekan ini dengan baik dan cerdas, supaya mendapat pemahaman.

Buatlah artikel dilengkapi contoh kasus dan mind mapping berkaitan dengan Bahan Kajian Materi Pembelajaran.

Cermati Panduan Proyek Pekan Ini :

1. Baca bahan belajar pekan ini secara  cermat dan pahami dengan baik (Modul  4 : Berpikir Kreatif dan Inovatif).

2. Buat artikel dengan mengacu pada topik yang mengacu pada modul tersebut (Poin 1), dengan judul singkat, aktual dan menarik. Artikel merupakan perpaduan antara teori dan contoh kasus.

3. Sistematika Artikel meliputi : Judul (tidak boleh sama dengan judul modul); Nama,  Kode Peserta dan Kode Kelompok; Abstrak; Kata Kunci; Pendahuluan; Isi/Permasalahan; Pembahasan; Kesimpulan; Daftar Pustaka. 

4. Artikel ditulis dengan mengacu pada berbagai  sumber, selain modul, juga dilengkapi text book,artikel ilmiah (jurnal),  artikel ilmiah populer dan sebagainya (minimal lima sumber).

5. Panjang artikel 300 - 500 kata. Dilarang keras Copas, silahkan Kutip.

6. Cantumkan daftar pustaka , sesuai dengan kaidah penulisan dan penyusunan yang benar.

7. Lengkapi dengan mind mapping yang menarik

8. Posting artikel di web-blog Teknokreatipreneur.com ini dengan label : Kode Peserta, Kode Kelompok dan Kode Proyek (@Proyek-J03/@Proyek-K03/@Proyek-L03).

9. Share artikel Anda melalui berbagai media sosial (minimal 1.000 viewer).

10. Presentasi melalui tayangan mind mapping pada pekan berikutnnya.



Kegiatan Kelas Hari Ini :

Presentasi 

Berikan komentar untuk setiap kelompok yang presentasi, sertakan kode kelompok dan peserta pada bagian atas kolom komentar.







22 komentar:

  1. @L32-Maulani
    Kreativitas meliputi terbuka terhadap pengalaman, suka memperhatikan melihat sesuatu dengan cara yang tidak biasa, kesungguhan, menerima dan merekonsiliasi sesuatu yang bertentangan, toleransi terhadap sesuatu yang tidak jelas, independen dalam mengambil keputusan, berpikir dan bertindak dan lainnya.
    Inovasi yang meliputi menganalisi peluang, apa yang harus dilakukan untuk memuaskan peluang, sederhana dan terarah dimulai dari yang kecil, berpengaruh secara parsial terhadap variabel kewirausahaan.

    BalasHapus
  2. @L09-Yulia
    Di dalam kehidupan tentu memiliki masalah, orang kaya, orang miskin, orang ganteng, orang cantik tentu punya masalah. Dari masalah itu kita terbiasa atau menimbulkan keterbiasaan untuk memecahkan masalah tersebut atau malah menghindari masalah tersebut. Dari keterbiasaan tersebut, menciptakan sikap-karakter-nasib entah itu yang baik atau yang buruk. Itulah pengimlplementasian diri atas kreatif dan inovatif diri dalam menangani masalah hidup.

    BalasHapus
  3. @L12-Arief
    untuk menjadi orang sukses kita mesti menjadi orang yang kreatif dan inovatif berani tanggung jawab menjadi karakter yang lebih baik dan cara berfikir layaknya seorang pemimpin .

    BalasHapus
  4. @L21-Ellyza
    Semakin berkembangnya zaman, kita dituntut untuk dapat menjadi problem solver dengan berbagai inovasi dan dengan berpikir kreatif. Inovasi dibutuhkan untuk dapat memberikan ide-ide yang lebih terbaru dalam rangkan mencari solusi terhadap berbagai masalah yang ada. Meskipun berpikir dan menghasilkan ide yang kreatif tentulah tidak mudah, namun hal itu lah yang menjadi tantangan kita dalam mencari yang terbaik.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. @L22-Novia
    Di dalam kehidupan, cara berfikir sangat menentukan nasib ke depannya. Dimana cara berfikir itu akan menjadi kebiasaan kemudian akan membentuk suatu sikap dalam diri sehingga menumbuhkan suatu karakter dan akan menentukan nasib setiap orang apakah sangat baik atau sangat buruk. Seseorang yg mempunyai nasib sangat baik pasti selalu fokus dan totalitas di dalam bidangnya.

    BalasHapus
  7. @L05_vaizar
    Kreativitas adalah suatu hal yang dicanangkan atau dilakukan oleh seseorang dalam mengemban suatu program kegiatan maupun tugas dengan harapan setiap program yang dilakukan bisa berkompetisi dengan kegiatan atau program yang lainnya. Kreativitas juga berbanding lurus dengan inovatif, yaitu menghimpun semua kreasi dengan nilai yang sangat tinggi, dengan tujuan mampu bersaing dengan kreasi yang lainnya

    BalasHapus
  8. @L20-Nabila
    Berpikir kreatif adalah upaya untuk menghubungkan benda-benda atau gagasan-gagasan yang sebelumnya tidak berhubungan.
    Berpikir kreatif menggunakan benda-benda atau gagasan-gagasan yang sudah nyata ada dan di dalam pikiran kitalah sesungguhnya proses nyata itu berlangsung. Proses ini tidak harus selalu menciptakan suatu konsep-konsep baru, walaupun hasil akhirnya mungkin akan tampak sebagai sesuatu yang baru hasil dari penggabungan dua atau lebih dari konsep-konsep yang sudah ada.

    BalasHapus
  9. @L17-Humairoh

    Kreatif dan inovatif adalah hal penting yang harus dimiliki setiap orang,dua hal itu akan sangat berpengaruh dalam masa depan seseorang. Masalahnya ialah bagaimana kita mendapatkan dua hal itu. Bakat setiap orang berbeda-beda, ada yang dengan mudah menyalurkan kreativitas dan ada yang sulit bahkan mandek. Perlu adanya pembelajaran, pelatihan dan pengembangan kreativitas dan inovasi. Dan setiap orang harus terus belajar belajar dan belajar, jangan merasa puas akan kelebihan yang dimiliki dan terus kembangkan yang kita miliki, agar tidak pudar dan hilang

    BalasHapus
  10. @L40-naqi
    kreatif dan inovatif itu sangatlah diperlukan dalam kehidupan sehari hari. Karena kreatif dan inovatif itu sangat menentukan kualitas hidup kita. Apalagi dalam bidang kewirausahaan, kita dituntut untuk memiliki jiwa yang kreatif inovati karena keduanya akan menentukan hasil usaha kita.

    BalasHapus
  11. @L08-Rizky
    Kreatif dan inovatif itu sangatlah diperlukan dalam kehidupan sehari hari. Karena kreatif dan inovatif itu sangat menentukan kualitas hidup kita. Apalagi dalam bidang kewirausahaan, kita dituntut untuk memiliki jiwa yang kreatif inovatif karena keduanya akan menentukan hasil usaha kita. Maju mundurnya bisnis akan ditentukan oleh kreativitas seorang pengusaha. Bisa jadi, sebuah bisnis saat ini maju atau berjalan. Namun perubahan akan terus berlanjut. Bisa jadi, bisnis sudah tidak bisa lagi berkembang akibat perubahan yang ada. Disini, kreativitas kita sebagai seorang pengusaha diperlukan untuk mengubah cara kita menjalankan bisnis dan menghasilkan produk atau jasa baru sesuai dengan perkembangan pasar. Pasar membutuhkan solusi dan manfaat. Untuk itu, seorang pengusaha harus inovatif, artinya menciptakan produk dan jasa yang diterima oleh masyarakat (pasar). Inovasi tidak selalu harus yang wah, tetapi sejauh mana produk atau jasa itu bermanfaat untuk sebanyak mungkin orang. Inovasi di awali dari sebuah ide. Kemudian mengubah ide itu menjadi sesuatu yang bermanfaat. Nah, ide dihasilkan dari kreativitas. Jadi, kreatif dan inovatif adalah 2 hal yang harus ada pada seorang pengusaha dan saling berhubungan.

    BalasHapus
  12. @L33-Farhan

    Kreativitas dan inovasi merupakan hal yang berhubungan, keduanya adalah sebuah proses yang berurutan. inovasi adalah kelanjutan proses dari kreativitas. Kreativitas sebagai ide dasar dan inovasi mewujudkan ide itu menjadi sebuah produk yang dapat diakui lingkungan.

    BalasHapus
  13. @L27-Bendy
    Setiap orang pastinya menginginkan kehidupan yang baik dan masa depan yang cerah. Semua itu tergantung kepada diri sendiri, bagaimana menjalani hidup. Bagaimana seseoranh itu berpikir, sikap, maupun karakter orang tersebut. Cara sederhana yaitu dengan berpikir kreatif dan inovatif.

    BalasHapus
  14. @L25-Abi
    Kreativitas dan inovatif merupakan bagian penting dalam mencari solusi bagi permasalahan yang kita hadapi. Kedua hal tersebut kelihatannya mudah dibicarakan, padahal sangatlah rumit dalam memecahkan sesuatu masalah. Karena biasanya orang yang kreatif dan inovatif adalah orang yang selalu ingin berbeda dalam menghasilkan sesuatu

    BalasHapus
  15. @L26-Alvian

    Di dalam hidup ini kita selalu ditimpa berbagai masalah, bahkan kita hidup saja sudah menjadi masalah buat kita sendiri. Nah dari masalah itu kita dituntut untuk menyelesaikan masalah itu dengan kemampuan diri kita sendiri. Maka kita harus berpikir kreatif dan juga memiliki inovasi untuk menyelesaikan masalah itu sendiri.
    Apabila kita bisa kreatif dan juga memiliki inovasi dari menyelesaikan masalah itu, kita bisa menjadi orang yang sukses. Semoga kita semua termasuk orang yang sukses di masa depan, aamiin.

    BalasHapus
  16. @L18-Lutfi

    Inovasi tidak selalu harus yang wah, tetapi sejauh mana produk atau jasa itu bermanfaat untuk sebanyak mungkin orang. Inovasi di awali dari sebuah ide. Kemudian mengubah ide itu menjadi sesuatu yang bermanfaat. Nah, ide dihasilkan dari kreativitas. Jadi, kreatif dan inovatif adalah 2 hal yang harus ada pada seorang pengusaha dan saling berhubungan

    BalasHapus
  17. @L15-Fateh
    Kreatifitas dan inovatif adalah bagian sangat penting dalam menyelesaikan suatu masalah. Setiap orang punya setiap masalahnya masing-masing. Kedua elemen tersebut sangat penting jika kita dapat mengasah kedua elemen tersebut menjadi tajam.

    BalasHapus
  18. @L30-Rayhan
    Kreatifitas adalah suatu kemampuan berpikir ataupun melakukan sebuah tindakan yang bertujuan untuk mencari pemecahan suatu kondisi ataupun permasalahan secara cerdas, berbeda, tidak umum, orisinil, serta membawa hasil yang tepat dan bermanfaat bagi setiap orang yang ada di muka bumi ini.Inovatif yaitu Usaha seseorang dengan mendayagunakan pemikiran, kemampuan imajinasi, berbagai stimulan, dan individu yang mengelilinginya dalam menghasilkan produk baru, baik bagi dirinya sendiri ataupun lingkungannya, jadi yang namanya inovatif itu tidak merugikan sebelah pihak tetapi menguntungkan kedua pihak.

    BalasHapus
  19. @L38-Daffa
    Berfikir kreatifadalah suatu cara berpikir dimana seseorang mencoba menemukan hubungan-hubungan baru untuk memperoleh jawaban baru terhadap suatu masalah. Untuk berpikir kreatif diperlukan bahan-bahan dasar, bahan dasar inilah yang kemudian menentukan model pikiran seseorang.

    Berpikir inovatif adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau konsep baru serta berbeda dengan yang lainnya, atau hubungan baru antara gagasan dan konsep yang sudah ada.

    BalasHapus
  20. @L36-Devi
    Menjadi seorang wirausahawan tidak cukup hanya bermodal tekad dan niat, tetapi perlu dengan berfikir kreatif. karna seorang wirausawan perlu memilki ide-ide dan gagasan-gagasan baru untuk memperoleh jawaban atas suatu masalah yang ada. dengan berfikir kreatif pula kemudian akan menentukan pemikiran seseorang.

    BalasHapus
  21. @L03-lutfi
    Seorang wirausahawan harus memiliki jiwa dan pemikiran yang kreatif dan inovatif untuk menunjang eksistensi usahanya daari pesaing2 lainnya,karna usahawan sekarang banyak yang menggunakan nama2 unik untuk menarik pelanggan seperti contoh :
    -tahu jeletot
    -makaroni ngehe
    -kebab monter
    -DLL
    Karna setiap manusia pasti memilii jiwa penasaran dan tertarik untuk suatu hal yang unik apa lagi sepetri makanan dengan nama yang unik

    BalasHapus
  22. @L02-januar
    Untuk menjadi wirausahawan yang sukses adalah dengan terus berani melakukan pembaruan dari usaha yang mereka buat, terutama tentang berfikir kreatif, tidak takut untuk gagal dalam menjalankan usahanya

    BalasHapus