Kamis, Maret 22

BERFIKIR KREATIVITAS DAN BERINOVASI




@L26-Alvian, @L27-Bendy, @L30-Rayhan, 
@Protek-L03, @Startup-L10
Oleh Alvian Fuadi, Bendy Emeraldi Alvaro, Rayhan Ismed


Abstrak
     Orang yang berfikirnya secara kreatif dan inovatif  tidak akan takut kepada semakin sempitnya lapangan kerja, karena orang yang kreatif dan inovatif itu dapat menciptakan suatu lapangan pekerja untuk dirinya sendiri serta orang lain, mungkin itu adalah gagasan utama dalam diri kita untuk menerapkan cara berfikir kreatif dan juga secara inovatif.

Kata Kunci : Kreatif, Inovasi, Berwirausaha.
Latar Belakang

      Dalam berwirausaha cara berfikr kreatif dan inovatif ini sangatlah penting karena dalam hal ini bisa menghasilkan ide-ide yang mungkin akan sangat menguntungkan,karena bisa memunculkan sesuatu hal yang baru,unik,dan menarik untuk di aplikasikan dalam entuk wirausaha.

      Dalam hal ini pengertian kreatif  itu sendiri adalah cara berfikir yang menghasilkan metode baru,konsep baru,pengertian serta seni,yang menyebabkan banyaknya keluar ide atau hal-hal yang sebelumya tidak berhubungan menjadi saling terhubung karena berfikir secara kreatif,sedangkan kata kata kreatif dan inovatif sangatlah familiar ditelinga kita, tetapi banyak diantara kita yang tidak mengetahui akan arti kreatif dan inovatif.

Rumusan Masalah
1.     Apa itu berpikir kreatif dan inovatif ?                                                                              

      Bagaimana Cara Berpikir Kreatif?
       
     Pembahasan
1     Definisi Berpikir Kreatif dan Inovatif
Berpikir adalah proses yang intens untuk memecahkan masalah, dengan menghubungkan satu hal dengan yang lain, sehingga mendapatkan pemecahan. Yang kemudian menjadi masalah adalah bahwa hal-hal yang akan dihubungkan tersebut belum tentu ada atau hadir di benak kita.  Oleh karena itu berpikir melibatkan kemampuan untuk membayangkan atau menyajikan objek-objek yang tidak ada secara fisik atau kejadian-kejadian yang tidak sedang berlangsung.
Agar seseorang dapat membayangkan atau menyajikan hal-hal yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah, maka untuk itu dibutuhkan bahan-bahan dasar. Bahan-bahan dasar inilah yang membangun pikiran dan kemudian menentukan model berpikir seseorang.  Menurut Morris (1990), bahan-bahan dasar itu adalah bayang-bayang (image) dan konsep-konsep, untuk selanjutnya konsep-konsep tersebut kemudian ditransformulasikan ke dalam bentuk kata-kata atau bahasa atau dalam bentuk lainnya.
Yang dimaksud dengan kreativitas adalah menghadirkan suatu gagasan baru. Kreativitas itu merupakan sebuah proses yang dapat dikembangkan dan ditingkatkan. Anda harus mengetahui bahwa kreativitas tiap-tiap orang berbeda-beda, kemampuan seseorang dalam bakat, pengetahuan, dan lingkungan juga dapat mempengaruhi kreativitas. Kreativitas merupakan sumber yang penting dari kekuatan persaingan karena adanya perubahan lingkungan.




       5 Cara Agar Dapat Berpikir Kreatif

          Ada banyak cara berpikir kreatif yang bisa Anda kuasai. Berikut adalah 5 cara diantaranya bisa Anda gunakan yang cukup ampuh.

1. Teknik SKAMPERR. Yaitu teknik menSubtitusi, Kombinasi, Adaptasi, Memperbesar, Penggunaan lain, Eliminasi, Re-arrange (mengatur ulang), dan Reverse (kebalikan).

2. Asosiasi. Asosiasi adalah menghubungkan satu hal dengan hal lain dan akan menghasilkan ide baru.

3. Meminjam Pikiran Orang. Teknik menggunakan cara pandang dan wawasan miliki orang lain agar mampu menghasilkan ide yang tak terpikirkan oleh kita.

4. Membelokan Asumsi. Ini adalah teknik dimana kita akan melepaskan diri dari kungkungan berpikir dengan cara mengubah asumsi.

5. Dan yang kelima dengan intuisi. Bagaimana mendapatkan ide dengan intuisi Anda.

Cara Cepat Berpikir Kreatif
       Bagaimana agar kita bisa cepat mampu berpikir kreatif? Kreativitas itu adalah sebuah skill atau kemampuan. Seperti Anda mengendarai mobil, Anda dengan cepat mengganti persneling karena Anda sudah berlatih dan biasa. Bagi yang belum bisa dan belum biasa, hal itu akan sulit. Begitu juga dengan kreativitas, harus berlatih dan membiasakan. Setelah mahir dan biasa, otomatis Anda akan cepat berpikir kreatif.

Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif
       Pada dasarnya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif adalah dengan memperbaiki mental dan kemampuan teknik. Keduanya sangat penting. Jika Anda hanya mempelajari masalah teknis, tetapi mental Anda masih belum kreatif, maka kreativitas Anda akan terhambat. Sebaliknya, orang yang sudah bermental kreatif, tidak mengetahui tekniknya, akan kurang optimal juga.

        Langkah pertama adalah Anda harus mengetahui cara mengatasi hambatan berpikir kreatif. Penghambat utama berpikir kreatif adalah tidak mau menerima sesuatu yang baru dan aneh. Ingat, berpikir kreatif adalah menghasilkan sesuatu yang baru, jika Anda tidak mau menerima yang baru, bagaimana ide-ide hebat akan muncul?
Pada kenyataanya, banyak orang yang sulit menerima sesuatu yang baru, aneh, gila, paradoks, atau hal yang membingungkan. Untuk itu, jika Anda ingin lebih kreatif, bukalah diri Anda. Ini adalah sangat penting,

5 Cara Melatih Berpikir Inovatif

1. Gunakan teknik-teknik berpikir Inovatif yang Anda pelajari di ebook Anda Pun Bisa Jenius. Semakin dilatih, Anda akan semakin Inovatif. Bahkan Anda bisa berpikir Inovatif secara otomatis tanpa menggunakan urutan teknis.

2. Mau membuka diri terhadap pendapat orang lain. Bacalah buku, ikuti seminar, bicaralah dengan orang lain, tanyalah orang lain, dan sebagainya.

3. Pergilah ke tempat yang belum pernah Anda kunjungi. Agar mata Anda terbuka melihat hal-hal baru.

4. Latihlah untuk selalu terbuka terhadap ide aneh atau gila sekali pun. Termasuk saat bingung terhadap ide tersebut.

5. Belajarlah keterampilan baru, yang tidak berhubungan dengan bisnis atau pekerjaan Anda.

Cara Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Inovatif
 
      Mudah, sejauh mana ide-ide kreatif dan inovatif yang Anda hasilkan. Jika masih sedikit, artinya perlu diasah. Mengetahui saja tidak cukup, tetapi harus melatihnya. Kreativitas bukan ilmu, tetapi keterampilan yang perlu dilatih.

Pentingnya memiliki kreatifitas dan inovatif untuk mencapai sukses

      Tidak semua orang mampu memiliki pemikiran yang kreatif, nah bagaimana cara agar dapat memunculkan kreatifitas yang berbeda dari orang lain dan tidak monoton.

Hal yang terpenting adalah bebaskan cara berpikir anda selebar-lebarnya jangan pernah menghambat diri untuk bisa berinovasi dan terbelenggu dengan hal yang merupakan rutinitas membosankan.

    Kesimpulan
             Dari artikel diatas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa, kreatif dan inovatif itu sangatlah diperlukan dalam kehidupan sehari hari. Karena kreatif dan inovatif itu sangat menentukan kualitas hidup kita. Apalagi dalam bidang kewirausahaan, kita dituntut untuk memiliki jiwa yang kreatif inovati karena keduanya akan menentukan hasil usaha kita.

       Mulailah dari sekarang untuk selalu berfikir kreatif serta inovatif, lakukan step by step,jangan takut gagal atau salah,karena pada dasarnya seseorang yang memiliki jiwa kreatif akan selalu membuka peluangnya sendiri dengan nalurinya sendiri serta dengan pembaharuan konsep berwirausaha yang diterapkan secara inovatif akan membawa usahanya ke dalam mangsa pasar dengan ide yang lebih baru dan peminat yang banyak,serta membawa usahanya itu menjadi lebih maju dan sukses.

    Daftar Pustaka

      19 maret 2018. https://dykaandrian.blogspot.co.id/2014/12/makalah-kewirausahaan.html


www.bppk.kemenkeu.go.id/.../1-Bahan_Ajar_BERPIKIR_KREATIF_DAN_INOVAT...

 









 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar