Kamis, Maret 22

Pentingnya Kreativitas dan Inovasi dalam Berwirausaha

@L29-Elvi, @L28-Selvy, @L24-Tasya, @Startup-L09, @Proyek-L03
Disusun Oleh : Elvi Khairina
                          Selvy Darmayudi
                          Maytasya Fadhila




ABSTRAK
Pengembangan usaha membutuhkan kemampuan inovasi dan kreativitas untuk menghadapi tantangan dalam usaha, khususnya untuk menemukan produk dan layanan yang unggul. Banyak produk dan layanan yang dihasilkan oleh pebisnis sukses merupakan hasil inovasi dan kreativitas yang dikembangkan dalam usaha. Oleh karena itu, untuk menjadi wirausaha yang unggul diperlukan kemampuan melakukan inovasi dan kreativitas.

KATA KUNCI
Inovasi, Kreativitas,  Usaha

A. Pendahuluan
Untuk berwirausaha, inovasi dan kreativitas adalah hal yang perlu dimiliki dan dikembangkan dalam diri wirausaha demi perkembangan dan kesuksesan sebuah usaha. Keduanya sering kali dipandang hampir serupa. Inovasi dan kreativitas adalah inti dari kewirausahaan. Pada dasarnya sebuah inovasi dalam berusaha adalah kemampuan untuk menerapkan solusi kreatif terhadap masalah dan peluang untuk meningkatkan atau untuk memperbaiki kinerja usaha. Sedangkan kreativitas dapat dipandang sebagai kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan untuk menemukan cara-cara baru dalam melihat masalah dan peluang.

Kemampuan yang dihasilkan oleh kreativitas merupakan kemampuan dalam membuat sesuatu menjadi baru dalam keberadaannya dan merupakan pembentukan ide-ide baru yang original dan tidak biasa atau unik. Pola pikir dari orang kreatif adalah berpikir out of the box, serta memiliki pikiran yang terbuka dan bebas untuk mendekati sesuatu dengan cara baru. Sedangkan, inovasi adalah mengimplementasikan kreativitas terhadap sesuatu menjadi satu kombinasi baru yang dapat menghasilkan. Definisi baru disini tidak selalu berarti original, melainkan kebaruan atau diperbaharui, yang berarti juga adalah improvement, karena inovasi tidak harus selalu barang atau jasa baru, melainkan perbaikan atau pengembangan dari barang atau jasa yang telah ada.


C. Pembahasan
Kreativitas
Kreativitas merupakan potensi yang dimiliki setiap manusia dan bukan yang diterima dari luar diri individu. Kreativitas yang dimiliki manusia, lahir bersama lahirnya manusia tersebut. Sejak lahir individu sudah memperlihatkan kecenderungan mengaktualisasikan dirinya. Dalam kehidupan ini kreativitas sangat penting, karena kreativitas merupakan suatu kemampuan yang sangat berarti dalam proses kehidupan manusia.



Menurut Conny R Semiawan (2009: 44) kreativitas adalah modifikasi sesuatu yang sudah ada menjadi konsep baru. Dengan kata lain, terdapat dua konsep lama yang dikombinasikan menjadi suatu konsep baru.


Kreativitas sebagai proses berpikir yang membawa seseorang berusaha menemukan metode dan cara baru di dalam memecahkan suatu masalah. Kemudian ia menemukan bahwa kreativitas yang penting bukan apa yang dihasilkan dari proses tersebut tetapi yang pokok adalah kesenangan dan keasyikan yang terlihat dalam melakukan aktivitas kreatif.


Contoh Definisi Tentang kreativitas
Mengolah berbagai kerajinan dari sampah yang bisa menjadi komuditas tinggi sperti cardus bekas menjadi kreasi kotak pensil, kotak tisu, kotak pesan dll.
Seperti CD bekas yang bisa kita manfaatkan sebagai penghias rumah, hiasan pintu kamar dll.
Contoh lainnya yang bisa kita manfaatkan adalah kulit jagung, banyak orang yang tidak tahu atau tidak bisa bahwa kulit jagung yang tidak di manfaatkan bisa kita jadikan kerajinan yang beraneka ragam, seperti bunga, tas, dan berbagai hiasan rumah yang pastinya sangat ekonomis dibandingkan bila kita harus membeli hiasan rumah di toko atau pasar.
Kita juga dapat memanfaatkan plastik bekas untuk dibuat berbagai karya seperti, baju dari plastik daur ulang, hiasan dinding, tas dari plastik dll.

Inovasi
"Inovatif yaitu Usaha seseorang—dengan mendayagunakan pemikiran, kemampuan imajinasi, berbagai stimulan, dan individu yang mengelilinginya—dalam menghasilkan produk baru, baik bagi dirinya sendiri ataupun lingkungannya."


Inovatif adalah suatu kemampuan manusia dalam mendayagunakan pikiran dan sumber daya yang ada disekelilingnya untuk menghasilkan suatu karya yang benar-benar baru yang orisinil, serta bermanfaat bagi banyak orang” (inginhilangingatan, 2009)
Berpikir inovatif yaitu Proses berpikir yang menghasilkan solusi dan gagasan di luar bingkai konservatif."  Syarat-syarat berpikir inovatif  – Elastisitas yang tinggi  – Produktivitas yang tinggi  – Orisinalitas yang tinggi  – Sensitivitas yang tinggi  Syarat-syarat inovasi  – Menghasilkan produk yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungannya.  – Menghasilkan produk yang relatif baru.  – Menghasilkan produk yang memenuhi kebutuhan individu ataupun kelompok.
Manfaat dari Inovasi
Penggalan dari defenisi inovasi diatas ialah untuk memberi nilai tambah dan tentunya berguna bagi masyarakat banyak maupun bagi penciptanya sendiri. Berikut ini sejumlah manfaat dari inovasi:
Meningkatkan produktivitas & mengurangi biaya
Kualitas yang lebih baik
Menciptakan berbagai produk baru
Memberikan nilai tambah dan
lain lain






Daftar pustaka :
Pmc, November 6, 2014. Pentingnya inovasi dalam wirausaha dalam http://pmct.co.id/pentingnya-inovasi-dan-kreativitas-dalam-berwirausaha/
Conny R Semiawan (2009: 44). Pengertian Kreativitas Definisi Menurut Para Ahli Ciri, Tahap, Konsep, dan Asumsi tentang Kreativitas dalam http://kebugarandanjasmani.blogspot.co.id/2015/12/pengertian-kreativitas-definisi-menurut.html?m=1
Kurniawan, Aris. Mai 15,2015 . 10 pengertian Inovatif dan kreativitas dalam http://www.gurupendidikan.co.id/10-pengertian-kreativitas-dan-inovasi-beserta-contohnya/
Wahyudi, Eko. Oktober 26,2013. Pengertian inovatif dan kreativitas dalam https://googleweblight.com/i?u=https://www.kompasiana.com/ekogenshter/pengertian-kreatif-dan-inovatif_552feef86ea834b36b8b45ac&hl=id-ID

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.