Selasa, Maret 13

POLA PIKIR BERPRESTASI MENJADI SUKSES

POLA PIKIR BERPRESTASI MENJADI SUKSES


KELOMPOK @Startup-K05
PROYEK @Proyek-K02
PENULIS:
(@K14-aditya)
(@K25-Hendra)
(@K05-frais)

ABSTRAK
Mengenai mengubah pola pikir sukses dan motivasi menjadi wirausaha sukses.

KATA KUNCI
Mengubah pola pikir.

PENDAHULUAN
Untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses dan kaya itu bukan bakat, dan juga tidak harus keturunan. Tapi, Sukses dan kaya itu mimpi atau visi. Mimpi yang menjadi kenyataan. Artinya, kalau kita tidak berusaha sama sekali untuk menjadi kaya, misalnya dengan jalan berwirausaha, maka mana mungkin kekayaan itu kita dapat. Terlepas dari itu, tapi yang jelas, semua orang pasti punya mimpi. Setiap kita menjalankan bisnis apapun, sebenarnya yang kita cari bukanlah semata-mata uang atau ingin kaya. Tapi, karena adanya keinginan kita untuk mewujudkan mimpi tersebut. Sebagai konsekuensi logis atas jerih payah kita adalah kita bisa mendapatkan keuntungan atau uang, dan bisa juga aset kita yang semakin bertambah. Hal itu seiring dengan kegigihan kita di dalam menjalankan bisnis.
Oleh karena itulah, jika kita ingin menjadi wirausahawan sukses, maka kita harus pandai-pandai merealisir mimpi kita sendiri. Disaat mimpi kita jadi kenyataan, maka akan muncul mimpi-mimpi baru. Dari satu mimpi ke-mimpi berikutnya. Dari satu bisnis berkembang ke-bisnis berikutnya. Ibaratnya, putaran bola salju, kalau semakin cepat putarannya semakin besar bolanya. Seorang pengusaha itu sosok yang seharusnya tidak takut dengan mimpi.Apalagi mimpi itu tidak perlu biaya. Tetapi, masalahnya adalah belum tentu semua orang punya keberanian bermimpi. Sehingga tidak berlebihan kalau untuk bermimpi pun membutuhkan sebuaah keberanian dan Motivasi.

RUMUSAN PERMASALAHAN

Apa itu Pola Pikir ( Mindset )?

PEMBAHASAN

Pola pikir sukses
Orang-orang sukses yang ada di dunia ini – dan tentunya semua pola pikir dari orang-orang sukses tersebut dapat dijadikan tolak ukur – dan juga menjadi Inspirasi yang sangat berharga bagi setiap orang lain-nya yang ada di muka bumi ini, agar tentunya, setiap orang lain juga berhak dapat meraih rahasia dari “kesuksesan” tadi – sebelum action, dalam mencapai sukses tentunya, harus dimulai dari merubah kebiasan konsep pola pikir ( mind set ) yang lama, menjadi lebih baru, dan lebih terbuka dan tanggap terhadap setiap segala hal yang sedang terjadi – dalam memaknai setiap hal, dengan lebih cermat sehingga dapat menumukan solusi baru dalam melangkah mencapai menuju anak tangga kesuksesan tersebut. dan apa saja yang menjadi pola pikir orang sukses.
1. Sukses tidak ditentukan oleh nasib
2. Sukses adalah suatu kebiasaan
3. Kegagalan adalah bagian dari sukses
4. Orang sukses selalu berorentasi kepada solusi

Konsep Dasar Kewirausahaan
Menurut Drucker (1990) dalam Segal et al.,(2005) adalah suatu semangat, kemampuan, sikap, perilaku individu dalam menangani usaha/kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja, teknologi
dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang baik
dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar.
Pada dasarnya pembentukan jiwa kewirausahaan dipengaruhi oleh faktor internal dan
eksternal (Priyanto, 2008) dalam (Suharti dan Sirine, 2011). Faktor internal yang berasal dari dalam
diri wirausahawan dapat berupa sifat-sifat personal, sikap, kemauan dan kemampuan individu yang
dapat memberi kekuatan individu untuk berwirausaha. Sedangkan faktor eksternal berasal dari luar
diri pelaku entrepreneur yang dapat berupa unsur dari lingkungan sekitar seperti lingkungan
keluarga, lingkungan dunia usaha, lingkungan fisik, lingkungan sosial ekonomi dan lain-lain.

Entrepreneurship Education

Pendidikan kewirausahaan dapat membentuk pola pikir, sikap, dan perilaku pada mahasiswa menjadi seorang wirausahawan (entrepreneur) sejati sehingga mengarahkan mereka untuk memilih berwirausaha sebagai pilihan karir. Pola pikir seorang entrepreneur itu adalah pola pikir yang produktif, kreatif, inovatif karena polapikir seperti inilah yang dibutuhkan oleh semua entrepreneur untuk menjalankan suatu usaha. wirausahawan tidak selamanya mulus dalam menjalankan usahanya. mungkin hal-hal di bawah ini bisa dilakukan dalam memulai suatu usaha.

· motivasi yang kuat.
· mindset yang tepat(prouktif,kreatif,inovatif,positif)
· lakukan saja(just do it).

Ada beberapa keuntungan yang akan diperoleh dari merubah entrepreneurial mindset seseorang, antara lain:

· Keberhasilan seorang wirausaha karena action oriented dimana wirausaha berorientasi pada tindakan dimana ide-ide yang muncul segera diterapkan walaupun dalam situasi yang tidak menentu,
· Konsep ini mampu menumbuhkan sikap percaya diri,
· Konsep ini dimaksudkan untuk tumbuh bersama mulai dari yang sederhana seiring dengan petualangan seorang wirausaha.

Selanjutnya disebutkan juga bahwa karakteristik mindset yang dimiliki oleh wirausaha pada umumnya,yaitu :

· Sangat bersemangat dalam melihat/mencari peluang-peluang baru,
· Mengejar peluang dengan disiplin yang ketat,
· Hanya mengejar peluang yang sangat baik dan menghindari mengejar peluang lain yang melelahkan diri dan organisasi mereka,
· Fokus pada pelaksanaan khusus yang bersifat adaptif, 5. Mengikutsertakan energy setiap orang yang berada dalam jangkauan mereka.
seorang wirausaha akan sulit berkembang bila tidak memiliki mindset kreatif dan inovativ dalam dirinya. kreatif dan inovatif sangan dibutuhkan oleh seorang wirausaha untuk bisa mengembangkan usahanya agar lebih sukses.

Kesimpulan

Pola pikir seseorang dapat mengabulkan mimpinya dalam melakukan wirausaha kadang sering berubah sebab masih banyak orang yang takut akan hal yang tidak pernah dirasakan. Hal utama yang harus kita koreksi yaitu mengetahui atau mengenal kemampuan dan harus yakin dengan kemampuan pribadi, sebab banyak sekali orang yang bimbang terhadap akan kemampuannya sendiri sehingga mengakibatkan menguburkan niat untuk mewujudkan impiannya dalam menjadi wirausaha, jadi kita harus mengubah pola pikir bagaimana kita harus mempunyai inovasi yang dapat mengubah pola pikir yang salah.
Daftar pustaka

1. Wahyudi, agung. Mengubah Pola Pikir dan Motivasi Berprestasi  (Diakses, 11 Maret 2018)

3.https://www.google.co.id/url?q=http://www.amaypk.ac.id/download/Membangun_Perilaku_Entrepreneur_Pada_Mahasiswa_Melalui_Entrepreneurship_Education.pdf&sa=U&ved=2ahUKEwjg5d-7_eHZAhWCx7wKHT6ADAsQFjABegQIChAB&usg=AOvVaw1FQ7bXuHLrdDf3D8nWwP02



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.