Selasa, Maret 13

KREATIFITAS TANPA BATAS



KREATIFITAS TANPA BATAS



ABSTRAK
Artikel ini di buat bertujuan untuk menunjukan bahwa seseorang yang mempunyai kreativitas tidak boleh untuk di halangi, karena setiap orang berhak mengembangkan kreativitasnya, karena setiap orang dasarnya mempunyai kreativitas dan pola pikir yang dapat selalu di kembangkan menjadi menjadi sesuatu kreativitas yang dapat digunakan oleh semua orang dan menghasilkan suatu pandangan bahwa kreativitas tidak boleh di batasi karena jika dibatasi kreativitas setiap orang tidak dapat berkembang dengan baik. Dan pasti akan mengalami proses dimana orang menjadi lebih kreative
Kata kunci :  kreativitas ,  pola pikir , proses kreative , kunci sukses mengembangkan kreative.
PENDAHULUAN
Setiap orang berkeinginan selalu ingin mengembangkan ide kreative nya, akan tetapi banyak sekali penghambat yang akan mengganggu ide kreative setiap orang,  untuk menjadi orang yang sukses kita harus pintar menempatkan waktu dimana orang itu akan mengembangkan ide kreativitas nya , maka dari itu ide kreativitas harus selalu di asah agar wawasan untuk mengembang ide kreativitas selalu akan berkembang dan menghasilkan sesuatu yang baru dan berguna untuk semua orang.
Artikel ini berupaya untuk memberikan bagaimana proses ide kreativitas dapat di kembangkan dan dapat sebagai alat pemecah masalah yang ada di setiap orang, maka dari itu di sini kreativitas tidak boleh di batasi karena semua orang akan selalu tumbuh mencari ide kreativitas  untuk menghasilkan sesuatu yang baru menjadi lebih baik.

Rumusan Masalah
Apa itu kreativitas ?
Bagaimana proses ide kreativitas?
mengapa kreativitas tidak boleh di batasi ?

PEMBAHASAN
            Kreativitas tanpa batas adalah pola pikir yang terus dikembangkan untuk pencapaian yang memuaskan dan baik. Dan mengapa tanpa batas? Hasil yang baik itu selalu tidak terbatas. Karena sifat manusia pada dasarnya tidak akan pernah puas dan hasil yang baik terus berkembang,itulah sebabnya kenapa kami memakai judul kreatifitas tanpa batas . Kreatifitas diambil dari kata kreatif yang bisa diartikan kemampuan untuk memberi dan membuat suatu gagasan ,system, dan komposisi  yang baru. (Conny R. Setyawan dan Havvel : 1962). 

KREATIVITAS
            Arti kreatif adalah suatu proses pemiikiran yang membantu mencetuskan berbagai gagasan baru yang merupakan salah satu sifat manusia yang dibentuk dari proses pengalaman sehingga menyebabkan orang tersebut bisa terus memperbaiki dan mengembangkan dirinya. (Anderos : 1961).
Definisi kreatif secara umum adalah kemampuan untuk menciptakan hal-hal yang baru atau cara-cara baru daari sesuatu yang sudah ada sebelumnya.  Sifat  kreatif ini muncul karena ada halangan atau rintangan yang membutuhkan solusi yang baru untuk menghadapinya. Contoh kreatif dalam kewirausahaan sepeerti membuat tas dari Koran bekas,membuat mainan dari kayu-kayu yang tidak terpakai lalu dijual kembali.  
Dan apa arti serta definisi kreativitas? Kreativitasa adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru,baik berupa gagasan untuk menciptakan sesuatu yang baru,baik berupa gagasan maupun karya nyata dalam karya baru maupun kombinasi dengan hal-hal yang sudah ada,dan semuanya relative berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya.
Kreativitas didefinisikan sebagai kemampuan untuk menghasilkan sesuatu yang baru dan disesuaikan dengan ide untuk segala situasi (Sternberg & Lubart dalam Botella, 2013).

BAGAIMANA PROSES IDE KREATIVITAS
Untuk memunculkan kreativitas memang dibutuhkan, yakni proses kreatifitas.  Proses kreatif berarti keleluasaan mengembangkan ide-ide dan gagasansecara bebas. Seorang kreatif adalah orang yang berani mengambil resiko. Seberapa besar resiko yang akan diambil, tergantung seberapa besar sesungguhnya kualitas kreativitas yang dilakukan. Seseorang yang berani mengambil resiko, tentu saja, usahanya akan lebih dapat berkembang maju, kini dan kedepan. Herring et al (2009) dalam penelitiannya mengemukakan terdapat 19 teknik dalam menumbuhkan ide , yaitu : Role Playing, Active Search, Attribute List, Brainstorm, Collaborate, Concrete Stimuli, Critique, Documenting, Expert Opinion, Empathy/User Research, Encompass, Forced Analogy, Incubate, Passive Searching, Prototyping, Reflect, Sketching, Socializing dan story boards, selanjutnya terdapat fase-fase dalam penciptaan ide, yaitu, inspire, research, represent, dan refine.

MENGAPA KREATIVITAS TIDAK BOLEH DIBATASI?
Kreativitas sangat penting buat setiap individu termasuk dalam kaitannya dengan kewirausahaan dan bisnis. Jika Kreativitas dibatasi maka usaha tidak akan berkembang. Kreativitas adalah aspek utama dalam berwirausaha dan berbisnis. Karena jika usaha dan bisnis tetap ditempat maka orang-orang akan merasa bosan. Di sini menjadi aspek utama,bagaimana cara agar orang-orang,konsumen atau lainnya tidak bosan? Yaitu dengan cara mengembangkannya dan membuat  hal-hal baru dalam berwirausaha dan berbisnis itulah sebabnya kenapa motivasi itu penting dan tidak boleh dibatasin.

KESIMPULAN
Jadi kesimpulan yang kami dapat setelah membuat makalah ini adalah bahwa dalam setiap kehidupan diperlukan kreativitas ,jika kreativitas tidak ada,maka setiap individu maupun kelompok tidak akan berkembang dan akan merasa jenuh dan bosan termasuk dalam kaitannya dengan berwirausaha dan berbisnis . Jadi teruslah berkreativitas agar setiap kegiatan serta aktivitas itu tidak terasa bosan atau jenuh.

DAFTAR PUSTAKA


           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.