Rabu, Maret 28

Bisnis Membuahkan Hasil



ABSTRAK

Artikel ini di buat  karena Dari kebiasaan menjadi hasil,tentunya sudah tak lazim lagi buat setiap orang yang selalu berwirausaha dengan usahanya sendiri tapi bukan dari kebiasaannya,tapi bagaimana dengan orang yang berwirausaha melalui kebiasaannya? Dalam pembahasan kali ini diangkat kebiasaan-kebisaan yang diungkit menjadi usaha, dan di dalamnya terdapat hak cipta dari usaha yang dibuatnya.

Kata kunci :  kebiasaan mencoba menjadi hasil yang memuaskan untuk berbisnis


PENDAHULUAN
Setiap orang mempunyai tekad untuk menjadi pembisnis yang baik, setiap orang akan mengalami perkembangan melalui awal memulai bisnis. Karena pada dasarnya banyak masyarakat yang takut gagai di awal dan tidak mau mencoba lagi. Maka dari itu semua harus mencoba agar bisa mengoreksi diri sendiri dalam hal kekurangan pribadi. Kebiasaan mencoba menjadi hasil yang memuaskan untuk berbisnis .






Rumusan Masalah
Apa itu bisnis  ?
sebutkan jenis-jenis bisnis ?
apa itu bisnis Konvensional ?
apa kekurangan bisnis konvensional ?
apa itu bisnis
Waralaba ?
apa kekurangan dan kelebihan bisnis waralaba ?
apa itu bisnis E-Commerce
?
sebutkan jenis bisnis E-Commerce ?
apa keuntungan bisnis E-Commerce ?



















BISNIS MEMBUAHKAN HASIL
PEMBAHASAN
Dari kebiasaan menjadi hasil,tentunya sudah tak lazim lagi buat setiap orang yang selalu berwirausaha dengan usahanya sendiri tapi bukan dari kebiasaannya,tapi bagaimana dengan orang yang berwirausaha melalui kebiasaannya? Dalam pembahasan kali ini diangkat kebiasaan-kebisaan yang diungkit menjadi usaha, dan di dalamnya terdapat hak cipta dari usaha yang dibuatnya.
A.      BISNIS
Bisnis adalah suatu kegiatan yang dijalankan oleh sekumpulan individu dengan mencari keuntungan. Bisnis bisa dibilang kegiatan jual beli antara penjual dan pembeli,penjual yang memasarkan hingga menjual produknya dan pembeli akan membeli produk yang dijual oleh penjual. Dan bisnis mempunyai banyak jenis. Diantaranya yaitu:
1.       Manufaktur: bisnis yang memproduksikan sebuah produk yang berasal dari barang baku atau mentah.
2.       Jasa: bisnis yang memperkerjakan seseorang (jasa) yang dibutuhkan oleh konsumen.
3.       Bisnis pengecer atau distributor: pihak yang berperan sebagai perantara antara prosuden dan konsumen yang mendapat keuntungan dari aktivitas jual beli produk.
4.       Bisnis pertanian atau pertambangan: bisnis yang aktivitas memproduksi bahan-bahan mentah seperti tanaman,budidaya,mineral tambang dan lain-lain.
5.       Bisnis finansial: bisnis yang mendapat keuntungan dari investasi atau peminjaman modal.
6.       Bisnis informasi: keuntungan diambil dari penjualan property intelektual.
7.       Bisnis utilitas: bisnis yang mengoperasikan jasa untuk public seperti listrik ,air,dan biasanya didanain oleh pemerintah setempat.
8.       Bisnis real estate: aktivitas yang hasil keuntungannya dengan cara menjual,menyewa,dan mengembangkan property.
9.       Bisnis transportasi: keuntungan dengan  cara mengantarkan barang atau individu dari sebuah lokasi ke lokasi yang ditujukan konsumen.
B.      BISNIS KONVENSIONAL 
Bisnis konvensional adalah kegiatan atau transaksi yang dilakukan secara langsung atau tatap muka langsung. Dan umumnya bisnis konvensional memiliki tempat atau kios. Dan bisnis konvensional juga memiliki banyak stok dan terjamin,karena selain dapat melihat barang secara langsung dan bisa mengecek barang tersebut apakah sesuai dengan yang konsumen inginkan sehingga tindakan penipuan minim terjadi.
Di dalam bisnis konvensional ini juga terdapat kekurangan,diantaranya:
1.       Lingkup pemasaran terbatas
2.       Butuh modal cukup besar
3.       Memerlukan banyak stok
4.       Pengunjung harus dating ke tempat penjualan terlebih dahulu.
C.      BISNIS WARALABA
Bisnis Waralaba adalah badan usaha atau perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memnafaatkan dan menggunakan ha katas kekayaan intelektual atau penemuan ,atau ciri khas usaha yang dimilikinya.
Bisnis waralaba mempunyai keuntungan dan kerugian
Keuntungan bisnis waralaba yaitu:
1.       Sudah dikenal masyarakat
2.       Manajemen bisnisnya sudah teratur
3.       Manajemen finansial yang lebih mudah
4.       Dukungan dan keamanan lebih kuat
Sedangkan kekurangan bisnis waralaba yaitu:
1.       Kurangnya kendali
2.       Sangat terikat deengan supplier
3.       Pemotonngan keuntungan
4.       Banyak mengeluarkan biaya
5.       Ketergantungan sama waralaba lain
D.      BISNIS E-COMMERCE
Bisnis E-Commerce adalah bisnis online,atau bisa disebut bisnis jarak jauh karena aktivitasnya menggunakan pernataran barang elektronik dan menggunakan internet.
Dan secara umum E-Commerce adalah aktivitas bisnis yang dilakukan melalui internet .
Bisnis E-Commerce dibedakan lagi menjadi beberapa,diantaranya :
1.       Customer to customer (C2C)
Salah satu bisnis yang menggunakan system ini adalah website marketplace yang merupakan tampat atau fasilitas untuk transaksi ke customer dan juga sebagai tempat mempromosikan.
Contoh: tokopedia,shope,elevenia dan lain sebagainya.
2.       Business to business (B2B)
Bisnis yang dilakukan oleh kedua belah pihak dan sama-sama memberikan keuntungan,biasanya bisnis bersifat berkelanjutan. Contoh: perusahaan android yang menjual sistemnya ke perusahaan smartphone yang ingin menggunakan system android.
3.       Business to customer (B2C)
Sebuah bisnis dari perusahaan (penyedia jasa dan produk) langsung dengan konsumen. Contoh: Japanese station selain memberikan informasi seputar jepang,perusahaan ini juga menjual produk dan pernak-pernik khas dari jepang yang kemudia dibeli oleh konsumen melalui websitenya secara langsung.
       Dan  berikut keuntungan dari bisnis E-Commerce diantaranya yaitu:
1.       Lebih cepat dan lebih mudah mencari produk
2.       Menghemat waktu dan biaya perjalanan
3.       Bisa diakses kapan saja dan dimana saja
4.       Pembayaran lebih mudah.
KESIMPULAN

Sebuah aktivitas atau kegiatan berbisnis merupakan hal yang sudah lazim di masyarakat,dan tujuannya hanya satu yaitu mencari keuntungan,mencari kebahagiaan baik buat dirinya sendiri dan orang lain. Dan setiap aktvitas,kegiatan,atau peristiwa selalu ada kerugian dan keuntungan terutama dalam kaitannya dengan berbisnis. Dan apapun keuntungan maupun kerugian tentunya tetap disyukuri karena dalam berwirausaha ataupun berbisnis pasti ada kalanya naik,ada kalanya turun.

DAFTAR PUSTAKA




 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar