Selasa, Maret 13

From Zero to Hero : Key Back Mindset



From Zero to Hero

Shovi  Putri @J13-Shovi , Gina Fauzia @J20-Gina , Dewi Utami @J29-Dewi

ABSTRAK
Artikel ini bertujuan untuk mengajak seseorang meyakini dirinya dapat mengelola berbagai kekuatan dan kelemahan, maka semakin yakin ia bahwa dirinya dapat mewujudkan suatu prestasi di bidang usaha.

Kata Kunci :
Mindset, from zero to hero

PENDAHULUAN

1.      LATAR BELAKANG

Merubah sesuatu yang menjadi kebiasaan tidaklah mudah serta membutuhkan kerja keras dan banyak pengorbanan, apalagi menyangkut pola pikir diri seorang individu. Mengubah pola pikir memerlukan  keberanian dan kerelaan, karena tanpa itu semua tidak akan terjadi perubahan apa – apa .

Mindset positive merupakan kunci penting untuk bisa sukses, pemikiran atau prinsip dan pandangan akan mempengaruhi kita dalam mengambil tindakan dan keputusan, termasuk motivasi hidup. Membangun mindset positif merupakan cara untuk menumbuhkan motivasi hidup secara lebih kekal.

Mindset positive atau pola pikir positif merupakan cara cerdas untuk fokus meraih kesuksesan, karena akan mencapai tujuan kesuksesan. Dari konsep pemikiran lah akan terbangun bagaimana langkah nyata yang akan di upayakan untuk meraih kesuksesan.
Pengertian Mindset
Mindset adalah pola pikir yang diimplemntasikan menjadi budaya ,sikap, dan cara hidup
(Utoyo, 2016)

2.      PERMASALAHAN

Penyebab calon wirausaha tidak memulai usahanya atau menghentikan ushanya adalah pola pikir negatif. Berikut ciri-ciri orang yang negatif thinking.

1.Menyalahkan Orang lain
Ia tidak mau mengakui kesalahanya sendiri dan menimpakannya pada orang lain.  Sehingga ia kehilangan kesempatan untuk belajar dari kesalahannya sendiri, dan menjadi parasit bagi orangf lain.
2. Stay In Comfort Zone,
Tidak menyukai tantangan, hal baru dan inovasi (jalani saja yang sudah ada) sehingga dirinya tidak berkembang.
3. Pesimistik
Selau melihat kegagaglan dari semua proyek yang ditemuinya. Sehingga sama sekali tidak memulai proyek itu. Atau hanya fokus melihat peluang kegagalan tanpa melihat peluang keberhasilan.
4, menyukai kegagalan orang lain
            Ia melihat kegagalan orang lain dengan “kan sudah tau tidak mungkin bisa,malah dicoba terus”. Ia senag karena menganggap percobaan adalah hal yang sia-sia. Padahal sesuatu jika yakin dilakukan 1001 percobaanpun akan menghasilkan keberhasilan.
5. Mereka menghisap energi orang sekitar,
Mereka membagikan pola pikir negatif merek akepada orang-orang sekitar. Sehingga orang-orang sekitar ikut tidak percaya diri dan berpikir negatif.
Polapikir negatif ini lah yang harus dirubah.

3. PEMBAHASAN
Sesuai dengan judul yang kami angkat “from zero to hero”, maka kesuksesan seseorang akan didapat jika seseorang tersebut mempunyai pola pikir atau mindset tentang kesuksesan yang positif. Misalnya dapat kita ambil contoh dari beberapa mindset yang negatif yang harus kita ubah menjadi mindset positif untuk sesegera mungkin kita mendapatkan kesuksesan secara permanent. Disini yang kita maksud adalah mengubah pola pikir seseorang menjadi pola pikir yang mampu menerima masukan-masukan dari orang lain untuk mendapatkan kesuksesan atau dapat disebut juga kiat sukses mendapat kesuksesan. Kembali lagi ke pola pikir negatif yang terpapar di bagian Isi artikel kami, bahwa stay in comfort zone itu sangatlah sesuatu pola pikir yang harus diubah. Mengapa? jika kita telah nyaman dizona kita sekarang, maka pola pikir untuk mengubah nasib atau pola pikir positif bagaimana cara untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik lagi sudah tidak ada dijiwa kita, akhirnya muncul jiwa malas dalam melakukan setiap kegiatan, jiwa tidak ingin berusaha, dll. percaya atau tidak percaya, pola pikir kepepet atau ketidaknyamanan adalah sesuatu point untuk kita sesegera mungkin mendapatkan kesuksesan secara cepat. Maka mengubah pola pikir adalah kunci utama dalam meraih kesuksesan.




4. STUDI KASUS

Dapat kita ambil contoh dalam kehidupan sehari-hari mengubah pola pikir untuk mencapai kesuksesan. Ani (19) Mahasiswi semester awal ini mempunyai pola pikir atau mindset bahwa Ia tidak akan pernah bisa menjadi seorang pembisnis atau pengusaha sukses seperti Inspirator-inspirator dunia yang Ia ketahui. Karena Ia seorang anak dari keluarga pekerja, mindset Ia pun muncul bahwa Ia tidak mempunyai bakat dalam hal bisnis. Namun, teman-teman Ani dikampus selalu menyukai sesuatu yang dipakai Ani. Awal nya Ani hanya menyikapi nya dengan biasa saja, semakin lama Ia melihat banyak peluang yang berada disekitarnya. Dari situ lah Ia memulai menjual sesuatu yang disukai teman-teman sekitarnya, setelah itu ia semakin melebarkan sayap dengan memperbanyak produk yang Ia. jual. Cara berjualan Ia sangat simple, dengan cara mengupload photo Ia yang sedang memakai produk jualannya ke media sosial yang Ia miliki. Ia sadar, kesuksesan yang Ia miliki sekarang karena pola pikir yang Ia ubah sebelumnya. Ia mengubah jiwa yang pesimis menjadi optimis, dan selalu berusaha dan memanfaatkan peluang yang ada disekitar.

5. KESIMPULAN

Selain mendapatkan motivasi yang cukup, meraih kesuksesan butuh mengubah pola pikir. mengubah segala pola pikir negatif yang ada di diri kita, mencoba menggarap banyak informasi dalam menggapai kesuksesan, belajar dan terus belajar untuk menjadi praktisi terbaik dalam bidang bisnis. Pola pikir negatif sangat lah fatal jika masih terdapat di diri kita jika kita dalam proses pencapaian prestasi atau kesuksesan. Maka mindset atau pola pikir harus lah di rancang menjadi suatu pola yang dominan positif dalam jiwa kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.