Selasa, Maret 13

POLA PIKIR SUKSES BERBUAH PRESTASI

@Startup-K04

Garibaldi @K21-Garibaldi
Idham Rizqi Fajri @K04-Idham
Aldiansyah Amir @K15-Aldiansyah Amir

Abstrak

Polapikir (mindset) adalah cara memandang terhadap sesuatu yang tertangkap oleh indra dan menghasilkan sikap yang terungkap dalam perilaku dan menghasilkan 'nasib'.
Atau bisa juga diartikan semacam filter diri sendiri untuk menafsirkan apa yang kita lihat dan kita alami. Pola piker manusia bisa diubah, dari pola pikir yang negative ke positif, pecundang ke pemenang, pekerja menjadi wirausaha. Pola piker seorang entrepreneur itu adalah pola pikir yang produktif, kreatif, inovatif karena pola piker seperti inilah yang dibutuhkan oleh semua entrepreneur untuk menjalankan suatu usaha. Berdasarkan latar belakang tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pola pikir yang sukses dalam sebuah prestasi.
Kata Kunci: Pola Pikir dan Entrepreneur


PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pola pikir dapat diartikan sebagai keseluruhan keyakinan yang diterima seseorang dan dipakai sebagai pedoman dalam berperilaku. Jadi, pola pikir mempengaruhi seseorang dalam berpendapat dan bersikap. Pola piker dapat dipengaruhi oleh sifat bawaan dan lingkungan.
Pola pikir menjadi pengarah dalam kehidupan termasuk dalam memilih pekerjaan. Menurut Kiyosaki (2011) dalam  teori Cash flow Quadrant, terdapat empat kuadran sumber pendapatan yaitu: Employee (E); Self-Employed (S); Business Owner (B); dan Investor (I). Pilihan sumber pendapatan dapat saja dimulai dari kuadran kiri (E atau S). Ketika seseorang memiliki pola piker seperti seorang pemilik bisnis, maka mental wirausaha dalam dirinya akan terus bertransformasi ke kuadran kanan yaitu B dan jika bisa ke I. Kalau pun tidak dapat bertransformasi, maka orang tersebut tetap menjadi pekerja yang memiliki jiwa kewirausahaan dengan etos kerja, disiplin, dan inovatif. Mereka bekerja dengan penuh tanggung jawab seperti pemilik perusahaan.
Oleh karena itu, berbicara tentang wirausaha (entrepreneur) tidaklah selalu berkaitan dengan uang dan bisnis, tetapi juga berbicara tentang jiwa kewirausahaan (entrepreneurship). Seorang wirausaha adalah pribadi yang mencintai perubahan, karena dalam perubahan tersebut peluang selalu ada. Ia akan selalu mengejar peluang tersebut dengan cara menyusun suatu organisasi (Drucker,1996).

1.2 Manfaat Penulisan
1.                  Dengan ada nya artikel ini dapat memberikan kesempatan kepada penulis untuk membahas mengenai ilmu-ilmu yang diterima selama masa perkuliahan ke dalam praktek lapangan.
2.                  Sebagai bahan informasi bagi pembaca apabila akan mengadakan penelitian lebih lanjut.
3.                  Meningkatkan pengetahuan dan wawasan akan Pola Pikir.
4.                  Menumbuhkan dan meningkatkan motivasi untuk mengubah pola pikir yang berbuah prestasi
. 
PERMASALAHAN
1. Bagaimana cara mengubah Pola Pikir sukses berbuah prestasi?


PEMBAHASAN
Kenyataan-kenyataan yang dialami seorang pekerja dan pekerja lepas mengharuskan kita untuk mengubah pola pikir yang dimiliki oleh kebanyakan para pekerja dan pekerja lepas. Kita jangan bekerja semata-mata untuk untuk mendapatkan uang sehingga menjadi terikat terhadap uang atau tamak akan uang, tetapi bekerjalah untuk belajar cara menguasai uang.
Belajar cara menguasai uang akan membebaskan kita dari rasa takut dan tamak akan uang, tidak menjadi budak uang bahkan bisa menjadi tuan atas uang yang dimilikinya. Pola pikir seperti itu bukan saja membebaskan pekerja dan pekerja lepas dari ketakutan dan ketamakan akan uang, tetapi bisa mencapai keamanan finansial sebagaimana yang didambakan.
Banyak hal yang dapat dipelajari oleh seorang pekerja dan pekerja lepas dari sebuah perusahaan agar bisa menguasai uang dan menjadi tuan uang atau mewujudkan keamanan finansial. Bekerja adalah untuk belajar dengan mempelajari cara-cara yang dilakukan oleh perusahaan dan orang-orang sukses dalam menghasilkan pemasukan, mengatur pengeluaran, mengelola utang (liabilitas) dan membesarkan harta (aset) yang dimilikinya.
Pembelajaran tersebut bukan tidak mungkin akan mampu mengantarkan seorang pekerja dan pekerja lepas mendapatkan kebebasan finansial (financial freedom) dengan pendapatan yang berasal dari penghasilan pasif (pasive income). Penghasilan pasif adalah penghasilan yang diperoleh secara terus menerus tanpa keharusan untuk bekerja mendapatkan uang, karena uang yang dimilikinya telah ”bekerja” menghasilkan uang untuk pemiliknya.

-       Berikut ini adalah contoh pola pikir para orang sukses dunia yang bisa kita lakukakn ataupun kita contoh:
1.      Think big, dream big
Orang sukses dunia mereka memiliki pola pikir yang sangat maju, mereka berani berpikir besar, berani bermimpi besar yang pada akhirnya membawa mereka pada sebuah tempat dan zaman yang benar-benar sesuai dengan impian mereka. Jadi bila Anda ingin menjadi sukses seperti para orang berhasil dunia, jangan pernah batasi pikiran Anda untuk berpikir yang besar, jangan takut untuk bermimpi. Karena semua keberhasilan dimulai dari pikiran dan mimpi yang besar.
2.      Action
Setelah memiliki impian dan pikiran yang besar, biasanya tokoh dunia yang sukses pun segera mengambil langkah untuk mewujudkan apa yang telah menjadi impian mereka. Mereka semua melakukan aksi nyata, jadi bukan hanya dalam bentuk impian dan pikiran. Sama halnya dengan kita, bila kita sudah memiliki impian yang jelas, kini saatnya Anda mengambil langkah nyata untuk mewujudkan apa yang Anda inginkan
3.      Dare to be different
Dan yang terakhir adalah jangan pernah takut memiliki perbedaan, berani tampil beda merupakan salah satu hal yang dimiliki oleh orang sukses. Pola pikir orang sukses, Orang sukses tidak pernah memiliki hal yang sama dengan orang kebanyakan pada umumnya. Itulah mengapa mereka selalu memiliki perbedaan dan tidak pernah takut untuk berbeda dari yang lainnya.


KESIMPULAN

Pola pikir yang baik dan positif merupakan suatu jalan yang baik untuk menggapai kesuksesan. Namun, itu semua harus pula didampingi dengan keinginan tinggi dan kerja keras serta semangat. Pola pikir sukses juga bisa datang dari pemikiran dan jiwa yang kreatif. Tidak hanya dibiarkan didalam pikiran, namun harus lah dilakukan agar menghasilkan hasil yang nyata. Harus berani pula keluar dari zona nyaman ataupun mencoba hal-hal baru yang positif demi tercapainya kesuksesan.


DAFTAR PUSTAKA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.