Minggu, Maret 25

Kemajuan Di Bidang Bisnis (E-Commerce)


@L26-Alvian, @L27-Bendy, @L30-Rayhan, @Proyek-L04, @Startup-L10
Oleh Alvian Fuadi, Bendy Emeraldi Alvaro, Rayhan Ismed



ABSTRAK
Artikel ini dibuat untuk lebih mengetahui apa itu bisnis konvesional, waralaba, dan E-Commerce. Selain itu banyak dampak-dampak yang ditimbulkan dalam melakukan kegiatan bisnis, baik dampak positif maupun dampak negatif.

KATA KUNCI
Bisnis, Konvensional, E-Commerce

PENDAHULUAN
Pada era modernisasi ini, pemanfaatan teknologi dapat dengan mudah kita jumpai. Dalam semua aspek kehidupan penggunaan teknologi memudahkan manusia untuk melakukan pekerjaannya. Penggunaan teknologi juga berdampak langsung terhadap perilaku ekonomi secara ekonomi, maupun sosial budaya. Salah satu bentuk kemajuan dan perkembangan teknologi adalah meraknya perdagangan elektronik atau e-commerce.

PERMASALAHAN
Apa Pengertian bisnis, Konvensional, waralaba, dan e-commerce?
Apa dampak negatif dan positif yang di timbulkan oleh bisnis e-commerce?
Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan e-commerce sering digunakan pada saat ini?

PEMBAHASAN

Pengertian Bisnis
Bapak Peterson bersama Plowman menjelaskan bahwa bisnis merupakan serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan penjualan ataupun pembelian barang dan jasa yang secara konsisten berulang (a series of activities related to the sale or purchase of goods and services that are consistently repeated).  Selanjutnya ditambahkan oleh Prof.L.R.Dicksee bahwa pengertian bisnis adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam terjadinya aktivitas tersebut.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengertian bisnis adalah kegiatan atau bentuk aktivitas penjualan jasa dan barang yang bertujuan utnuk mencari atau memperoleh keuntungan kepada pihak yang berusaha yang berlangsung secara terus menerus selama masih memberikan keuntungan.

Konvensional adalah suatu komunikasi berdasarkan kesepakatan yang dilakukan oleh sejumlah orang atau lembaga ataupun dalam skala yang lebih besar atau internasional.

Waralaba adalah bentuk kerjasama bisnis atau usaha dengan memakai prinsip kemitraan, sebuah perusahaan yang sudah mapan baik itu dari segi sistem manajemennya, keuangannya maupun dari marketingnya serta adanya merek dari produk perusahaan yang sudah dikenal oleh masyarakat luas, dengan perusahaan ataupun individu yang memakai merek dari produk maupun sistem tersebut itulah yang disebut dengan waralaba.

E-commerce dapat diartikan sebagai kegiatan jual beli secara elektronik dengan menggunakan internet. E-commerce juga merupakan penghubung antara perusahaan dan masyarakat (konsumen) untuk bertransaksi secara elektronik dalam hal penjualan barang atau jasa.

Dampak positif dari e-commerce :
1.Mempermudah komunikasi antara konsumen dan produsen
2.Memperluas jangkauan calon konumsen dengan taget pasar yang tidak terbatas
3.Mempermudah pemasaran dan promosi barang ataupun jasa.
4.Proses e-commerce lebih mudah untuk dilakukan baik untuk menjual barang ataupun membeli.
5.Pembayaran atau payment yang mudah yang dapat dilakukan secara online.
6.Penyebaran informasi yang begitu mudah untuk dilakukan

Dampak negatif dari e-commerce :

1.Sering terjadinya penipuan saat berbelanja online di internet antara konsumen dan penjual seperti barang yang dipesan konsumen telah dibayarkan melalui e-transfer tapi barang tersebut tak kunjung di kirim dan di terima oleh konsumsen, begitu juga sebaliknya terkadang terlalu percayanya pihak penjual dengan mengirimkan barang terlebih dahulu dan pembayaran dilakukan setelah pengiriman maka pembayaran yang ditunggu-tunggu penjual kadang-kadang tidak diterima atau tidak dibayar.

2.Terjadinya scam atau penipuan dimana seseoarang bisa saja menjual barang secara virtual yang hanya berebentuk informasi saja yang sengaja dibuat utnuk menarik pihak pembeli, akan tetapi saat di lakukan pembelian dan transfer uang, barang tersebut tidak ada.

3.Terjadinya kejahatan seperti carding, kasus ini sudah banyak terjadi dimana seseorang menggunakan kartu kredit orang lain untuk berbelanja di internet.

4.Kejahatan semakin marak terjadi yang biasanya dilakukan oleh mereka yang memiliki keahlian tinggi dalam ilmu komputer dan jaringan internet seperti penyebaran virus/malware yang sengaja dilakukan untuk merusak sistim, ini terjadi akibat kurangnya undang-undang tentang teknologi informasi.

Faktor Pendukung E-Commerce yang saat ini sering digunakan dalam hal bisnis.
1.Cakupan yang luas
2.Proses transaksi yang cepat
3.E-Commerce dapat mendorong kreatifitas dari pihak penjual secara cepat dan tepat dan pendistribusian informasi yang disampaikan berlangsung secara periodik.
 4.E-Commerce dapat menciptakan efesiensi yang tinggi, murah serta informatif.
 5.E-Commerce dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, dengan pelayanan yang cepat, mudah, aman dan akurat

KESIMPULAN
Pada saat ini bisnis mengalami kemajuan yang sangat pesat. Karena sekarang kebanyakan manusia sudah mengenal internet, maka muncullah ide bisnis dengan  menggunakan internet atau sering disebut E-Commerce. Sangat positif memang kemajuan bisnis menggunakan basis internet seperti ini, tetapi masih saja menimbulkan dampak negatif seperti penipuan.

DAFTAR PUSTAKA
-Eka,Wijaya.Pengertian E-Commerce, Manfaat serta Keuntungan E-Commerce.Dalam http://www.patartambunan.com/pengertian-e-commerce-manfaat-serta-keuntungan-e-commerce/
-Sora N.2015.Inilah Pengertian Waralaba dan Contohnya Terjelas.Dalam http://www.pengertianku.net/2015/08/pengertian-waralaba-dan-contohnya.html
-Prabavatica.2017.Dampak Positif dan Negatif E-Commerce.Dalam https://prabavatica.wordpress.com/2017/06/19/dampak-positif-dan-negatif-e-commerce/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar