Selasa, Maret 20

Kunci Utama Kesuksesan

Gambar terkait                   
kata kunci: kesusesan, pola pikir keyakinan.

               pernah tidak kita memikirkan seperti apa bentuk kesuksesan itu?. bila kita ditanya apakah kamu sukses di masa depan nanti?. dahulu kita saat masih anak-anak pernah ditanya kamu besar mau jadi apa?, dan pasti di jawab antar dokter, polisi atau tni. kenapa anak-anak bias menjawab pertanyaan itu secara bersaaman?.
jawaban nya adalah apa yang kita lihat dan kita rasakan itulah yang akan mempengaruhi kehidupan kita.

                    Pola pikir kita (atau kadang-kadang disebut paradigma kita) adalah jumlah total keyakinan, nilai, identitas, harapan, sikap, kebiasaan, keputusan, pendapat, dan pola-pola pemikiran kita — tentang diri kita sendiri, orang lain, dan bagaimana kehidupan bekerja. Ini adalah saringan yang dengannya kita menafsirkan apa yang kita lihat dan alami. Pola pikir Anda membentuk kehidupan Anda dan menarik kepada diri Anda hasil-hasil yang merupakan refleksi pasti pola pikir itu. Apa yang Anda percayai akan terjadi, benar-benar terjadi.
                        dari pertanyaan tadi, contoh dan teori tadi dapat kita simpulkan bahwa apa pun kita rasakan, kita lihat, dan kita  dengar  itu akan mempengaruhi kita untuk mencapai kesuksessan. menurut dari beberapa terori orang sukses pasti memiliki pola piker yang grow up bukan pola piker yang fix up. artinya bila kita memikirkan bagaimana saya untuk mencapai kebatasan saya dan bias melampauinya. contoh seperti Thomas alva Edison, dia butuh sampai 500 kali percobaan sehingga dia bias menemukan lampu. coba seandainya pola piker Thomas alva Edison saat itu bukan grow up dan yakin pasti sukses,mungkin saat ini kita tidak bias merasakan terangnya lampu.
                Kita semua memiliki keyakinan lama yang tersembunyi. Banyak dari keyakinan itu diperoleh pada masa kanak-kanak dan tidak lagi berguna bagi kita atau mendukung keberhasilan kita. Ketika Alice mulai memeriksa pola pikirnya, ia menyadari ia memiliki keyakinan bahwa “Uang berasal dari kedua orangtua saya.” Ketika ia masih kecil dan ingin es krim, mainan, atau boneka, dari orangtuanyalah uang berasal. Ketika remaja, dari orangtuanyalah uang tunjangannya berasal. Ketika dewasa, ia sering menemukan dirinya dalam kesulitan finansial dan terpaksa meminjam sejumlah besar uang kepada kedua orangtuanya.Joel Arthur Barker menulis dalam Paradigms, “Mengabaikan kekuatan paradigma untuk memengaruhi pendapat Anda berarti menempatkan diri Anda dalam risiko ketika menjajaki masa depan. Agar mampu membentuk masa depan, Anda harus siap dan mampu mengubah paradigma Anda.”
                 lantas bagaimana kita dapat merubah pola piker kita? itu adalah pertanyaan yang paling sering ditanya dan paling sulit unutk dilakukan karena kita sering termakan dengan omongan orang lain. merubah pola piker juga harus melalui beberapa proses yaitu?

1. percaya diri

percaya diri merupakan sifat yang biasa di miliki oleh yang telah sukses. kenapa?
karena percaya diri sendiri merupakan sebuah kunci untuk memperoleh kesuksesan. percaya diri memang sangat penting karena bagaimana seseorang akan dipercaya oleh orang lain jika orang tersebut tidak percaya pada diri sendiri.

2. mau bekerja keras

Rasanya tidak ada kesuksesan yang bisa diraih tanpa kerja keras. mereka orang orang yang telah sukses itu memperoleh kesuksesan nya dengan kerja keras, dedikasi dan ulet menekuni pekerjaanya hingga akhirnya mereka memperoleh kesuksesan seperti yang kita lihat sekarang.
Yang harus kita tau tidak ada sesuatu yang instant didunia ini, ibaratnya mie instant pun kita harus merebusnya dulu, memerikan bumbu kan sebelum bisa di makan?

3. cerdas

orang sukses itu sudah pasti cerdas, iyalah bagaimana kita mau sukses dalam usaha kita kalau kita bodoh? yang ada usaha kita akan selalu bangkrut karena selalu di bohongi oleh orang lain.
makanya kalau mau jadi orang sukses salah satu jalannya ya kita harus tekun belajar untu memperoleh kesuksesan kita.

4. inovatif

Tidak bisa di pngkiri jaman sekarang iniu persaingan khususnya didunia usaha semakin ketat, sehingga kita selalu di tuntut untuk selalu inovatif dan cerdas dalam melihat peluang peluang yang ada.
kalau sekedar menduplikasi dari yang sudah ada dan tidak membuat inovasi yang lebih baik dari yang sekarang sudah ada maka ya bisa di pastikan usaha yang kta bangun akan slit memenangkan pesaingan dan tidak akan mampu bersaing dengan yang lainnya.

5. konsiten dan bertanggung jawab

pada poin 2 sebelumnya saya sudah singgung kalau mau jadi orang sukses kita harus benar benar berdedikasi dan konsisten dalam menekuni apapun usaha yang kita geluti, tak perduli apapun usaha yang kita jalani kalau dilakukan dengan serius pasti bisa mencapai kesuksesan.
selain konsisten juga kita harus mampu bertanggung jawab terhadap apapun yang terjadi dengan usaha kita nantinya.

6. pantang menyerah

Dalam memulai Usaha apapun pastinya nanti akan menemui yang namanya kegagalan, meskipun begitu kita tidak boleh menyerah dan terus berjuang, jadikan kegaalan sebagai pembelajaran dan bekal untuk melangkah kedepa memulai usaha yang lebih baik nantinya.  

7. tidak mudah mengeluh

mengeluh adalah sifat alami manusia, tapi sebaiknya jangan dilakukan secara tidak berlebihan.
kita tau jka dalam sebuah usaha itu tantangannya besar, jadi tidak ada salahnya sih sesekali untuk meringankan beban kita membagikan beban kita dengan menceritakan nya kepada orang tua, keluarga atau pasangan kita. tetapi jika selalu mengeluh jjustru akan membuat orang lain kehilangan rasa hormat terhadap kita, karena kita di anggap lemah.

8. ambisius

Ambisius merupakan salah satu sifat yang mudah di lihat pada orang orang yang kelak akan menjadi sukses, karena biasanya orang ambisius akan melakukan apapun untuk memperoleh sesuatu yang di inginkannya, selama itu masih bersifat positif tentu tidak ada salahnya untuk dilakukan.
jadi apa yang di cita citakan orang ambisius itu biasanya akan lebih cepat untuk terwujud

9. Inspiratif

tidak perlu banyak berbicara untuk menunjukan dan membanggakan apa yang telah dimiliki atau apa yang telah diraihnya, orang sukses sudah akan mempu membuat orang lain terinspirasi terhadapnya hal ini wajar karena orang lain akan banyak menjadikannya sebaga contoh dan teladang.

10. tidak terduga

ini adalah poin terakhir, menurut saya orang sukses itu sulit untuk dipredisksi karena biasanya mereka mampu berfikir lebih maju di bandingkan dengan yang lainnya. Jadi jangan kaget kalau kita selalu mampu di buat kagum dengan terobosan terobosan yang dilakukan nya.


                kesimpulan yang dapat kita ambil adalah kesuksesan bukan dari perkataan orang saja. kesuksesan juga bukan karena kita hebat dan mampu, karena banyak orang yang hebat dan mampu menjadi failure karena pola piker mereka bukan grow up tetapi menajdi fix up. jadilah dirimu biarkan orang lain berkata apapun tentang kamu. lakukan karena orang sukses tidak akan pernah merubah pola piker mereka untuk mencapai tujuan mereka.
daftar pustaka:
Semiawan, Conny R. Prof.Dr.2008.Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar.Jakarta:PT Index.

Rogers, Everett M., 1983, Diffusion of Innovations. London: The Free Press.

Campbell, David, Ph.D.1989.Mengembangkan Kreatifitas. Kanisius

Tidak ada komentar:

Posting Komentar