Selasa, Maret 20

@Proyek-J04/ @Proyek-K04/ @Proyek-L04 : Model Bisnis Konvensional, Waralaba dan E-Commerce

Sumber : https://www.thebusinessplanshop.com
Berlaku  
21 - 27 Maret 2018

Simak bahan kajian pekan ini dengan baik dan cerdas, supaya mendapat pemahaman.

Buatlah artikel dilengkapi contoh kasus dan mind mapping berkaitan dengan Bahan Kajian Materi Pembelajaran.

Cermati Panduan Proyek Pekan Ini :

1. Baca bahan belajar pekan ini secara  cermat dan pahami dengan baik (Modul  5 : Model Bisnis Konvensional, Waralaba dan E-Commerce).

2. Buat artikel dengan mengacu pada topik yang mengacu pada modul tersebut (Poin 1), dengan judul singkat, aktual dan menarik. Artikel merupakan perpaduan antara teori dan contoh kasus.

3. Sistematika Artikel meliputi : Judul (tidak boleh sama dengan judul modul); Nama,  Kode Peserta dan Kode Kelompok; Abstrak; Kata Kunci; Pendahuluan; Isi/Permasalahan; Pembahasan; Kesimpulan; Daftar Pustaka. 

4. Artikel ditulis dengan mengacu pada berbagai  sumber, selain modul, juga dilengkapi text book,artikel ilmiah (jurnal),  artikel ilmiah populer dan sebagainya (minimal lima sumber).

5. Panjang artikel 300 - 500 kata. Dilarang keras Copas, silahkan Kutip.

6. Cantumkan daftar pustaka , sesuai dengan kaidah penulisan dan penyusunan yang benar.

7. Lengkapi dengan mind mapping yang menarik

8. Posting artikel di web-blog Teknokreatipreneur.com ini dengan label : Kode Peserta, Kode Kelompok dan Kode Proyek (@Proyek-J04/@Proyek-K04/@Proyek-L04).

9. Share artikel Anda melalui berbagai media sosial (minimal 1.000 viewer).

10. Presentasi melalui tayangan mind mapping pada pekan berikutnnya.



Kegiatan Kelas Hari Ini :

Presentasi 

Berikan komentar untuk setiap kelompok yang presentasi, sertakan kode kelompok dan peserta pada bagian atas kolom komentar.


Lihat :

Tips Bisnis Waralaba (Video)

Talkshow Bisnis Waralaba (Video)

Tips Sukses Bangun Bisnis E-Commerce (Video)

Raja E-Commerce Indonesia (Video)






37 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. @L18-Lutfi

    waralaba wara itu lebih, laba itu untung jadi arti wara laba adalah lebih untuk. usaha waralaba jga tidak beli usaha tapi jga beli pengelaman, dan usaha waralaba tidak perlu mempromosikan brand jangan pernah takut untuk usaha waralaba karena usaha ini harus mempersiapkan diri anda, siapkan mental, modal, dan semangat.usaha waralaba kita bisa membangun usaha dari area dimana saja dan waralaba hanya memberikan nama brand yang ditawarkan dan tidak memasok karena kita dipasok distributor. di indonesia sudah banyak usaha waralaba dan peluangnya pun masih besar karena masih banyak tempat atau lokasi yang blom banyak usaha waralaba.dan usaha waralaba jga meningkatkan ekonomi negara dan membuka lapangan pekerjaan.

    BalasHapus
  6. @L13-Huda
    Waralaba artinya lebih menguntungkan, jadi bisnis waralaba dapat dijadikan sebagai awalan untuk memulai bisnis bagi pemula.peluang berbisnis waralaba di indonesia pun sangat besar. untuk memulai bisnis waralaba hal yg paling penting adalah berani mencoba namun jangan setengah-setengah karena jika kita memulai bisnis dengan setengah hati maka hasilnya pun tidak akan maksimal.

    BalasHapus
  7. @L03-Teguh Kunci kesuksesan dan keberhasilan hanya 1 yaitu jujur.

    BalasHapus
  8. @L25-Abi
    Secara garis besar langkah- langkah yang dapat ditempuh sebelum mengambil keputusan untuk merintis usaha melalui bisnis franchise yang pertama yakni mmpertimbangkan besarnya modal yang dimiliki, apakah modal dapat mencukupi sehingga dapat bertahan 3 – 6 tahun ( kedepan) selanjutnya sebagai seeorang yang berjiwa enterpreneur kita perlu memahami perjanjian dengan cermat karena strategi sangat diperlukan dalam berbisnis. Selanjutnya, memilih franchisor yang bonafit yang telah teruji produknya karena bagaimanapun bisnis waralaba tujuannya yakni untuk mencari keuntungan, lebih-lebih bukan hanya keuntungan yang didapat namun pengalaman lain. Setelah itu cobalah menganalisa, apakah bisnis tersebut dapat bertahan lama atau tidak agar investasi yang dilakukan tidak sia- sia.
    lalu yang saya tangkap lebih baik memilih waralaba yang banyak konsumennya atau segmen pasarnya cukup besar.pilih segmen pasar tersebut yang cukup potensial untuk berkembang.kemudian cari produk atau jasa yang diwaralabakan belum dijenuhi oleh masyarakat.
    yang terakhir menurut saya dalam berkecimpung didunia usaha tidak perlu takut mengambil sebuah tantangan dan resiko, sehingga kita harus siap untuk menghadapi kegagalan walaupun franchisornya telah teruji.

    BalasHapus
  9. @L15-Fateh
    Video 1
    Koneksi dengan orang banyak sangat di perlukan dalam membangun sebuah bisnis. Apalagi ketika bisnis kita belum ada promosi sama sekali. Koneksi yang sangat banyak dapat membantu banyak dalam hal promosi dan mensukseskan bisnis kita.

    Video 2
    Bisnis waralaba menjamur pada tahun 2004. Bisnis waralaba merupakan bisnis yang simple akan tetapi bisa menyerap banyak tenaga kerja. Membuka bisnis waralaba memang sangat menjanjikan akan tetapi masih banyak yang takut untuk membuka bisnis tersebut ataupun bisnis waralaba hanya di jadikan coba-coba akhirnya membangus bisnis waralaba hanyalah hayalan belaka.

    Video 3
    Membangun bisni ec kuncinya satu yah itu jujur

    BalasHapus
  10. @L14-Khalil
    kita harus berani memulai bisnis waralaba.karena arti dari waralaba sendiri adalah lebih menguntungkan.Bisnis waralaba tidak hanya membeli usaha tapi membeli pengalaman
    Inirupakan kesempatan buat kita untuk lebih berani lagi memulai bisnis waralaba jangan hanya jadi karyawan. Tapi untuk memulai bisnis waralaba kita juga harus memiliki koneksi.

    BalasHapus
  11. @L26-Alvian

    Janganlah takut untuk memulai bisnis dari yang kecil dahulu. Kita bisa dengan memulai membuka usaha waralaba. Usaha ini bisa dimulai dari nol atau dari bawah, nah dalam membangun usaha waralaba ini kita harus mempunyai semangat agar sewaktu bangkrut, kita bisa membangunnya kembali. Untuk para pemula yang ingin memulai bisnis waralaba kita juga harus memiliki bekal yang banyak. Kita harus siap untuk menjadi seorang entrepreneur, lalu kita juga harus menyiapkan modal yang lumayan banyak. Jangan jadikan usaha waralaba ini sebagai ajang untuk adu gengsi ataupun ajang coba-coba, karena jika begitu bisnis yang akan kita bangun tidak akan berlangsung lama.
    Yang harus diingat bagi para pemula yang ingin membangun sebuah usaha waralaba ini adalah kita bisa bangkrut atau jatuh kapan saja, tetapi kita harus mempunyai semangat yang lebih agar kita bisa terus membangun usaha waralaba ini.
    Bisnis waralaba sudah booming sejak di Indonesia tahun 2004. Saat ini sudah berdiri sekitar ribuan bisnis waralaba di Indonesia. Hal ini bisa juga membantu menaikkan ekonomi di Indonesia. Karena semakin banyaknya bisnis waralaba di Indonesia bisa menurunkan angka pengangguran dan juga angka kemiskinan.

    BalasHapus
  12. Waralaba adalah perikatan yang salah satu pihaknya diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.

    Beberapa hal yang perlu diperhatikan hntuk memulai bisnis
    1. Siapkan modal usaha
    2. Jangan sekedar mencoba
    3. Siapkan diri untuk menjadi enterpreneur
    4. Pelajari peraturan perundang undangan franchise

    BalasHapus
  13. @L20-Nabila
    1. Banyak manfaat yang bisa kita dapat dengan waralaba, karena kita tak perlu repot-repot branding lagi karena brand usaha sudah dikenal orang lain. dan ada kemungkinan 70% akan sukses. Bukan hanya itu tapi, kita juga bisa mengembangkan bakat bisnis kita
    2. Bisnis waralaba di Indonesia sudah termasuk besar karna sudah ada ribuan orang yang memulai bisnis waralaba ini, tak heran karena bisnis waralaba ini memberikan kemudahan bagi pebisnis pemula karena ketika memulai bisnis ini sudah lengkap dengan sistemnya jadi kita tinggal menjualnya saja.
    3. Walau diberi banyak kemudahan oleh E Commers tapi banyak faktor yang harus kita perhatikan, karena kita tidak bisa mengenyampingkan faktor seperti kualitas, harga, market place. Sebagai penjual apalagi penjual pemula faktor tersebut sangatlan penting
    4. E commers di Indonesia sangatlah berkembang, karena berbagai kemudahan yang di tawarkan

    BalasHapus
  14. @L21-Ellyza
    Video1: dalam menjalankan bisnis waralaba ada beberapa hal yg perlu diperhatikan yaitu siapkan diri untuk menjadi entrepreneur, pelajari segala peraturan perundang-undangan dalam bergabung dengan mitra, tingkatkan kemampuan berinteraksi oleh para relasi, modal.
    Video2: waralaba merupakan kebebasan dalam kepemilikan usaha atau lebih menguntungkan dalam bahasa Indonesia. Diperkenalkan pada tahun 1850an di Amerika, masuk ke Indonesia pada 1951 yaitu pertamina dan nyonya meneer. Tahun 2011 1,2jt orang bekerja dalam bisnis waralaba, diharapkan bisnis ini ikut andil dalam membangun perekonomian di Indonesia.
    Video3: E-commerce , kemudahan, kepecayaan. Syarat membangun bisnis e-commerce: harus jujur, perhatikan kualitas, melihat kebutuhan produk, tahu kondisi pasar. Raja E-commerce di Indonesia yaitu: lazada,tokopedia, elevenia, bukalapak, blibli.

    BalasHapus
  15. @L36-Devi
    1. Menurut saya usaha waralaba termasuk salah satu pilihan yang baik bagi seorang yg ingin memulai diri sebagai enterprenuer selain terjamin, dapat menguntungkan serta tidak perlu memperkenalkan brand lagi tetapi ketika ingin memulainya harus memiliki tekad, niat yang kuat, mengubah pola pikir dan dapat berinteraksi dengan baik agar dapat berjalan dengan baik.
    2. Waralaba mengambil dari bahasa sanskerta dimana wara adalah lebih dan laba adalah untung. Dari artinya ini dapat kita ambil kesimpulan bahwa usaha ini dapat membangun semangat orang untuk menjadi seorang wirausaha selain menguntungkan tetapi juga lebih mudah.
    3. Syarat membangun E-commerce : harus jujur tentang barang yang kita jual, jaga kuantitasnya, dapat membangun E commerce yg sudah ada tidak perlu membangun dari awal dan dari segi biaya lumayan besar. Melihat kebutuhan pasar, tahu pasar, melakukan riset.
    4. Raja E commerce di Indonesia adalah : 5. Blibli dengan 27,33 juta orang pengunjung. 4. Bukalapak.com 30,33 juta orang pengunjung 3. Elevenia 34,33 juta orang pengunjung 2. Tokopedia 50,67 juta orang pengunjung 1. Lazada 58,33 juta orang pengunjung

    BalasHapus
  16. @L01-Panji
    Dalam menjalankan bisnis kita harus lebih tau perkembangan zaman sekarang dan Harus bisa lebih berani menjalankannya. Bisnis franchise kita harus lebih pintar pintar dalam mengambilnya karena kita harus memilih apakah bisnis tersebut sudah terkenal ataukan belum,dan dengan memilih franchise yang tepat maka akan mendapatkan waralaba yang lebih besar.
    Cara bisnis yang menguntungkan yaitu harus berani jika kita tidak berani mengambil tindakan tersebut maka bisnis tersebut tidak akan berhasil ,dan juga harus memiliki modal jika ingin membuka usaha .

    BalasHapus
  17. @L40-Naqi
    bisnis waralaba ini salah satu peluang untuk pemula dalam hal berbisnis, karana banyak kemudahan yang akan di dapatkan namun ada juga beberapa kerugian dalam melakukan bisnis waralaba ini.
    keuntungan dalam bisnis waralaba ini kita sebagai pelanggan diberi hak oleh produsen untuk menjual produk mereka dengan merk dagang produsen dan untuk promosi akan di tanggung oleh produsen.
    namun ada juga kekurangan dalam melakukan bisnis waralaba ini yaiutu kitak tidak diperbolehkan untuk merombak barang atau jasa yangvtelah di tawarkan oleh produsen.

    BalasHapus
  18. L17-Humairoh

    1. Kini minat masyarakat untuk berwira usaha semakin besar, ada yang membuka usaha sendiri dan ada yang membeli brand orang atau biasa disebut waralaba. Ada beberapa manfaat atau keuntungan dari bisnis waralaba :
    - tak sekedar beli usaha tapi juga membeli pengalaman
    -tidak perlu memperkenalkan brand lagi
    - kemungkinan sukses lebih besar karena usaha yang akan di geluti sudah terkenal.

    2. Waralaba merupakan produk maupun sistem operasioal dengan pihak kedua yang berupa pemberian izin dari pemakaian merek, produk dan sistem operasional dalam jangka waktu yang telah di tentukan sebelumnya.
    Kini sistem bisnis waralaba banyak diminati oleh masyarakat

    3. Kemajuan teknologi kini memasuki sistem bisnis, kini adanya E-Commerce. Adanya E-Commerce memberikan kemudahan, kepercayaan dan kemudahan /efisiensi waktu.
    Dalam usaha e-commerce, ada syarat yang harus diperhatikan: harus jujur, detail, perhatijan kualitas barang dan jaga kuantitas

    4. Raja E-Commerce terbesar di Indonesia:
    1). Lazada (pembeli 10 JT orang, dan dikunjungi 58,33 juta orang)
    2). Tokopedia (pembeli 10 JT orang, dikunjungi 50,67 orang)
    3). Elevenia (pembeli 1 jt, dikunjungi 34,34 JT orang)
    4). Bukalapak.com( pembeli 10 JT orang, dikunjungi 30,33 JT orang)
    5). Blibli.com (pembeli 1 jt orang, dikunjungi 27,33 JT orang)

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. @L08-Rizky
    1. Pemilihan pembawa acaranya bagus, menggugah penonton untuk lebih konsen menonton. Branding menjadi hal penting dalam usaha franchise. Karena branding di usaha franchise mempermudah promosi bagi setiap mitra franchise.
    Sebelum menjadi mitra franchise, kita harus paham betul akan peraturan yang ada di franchise tersebut ataupun di negara
    2. Jadi pengen kebab dah. Waralaba/Franchise, memberikan hak terhadap kepemilikan usaha bagi franchising. Pertama di perkenalkan oleh pengusaha mesin jahit (singer). Waralaba masuk di Indonesia sekitar 1950 yg diawali di bidang otomotif.
    3. E-commerce/waralaba/Franchise adalah sebuah usaha dibangun dengan kejujuran dan rasa percaya antara franchiser dan franchising
    4. Raja E-commerce Indonesia adalaaaaahh....

    BalasHapus
  21. Mengenai e-@L32-Maulani
    Dari video yg di ulas diatas menjelaskan tentang waralaba . Waralaba bukan hanya usaha tetapi juga sebuah pengalaman karena ketika mendirikan usaha waralaba ini memerlukan beberaba tips yang dapat di apliksikan yaitu siapkan diri mnjadi seorang enterpreneur ,ubahpola pikir,pelajari segala UU tntgwralaba, tingkatkan komuniksi yg lebih luas,lalu siapkan modal Yang cukup untuk memulai waralaba. Waralaba mmemiliki arti lebih menhuntungkan., e-commerce sangat menguntungkan bgi para wirausaha, karena selain indo menjalankannya, keuntungan nya pula besar, e-commerce yg memiliki peringkat 5 bsar d Indonesia adalah blibli.com, bukalapak, elevania, tokopedia, lazada

    BalasHapus
  22. @L35-Guntur

    1.bisnis e-commerce berkembang di indonesia. Inilah 3 cara untuk bisnis e-commerce, yaitu :
    -kemudahan
    -kepercayaan
    -hemat waktu

    Cara mudah memulai bisnis e-commerce
    -jujur
    -faktor kualitas
    -stok
    Sebagai penjual ingin membangun e-commerce tidak perlu membangun platform


    2.Bisnis waralaba atau bisa di bilang lebih menguntungkan
    Waralaba pertama kali di temukan di Amerika. Pada Tahun 2010 2JT orang terlibat bisnis waralaba. Perkembangan bisnis Waralaba sangat menguntungkan Indonesia. Menurut bapak Budianto jika ingin memulai bisnis frainchise
    Beda bisnis waralaba dan biasa bisnis waralaba untuk mendapatkan lisensi mendapatkan keuntungan di atas normal.

    3.syarat membangun e-commerce bisnis dilakukan dengan serius, harus jujur, memperhatikan kualitas, menjaga kuantitas dengan memperhatikan stok yang ada harus siap memenuhi permintaan konsumen.

    4.raja e-commerce Indonesia. Dengan pengunjung terbanyak di Indonesia

    1.Blibli mendapatkan peringkat ke-5
    2.Bukalapak.com mendapatkan peringkat ke-4
    3.elevenia mendapatkan peringkat ke-3
    4.tokopedia mendapatkan peringkat ke-2
    5.lazada mendapatkan peringkat ke-1
    10jt orang yg mengunjungi lazada di mobile mereka lazada membuka 10% untuk Indonesia dan memberikan banyak pekerjaan bagi pengangguran indonesia

    BalasHapus
  23. @L09-Yulia
    1. Waralaba (berasal dari bahasa sansekerta yg artinya lebih menguntungkan), atau bahasa kerennya adalah Franchise menjadi andalan bagi pengusaha baru yang terjun dalam dunia bisnis, karena franchise atau warlaba harus membeli pengalaman bukan sekedar beli usaha, usaha nya yang menjadi kebutuhan masyarakat sehingga tidak perlu memperkenalkan brand, dan tentunya kemungkinan suksenya lebih besar.

    2. Tips menjalankan franchise atau waralaba sukses, perlu memperhatikan sistem atau management, support operasional, marketing, dan supplychain.

    3. Perkembangan teknologi di indonesia yg cukup pesat membuat e-commerce menjadi wadah yang mudah untuk memenuhi kebutuhan secara cepat dan hemat. Namun yang perlu diperhatikan adalah kualitas, stock. Dan jangan sampai apa yang kita paparkan justru malah jauh dari yang konsumen harapkan.

    4. Raja e-commerce indonesia berdasarkan jumlah pengujung terbanyak, ditempati oleh lazada, tokopedia, elevenia, bukalapak.com, blibli.com secara berurut.

    BalasHapus
  24. @L29-Elvi
    1. Keuntungan:
    a. Tidak sekedar beli usaha tapi juga beli pengalaman
    b. Tidak perlu memperkenalkan brand
    c. Berpeluang tinggi untuk sukses
    Untuk membangun usaha yang sukses dibutuhkan waktu yang lama selama bertahun-tahun tidak bisa instan dan riset yang mendalam dengan dibekali beberapa persiapan
    Waralaba memiliki persen kesuksesan 70% karena manajemen yang ada sudah mantap. Tapi bisnis yang dilakukan tergantung dengan prosedur standar penjualan.
    2. Bisnis waralaba: suatu pendistribusian penjualan ke konsumen. Waralaba dari bahasa sansekerta wara "lebih" laba untung. Bisnis waralaba yang praktis dapat menghasilkan keuntungan yang berlipat dan sangat menjanjikan. Bisnis waralaba dikenal sejak tahun 2004.
    3. Syarat membangun E-commerce : bisnis dilakukan dengan serius, harus jujur, memperhatikan kualitas, menjaga kuantitas dengan memperhatikan stok yang ada harus siap memenuhi permintan konsumen.
    Yang harus di perhatikan dalam bisnis e-commerce: pasar, apa yang dinginkan oleh konsumen
    4. Raja E-commerce Indonesia dengan pengunjung e-commerce yang paling banyak d kunjungi di Indonesia:lazada, tokopedia, elevenia , bukalapak, blibli

    BalasHapus
  25. @L22-Novia
    video 1 : dalam membangun franchise banyak hal hal yg harus diperhatikan seperti menyiapkan diri sendiri menjadi seorang entrepreneur, pelaja4i segala peraturan perundang undangan,

    video 2 : bisnis waralaba atau frenchise merupakan bisnis yg dipinjamkan dari pemilik merk kepada pembelinya dengan hanya membayar biaya royalti kepada pemilik merk. wara berarti lebih dan laba berarti keuntungan sehingga waralaba berarti keuntungan yg lebih. kelebihan bisnis waralaba dari bisnis yg lainnya yaitu bisnis waralaba mendapatkan lisensi sehingga keuntungan nya bisa diatas rata rata.
    Video3:Adanya E-Commerce memberikan kemudahan, kepercayaan dan kemudahan /efisiensi waktu.
    Video 4 : E-commerce , kemudahan, kepecayaan. Syarat membangun bisnis e-commerce: harus jujur, perhatikan kualitas, melihat kebutuhan produk, tahu kondisi pasar. Raja E-commerce di Indonesia yaitu: lazada,tokopedia, elevenia, bukalapak, blibli.

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. @L24-Tasya

    1. Keuntungan bisnis franchise atau waralaba karena tidak perlu branding usaha dan lebih mudah mempromosikan usaha karena brand sudah di promosikan oleh franchisor sebelumnya karena memperkenalkan brand atau usaha ke masyarakat adalah hal yang paling sulit jadi jika menggunakan usaha franchise kemungkinan suksesnya lebih besar.

    2. Waralaba berasalah dari bahasa sansekerta yang berarti lebih untung. Franchise mengandung kebebasan dalam suatu usaha. Dengan adanya bisnis waralaba atau franchise dapat meningkatkan ekonomi di indonesia.

    3. Syarat bisnis e-commerce itu harus jujur,serius,memperhatikan kualitas, menjaga kuantitas dengan memperhatikan stok yang ada agar siap memenuhi permintaan konsumen.

    4. Raja e-commerce indonesia dengan pengunjung paling banyak adalah lazada,tokopedia,buka lapak,blibli.

    BalasHapus
  28. @L28-Selvy
    Waralaba
    Wara berarti lebih, sedangkan laba berarti keuntungan. Jadi waralaba adalah keuntungan yang lebih.
    Hal yang harus diperhatikan dalam memulai bisnis franchise adalah melihat peluang. Syarat memulai bisnis franchise adalah memilih franchise yang tidak menggeser bisnis-bisnis tertentu.

    Alasan memilih bisnis franchise :
    1. Tidak hanyak sekedar beli usaha tetapi juga membeli pengalaman
    2. Tidak perlu branding usaha atau memperkenalkan brand karena bisnis franchise sudah terkenal dimana-mana.
    3. Kemungkinan sukses seorang pembisnis franchise sangatlah besar karna 70% pembisnis franchise sukses sedangkan karyawan bisa berkemungkinan sukses hanya 60%.

    Tips memulai bisnis franchise :
    1. Siapkan diri untuk menjadi interpreneur
    2. Ubah pola pikir yang biasa menjadi karyawan menjadi pola pikir seorang interpreneur
    3. Berani mengambil tantangan
    4. Pelajari tentang perundang-undangan franchise
    5. Tingkatkan kemampuan berintekrasi dalam membina hubungan yang baik kepada orang lain
    6. Siapkan modal usaha yang cukup
    7. Jangan hanya sekedar mencoba-coba

    E-Commerce
    Bisnis online
    Faktor yang penyebabkan bisnis e-commerce berkembang pesat adalah kemudahan, kepercayaan, dan hemat waktu.

    Syarat memulai bisnis e-commerce :
    1. Percaya dengan suatu bisnis
    2. Jujur
    3. Kualitas barang yang baik
    4. Persediaan stok barang yang memadai


    Raja e-commerce :
    1. Lazada
    2. Tokopedia
    3. Elevenia
    4. Bukalapak.com
    5. Blibli.com

    BalasHapus
  29. @L30-Rayhan
    Bisnis waralaba atau Franchise ini dinilai menarik bagi beberapa kalangan khususnya bagi mereka yang menginginkan penghasilan tambahan selain dari gaji bulanan.

    BalasHapus
  30. @L23-Nisa

    1. bisnis waralaba memungkinkan bisnis lebih besar karena lebih mudah mempromosikannya karena brand sudah dikenal dimana2. modal cukup jelas dan dukungan konsumen sudah matang. beberapa hal yg perlu diperhatikan salah satunya adalah siap menjadi entrepreneur.
    2. waralaba berarti lebih menguntungkan. franchise mengandung kebebasan dalam usaha dan dinilai lebih praktis.
    3.e commerce memiliki syarat harus jujur,serius,menjaga kuantitas dgn memperhatikan stok yang ada agar bisa memenuhi konsumen.
    4.raja e commerce indonesia dgn pengunjung situs paling banyak adalaha lazada,tokopedia,buka lapak,blibli

    BalasHapus
  31. @L11-Aldy

    1. Perkembangan bisnis Waralaba sangat menguntungkan Indonesia. Menurut bapak Budianto jika ingin memulai bisnis frainchise
    Beda bisnis waralaba dan biasa bisnis waralaba untuk mendapatkan lisensi mendapatkan keuntungan di atas normal, Waralaba (berasal dari bahasa sansekerta yg artinya lebih menguntungkan), atau bahasa kerennya adalah Franchise menjadi andalan bagi pengusaha baru yang terjun dalam dunia bisnis, Waralaba bukan hanya usaha tetapi juga sebuah pengalaman karena ketika mendirikan usaha waralaba ini memerlukan beberaba tips yang dapat di apliksikan yaitu siapkan diri mnjadi seorang enterpreneur ,ubahpola pikir,pelajari segala UU tntgwralaba, tingkatkan komuniksi yg lebih luas,lalu siapkan modal Yang cukup untuk memulai waralaba.

    2. Waralaba dari bahasa sansekerta wara "lebih" laba untung. Bisnis waralaba yang praktis dapat menghasilkan keuntungan yang berlipat dan sangat menjanjikan.
    3. membangun E-commerce : bisnis dilakukan dengan serius, harus jujur, memperhatikan kualitas, menjaga kuantitas dengan memperhatikan stok yang ada harus siap memenuhi permintan konsumen.
    Yang harus di perhatikan dalam bisnis e-commerce: pasar, apa yang dinginkan oleh konsumen

    4. raja e-commerce Indonesia. Dengan pengunjung terbanyak di Indonesia

    1.Blibli mendapatkan peringkat ke-5
    2.Bukalapak.com mendapatkan peringkat ke-4
    3.elevenia mendapatkan peringkat ke-3
    4.tokopedia mendapatkan peringkat ke-2
    5.lazada mendapatkan peringkat ke-1
    10jt orang yg mengunjungi lazada di mobile mereka lazada membuka 10% untuk Indonesia dan memberikan banyak pekerjaan bagi pengangguran indonesia

    BalasHapus
  32. @L31-Lucia
    Video 1
    • Alasan pilih usaha waralaba ( FRANCHISE)
    - tak sekedar beli usaha, tapi juga beli pengalaman. Membangun usaha yang sukses tak bisa instan (butuh waktu dan riset) tetapi harus berusaha dengan keras.
    - ‎tak perlu perkenalkan BRAND lagi karena biasanya bisnis atau BRAND nya sudah terkenal. Untung dari usaha waralaba ini adalah sekitar 70%
    - ‎kemungkinan suksesnya lebih besar

    • Tips memulai bisnis
    - siapkan diri : mengubah pola pikir menjadi seorang entrrpeneur
    - ‎Pelajari peraturan / UU Franchise
    - ‎Berinteraksi dengan baik terhadap orang lain
    - ‎Modal usaha yang cukup
    - ‎Jangan sekedar mencoba-coba ( jadilah orang yang ahli)

    Video 2
    • Mengenal Bisnis Waralaba
    Wara : Lebih
    Laba : Untung
    Jadi arti dari waralaba adalah Lebih untung
    Dikenalkan di Amerika pada tahun 1850an. Dan masuk ke Indonesia pada tahun 1951, dengan awalnya yaitu melalui lisensi kendaraan bermotor.
    Dan sekarang : Pertamina, Nyonya Menir, Es Teller 77

    Video 3
    • Syarat-syarat memulai e-commerce menurut Carlos D. Karo
    - dilakukan dengan serius
    - ‎Jujur : setiap penjualan dan pbelian melalui gambar, jadi harus diceritakan secara detail
    - ‎Perhatikan kualitas : apa yang di jelaskan harus sesuai dengan yang dijual. Jaga kualitas

    • Modal Besar? Tak harus karena pada saat sekarang ini bisnis e-commerce tak harus dibangun dari awal lagi bagi penjual.

    Video 4
    Raja e-commerce di Indonesia
    Berdasarkan pengujung terbanyak
    1. Lazada berasal dari Jerman = 58,33 juta orang pengunjung. Dan jumlah orang yang menginstal 10 juta.
    2. ‎Tokopedia berasal dari Indonesia = 50,67 juta orang pengunjung. Dan jumlah orang yang menginstal 10 juta.
    3. ‎Elevenia berasal dari Indonesia namun bekerja sama dengan Korea = 34,33 jutaorang pengunjung. Dan jumlah orang yang menginstal 1 juta.
    4. ‎Bukalapak berasal dari Indonesia = 30,33 juta orang pengunjung. Dan jumlah orang yang menginstal 10 juta.
    5. ‎Blibli.com berasal dari Indonesia = 27,33 juta orang pengunjung. Dan jumlah orang yang menginstal 1 juta.

    BalasHapus
  33. @L10-Rebekka
    Vidio 1:
    Alasan mengapa kita memilih waralaba
    1. Franchise tak sekadar beli usaha, tapi juga beli pengalaman.
    Membangun usaha sukses Butuh waktu bertahun-tahun untuk menemukan produk yang disukai pasar.
    2. Tidak perlu branding usaha
    Ketika menjalankan usaha franchise, biasanya brand usahanya sudah dikenal di mana-mana. Sehingga tak perlu bersusah payah untuk mempromosikan usaha kembali.
    3. Kemungkinan sukses lebih besar
    melalui usaha franchise kesempatan sukses bisa mencapai 70 persen, sedangkan usaha sendiri dari bawah hanya 60 persen. tetapi semuanya tergantung dari Anda saat menjalankan usahanya.

    Tips bisnis wiralaba
    1. Siapkan diri menjadi seorang entreprenuer
    2. Pelajari perundang-undangan mengenai franchise
    3.kemampuan berinteraksi dan Membina diri untuk menjalin relasi yang baik
    4. Modal usaha yang cukup
    5. Jangan sekedar mencoba-coba

    Vidio 2:
    Waralaba mengambil dari bahasa sanskerta dimana wara adalah lebih dan laba adalah untung. Dari artinya ini dapat kita ambil kesimpulan bahwa usaha ini dapat membangun semangat orang untuk menjadi seorang wirausaha selain menguntungkan tetapi juga lebih mudah.

    Vidio 3:
    Syarat membangun E-commerce : harus jujur tentang barang yang kita jual, jaga kuantitasnya, dapat membangun E commerce yg sudah ada tidak perlu membangun dari awal dan dari segi biaya lumayan besar. Melihat kebutuhan pasar, tahu pasar, melakukan riset.

    Vidio 4:
    Raja E commerce di Indonesia adalah : peringkat 5: Blibli dengan 27,33 juta orang pengunjung,peringkat 4: Bukalapak.com 30,33 juta orang pengunjung, peringkat3, Elevenia 34,33 juta orang pengunjung peringkat 2, Tokopedia 50,67 juta orang pengunjung 1, Lazada 58,33 juta orang pengunjung.

    BalasHapus
  34. @L02-Januar
    Video 1 => bisnis waralaba ini mempunyai peluang untuk sukses lebih besar dibandingkan dengan usaha, tapi dengan waralaba harus mempunyanyai modal yang besar. sejarah waralaba diindonesia yang pertama adalah pertamina dan dalam dunia kuliner adalah es teler 77, perbedaan waralaba dan bisnis biasa adalah kalo waralaba akan mempunyai lesinsi dan akan mendaatkan laba yang lebih besar dari pada laba usaha biasa

    BalasHapus
  35. @L19-Fauzi
    1. Keuntungan bisnis franchise atau waralaba karena tidak perlu branding usaha dan lebih mudah mempromosikan usaha karena brand sudah di promosikan oleh franchisor sebelumnya karena memperkenalkan brand atau usaha ke masyarakat adalah hal yang paling sulit jadi jika menggunakan usaha franchise kemungkinan suksesnya lebih besar.
    Waralaba dari bahasa sansekerta wara "lebih" laba untung. Bisnis waralaba yang praktis dapat menghasilkan keuntungan yang berlipat dan sangat menjanjikan.
    2.Bisnis waralaba atau bisa di bilang lebih menguntungkan
    Waralaba pertama kali di temukan di Amerika. Pada Tahun 2010 2JT orang terlibat bisnis waralaba. Perkembangan bisnis Waralaba sangat menguntungkan Indonesia. Menurut bapak Budianto jika ingin memulai bisnis frainchise
    Beda bisnis waralaba dan biasa bisnis waralaba untuk mendapatkan lisensi mendapatkan keuntungan di atas normal.
    3. membangun E-commerce : bisnis dilakukan dengan serius, harus jujur, memperhatikan kualitas, menjaga kuantitas dengan memperhatikan stok yang ada harus siap memenuhi permintan konsumen.
    Yang harus di perhatikan dalam bisnis e-commerce: pasar, apa yang dinginkan oleh konsumen

    4. raja e-commerce Indonesia. Dengan pengunjung terbanyak di Indonesia

    1.Blibli mendapatkan peringkat ke-5
    2.Bukalapak.com mendapatkan peringkat ke-4
    3.elevenia mendapatkan peringkat ke-3
    4.tokopedia mendapatkan peringkat ke-2
    5.lazada mendapatkan peringkat ke-1
    10jt orang yg mengunjungi lazada di mobile mereka lazada membuka 10% untuk Indonesia dan memberikan banyak pekerjaan bagi pengangguran indonesia

    BalasHapus
  36. @L16-Mega
    Salah pilih jenis usaha kita bisa gagal, membeli kesuksesan bukan hal yang instan. Sukses karena bernilai berpengalaman berpeluang tinggi. Tapi semua tergantung kepada kita mengikuti prosedur yang ada atau tidak.
    Tips:
    -siapkan diri anda sebelum enterprener
    -ubah pola pikir anda
    -Berani mengambil tantangan
    -suapkan modal usaha
    -membina hubungan baik dengan banyak orang.
    2.waralaba diambilil dari kata wara lebih dan laba untung. Diperkenalkan amerika 1850 an,Bisnis waralaba bisa meningkatkan perekonomian indonesia dengan meningkatkan sistem manajemen
    Bisnis waralaba: untuk mendapatkan keuntungan yang normal.
    3. Bisnis icommerce lebih banyak diperlihatkan dengan gambar,tawaran harga yang menarik. Banyak syarat yang dilakukan dengan serius seperti jujur dimana setiap penjualan dan pembelian harus memberikan secara detail, selain ada kemudahan,kepercayaan,dan hemat waktu.
    4. Urutan raja E-commerce dari paling tertinggi:
    5. Belibeli= 27,33
    4. Buka lapak= 30,33
    3. Elevenia= 34,33
    2. Tokopedia= 50,67
    1. Lazada= 58,33
    Dengan perkembangan E-commerce harus diikuti terua karena dengan perkengan E-commerce dapat mensejahtrakan rakyat.

    BalasHapus
  37. @L03-lutfi
    1- waralaba di indonesia sedang buming karna selain dapat menarik pelanggan dengan nama2 yang sudah tenar mereka juga bisa merauk ke untungan lebih besar karna mereka menggunakan sistem franchise yang sekali modal dan mereka hanya tinggal menjualnya

    BalasHapus