Selasa, Maret 6

Motivasi Berbisnis Daring(Online)

Penulis : @K08-Ni Made, @k30-Ika, @k36-Cintya

Abstrak
Memulai suatu usaha dalam era teknologi dan informasi yang sangat berkembang, tentunya membuka banyak peluang usaha. Bagi siapa saja yang ingin memulai berwirausaha pastinya harus memiliki semangat dan motivasi berprestasi dan berwirausaha.
Setiap orang harus mempunyai kompetensi yang mengarah pada kesuksesan yaitu mengetahui usaha apa yang akan dilakukan, mengetahui dasar-dasar pengelolaan bisnis, memiliki sikap yang sempurna terhadap usaha yang dilakukannya, memiliki modal yang cukup, kemampuan / mengelola keuangan, kemampuan mengatur waktu seefisien mungkin, kemampuan merencanakan, mengatur, mengarahkan / memotivasi, dan mengendalikan orang-orang dalam menjalankan perusahaan, memberi kepuasan kepada pelanggan dengan cara menyediakan barang dan jasa yang bermutu, bermanfaat dan memuaskan, mengetahui strategi / cara bersaing, membuat aturan / pedoman yang jelas tersurat, tidak tersirat Dan & Bradstreet business Credit Service (1993 )
Kata Kunci : Motivasi, wirausaha,  era teknologi, strategi, kompetensi.

Pendahuluan
Perkembangan dunia teknologi dan informasi sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Sehingga internet dijadikan alat komunikasi yang paling di minati masyarakat dunia. Apalagi sekarang internet mudah di akses dengan telepon genggam atau smartphone (telepon pintar) dan menjadikan kondisi itu sebagai perubahan komunikasi yang modern dan digital. Selain untuk mencari kebutuhan informasi dan berkomunikasi, internet dapat digerakkan dalam bidang perekonomian. Biasanya orang – orang yang berjualan memasarkan barangnya melalu toko konvensional, namun sekarang internet menjadi alat pemasaran yang mudah di akses sehingga dapat dengan mudah dilihat banyak orang. Alasan utama wirausaha menggunakan toko daring sebagai media jual beli adalah masyarakat berbelanja tanpa dibatasi ruang dan waktu, artinya bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun, berjualan tanpa memikirkan uang sewa toko, mudah di ketahui banyak orang (Marketing, 2012).
Bisnis daring lebih praktis karena memberikan sejumlah kemudahan. Kepraktisan menjadi karakter utama bisnis daring karena bisa tanpa tatap muka dan tidak harus saling mengenal. Masalah yang rawan timbul ada dalam toko daring adalah transaksi/penipuan, hal ini perlu kewaspadaan bukan hanya bagi wirausaha melainkan konsumen.

Pembahasan
Dalam teknologi dan informasi yang sudah melaju pesat perkembangannya serta maraknya toko daring yang ada, banyak calon wirausaha muda yang ragu, dan takut untuk memulai karirnya dalam toko daring. Kurangnya motivasi berprestasi adalah salah satu faktor yang menghambat perjalanan karir seorang wirausaha muda.
Dalam memulai suatu usaha diperlukan motivasi. Definisi motivasi menurut Hamalik (1992:173), Pengertian Motivasi merupakan perubahan energi dalam diri atau pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan. Lebih lanjut Hamalik (2004: 161), mengemukakan tentang fungsi motivasi yaitu :
a.    Mendorong timbulnya kelakuan atau suatu perbuatan. 
       Tanpa motivasi maka tidak akan timbul sesuatu perbuatan seperti belajar.
b.    Motivasi berfungsi sebagai pengarah.
       Artinya mengarahkan perbuatan kepencapaian tujuan yang diinginkan
c.    Motivasi berfungsi sebagai penggerak.
       Besar kecilnya motivasi akan menentukan cepat atau lambatnya suatu pekerjaan
.

Sikap ragu dan takut yang dimiliki para wirausaha muda adalah berasal dari pola pikir yang salah, merubah pola pikir yang biasanya dilakukan sehari-hari dan secara terus menerus adalah bukan perkara yang mudah. Apalagi pola pikir untuk membuka sebuah usaha dan menjadi pengusaha. Menurut McGrath dan MacMillan (2000) (Sari, 2017) ada lima karakteristik yang umumnya dimiliki oleh pengusaha:
1.       Pengusaha sangat bersemangat dalam melihat atau mencari peluang-peluang baru
  1. Pengusaha mengejar peluang dengan disiplin yang ketat
  2. Pengusaha hanya mengejar peluang yang sangat baik dan menghindari mengejar peluang laun yang belum jelas
  3. Pengusaha berfokus pada pelaksanaan
  4. Pengusaha mengikutsertakan energy setiap orang yang berbeda dalam jangkauan mereka.
Dan juga pengusaha adalah pelaku, bukan pemikir (Sari, 2017) maka sebaiknya para wirausaha muda mempunyai pribadi yang motivasi berprestasi tinggi, yang selalu berorientasi pada tindakan dan motif yang tinggi dalam mengambil resiko untuk mencapai tujuan, mengetahui potensi diri dan dapat mengelola kekuatan yang dimiliki serta mengurangi kelemahan. Untuk mencapai kesuksesan dan keberhasilan dalam berwirausaha ada delapan anak tangga menuju puncak karir berwirausaha (Alma, 106 – 109), terdiri atas :
1.       Mau kerja keras (capacity for hard work)
2.       Bekerjasama dengan orang lain (getting things done with and through people)
3.       Penampilan yang baik (good appearance)
4.       Yakin (self confidence)
5.       Pandai membuat keputusan (making sound decision)
6.       Mau menambah ilmu pengetahuan (college education)
7.       Ambisi untuk maju (ambition drive)
8.       Pandai berkomunikasi (ability to communicate)


Kisah Inspiratif  Pengusaha Muda : William Tanuwijaya (CEO Tokopedia)

Pendiri toko daring yang ternama yaitu Tokopedia, yang di dirikan oleh William Tanuwijaya 17 Agustus 2009. Pria kelahiran Pematang Siantar, 18 November 1981 memiliki ide membuat toko daring dari tahun 2007 setelah menjadi moderator dalam forum online Kafegaul yang memfasilitasi jual beli barang, dan dari situlah ia terinspirasi dan melihan peluang untuk membuka startup baru. Namun ide yang tercipta itu harus mencari investor, karena William dan rekannya Leonthinus membutuhkan modal yang besar. keadaan makin sulit ketika ayahnya divonis penyakit kanker sehingga ia menjadi tulang punggung mencari nafkah untuk keluarga. Tetapi William tidak putus asa dan tetap memiliki pikiran positif bahwa usaha yang akan ia mulai nantinya berhasil. Selama 2 tahun ia kerja keras mencari investor, akhirnya ide yang ia ciptakan mendapat suntikan dana. Sekarang omzet yang ia dapatkan mencapai 1 trilliun per bulan.

Kesimpulan
Kerja keras yang jujur serta berorientasi pada tindakan oleh seorang wirausaha mampu mengantarkannya pada kesuksesan dan keberhasilan. Motivasi berprestasi yang tinggi berani mengambil resiko untuk mencapai tujuan, pola pikir yang selalu semangat mencari peluang usaha, disiplin dan fokus menjadi proses yang akan dilewati seorang pengusaha sukses.

Daftar pustaka
Yasundari, Wirausaha Pebisnis Daring (Online) Dalam Meningkatkan Produktivitas, Metro TV Biro Bandung, Vol 4 No. 2, 2016.
Nurseto, Tejo. Pembelajaran Motivasi Berprestasi Dalam Mata Kuliah  Kewirausahaan Dalam Game Tournament. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. Vol 7 No. 1. April 2010.
Sari, Ika. Motivasi Menjadi Pengusaha Sukses, Mengalahkan Mitos. Modul Kewirausahaan 1. Universitas Mercubuana. 2017.


1 komentar:

  1. @K01-Richa @Startup K01
    Artikel yg menarik dan informatis!

    BalasHapus