Kamis, Maret 8

motivasi menjadi pengusaha sukses


Abstrak
Motivasi bisa dianggap sebagai dorongan untuk melakukan sesuatu. Motivasi bisa bertindak sebagai bahan bakar yang memberikan kekuatan untuk mewujudkan impian. Motivasi dapat membuat orang biasa melakukan tugas-tugas yang luar biasa. Individu yang berbeda merasa termotivasi melalui cara yang berbeda pula. Beberapa orang menyukai penghormatan dan memperoleh motivasi dari itu, sementara yang lain memakai uang sebagai faktor yang memotivasi.
Kata Kunci
Motivasi, Pengusaha, Sukses, Prinsip hidup
A. PENDAHULUAN
Untuk menjadi seorang pengusaha harus mempunyai cita-cita yang tinggi. Fokus menciptakan bisnis yag memiliki nilai moral dan budaya yang besar. Menjadi karyawan bukan sekedar memulai sebuah usaha kecil atau besar lalu asik dalam proses mencari keuntungan. Seorang pengusaha atau menjadi pebisnis harus mempunyai prinsip hidup. Semuanya harus terbentuk dalam sinergi positif.

B. PERMASALAHAN
1.    Bagaimana cara menjadi pengusaha yang sukses?
2.    Apa aja prinsip hidup untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses?
3.    Seperti apa dan siapa contoh pengusaha sukses?

C. PEMBAHASAN

Prinsip Hidup Untuk Menjadi Seorang Pengusaha yang Sukses
1.    Sukses dapat didefinisikan dalam berbagai cara.
2.    Menjadi sukses akan memakan waktu lebih lama dari yang kita pikirkan seharusnya
3.    Banyak Cara untuk mencapai keberhasilan
4.    Harus bersedia berkorban
5.    Perlakukan setiap orang dengan hormat
6.    Cobalah untuk bersabar
7.    Jangan mencoba untuk mengubah orang yang sulit
8.    Memiliki sikap positif
9.    Selalu berkata jujur, bahkan ketika itu menyakitkan
10.  Mengakui kesalahan

Pengusaha Sukses Nurhayati Subakat
Untuk lebih jelasnya lagi, disini terdapat contoh pengusaha sukses yaitu Ibu Nurhayati Subakat. Sosok Nurhayati Subakat merupakan salah satu dari sekian banyak pengusaha wanita sukses Indonesia. Beliau merupakan pendiri sekaligus pemilik merk kosmetik terkenal yaitu Wardah Cosmetics. Saat ini Nuhayati Subakat merupakan CEO dari PT Paragon Technology and Innovation, sebuah perusahaan yang mengelola merk kosmetik Wardah, Make Over, dan perawatan rambut Putri dan IX.
Ada 4 kiat sukses membangun bisnis menurut Nurhayati Subakat, yaitu:
1.    Tekad yang Kuat 
Kiat sukses pertama Nurhayati dalam membangun Wardah adalah dengan mempunyai tekad yang kuat. Hal ini ditunjukkan Nurhayati ketika ia mengalami cobaan yang tidak ringan yaitu saat tempat usahanya mengalami musibah kebakaran. Ketika itu Nurhayati sendiri bahkan sempat ingin berhenti menjadi pengusaha.
Namun berkat kesadarannya akan tanggungjawabnya pada para karyawan dan keluarganya, maka ia kemudian tekadnya kembali tumbuh. Hingga pada akhirnya wanita lulusan farmasi di Institut Teknologi Bandung ini memutuskan untuk kembali memulai dari bisnisnya dan tetap terus menjalaninya hingga sekarang mencapai kesuksesan.

2.    Miliki Mimpi yang Besar

Pada sebuah kesempatan Nurhayati menyatakan bahwa kiat suskesnya menjalankan Wardah Kosmetik adalah dengan memiliki mimpi yang besar. Menurutnya, seseorang harus memiliki mimpi yang sangat besar, hingga ditertawakan orang sekalipun.
Semakin ditertawakan banyak orang, itu artinya mimpi kamu sudah terkategori besar. Dari mimpi itulah kemudian Nurhayati bangkit. Nurhayati lalu mengutip Paulo Coelho dalam buku The Alchemist yang menyatakan bahwa “Jika kamu menginginkan sesuatu, maka alam semesta akan berkonspirasi untuk menolongmu” tutur wanita yang suka membaca kisah sukses orang besar dari buku-buku.

3.    Menjaga Tali Silaturahmi

Hal lain yang membuat dan menjadikan Nurhayati Subakat sukses membuat merek Wardah menjadi suskes adalah faktor silaturahmi yang dilakukannya. Ia bercerita tentang perjalanan kariernya. Awalnya, ia membuat produk untuk salon.
Wanita yang mengawali penjualan Wardah dari pintu ke pintu ini setelah mengalami musibah kebakaran pada tahun 1995 kedatangan tamu dari pesantren Hidayatullah yang memberinya masukan ihwal usahanya. “Waktu itu saya hanya bisa membuat produk kosmetik, belum menjual produk islami. “Ada teman dari pesantren kasih masukan buat produk islami,” katanya.
Dimulai dari sanalah kemudian bisnisnya mulai tumbuh dan menyadari bahwa silaturahmi adalah hal yang sangat penting. Dari sana juga kemudian Nurhayati menjalankan usahanya dengan strategi banyak bersilaturahmi Melalui relasi-relasi yang dimilikinya tersebut, bisnis kosmetik wanita berhijab itu kemudian merangkak naik dan makin besar.

4.    Ciptakan 5P

Terakhir, kiat sukses Nurhayati dalam membangun Wardah adalah dengan menciptakan 5P yaitu great product, great price, good promotion, good place, dan pertolongan dari Allah. Dengan adanya 5P ini Nurhayati Subakat telah sukses membuat produknya meraih banyak penghargaan.
D. KESIMPULAN
Motivasi memiliki fungsi yang sangat penting dalam berwirausaha,yaitu mendorong timbulnya tingkah laku atau perbuatan, tanpa motivasi tidak akan timbul suatu perbuatan, sebagai pengarah, artinya mengarahkan perbuatan untuk mencapai tujuan yang diinginkan, sebagai penggerak, artinya menggerakkan tingkah laku seseorang. Besar kecilnya motivasi akan menentukan cepat atau lambatnya suatu pekerjaan. Untuk menjadi pengusaha sukses kita harus memiliki prinsip hidup dan juga harus bisa termotivasi oleh pengusaha – pengusaha sukses.

Daftar Pustaka
Sari, Ika. 2018. Motivasi Menjadi Pengusaha Sukses, Mengalahkan Mitos. Universitas Mercu Buana. Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar