Sabtu, April 21

Inspirasi Baru berbisnis dengan komunitas

@proyek-L06,
@startup-L06
Oleh :
Mega Puspitasari
Humairoh
Nabila Sopyan A. P








Abstrak:
Artikel ini dibuat bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang bagaimana  cara kita membangun bisnis secara komunitas. Dengan menghadapi  banyaknya persaingan kita ditekankan untuk berfikir kreatif dan inovasi, dengan membangun bisnis secara komunitas banyak sangat memudahkan kita dari berbagai hal seperti dengan berkomunitas kita dapet menemukan banyak teman, semankin banyak menemukan ide,banyak cara terbaik juga dalam membangun komunitas bisnis adalah dengan mengombinasikan networking, riset dan marketing dan tentunya dengan mengenal banyak orang tentu sangat baik untuk memajukan usaha kita.

Keyword:
Pengetahuan, membangun, komunitas, mengombinasikan, bisnis

Pendahuluan:
Menurut Huat, T Chwee (1990) Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari-hari. Bisnis sebagai suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat.
menurut Soenarno (2002) Komunitas adalah sebuah identifikasi & interaksi sosial yang dibangun dengan berbagai dimensi kebutuhan fungsional. Atau  sebuah kelompok yang menunjukkan adanya kesamaan kriteria sosial sebagai ciri khas keanggotaannya, misalnya seperti: kesamaan profesi, kesamaan tempat tinggal, kesamaan kegemaran dan lain sebagainya. Seperti contohnya: kelompok petani, karyawan pabrik, kelompok warga, kelompok suporter sepak bola dan lain sebagainya.

A. Permasalahan
1. Bagaimana cara kita mengetahui berwirausaha secara komunitas yang baik
2. Bagaimana caranya bergabung dengan komunitas berwirausaha
3. Bagaimana tujuan dan manfaat baik yang diberikan pada komunitas seorang wirausaha

B. Pembahasan
Tips bagaimana cara kita membangun komunitas berwirausaha dengan baik, menurut(Azhar, 2016):

1. Miliki massa kritis dan pelanggan bergairah.
Pertama, titik komunitas online adalah bahwa hal itu menjadi tempat di mana orang-orang yang berpikiran terlibat satu sama lain. Jika pelanggan tidak benar tertarik pada merek Anda, mulai adakan sebuah acara di komunitas online yang menarik minat anggota.

2. Berikan Pengetahuan seputar Produk dan Bisnis
Sebuah komunitas yang benar-benar energik adalah tempat untuk mendapat pengalaman lebih banyak di dalamnya. Kita, misalnya, tidak hanya forum diskusi, tetapi juga area permintaan fitur bagi pelanggan untuk memberikan wawasan ke dalam apa yang ingin mereka lihat di produk yang akan datang, basis pengetahuan bisnis, sebuah lowongan, perangkat lunak dan banyak lagi.

3. Bersiaplah untuk berinvestasi di bidang infrastruktur.
Ujung tombak sebuah komunitas online tidak terjadi secara otomatis – Anda membutuhkan tim dan perangkat lunak yang tepat. Jangan takut untuk mengembangkan dan menambah pengeluaran. Bukankah sebuah pertumbuhan membutuhkan sistem dan mekanisme yang mendukungnya terjadi. Dan putuskan untuk berinvestasi dalam perangkat yang disesuaikan dengan perkembangan masyarakat bisnis.

4. Jangan terpaku pada ukuran
Kita hidup dalam waktu ketika aturan didasarkan pada ukuran – semua orang ingin untuk dapat melihat dashboard dan melihat bagaimana tren kegiatan yang berlangsung. Sulit untuk mengukur ROI dari komunitas online. Jika masyarakat online kuat, Anda tahu itu, dan itulah kemenangan dalam dan dari dirinya sendiri.

Setelah bergabung dengan komunitas bisnis. Banyak sekali keuntungan yang akan Anda peroleh, seperti:
1. Mengenal Orang-orang Baru yang Expert dalam Bisnis
Setelah Anda memilih komunitas bisnis yeng sesuai dengan jenis dan bidang yang Anda rintis. Besar kesempatan Anda untuk berkenalan dengan orang-orang yang telah sukses dalam merintis bisnisnya. Anda dapat mempelajari ilmu mengenai bisnis dari mereka yang telah berpengalaman sebelumnya. Anda dapat menanyakan apapun seputar bisnis yang ingin Anda ketahui kepada mereka dan tidak perlu malu jika ingin bertanya dengan mereka.

2. Mengetahui Dasar-Dasar dalam Memulai Bisnis
Setelah berkenalan dengan orang-orang yang ahli dalam bisnis dan menanyakan seputar bisnis kini saatnya Anda mulai menfikirkan bisnis Anda. Dalam membangun bisnis terlebih dahulu Anda harus mengetahui apa alasan Anda ingin berbisnis agar Anda mengetahui bisnis yang akan Anda rintis akan di arahkan kemana selanjutnya.
Bisnis tidak selalu mengedepankan pada profit dan materi saja melainkan juga bagaimana strategi yang Anda gunakan mulai dari membangun hingga memperoleh hasil yang ingin Anda capai. Jika strategi berhasil maka profit yang memuaskan baru Ada peroleh. Ingat!! Proses tidak akan membohongi hasil.

3. Menambah Wawasan di Bidang Bisnis
Setiap komunitas bisnis pasti terdiri dari banyak member baik yang telah sukses dalam bisnisnya atau yang sedang memulai bisnisnya. Salah satu keuntungan menjadi bagian dari mereka adalah Anda dapat memperoleh wawasan sebanyak-banyakya seputar info bisnis. Bukan hanya di bidang bisnis yang Anda rintis melainkan juga bidang dan jenis bisnis lainnya.
Keuntungan dari hal ini adalah menambah wawasan Anda sebanyak-banyaknya dalam bidang bisnis. Untuk kedepannya jika Anda mengembangkan bisnis Anda dengan bidang lainnya, setidaknya Anda telah memiliki bekal dan menambah wawasan kembali untuk bisnis yang akan Anda kembangakan. Dalam hal ini Anda harus berkenalan dengan seluruh member.
4. Saling Berbagi Ilmu Mengenai Bisnis
       Di zaman yang serba canggih saat ini Anda dapat bergabung dengan komunitas bisnis apapun dengan memanfaatkan sosial media. Jika Anda bergabung dengan komunitas bisnis akan memudahkan Anda mendapatkan konten-konten yang berhubungan dengan tips atau trik berbisnis. Sebaliknya, jika Anda mendapatka ilmu baru melalui bisnis Anda dapat membagikannya ke member lain.

5. Memperluas Jaringan Bisnis
Semakin banyak Anda bergabung dengan komunitas bisnis, Anda akan mengenal orang-orang yang expert dalam bisnis. Anda dapat memperluas jaringan bisnis Anda bersama dengan mereka.
Untuk itu selalu lakukan langkah yang pertama sampai ke empat agar Anda dapat dengan mudah melakukan langkah yang kelima. Jaringan bisnis Anda akan semakin luas dan mereka dapat membantu memperkenalkan bisnis yang Anda rintis ke halayak publik.

6. Menambah Relasi Bisnis
Salah satu keuntungan bergabung dengan komunitas bisnis yang lainnya yaitu menambah relasi bisni Anda. Anda dapat membuat kerjasama dan membangun bisnis baru dengan mereka. Jika Anda mengalami kesulitan mereka dapat membantu Anda dalam memecahkan kesulitan Anda.
Semakin banyak relasi bisnis Anda semakin mudah bagi Anda mengembangkan bisnis Anda.

7. Keluarga Baru
Jika Anda masih ragu untuk melakukan semua langkah di atas, dapat dipastikan Anda belum menganggap mereka sebagai keluarga Anda. Komunitas merupakan rumah kedua bagi member, untuk itu Anda juga harus berusaha menganggap bahwa komunitas adalah rumah kedua Anda dan member lainnya adalah keluarga Anda.
Tujuaan bisnis dan manfaat:
Tujuan bisnis suatu perusahaan dapat kita lihat dari berbagai macam kepentingan, baik owner, pesaing, supplier, karyawan, konsumen, masyarakat umum, maupun pemerintah.
Pada umumnya tujuan bisnis didirikan tidak hanya profit oriented semata, namun secara keseluruhan tujuan bisnis didirikan meliputi :
- Profit, Pengadaan barang atau jasa,
Kesejahteraan bagi pemilik faktor produksi dan masyarakat,
- Full employment,Eksistensi perusahaan dalam jangka panjang (waktu yang lama),
Kemajuan dan pertumbuhan,
-Prestise dan prestasi.
Proses pencapaian tujuan bisnis melalui pengelolaan sumber daya ekonomi secara optimal bagi para pemilik sumber daya ekonomi atau faktor-faktor produksi dan masyarakat pada umumnya. Para pemegang atau pemilik faktor-faktor produksi ini memperoleh manfaat dan nilai ekonomi secara layak.
Kesimpulan:

Daftar pustaka

Herlina. 2011. Pengertian bisnis menurut para ahli. Dalam http://herina-br.blogspot.co.id/2011/10/pengertian-bisnis-menurut-para-ahli.html?m=1

Azhar. 2016. 5 tips membangun komunitas bisnis online. Dalam https://digitalentrepreneur.id/5-tips-membangun-komunitas-bisnis-online/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar