Rabu, Mei 16

LEADERSHIP PEBISNIS MUDA


LEADERSHIP UNTUK PEBISNIS MUDA

NAMA DAN KODE PESERTA:

RICHA FITAMALA, K01-Richa
ZOLASCHA MEIRIZA, K07-Zolascha
YOAN AULIA FAHIRA, K38-Yoan

KODE KELOMPOK: Startup-K01

KATA KUNCI YANG DIGUNAKAN:
- Kepemimpinan
- Leadership
- Pebisnis
- Muda



PENDAHULUAN


Sebagai seorang pebisnis, kita sudah pasti memiliki beberapa pekerja yang dipekerjakan agar bisnis kita bisa berjalan. Namun, agar pendapat dan perintah kita dapat didengarkan oleh pekerja-pekerja tersebut kita perlu memiliki kemampuan memimpin yang baik. Leadership atau kepemimpinan sudah pasti harus dimiliki oleh para pebisnis. Pebisnis harus bisa mengarahkan pekerjanya agar mau bekerja untuknya. Tetapi seorang pemimpin juga harus memikirkan pendapat dari para pekerjanya.

Meskipun kita memiliki jabatan yang paling tinggi di perusahaan, tapi kita tidak boleh bertindak seenaknya dalam memberi perintah. Berikut ini adalah hal-hal yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin :

1. Komunikasi Yang Baik
   Dalam sebuah perusahaan, anda sudah pasti harus bisa berkomunikasi dengan para pekerja atau karyawan yang ada di perusahaan. Tidak hanya itu, anda juga harus bisa berkomunikasi dengan orang dari perusahaan lain. Komunikasi yang baik itu sangat penting agar kerja sama dapat berjalan dengan lancar.

2. Jujur dan Adil
   Sebagai seorang pemimpin, kita harus bisa bersikap jujur dan adil terhadap karyawan. Hal ini penting karena karyawan atau staf dapat percaya pada kinerja anda dan mempercayakan posisi sebagai pemimpin kepada anda. Sikap adil juga perlu. Karyawan seharusnya diberikan pekerjaan dan gaji yang pantas sesuai dengan kemampuannya, tanpa memandang jabatan dan statusnya di perusahaan.

3. Membangun Tim dengan Baik
   Pemimpin yang baik haruslah membangun tim yang baik juga. Tim yang baik dapat memberi kita peluang untuk mencapai tujuan kita. Agar tim yang baik tersebut dapat terbentuk, kita harus membangun kekompakkan dalam tim. Hal tersebut dapat dimulai dari komunikasi yang sederhana terhadap karyawan.

4. Memahami Kondisi Perusahaan
   Kondisi perusahaan cenderung berubah dan tidak selamanya dalam keadaan stabil. Jika anda dapat memahami kondisi, anda dapat membantu karyawan dalam menyelesaikan masalah yang terjadi dan memahami resiko apa saja yang akan diterima oleh perusahaan nantinya. Solusi yang baik sangat dibutuhkan agar perusahaan dapat kembali stabil.

Hal-hal diatas sangat diperlukan jika anda ingin menjadi seorang pemimpin yang baik bagi perusahaan maupun karyawan.


Tipe kepemimpinan berwirausaha

Dalam memimpin, seorang pemimpin memiliki tipe dan cirri khas yang berbeda-beda. Dibawah ini merupakan tipe-tipe kepemimpinan menurut kartinikartono (1983) adalah sebagai berikut:


1. Tipe Kharismatik: Pemimpin kharismatik merupakan  kekuatan energi, daya tarik luar biasa yang diikuti oleh para pengikutnya.


2. Tipe peternalistis dan maternalistis; Tipe pemimpin ini bersikap melindungi bawahan  sebagai seorang bapak atau sebagai ibu yang penuh kasih sayang.


3. Tipe militeris: Tipe pemimpin ini banyak menggunakan system pemerintah, system komando, dari atasan kebawahan sifatnya keras, sangat otoriterm, menghendaki bawahan agar selalu patuh, penuh acara formalitas.


4. Tipe otokratis: Tipe pemimpin ini berdasarkan kepada kekuasaan dan paksaan yang mutlak dan harus dipatuhi. Pemimpin ini selalu berperan sebagai pemain tunggal, dan kekuasaan yang bersifat absolut.


5. Tipe Laissezfaire: Tipe pemimpin ini membiarkan karyawan berbuat semaunya sendiri, semua pekerjaan dan tanggung jawab dilakukan oleh bawahan. Pemimpin hanya merupakan symbol yang tidak memiliki ketrampilan.


6. Tipe populistis: Tipe pemimpin ini mampu menjadi pemimpin rakyat . dia berpegang pada nilai-nilai masyarakat tradisional.


7. Tipe Administratif: Pemimpin tipe ini merupakan pemimpin yang mampu menyelenggarakan tugas-tugas administrasi secara efektif sehingga diharapkan muncul perkembangan teknis, manajemen modern dan perkembangan sosial.


8. Tipe Demokratis: Tipe pemimpin ini berorientasi pada manusia dan memberikan bimbingan pada pengikutnya. Tipe pemimpin ini juga menekankan pada rasa tanggung jawab dan kerjasama yang baik antar karyawan.



DAFTAR PUSTAKA

Syarif,Abdullah. 2014. Peranan Komunikasi dalam Kepemimpinan. staihubbulwathanin Jurnal Volume 6. Dalam https://jurnalalishlah.wordpress.com/2014/09/06/peranan-komunikasi-dalam-kepemimpinan/

https://lucakristiani.wordpress.com/2014/06/07/kepemimpinan-dalam-kewirausahaan/

https://id.wikipedia.org/wiki/Proses_bisnis




Tidak ada komentar:

Posting Komentar