Rabu, Mei 16

MANAJEMEN BISNIS

MANAJEMEN BISNIS


ABSTRAK
Manajemen ialah sebuah seni untuk mengatur sesuatu,  baik  orang ataupun pekerjaan.  Manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan suatu organisasi dengan cara bekerja dalam team.
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa inggris (business), dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Manajemen bisnis ialah kegiatan dalam merancang, mengelola dan mengoperasikan sebuah usaha atau bisnis. Dia mencangkup semua pengaturan baik dari dalam proses pengerjaan suatu bisnis untuk mencapai suatu tujuan yang kamu inginkan. Dari usaha besar sampai usaha kecil pun harus menggunakan manajemen bisnis agar laju usaha kamu mempunyai target dan dapat memenuhinya.
KATA KUNCI :
manajemen, bisnis, manajemen bisnis


PENDAHALUAN
Pada era globalisasi saat ini, masyarakat Indonesia masih bingung manfaat dan tujuan dari bisnis. Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang memiliki kekayaan alam yang berlimpah jika kita tidak pandai mengatur semuanya, maka bangsa kita akan jatuh dalam keterpurukan dalam berbagai hal seperti perekonomian dan kemiskinan. Jika kita lihat pertumbuhan ekonomi saat ini, jumlah pengangguran di Indonesia sangat banyak. Akan tetapi pemerintah sampai saat ini belum bisa mengatasi masalah tersebut. Dan saat ini masih banyak masyarakat yang menganggap pekerjaan yang menjanjikan adalah menjadi pegawai negeri sipil, padahal masih banyak pekerjaan lainnya seperti berwirausaha. Sebenarnya peluang untuk berwirausaha jauh lebih banyak dibandingkan dengan pekerjaan lain, namun kebanyakan orang terlalu cepat menyerah di saat usahanya tidak berjalan sesuai harapannya.

Suatu bisnis/usaha tidak hanya membutuhkan modal saja, akan tetapi dibutuhkan pula manajemen yang baik. Selain itu juga membutuhkan kreativitas untuk menghasilkan produk-produk yang berkualitas.

Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah di tetapkan. Sedangkan bisnis merupakan suatu aktivitas yang selalu ada di sekitar kita.

MASALAH
Banyak sekali mahasiswa yang ingin berwirausaha tetapi tidak memiliki serta tidak ahli dalam mengatur manajemen waktu serta manajemen keuangan yang mereka miliki. Sehingga banyak sekali permasalahan yang muncul didalam menjalankan bisnis tersebut, dan pada ujungnya akan menyebabkan kebangkrutan pada usaha tersebut. Maka dari itu sejak saat kita haruslah mengetahui bagaimana manajemen-manajemen terkait bisnis yang kita jalani.

PEMBAHASAN
Apa itu Bisnis?
Bisnis yang merupakan asal kata dari Bahasa Inggris yaitu “Business” dari kata busy yang berarti sibuk secara individu, komunitas, atau masyarakat. Dapat diartikan juga sibuk dalam mengerjakan aktivitas dalam pekerjaan yang mendatangkan sebuah keuntungan, baik pribadi maupun sekitarnya.

Apa itu Manajemen?
Manajemen secara umum adalah proses merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, dan mengendalikan kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien dengan menggunakan sumber daya organisasi.

Mengapa Manajemen diperlukan?
1.      Untuk mencapai tujuan
2.      Menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang bertentangan
3.      Untuk mencapai efektifitas dan efisiensi

Bagaimana Mengukur Prestasi Kerja?
1.      Efektifitas       : kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan benar
2.    Efisiensi          :kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat (peralatan) untuk mencapai tujuan yang ditetapkan

Apa sajakah proses dari kegiatan Manajemen?
1.      Perencanaan : memikirkan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan, yang didasari oleh rencana ataupun pemikiran logis.
2.      Pengorganisasian : proses pengaturan dan proses kerja untuk mencapai suatu tujuan yang ingin dicapai.
3.      Pemimpinan : mencakup hal mengenai mengarahkan, mempengaruhi, serta memotivasi karyawan untuk menjalankan tugas-tugas pokok.
4.      Pengendalian : memastikan bahwasannya setiap anggota menjalankan tugas sesuai sasaran atau tujuannya dan tidak melenceng kepada hal yang tidak berkaitan.

Apa itu Fungsi Manajemen?
Fungsi manajemen adalah serangkaian kegiatan yang dijalankan dalam manajemen berdasarkan fungsinya masing-masing dan mengikuti tahapan-tahapan tertentu dalam pelaksanaannya.

Apa sajakah Fungsi Manajemen?
1.      Memimpin (Leading)
Kegiatan utama memipin meliputi: Mengambil keputusan, memberikan motivasi, mengembangkan orang lain melalui penilaian hasil kinerja, memberikan saran dan pemberian latihan atau training.

2.      Perencanaan (Planning)
Kegiatan utama perencanaan meliputi: Meramalkan untuk waktu yang akan datang, membuat target dan sasaran,  membuat rencana urutan kegiatan yang diperlukan untuk pencapaian target, mengatur urutan waktu pelaksanaan atau time table, menyusun rencana anggaran biaya, membuat Standard Operating Procedure (SOP) tentang pelaksanaan pekerjaan.  
3.      Pengorganisasian (Organizing)
Kegiatan mengatur dan menghubungkan suatu pekerjaan lebih efektif dan efesiensi meliputi: Desain Struktur Organisasi, menentukan job description dari masing-masing jabatan untuk mencapai sararan organisasi, menetapkan pertangungjawaban untuk hasil yang dicapai, mendeskripsikan hal-hal yang dianggap efektif sehubungan dengan pemanfaatan sumber daya manusia guna pencapaian sasaran.

4.      Mengawasi (Controlling)
Melakukan pengawasan diantaranya meliputi: Perkembangan pekerjaan, pengukuran hasil pekerjaan, melakukan tindakan perbaikan dan mengoreksi kesalahan.

Apa saja tingkatan Manajemen?
1.      Manajer lini – pertama
Tugasnya mengarahkan karyawan operasional, seperti: mandor.
2.      Manajer menengah
Tugasnya mengarahkan yang mengimplementasikan kebijakan organisasi, seperti: kepala sub divisi.
3.      Manajer puncak
Tugasnya bertanggung jawab atas keseluruhan manajemen dari organisasi, seperti: direktur utama
Apa saja Tingkatan dan Keterampilan Manajer?
1.    Tehnis
Kemampuan menggunakan alat, dan tehnis suatu bidang tertentu.
2.    Manusiawi
Kemampuan untuk bekerja sama dengan oranglain, memahami oranglain, serta memotivasi oranglain, baik perseorangan maupun kelompok.
3.    Konseptual
Kemampuan untuk mengkoordinasi dan memadukan semua kepentingan organisasi.

Hal apa saja yang menentukan bisnis akan berjalan lancar?
1.      Analisis SWOT
2.      Keuntungan laba yang kita peroleh
3.      Softskill atau kemampuan yang kita miliki
4.      Serta lingkungan yang mendukung

CONTOH KASUS
Chairul Tanjung lahir di Jakarta pada tanggal 16 Juni 1962. Orang tua Chairul Tanjung bernama A.G Tanjung (Ayah) yang berketurunan Batak sedangkan ibunya bernama Halimah adalah orang Sunda tepatnya Sukabumi.
Awalnya keluarga Chairul Tanjung adalah keluarga yang berlebih, ayahnya adalah seorang wartawan di jaman Presiden Soekarno dan juga menerbitkan majalah lokal yang oplahnya lumayan. Namun kemudia saat era Soeharto, surat kabar dari ayah Chairul Tanjung dicurigai sebagai antek orde lama dan akhirnya dipaksa untuk tutup. Dari sinilah perekonomian keluarganya menjadi berubah seratus delapan puluh derajat. Rumah yang cukup luas yang didiami keluarganya terpaksa harus dijual untuk membayar hutang dan memenuhi kebutuhan hidup. Akhirnya Chairul Tanjung bersama saudara dan orang tuanya harus pindah ke kamar losmen yang sangat sempit.

Walau tengah dihimpit kesulitan ekonomi namun ayah dan ibunya ingin anak-anaknya mengenyamm pendidikan setinggi mungkin. Oleh karena itu saat Chairul lulus dari SMA Boedi Oetomo pada tahun 1981, ia kemudian melanjutkan studinya di Kedokteran gigi Universitas Indonesia.  Chairul termasuk mahasiswa yang pandai. Ia sempat mendapat penghargaan sebagai mahasiswa teladan tingkat nasional pada tahun 1984-1985.

Kuliah Sambil Berbisnis

Untuk menopang uang sakunya yang jauh dari cukup, Chairul pun berkuliah sambil berbisnis. Awalnya ia berjualan buku kuliah stensilan, kemudian juga berjualan kaos. Ia bersama temannya kemudian juga membuka usaha foto copy di kampusnya. Ia juga membuka kios di daerah Senen Raya Jakarta Pusat yang menyediakan aneka kebutuhan dan peralatan kedokteran dan laboratorium.
Walau ia harus mmebagi waktu antara kuliah dan berbisnis, namun Chairul bisa menyelesaikan kuliah nya di kedokteran gigi dengan baik. Ia kemudian menyandang gelar Sarjana kedokteran dibelakang namanya. Namun karena darah bisnis rupanya lebih kental, ia kemudian memutuskan untuk menjemput rejeki dari bisnis bukan sebagai dokter gigi.
Chairul kemudian lebih memantabkan bisnisnya dengan mendirikan PT Pariarti Shindutama bersama tiga temannya pada tahun 1987. Bisnis ini bermodalkan hutangan dari bank Exim sebesar 150 juta. Perusahaan Chairul dan temennya ini memproduksi sepatu anak-anak untuk diekspor. Mereka patut berbangga karena begitu mendirikan usaha ini mereka langsung menerima orderan sebesar 160 ribu pasang sepatu dari Itali. Namun kemudian Chairul memutuskan untuk berpisah dan mendirikan usaha sendiri karena ternyata ketiga temannya memiliki visi yang berbeda dengan dirinya.

DAFTAR PUSTAKA





Tidak ada komentar:

Posting Komentar