Minggu, Mei 27

Pentingnya Dasar Manajemen dan Fungsi Manajemen Bisnis


Pentingnya Dasar Manajemen dan Fungsi Manajemen Bisnis



 @J01-Yuli
@J02-Endra
@J03-Oky
@Startup-J01
@Proyek-J07








ABSTRAK
Dalam segala organisasi diperlukan sebuah kerangka kerja yang terdiri dari anggota organisasi dengan berbagai tugas yang melekat pada divisi masing-masing anggota yang memiliki tujuan yang relevan dengan tujuan dari organisasi tersebut, hal tersebut bisa kita sebut sebagai manajemen organisasi. Apabila sebuah organisasi tidak memiliki manajemen organisasi yang baik, dapat diumpamakan organisasi tersebut seperti smartphone yang sering terjadi gagal fungsi yang diakibatkan karena adanya kesalahan pada saat perakitan awal yang berakibat pada kinerja smartphone dalam bekerja.



PEMBAHASAN
Manajemen adalah sebuah kegiatan dimana didalamnya terdapat sebuah proses yang terdiri dari merencanakan, mengorganisasi, memimpin, mengendalikan, dan mengevaluasi hasil kerja anggota organisasi untuk mencapai tujuan tertentu.
Fungsi dan proses kegiatan mamajemen:
1.      Merencanakan
Setiap organisasi pasti memiliki tujuan dan berbagai masalah yang harus dipecahkan dengan solusi yang tepat dan efektif. Untuk mendapatkan solusi tersebut kita harus memisahkan antara hal-hal yang bersifat irasional dengan rasional ataupun fakta dengan opini,tentunya untuk dapat memecahkan masalah tersebut secara efisien dibutuhkan sebuah diskusi antara anggota kelompok  agar solusi yang dapat ditampung  semakin beragam.

2.      Mengoganisasi
Untuk dapat menjalankan solusi secara efektif, diperlukan pembagian tugas antar anggota organisasi yang dibagi ke dalam berbagai divisi sesuai dengan bidang ilmu yang dikuasai. Selain itu dibutuhkan lingkungan organisasi yang kundusif baik dari segi iklim suasana kerja maupun efisiensi kordinasi antar difisi kerja agar tercipta suasana kerja yang dapat meningkatkan kualitas kerja anggota organisasi.

3.      Memimpin
Agar proses pengimplementasian program kerja dapat berjalan dengan lancar diperlukan campur tangan pemimpin organisasi dalam memotivasi anggota organisasi baik secara langsung maupun tidak langsung salah satunya dengan menjelaskan apa saja keuntungan dan manfaat yang bisa mereka dapatkan sebagai kompensasi dari hasil kerja keras yang mereka lakukan, contoh kasusnya sepertiperusahaan transportasi online yang memberikan bonus kepada mitranya apabilahasil kerjanya dapat melebihi target yang ditentukan.

4.      Mengendalikan dan Mengevaluasi
Setelah anggota organisasi memproses masalah yang diberikan menjadi solusi, dibutuhkan pengendalian terutama dari lini organisasi tingkat atas untuk memastikan bahwa tidak ada prosedur yang terlewati maupun salah dari proses kerja anggota organisasi agar hasil yang didapat sesuai dengan yang diharapkan. Tetapi walaupun proses manajemen dirasa sudah berjalan sesuai dengan prosedur terkadang solusi yang didapatkan dari hasil kerja tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, untuk itu diperlukan evaluasi untuk dapat menyempurnakan hasil kerja hingga sesuai dengan apa yang diharapkan.

Kisah Pebisnis Sukses




















                  Sehat Sutarja, pengusaha kelahiran jakarta tahun 1961 ini adalah Co-Founder dari Marvell Technology Group. Di usianya yang ke-19 tahun, Sehat sutarja memutuskan untuk melanjutkan pendidikan kuliahnya di Amerika Serikat.  setelah ia menyelesaikan studinya di Lowa State University dan mendapatkan gelar doktor di University of California, Pada tahun 1995 Ia beserta Pantas Sutardja (kakaknya) dan Weili Dai (istrinya) mendirikan perusahaan di bidang IT yang diberi nama Marvell Technology Group. Dengan modal sejumlah USD 350.000, kini Marvell Technology Group perusahaan yang telah dirintisnya berkembang menjadi perusahaan besar dengan pendapatan miliaran dolar AS. Walaupun pada tahun 2016 sehat sutarja mengundurkan diri dari jabatannya sebagai CEO, namun keberhasilannya dalam dunia IT tetap dihargai oleh ligkungan sekitarnya, salah satunya adalah dinamakannya salah satu bangunan di University of California dengan nama “Sutardja Dai Hall”.

KESIMPULAN
Setiap organisasi memerlukan manajemen yang tepat dan sesuai dengan karakteristik maupun tujuan yang ingin dicapai organisasi tersebut,oleh karenanya dibutuhkan perumusan struktur manajemen yang mendalam sebelum diaplikasikan kedalam organisasi karena sebagus apapun visi dan misi maupun tujuan organisasi tersebut, bila tidak memiliki sistem manajemen yang sehat, perkembangan organisasi tersebut menjadi tidak optimal yang dapat berakibat pada keberlangsungan organisasi tersebut pada masa mendatang.

DAFTAR PUSTAKA
·         Pell,Arthur R.2007.Think And Grow Rich.Jakarta:UFUK PRESS
·         https://scholar.google.co.id




Tidak ada komentar:

Posting Komentar