Selasa, Mei 15

Pentingnya Perencanaan dalam memulai BISNIS




Bagi Pemula Bisnis, perencanaan bisnis penting untuk diperhatikan
Abstrak
Dalam Memulai suatu usaha bisnis banyak hal yang harus diperhatikan, termasuk wajib mengetahui lagkah-langkah manajemen dan strategy bisnis agar bisnis dapat terus kokoh sehingga dapat bersaing dalam era globalisasi,
Kata kunci :
Perencanaan bisnis, Strategy bisnis, organisasi bisnis
Pendahuluan:
Pada era globalisasi yang terus berkembang , Para pengusaha harus terus memperbanyak strategy bisnis yang tepat agar dapat terus bersaing, Dalam melakukan bisnis perlu dilakukan perencanaan yang terstruktur sehingga terdeskripsi beberapa aspek penting, yaitu manajemen, keuangan, dan pemasaran, serta hal yang berkaitan dengan resiko yang dihadapi. Menurut Mujahidin (2005) ada tujuh uraian pokok yang perlu direncanakan sebelum melakukan bisnis;
a.       organisasi bisnis,
b.      lingkungan bisnis,
c.       perencanaan manajemen
d.      perencanaan sumber daya manusia
e.       perencanaan pemasaran,
f.       perencanaan keuangan,
g.      perencanaan kebutuhan teknologi dan jaminan resiko
.
Perencanaan diatas cukup luas jangkauannya sehingga memungkinkan bisnis yang dijalankan akan mencapai tahapan internasional jika rencana bisnis diatas dilakukan dengan baik, selain perencanaan yang matang tahap awal memulai bisnis yaitu mempunyai ide bisnis yang kompetitif dan mempunyai keunggulan dalam cakupan internasional
Pembahasan
Milton Friedman dalam A Sonny Keraf (1998: 128) dalam supono (2011) menyatakan bahwa tujuan utama dari kegiatan bisnis adalah mengejar keuntungan sebesar-besarnya dengan seefisien mungkin, selain itu bisnis adalah kegiatan ekonomi bukan kegiatan sosial sehingga keberhasilan suatu bisnis tidak diukur berdasarkan keterlibatan sosialnya. Apabila kegiatan bisnis hanya untuk bisnis semata-mata, maka dalam jangka panjang perusahaan tersebut akan gulung tikar dan tidak mampu mempertahankan eksistensinya. Hal ini disebabkan oleh gencarnya persaingan usaha di dunia bisnis, sehingga mereka yang dapat menerima dan menyesuaikan diri dengan permintaan pasarlah yang akan memenangkan kompetisi.

Sebelum memulai suatu bisnis ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penyusunan rencana bisnis yang akan dikembangkan menurut Mujahidin (2005) :
a.       Menyiapkan template perencanaan bisnis yang sesuai dengan cakupan yang dibutukan
b.      Melakukan survey dan riset untuk mendapatkan informasi yang luas
c.       Mengemas perencanaan bisnis secara menarik sehingga mampu memberikan keyakinan pada pihak lain
d.      Konsultasi dengan para pakar sesuai dengan bidang bisnis yang kebutuhan
e.       Menerangkan strategi yang berkaitan dengan rencana promosi dan iklan
f.       Menerangkan proyeksi aliran kas bulanan selama satu tahun
g.      Melakukan modifikasi perencanaan bisnis disesuaikan dengan perubahan kondisi
h.      Tidak berpikir terlalu optimis terhadap estimasi penjualan yang tinggi, dan juga estimasi biaya yang rendah
i.        Tidak terlalu menekankan pada proyeksi jangka panjang, tapi lebih berfokus pada proyeksi
Sedangkan dalam tahapan perencanaan bisnis ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya:
·         Nama bisnis yang dipilih, dimana nama ini harus spesifik dan representatif dengan ruang usaha yang dilakukan serta bercirikan global.
·         Deskripsi umum binis Deskripsi umum bisnis menjelaskan proses bisnis secara umum.
·         Keunggulan bisnis dibanding dengan competitor Serta dilanjutkan dengan penjelasan keunggulan bisnis yang akan dilakukan dibandingkan dengan kompetitor lain.

Studi kasus
PERUSAHAAN SUSU KEDELAI “SARI ALAMI”
Perusahaan Susu Kedelai “SARI ALAMI” direncanaka bertempat di Perumahan Telang Indah Gg. 3 Blok G no. 2 milik Sugiarto. Struktur organisasinya terdiri dari pimpinan kemudian di bawahnya diikuti bagian-bagian yang dibantu pekerja. Bagian-bagian itu antara lain ; bagian produksi, bagian pengadaan bahan baku, bagian keuangan, dan bagian pemasaran.
Usaha ini dipilih karena  prospek pengolahan kedelai menjadi susu kedelai sekarang ini cukup menjanjikan, kandungan gizi yang terkandung didalamnya memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan manusia serta mudah dalam pembuatanya. Hanya dengan teknologi dan peralatan yang sederhana, serta tidak diperlukannya keterampilan khusus, siapapun dapat melakukan pengolahan kedelai menjadi susu kedelai.
Susu kedelai yang telah diproduksi akan dipasarkan dengan dibungkus plastik ukuran ½ kg. Pada plastik akan disablon dengan label: Susu Kedelai “SARI ALAMI”. Sasaran pasar poduk susu kedelai ini utamanya adalah mahasiswa kampus universitas Trunojoyo dan Masyarakat sekitar Kamal-Bangkalan. Tempat penjualannya di kampus, bisa dititip di etalase Fakultas Pertanian atau di Kopma, di toko atau warung-warung di sekitar perumahan Telang-Kamal-Bangkalan, atau bahkan di supermarket- supermarket terdekat. Adapun harga jual dari produk susu kedelai ini adalah Rp. 3.000 @ ukuran plastik ½ kg.
Promosi akan dilakukan dengan menempel pamflet-pamflet di pinggir jalan dan tempat-tempat strategis lainnya. Selain itu juga akan memanfaatkan buletin yang terbit di kampus dan media internet sebagai sarana e-business.
Peluang pasar untuk produk yang berbahan dasar kedelai ini sangatlah besar melihat budaya masyarakat yang konsumtif dan peluang pasar yang menjanjikan. Selain itu daya beli komsumen terhadap produk ini cukup bervariasi dari konsumen elite hingga konsumen menegah bawah. Produk ini dapat dikonsumsi oleh semua golongan karena harganya yang relatif terjangkau serta memiliki nilai kepuasan yang tinggi.
Total biaya usaha ini adalah Rp. 15.298.625 perbulan dan penerimaan per bulan Rp. 18.300.000 , sehingga pendapatan perbulannya adalah Rp. 3.001.375. Dengan R/Cratio sebesar 1,197 dapat dilihat bahwa bisnis yang dipilih layak untuk dilakukan karena pelaku usaha dapat meraup keuntungan dari usaha yang dilakukan (R/C ratio > 1).

Kesimpulan
Dalam pembuatan perencanaan bisnis harus memperhatikan hal-hal penting. Sebelum membuat perencanaan bisnis harus terlebih dahulu menganalisa kondisi lingkungan bisnis antara lain yaitu lingkungan ekonomi, lingkungan industri, lingkungan global karena dengan mengetahui kondisi dari lingkungan, kita dapat mengetahui kelebihan, kekurangan, kesempatan, maupun hambatan dari usaha yang akan kita bangun.


Daftar pustaka
Mujahidin,2011, PERENCANAAN BISNIS ORGANISASI, LINGKUNGAN BISNIS,MANAJEMEN, DAN SUMBER DAYA MANUSIA, jurnal teknik informasi Universitas Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
Supono boedyo,2011, PERANAN MODAL SOSIAL DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN DAN BISNIS
, Jurnal ekonomi dan kewirausahaan Universitas Selamet Riyadi Surakarta



Tidak ada komentar:

Posting Komentar