Rabu, Juni 6

MANAJEMEN PEMASARAN = SARANA PENILAIAN KONSUMEN


MANAJEMEN PEMASARAN = SARANA PENILAIAN KONSUMEN


@J01-Yuli
@J02-Endra
@J03-Oky
@Startup-J01
@Proyek-J10








ABSTRAK
Artikel ini akan membahas tentang pengertian dari PERANAN PEMASARAN Peranan pemasaran saat ini tidak hanya menyampaikan produk atau jasa agar sampai ke tangan konsumen tetapi juga bagaimana produk atau jasa tersebut dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan menghasilkan laba. Sasaran dari pemasaran adalah menarik pelanggan baru dengan menjanjikan nilai superior, menetapkan harga menarik, mendistribusikan produk dengan mudah, mempromosikan secara efektif serta mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan tetap memegang prinsip kepuasan pelanggan.
Kata Kunci :kegiatan mengorganisaikan, mengarahkan, mengkoordinir.



PEMBAHASAN
Pemasaran adalah suatu proses dan manajerial yang membuat individu atau kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain atau segala kegiatan yang menyangkut penyampaian produk atau jasa mulai dari produsen sampai konsumen.suatu usaha untuk merencanakan, mengimplementasikan serta mengawasi atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu organisasi agar tercapai tujuan organisasi secara efesien dan efektif. Di dalam fungsi manajemen pemasaran ada kegiatan menganalisis yaitu analisis yang dilakukan untuk mengetahui pasar dan lingkungan pemasarannya, sehingga dapat diperoleh seberapa besar peluang untuk merebut pasar dan seberapa besar ancaman yang harus dihadapi.


Penjelasan fungsi pemasaran yang merupakan kegiatan terpadu dan saling mendukung, antara lain:
a.       Perencanaan pemasaran Penentuan segala sesuatu sebelum dilakukan kegiatan-kegiatan pemasaran meliputi: tujuan, strategi, kebijaksanaan serta taktik yang dijalankan. Tujuan: - Meniadakan ketidakpastian masa datang bila ada perubahan- perubahan karena situasi dan kondisi perusahaan maupun diluar perusahaan maupun diluar perusahaan tidak menentu. - Karena tujuan organisasi sudah difokuskan maka dengan perencanaan akan menghindari adanya penyimpangan tujuan. - Rencana walaupun mahal tetapi ekonomis karena segala kegiatan telah terfokuskan dengan segala biaya- biayanya. Rencana pemasaran terinci diperlukan untuk setiap bisnis, produk atau merk.
b.      Implementasi pemasaran Adalah proses yang mengubah strategi dan rencana pemasaran menjadi tindakan pemasaran untuk mencapai sasaran. Implementasi mencakup aktivitas sehari-hari, dari bulan ke bulan yang secara efektif melaksanakan rencana pemasaran. Kegiatan ini dibutuhkan program tindakan yang menarik semua orang atau semua aktivitas serta struktur organisasi formal yang dapat memainkan peranan penting dalam mengimplementasikan strategi pemasaran.

Implementasi yang sukses tergantung dari beberapa kegiatan kunci yaitu: v Pengorganisasian kegiatan pemasaran, yaitu: Ø Proses menciptakan hubungan antara fungsi personalia dan faktor fisik (sarana), agar kegiatan pemasaran yang harus dilaksanakan bisa mencapai tujuan yang benar, meliputi: pembagian kerja, wewenang, tanggung jawab dan pelaporan kerja. Tujuan: setiap orang di dalam organisasi bertanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan pemasaran yang telah dibebankan kepadanya sehingga tidak overlapping pekerjaan.
Bentuk umum dalam departemen pemasaran yang modern, antara lain ;
lain:
1.      Organisasi fungsional dimana berbagai aktivitas pemasaran yang berbeda dikepalai oleh spesialis fungsional: manajemen penjualan, periklanan, riset pemasaran, pelayanan terhadap pelanggan, manajemen produk baru.
2.      Organisasi geografik, dimana karyawan bagian penjualan dan pemasaran diberi tugas di negara, wilayah atau distrik tertentu.
3.      Organisasi manajemen produk, karyawan ini mengembangkan pemasaran dan strategi lengkap untuk produk atau merk tertentu, bila perusahaan ini mempunyai banyak produk atau merk yang amat berbeda.
4.      Bila firm yang menjual satu lini produk kepada banyak tipe pasar berbeda yang mempunyai organisasi manajemen pasar. Manajer ini bertanggung jawab untuk mengembangkan rencana jangka panjang dan tahunan untuk keunggulan utama dari sistem ini adalah bahwa perusahaan diorganisasikan disekitar kebutuhan spesifik segmen pelanggan.

v  Pengarahan kegiatan pemasaran, yaitu: Ø Usaha yang berhubungan dengan segala sesuatu kegiatan pemasaran agar semuanya itu dapat dilakukan dengan baik, meliputi:
v  Pemberian perintah secara baik, harus ada follow up-nya, secara senderhana, perlu penjelasan sehingga ada pengertian dan sifatnya harus konsultatif.
v   Motivasi
v   Kepemimpinan Dengan pengarahan segala kegiatan yang menyimpang akan terdeteksi dan pimpinan dapat memberikan motivasi untuk menghasilkan sesuatu yang sesuai dengan harapan serta agar terjadi harmonisasi antar anggota organisasi/firm.



Kisah Pebisnis sukses
 










Bob Sadino, panggilanpriakelahiran Lampung 9 Maret 1933 ini. Saatberusia 19 tahundiamewarisiseluruhhartakekayaankeluarganyakarenadianggapolehsaudarakandung yang lain sudahcukupmapansehinggahartatersebutdiperolehnya di tahun 1958. Bob kemudianmenghabiskansebagianhartanyauntukberkelilingduniadanmembuatnyasinggah di Belandadanmenetap di sanaselamakuranglebih 9 tahun. Selama di sanadiabekerja di Djakarta Lylpd di kota Amsterdam danjuga di Hamburg, Jerman.

Padatahun 1967, Bob bersama  keluargakembalike Indonesia denganmembawaserta 2 mercedesmiliknyaproduksitahun 1960-an demi membelisebidangtanah di daerahKemang, Jakarta Selatan. Dan mobilsatunyadisimpanolehnya. Setelahmenetapdantinggal di bilanganKemang, Bob memutuskanuntukkeluardarpekerjaannyadanmemilikitekadbesaruntuk  bekerjasecaramandiri.

Pekerjaanpertama yang dilakukanoleh Bob setelahmemutuskanuntukkeluardaripekerjaansebelumnyaadalahmenyewakanmobilnyadandiasendirimenjadisopirnya. Sangatdisayangkan,suatusaat Bob mengalamikecelakaandanmenyebabkanmobilnyarusakparah. Karenatidakmemilikiuangsepersenpun, Bob beralihpekerjaanmenjaditukangbatu. Gaji yang hanya Rp.100 menyebabkandiasempatdepresiolehtekananhidup.

Suatuketika, seorangkawannyamenawarkanuntukberjualantelurayamnegeriuntukmelawandepresi yang dialami. Bob mulaitertarikdanmulaimengembangkanbisnistersebutdenganjalanmengembangkanusahapeternakanayam. Dengancaramenjualdaripintukepintu, Bob mengenalkanbarangdagangannya yang hanyadibeliolehekspatriat-ekspatriat di kawasanKemang, sertabeberapa orang Indonesia yang pernahbekerja di luarnegeri.
Tidakjarangpasangantersebutdimakipelanggan, babu orang asingsekalipun. Namunmerekamengacapadadirisendiri, memperbaikipelayanan. Perubahandrastis pun terjadipadadiri Bob, daripribadifeodalmenjadipelayan. Setelahitu, lama kelamaan Bob yang berambutperak, menjadipemiliktunggal super market (pasarswalayan) Kem Chicks. Iaselalutampilsederhanadengankemejalenganpendekdancelanapendek.

Bisnispasarswalayan Bob berkembangpesat, merambahkeagribisnis, khususnyaholtikutura, mengelolakebun-kebunsayurmayuruntukkonsumsi orang asing di Indonesia. Karenaituiajugamenjalinkerjasamadengan para petani di beberapadaerah.

Bob percayabahwasetiaplangkahsuksesselaludiawalikegagalan demi kegagalan. Perjalananwirausahatidaksemulus yang dikira. Iadanistrinyaseringjungkirbalik. Baginyauangbukan yang nomorsatu. Yang pentingkemauan, komitmen, beranimencaridanmenangkappeluang.

Selainmengenalkantelurayamnegeri, Bob adalah orang pertama yang menggunakanperladangansayurdengansistemhidroponik di Indonesia yang berkembanghinggasekarang.

Catatanawaltahun 1985 menyebutkan, rata-rata per bulanperusahaan Bob menjual 40-50 ton dagingsegar, 60-70 ton dagingolahan, dansayuransegar 100 ton. Hal itulah yang membuat Bob yakindanpercayauntukmengembangkanbisnisnyahinggasaatini.
Pengusahanyentrik Bob Sadinoinimenghembuskannafasterakhirnyapada 19 Januari 2015 di RS Pondok Indah, Jakarta.


KESIMPULAN
Manajemen pemasaran merupakan manajemen finishing dari sebuah sistem manajemen pada sebuah manajemen organisasi. Manajemen pemasaran memiliki peran penting dalam memastikan bahwa produk yang diproduksi dapat sampai ke tangan konsumen. Oleh karenanya salah satu penentu baik atau tidaknya sebuah perusahaan di mata masyarakat ditentukan oleh seberapa baik kinerja dari manajemen pemasaran perusahaan tersebut.


DAFTAR PUSTAKA













Tidak ada komentar:

Posting Komentar