Kamis, Juli 12

FUNGSI MANAJEMEN


@Starup-L13, @Proyek-L08
Devi Yanti Naibaho
Daffa Aziz Tanjung 
Lestari Febrina Tanjung 
Naqi Min Gil
ABSTRAK
Oganisasi dapat diartikan sebagai sekumpulan orang-orang atau kelompok yang menjalankan rangkaian kegiatan tertentu dalam mencapai tujuan. Organisasi tersebut memerlukan manajemen agar tujuan dari organisasi tersebut dapat dicapai denagn efektif dan efesien.
KATA KUNCI
Manajemen fungsional
1.      PENDAHULUAN
Manajemen itu sendiri dijalankan oleh seorang manajer agar dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Oleh sebab itu manajer haruslah memiliki keahlian-keahlian tertentu agar manajemen itu dijalankan dengan baik. Akan tetapi pada kenyataanya para manajer dewasa ini lebih banyak yang mengandalkan pada pengalaman meraeka saja, karena orang-orang yang mengerti pada bidang ini malah berprofesi pada bidang lainya.
Adaikan saja pengalaman ini di satukan dengan berbagai konsep manajemen secara teoritis akan lebih menghasilkan manajer-manajer yang tangguh dan berpengetahuan. Dengan dibuatnya makalah ini diharapkan akan meningkatkan pengetahuan tentang manajemen dan konsep yang ada di dalamnya.
2.      RUMUSAN MASALAH
·         Apa pengertian manajemen ?
·         Bagaimana manajemen secara fungsional dan operasional ?
·         Bagaimana peran manajer dalam organisasi ?
·          Bagaiana peran manajer sebagai pelaksana manajemen ?

3.      PEMBAHASAN
Manajemen secara pengertian, sebagaimana dikemukakan oleh Mary Parker Follet (1997), adalah seni menyelesaikan sesuatu melalui orang lain. Management is the art of getting things done through people. Segala sesuatu yang perlu dilakukan  dalam rangka pencapaian tujuan tertentu.
Tujuan tersebut sangat beragam, tergantung dari jenis sebuah organisasi. Apabila kita ambil contoh organisasi bisnis, maka di antara tujuan organisasi bisnis adalah meraih profit. Nah hal-hal yang harus dilakukan oleh organisasi dalam rangka meraih profit adalah sesuatu yang harus diselesaikan. Kegiatan-kegiatan yang biasanya dilakukan oleh sebuah oraganisasi bisnis di antaranaya adalah kegiatan produksi, pemasaran, pengelolaan sumber daya manusia, hingga pengelolaan keuangan yang mungkin dimiliki oleh organisasi bisnis tersebut.
 Semua kegiatan-kegiatan tersebut diselesaikan karena pada praktiknya akan menunjang kepada pencapaian tujuan dari organisasi bisnis, yaitu pencapaian profit. Karena pada praktiknya, selain pengertian organisai adalah sekumpulan orang-orang, pekerjaan untuk menyelesaikan sesuatu itu bukan sesuatu yang mudah, terlebih jika apa yang harus diselesaikan oleh satu orang. Fungsi-fungsi manajemen adalah serangkaian kegiatan yang dijalankan dalam manajemen berdasarkan fungsinya masing-masing dan mengikuti satu tahapan-tahapan tertentu dalam pelaksanaanya. Fungsi-fungsi manajemen, sebagaimana diterangkan oleh Nickles dan McHugh (1997), terdiri dari empat fungsi, yaitu :
  • Perencanaan atau planning, yaitu proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktis yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi. Di antara kecenderungan dunia bisnis sekarang, misalnya bagaimana merencanakan bisnis yang ramah linggkunagan, bagaimana merancang organisasi bisnis yang mampu bersaing dalam persaingan global, dan lain sebagainya.
  • Pengorganisasian atau organizing, yaitu proses yang menyangkut bagaimana  strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur oraganisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan bisa memestikan bahwa semua pihak dalam organisasi bisa bekerja secara efektif dan efesien guna pencapaian tujuan organisasi.
Pada pelaksanaanya, fungsi-fungsi manajemen yang dijalankan meneurut tahapan tertentu akan sangat berbeda-beda jika didasarkan pada fungsi operasionalnya. Secara operasional, fungsi perencanaan untuk sumber daya manusia akan sangat berbeda dengan fungsi perencanaan untuk sumber daya fisik/alam atau untuk keuangan.
 Demikian juga akan berbeda jika dilihat dalam fungsi pengorganisasiannya, pengarahanya, hingga pengawasanya. Belum juga jika dilihat dari jenis organisasi fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan bagi organisasi politik akan berbeda dengan organisasi bisnis maupun organisasi sosial.  Berdasarkanya operasionalnya, maka manajemen organisasi bisnis dapat dibedakan secara garis besar menjadi fungsi-fungsi sebagai berikut:
  • Manajemen sumber daya manusia
  • Manajemen produksi
  • Manajemen pemasaran
  • Manajemen keuangan
Sebagaimana kita telah mengabil kata manajemen, maka kita pun tidak asing lagi dengan kata “manajer”. Manajemen pada dasarnya adalah subjek dari kegiatan manajemen. Artinya, manajer adalah orang yang melakukan kegiatan dari kegiatan manajemen. Lebih lengkapnya lagi manajer adalah individu yang bertanggung jawab secara langsung untuk memastikan kegiatan dalam sebauh organisasi dijalankan para anggota dari organisasi.
·          Dalam organisasi bisnis, para manajer bertugas untuk memastikan bahwa keseluruhan tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi dapat diwujudkan melalui rangkaian kegiatan manajemen, baik yang bersifat fungsional  maupun bersifat operasional, sebagaimana telah diterangkan sebelumnya. Begitu pula dengan organisasi selain bisnis, peran manajer tidak jauh berbeda dengan organisasi bisnis hanya istlihnyan saja yang sering dibedakan.
KESIMPULAN
Kegiatan organisasi memerlukan manajemen agar tujuan dari organisasi dapat tercapai secara efektif dan efesien. Pada pelaksanaan manajemen tersebut, terdiri dari beberapa proses yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengimplementasian, dan pengawasan yang disebut juga prosese fungsional dalam manajemen. Secara operasiaonal terdiri dari, manajemen sumber daya manusia, manajemen produksi, manajemen pemasaran, dan menejemen keuangan.
Kegiatan manajemen ini dijalankan oleh seorang manajer. Beberapa keahlian perlu dimuliki manajer agar dapat menjalankan fungsi-fungsi manajemen denagan baik. Keahlian-keahlian tersebut diantaranya adalah keahlian teknis, keahlian konseptual, keahlian berinteraksi, keahlian dalam pengambilan keputusan, keahlian dalam pengaturan waktu, keahlian dalam manajemen global, serta keahlian dalam teknologi.
Berdasarkan pengalaman para manajer dalam menjalankan organisasi kenyataan yang bisa dilihat di lapangan, manajemen dapat dipahami sebagai sebuah pengetahuan sekaligus juga pengalaman. Oleh karena itu, bagi mereka yang ingin menjadi seorang manajer, maka kedua aspek tersebut perlu uantuk dikuasai secara bersamaan.
Berdasarkan kenyataan bahwa manajemen adalah pengetahuan sekaligus juga pengalaman dalam praktik, ilmu manajemen memiliki sisi sebagai sains namun juga sebagai seni dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.
DAFTAR PUSTAKA
Kusuma. Triarti 2013. Makalah fungsi manajemen. Blogspot.com. dalam
Diakses, 28 Oktober 2013
Nathasa. Rara 2013. Manajemen fungsional. Wordpress.com. dalam
Diakses, 9 Januari 2013
Anonim. 2017. Managemen dan bisnis, bab iii manajemen fungsional. Wordpress.com. dalam
Diakses, 22 Desember 2017
Mapusa. 2013. Makalah tentang perkenalan dengan konsep manajemen. Wordpress.com. dalam
Diakses, 25 April 2013
Anonim. 2018. Manajemen fungsional. Rocketmanajemen.com. dalam
Diakses, 21 Maret 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar