Kamis, Juli 12

SDM, OPERASI DAN PRODUKSI DARI PANDANGAN MANAJEMEN


@Starup-L13, @Proyek-L09
Devi Yanti Naibaho
Daffa Aziz Tandjung 
Lestari Febrina Tanjung 
Naqi Min Gil

ABSTRAK
Dalam melaksanakan produksi suatu perusahaan, diperlukan suatu manajemen yang berguna untuk menerapkan keputusan – keputusan dalam upaya pengaturan dan pengkoordinasian penggunaan sumber daya dari kegiatan produksi yang dikenal sebagai manajemen produksi atau manajemen operasional.
KATA KUNCI
Manajemen SDM, Manajemen  Organisasi, Manajemen produksi
1.      PENDAHULUAN
Manajemen sebagai suatu proses sosial, meletakkan bobotnya pada interaksi orang-orang, baik orang-orang yang berada di dalam maupun di luar lembaga-lembaga formal, atau yang berada di atas maupun di bawah posisi operasional seseorang.
Manajemen adalah kosa kata yang berasal dari bahasa Perancis kuno, yaitu menegement yang berarti seni melaksanakan dan mengatur. Sejauh ini memang belum ada kata yang mapan dan diterima secara universal sehingga pengertiaanya untuk masing-masing para ahli masih memiliki banyak perbedaan.
2.      RUMUSAN MASALAH
·         Apa itu manajemen sumber daya manusia ?
·         Apa itu manajemen organisasi ?
·         Apa itu manajemen produksi ?

3.      PEMBAHASAN
Ø  Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen sumberdaya manusia adalah bagian dari ilmu manajemen yang secara khusus mengatur aspek manusianya. Hal ini adalah hasil dari perkembangan ilmu manajemen itu sendiri yang selama ini dikenal memiliki enam unsur, yaitu Men, Money, Method, Materials, Machines, Market. Unsur Men itulah yang membidani lahirnya ilmu sumberdaya manusia.
 Manajemen Sumberdaya Manusia adalah suatu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan atas pengadaan, pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pemutusan hubungan kerja, dengan maksud untuk mencapai tujuan organaisasi perusahaan secara terpadu (Umar, Husein. 1997). Menurut Drs. Malayu S.P. Hasibuan, Manajemen Sumberdaya Manusia adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan, dan masyarakat.
Peranan Sumberdaya Manusia
Menurut Arifin dan Fauzi (2007) peranan manajemen sumberdaya manusia adalah mengatur dan menetapkan program kepegawaian yang meliputi hal-hal sebagai berikut:
1. Menetapkan jumlah, kualitas dan penempatan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
2. Melakukan rekurtmen karyawan, seleksi dan penempatan pegawai sesuai kualifikasi pegawai yang dibutuhkan perusahaan.
3. Menetapkan program kesejahteraan, pengembangan, promosi dan pemutusan hubungan kerja.
Ø  Manajemen Organisasi
 Manajemen organisasi adalah proses pengorganisasian, perencanaan, memimpin dan mengendalikan sumber daya dalam suatu entitas dengan tujuan keseluruhan mencapai tujuan. Tujuan tersebut dapat bermacam-macam tergantung dengan organisasinya. organisasi adalah sekumpulan orang dari berbagai latarbelakang berbeda yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan. Ciri dari organisasi adalah setiap anggotanya harus bekerja dalam koordinasi yang dekat satu sama lain. Tidak lain gunanya untuk mencapai tujuan organisasi.
Jadi sangat penting untuk mengelola setiap anggotannya merasa sangat diperlukan dalam organisasi. Untuk mencapai hal tersebut maka digunakanlah yang namanya manajemen organisasi. Manajemen organisasi mampu memicu kemampuan terbaik dari anggota sehingga dapat memberikan hasil maksimal pada organisasi. Tujuan adanya manajemen organisasi ini adalah untuk memberikan rasa aman dan kesatuan kepada karyawan. Sehingga dalam kinerjanya dapat lebih efektif terutama saat melakukan koordinasi ke berbagai departemen.
Ø  Manajemen Produksi
Manajemen Operasional adalah suatu usaha pengelolaan secara maksimal penggunan semua faktor produksi yang ada baik itu tenaga kerja (SDM), mesin, peralatan, raw material (bahan mentah) dan faktor produksi yang lainnya dalam proses tranformasi untuk menjadi berbagai macam produk barang atau jasa.
 Tanggung Jawab Manajer Operasional :
ü  Menghasilkan barang atau jasa.
ü  Mengambil sebuah keputusan mengenai fungsi operasi serta sistem transformasi.
ü  Mengkaji pengambilan sebuah keputusan dari suatu fungsi operasinal.
Fungsi Produksi dan Operasional
ü  Proses produksi serta operasional
ü  Jasa penunjang dalam pelayanan produksi
ü  Planning (Perencanaan)
ü  Controlling (Pengendalian dan pengawasan)

KESIMPULAN
Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota-anggota organisasi dan penggunaan sumberdaya-sumberdaya organisasi agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Lima fungsi utama manajemen adalah Planning, Organizing, Staffing, Motivating, dan Controlling.
DAFTAR PUSTAKA
acaprak. Abi 2012. Manajemen operasional mananjemen operasi. Wordpress.com. dalam
Diakses, 10 Februari 2012
Fransisco. Maryo 2014. Manajemen pemasaran produksi keuangan. Blogspot.com. dalam
Diakses, 8 November 2014
Inawan. Runa 2012. Pengertian manajemen sdm manajemen keuangan manajemen operasi manjemen pemasaran dan manajemen akuntansi manajemen risiko peran dan fungsi perbankan. Wordpress.com. dalam 
Diakses, 29 september 2012
Muhtadin. Ahmad 2014. Manajemen operasional pemasaran. Blogspot.com. dalam
Diakses, 17 November 2014
Hidayani. Nurul 2014. Makalah manajemen ekonomi. Blogspot.com. dalam 
Diakses, 29 Oktober 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar