Kamis, Juli 5

Manajemen Pemasaran


Abstrak
Manajemen meliputi beberapa hal, yaitu menentukan target pemasaran, menyusun rencana pemasaran, dan juga melakukan evaluasi atas pemasaran yang dilakukan.
Kata Kunci
Manajemen pemasaran, produksi, konsumen, harga
Pendahuluan
Manajemen Pemasaran : Pemasaran harus dilakukan secara benar agar mampu memberikan hasil yang positif bagi usaha itu sendiri. Dengan kata lain, pemasaran memerlukan sebuah manajemen. Secara harfiah Pengertian manajemen pemasaran adalah upaya menerapkan strategi penjualan produk sesuai dengan target yang telah ditentukan. Sementara pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli merupakan strategi bagi perusahaan untuk memperoleh keuntungan atas produksinya, sehingga hal itu juga mampu menjaga eksistensinya di pasaran.
Permasalahan
1.       Apa pengertian dari manajemen pemasaran ?
2.       Apa sajakah fungsi manajemen pemasaran ?
3.       Bagaimana dengan konsep manajemen pemasaran ?
4.       Bagaimana strategi pemasaran?
Pembahasan
Pengertian manajemen pemasaran
Manajemen Pemasaran adalah merupakan alat analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan target pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan utama perusahaan yaitu memperoleh laba.
Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut para Ahli :
·         Manajemen pemasaran  adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980).
·         Manajemen Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, berkembang, dan mendapatkan laba (Dharmmesta & Handoko, 1982).
·         Manajemen Pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian program yang di design untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran, untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler & Amstrong)
Fungsi Manajemen Pemasaran :
1.       Fungsi Jual-Beli
Fungsi pertama dari manajemen pemasaran adalah dalam urusan jual-beli. Pada dasarnya jual-beli merupakan aktivitas yang bersifat timbal-balik antar produsen dengan konsumen. Proses ini dalam pemasaran dikenal dengan istilah pertukaran.
2.       Fungsi Pemrosesan Produk
Fungsi berikutnya dari manajemen ini adalah sebagai upaya untuk menerapkan pengelolaan produk yang baik dan benar. Pengelolaan produk yang dimaksud dimulai dari fase proses produksi, pengangkutannya, hingga aspek penyimpanannya.
3.       Fungsi Pengelolaan Pasar
Fungsi lainnya dari manajemen pemasaran adalah sebagai upaya pengelolaan pasar. Melalui manajemen ini seseorang mampu mengelola pasar yang akan dituju untuk menjual produknya. Kegiatan pengelolaan tersebut meliputi penentuan target pasar, pendataan konsumen, penentuan harga, serta penetapan target penjualan. Sehingga dengan menerapkan hal ini, Ia dapat memperoleh hasil penjualan yang maksimal.
Konsep Manajemen Pemasaran
1.       Konsep Produksi
Perusahaan yang mengadopsi konsep ini, berfikir bahwa barang maupun jasa yang dihasilkan haruslah murah, sehingga bisa dibuat kapan saja dan di mana saja agar tidak terjadi masalah dalam penjualan. Secara tidak langsung, perusahaan ini mencoba  manajemen pemasaran melalui upaya penurunan biaya produksi dan penguatan sistem distribusi.
2.       Konsep Produk
Perusahaan yang menggunakan konsep ini memercayai bahwa kualitas barang maupun jasa yang dihasilkan perusahaan haruslah bagus, sehingga mudah menarik konsumen. Konsep manajemen pemasaran ini, mungkin bisa diterima oleh sebagian konsumen, namun kita tidak boleh lupa, kualitas yang bagus pasti memengaruhi harga, sedangkan bagi sebagian konsumen, harga yang murah masih menjadi tujuan utama untuk membeli barang.
3.       Konsep Penjualan
Perusahaan yang menggunakan konsep ini berpikir bahwa pelanggan tidak boleh dibiarkan sendirian. Perusahaan harus mengarahkan konsumen dengan sebuah teknik penjualan yang harus dipikirkan, karena barang tidak dibeli tetapi barang harus dijual. Dalam konsep manajemen pemasaran ini, perusahaan harus memikirkan usaha penjualan untuk memengaruhi konsumen membeli produknya.
4.       Konsep Pemasaran
Perbedaan antara penjualan dan pemasaran adalah, penjualan lebih menekankan pada produk yang dijual, sedangkan pemasaran lebih tertuju kepada keinginan dan kebutuhan konsumen. Perusahaan yang menggunakan konsep pemasaran menganggap bahwa kepuasan konsumen adalah segalanya, sehingga barang atau jasa yang dihasilkan harus sesuai kebutuhan mereka.
5.       Konsep Pemasaran Umum
Konsep ini menekankan tidak hanya pada kepuasan konsumen tapi juga memerhatikan manfaat bagi orang lain. Sebagai contoh, jika suatu perusahaan menghasilkan mobil yang rendah bahan bakar tapi menyebabkan polusi. Hal ini hanya membuat konsumennya puas, tapi masyarakat tidak menerima manfaatnya.
Perencanaan Strategi Pemasaran
Strategi Pemasaran (Marketing Strategy) adalah proses menentukan target pasar dengan strategi bauran pemasaran yang terkait dimana:
1.       Target Market; adalah sekelompok pelanggan homogen atau pasar yang ingin dilayani permintaannya oleh perusahaan.
2.       Bauran Pemasaran (Marketing Mix); adalah variabel-variabel yang disusun oleh perusahaan dalam rangka untuk memuaskan target market tersebut. Marketing Mix adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yaitu : produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem saluran distribusi.

Strategi Pemasaran 
1.       Penentuan pasar
2.       Perencanaan Produk
3.       Penenuan Harga
4.       Distribusi
5.       Komunikasi dan promosi produk
Kesimpulan
manajemen pemasaran adalah sebagai kegiatan yang direncanakan, dan diorganisasiknan yang meliputi pendistribusian barang, penetapan harga dan dilakukan pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan yang telah dibuat yang tujuannya untuk mendapatkan tempat dipasar agar tujuan utama dari pemasaran dapat tercapai.
Daftar Pustaka
Admin, 2018. Manajemen Pemasaran 2. Rocketmanajemen.com. dalam http://rocketmanajemen.com/manajemen-pemasaran-2/. Diunduh 25 Juni 2018
Ciku, 2009. Definisi Pemasaran dan Manajemen  Pemasaran. Ciku.tyepad.com. dalam  http://ciku.typepad.com/blog/2009/12/definisi-pemasaran-dan-manajemen-pemasaran.html. Diunduh 25 Juni 2018
Heriyana, 2018. Manajemen Pemasaran. Mindmeister.com. dalam https://www.mindmeister.com/462915236/manajemen-pemasaran. Diunduh 25 Juni 2018
Rahmani, 2017. Konsep Penting dalam Manajemen Pemasaran. Jurnal.id. dalam https://www.jurnal.id/en/blog/2017/5-konsep-penting-dalam-manajemen-pemasaran. Diunduh 25 Juni 2018
Rinaldi, Ferry 2015. Manajemen Pemasaran Konsep Orientasi. Kembar.pro. Dalam https://www.kembar.pro/2015/05/manajemen-pemasaran-konsep-orientasi.html. Diunduh 25 Juni 2018


3 komentar:

  1. Erice Prastya
    41915110011

    Manajemen pemasaran sangat diperlukan dalam keberlangsungan sebuah perusahaan. Artikel ini memberi wawasan bagaimana memanajemen pemasaran.

    BalasHapus
  2. Ali Arridho
    41817110003

    Pasar terdiri dari semua pelanggan potencial yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu yang sama, yang mungkin bersedia dan mampu melaksanakan pertukaran untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan itu.

    BalasHapus
  3. Anang Suryana
    41217110077

    Cukup lengkap dan semoga bermanfaat kepada para pembaca..

    Akan lebih baik lagi apabila disertakan pula contoh bagaimana strategi pemasaran yang tepat dalam memulai sebuah bisnis..

    BalasHapus