Kamis, Juli 12

Memanfaatkan Manajemen Sumber Daya Manusia Menjadi Berkualitas


Memanfaatkan Manajemen Sumber Daya Manusia Menjadi Berkualitas



ABSTRAK
Artikel ini di buat untuk lebih bisa memanfaatkan manajemen sumber daya manusia apa adanya menjadi berkualitas, Manajemen Sumber Daya Manusia adalah sebuah ilmu atau cara untuk mengatur bagaimana hubungan serta perananan tenaga kerja (sumber daya / obyek utama) secara efektif dan efisien sehingga dapat dimaksimalkan untuk mencapai tujuan bersama, baik perusahaan, karyawan maupun masyarakat. cara manajemen dalam memulai usaha bisnis , dan kita harus siap dengan mental yang di perlukan untuk memulai nya. menunjukan bahwa setiap orang mempunyai pola pikir kreatif dan selalu berinovasi,  kreativitas. 

PENDAHULUAN
Artikel ini berupaya untuk memberikan bagaimana proses ide kreativitas  untuk pembisnis dan dapat di kembangkan untuk kedepannya.  Secara umum manajemen sumber daya manusia memiliki fungsi yang sama dengan fungsi manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasia, kepempimpinan - pengarahan dan pengendalian. Sumber daya manusia merupakan potensi atau asset dan berfungsi sebagai modal bersifat non material di dalam suatu organisasi bisnis yang dapat di wujudkan menjadi potensi nyata secara fisik dan non fisik dalam mewujudkan eksistensi organisasi.


Rumusan Masalah
1.      Apa itu manajemen sumber daya manusia ?
2.      Apa fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia ?
3.      Apa itu Manajemen operasi dan produksi ?








PEMBAHASAN

A.    Apa itu manajemen sumber daya manusia
Sonny Sumarsono :“ SDM sebagai manusia yang mampu atau manusia produktif di mana dapat memberikan jasa tersebut. SDM sering dikaitkan dengan manejemen atau Manajemen SDM”.

“Manajemen sumber daya manusia ialah sebuah proses yang memiliki bagian atas perencanaan, kepemimpinan, pengorganisasian, dan pengendalian dalam kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan, pengadaan, pengembangan, promosi, kompensasi, evaluasi, juga pembuatan keputusan kerja hingga mencapat tujuan yang telah ditetapkan.” – Panggabean.

Sementara menurut para ahli:
Veitzal, manajemen sumber daya manusia adalah salah satu bidang dari manajemen umum yang terdiri dari segi-segi perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, dan pengendalian.
           
B.     Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia
1.      Staffing (Mengatur Keanggotaan)
staffing atau mengatur keanggotaan. Dalam fungsi ini ada tiga kegiatan penting yang termasuk yaitu perencanaanpenarikan, juga proses seleksi.
Fungsi manajemen sumber daya manusia ini berperan penting untuk menentukan kualitas sumber daya manusia dalam perusahaan-perusahaan.
Agar mendapatkan pekerja yang sesuai kriteria, dapartemen sumber daya manusia biasanya melakukan serangkaian kegiatan seperti wawancara, tes keahlian, dan menyelidiki latar belakang orang tersebut.
2.      Evoluasi
Manajemen sumber daya manusia mempunyai fungsi lain yaitu evaluasi. Evaluasi di sini termasuk dalam melakukan pelatihan juga penilaian. Dapartemen sumber daya manusia wajib bertanggung jawab akan pengadaan sumber daya manusia dalam perusahaan tersebut.
3.      Penggantian dan Kepuasan
Masuk ke fungsi berikutnya yaitu penggantian atau kepuasan. Atau juga dapat kita ucap sebagai ‘reward’. Fungsi manajemen sumber daya manusia ini berurusan dengan penggatian akan kinerja yang telah dilakukan oleh para sumber daya manusia di mana berhubungan juga dengan kepuasan yang diterima perusahaan.
4.      Pelatihan dan Penasehat
fungsi sebagai pelatih sekaligus penasehat. Pihak dapartemen bertanggung jawab untuk membantu pihak manajer dalam membuat program-program pelatihan baik untuk calon karyawan, karyawan baru, atau juga karyawan lama demi menghasilkan kinerja yang lebih berkualitas.
5.      Membangun Relasi
membangun relasi. Manajemen sumber daya manusia berperan penting juga memiliki tugas untuk membangun relaasi seperti melakukan negosiasi dengan pihak perserikatan pekerja.
6.      Menciptakan Kondisi Aman dan Sehat
Manajemen sumber daya manusia mempunya fungsi yang keenam yaitu sebagai pencipta kondisi yang aman dan sehat. Aman dan sehat maksudnya menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan beresiko seperti kecelakaan yang dialami perkerja.
7.      Mendalami Masalah
Fungsi ini bertujuan mencari masalah dan solusi-solusi agar semua yang direncanakan tetap berjalan lancer tanpa ada hambatan.
8.      Pengintegrasian
Maksudnya dari integrasi di sini ialah menyatukan kepentingan perusahaan dengan kebutuhan karyawan. Kalau integrasinya bagus tentu kerjasama akan lebih menguntungkan lagi untuk kedua pihak.
9.      Pemeliharaan
Karyawan merupakan sumber daya yang sangat penting, dalam pemeliharaan ini ditujukan untuk meningkatkan kondisi fisik, mental maupun loyalitas karyawan supaya kerjasama semakin terjaga.
10.  Pemberhentian
Yang ini biasa disebut PHK atau Pemutusan Hubungan Kerja. Seperti namany, untuk memutus atau mengakhiri kontrak atau hubungan kerja antar perusahaan dengan karyawan yang biasanya disebabkan oleh suatu hal yang menyebabkan hak dan kewajiban antar perusahaan dengan karyawan berakhir.
C.    Manajemen Operasi Dan Produksi
Manajemen Produksi terdiri dari dua kata, yaitu manajemen dan produksi. Terdapat beberapa pengertian manajemen yang pada dasarnya adalah usaha untuk mencapai tujuan yang dilakukan dengan cara mengkoordinasikan kegiatan orang lain melalui perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan.
Manajemen Operasi adalah serangkaian aktivitas yang menghasilkan nilai dalam bentuk barang dan jasa dengan mengubah input menjadi output. Sehingga manajemen operasi adalah penerapan ilmu manajemen untuk mengatur kegiatan operasi secara efektif dan efisien.

Kesimpulan
Sumber daya manusia merupakan sumber daya yang akan selalu ada, dan dipergunakan untuk membantu mengelola sumber daya lain atau membantu memperlancar segala aktifitas, baik aktifitas sehari-hari maupun aktifitas bisnis, dan dari aktifitas tersebut akan dibagikan bagiannya masing-masing. Maka itu kami mmemberikan kesimpulan, segala aktifitas jika tidak  ada sumber daya manusia, maka tidak akan membuahkan hasil.

Daftar Pustaka


               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar