Selasa, Juli 3

Mensejahterakan Pegawai dalam Manajemen SDM


Abstrak

Perusahaan dalam melaksanakan produksinya, diperlukan suatu Sumber Daya Manusia (SDM) untuk melakukan keberlangsungan Perusahaan tersebut, maka dari SDM perlu adanya manajemen. dalam upaya pengaturan dan pengkoordinasian dalam mensukseskan produksi dan pemasaran

Kata kunci:
manajemen SDM, Perusahaan
RumusanMasalah
       Apakah definisi dari Manajemen Sumber Daya Manusia,dalam upaya keberlangsungan Perusahaan

Pembahasan
Landasan Teori
“Manajemen Sumber Daya Manusia  berarti mengatur, mengurus SDM berdasarkan visi perusahaan agar tujuan organisasi dapat dicapai secara optimum” (Anonymous)
Perusahaan harus mampu menempatkan SDM kedalam struktur organisasinya, sesuai dengan keahlian SDMnya, tidak hanya itu saja, mampu menelaah sikap dari pegawai tersebut, secara umum ada 2 pekerjaan utama yang akan diemban oleh pegawai tersebut

1.     PRODUKSI
Dalam kaitannya  Produksi memerlukan Manajemen atau yang disebut Manajemen  Produksi yaitu kegiatan atau usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan dengan menggunakan /koordinasi kegiatan orang lain.
Organisasi yaitu alat untuk mencapai tujuan dalam manajemen.
Manajemen Produksi yaitu kegiatan untuk mengatur dan mengkoordinasikan penggunaan sumber-sumber daya.
Produksi diartikan sebagai suatu kegiatan yang mentransformasikan masukan(input) menjadi keluaran(output).

Produksi dimaksudkan sebagai kegiatan pengolaha dalam pabrik, yang hasilnya berupa barang konsumsi dan barang produksi.





2.     PEMASARAN 
Menurut Kotler (2004:7), “Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalam individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.”
Proses untuk menawarkan ataupun mengenalkan produk yang menjadi kebutuhan masyarakat.
Perlu adanya strategi dalam upaya pemasaran

Berikut ini macam-macam strategi pemasaran properti yang tepat :
1. Memasarkan via online
    Pada saat ini, bisnis properti online mulai banyak peminatnya. Anda dapat menginformasikan produk Anda, memasang iklan bari ataupun banner di situs online lainnya, berbagai informasi mengenai perkembangan bisnis properti di forum-forum online. Pada saat ini pemasaran online banyak dilakukan karena hampir semua orang melakukan pembelian via online.
2. Memilih Tempat Strategis
    Kriteria pemilihan tempat strategis ini harus menyesuaikan dengan target sasaran serta kemudahan untuk menjangkaunya. Misalnya, jika Anda memutuskan untuk menjual kebutuhan perlengkapan anak kos, maka berjualan di dekat area kampus atau tempat sekolah akan membuat kemungkinan produk Anda cepat laku dan terlihat.
3. Strategi Open House
    Strategi open house untuk menciptakan kepercayaan kepada konsumen. Konsumen lebih tertarik untuk mengunjungi langsung lokasi hunian yang ditawarkan sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk membeli produk tersebut.


Kesimpulan
Dari definisi – definisi yang telah dikemukakan diatas, dapat disimpulkan bahwa Manajemen Sumber Daya Manusia yang baik akan menghasilkan  Operasi dan Produksi merupakan serangkaian proses dalam menciptakan barang dan jasa atau kegiatan mengubah bentuk dengan menciptakan atau menambah manfaat suatu barang dan jasa yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, dapat mengenalkan produk anda secara baik dan benar kepada masyarakat


Daftarpustaka
·         Rahman, Abd. 2011. JurnalPengaruhManajemenSumberdayaManusiaStrategidanManajemenTransformasiTerhadapKeunggulanBersaing. Vol 08, No 03.
·         Alwi, S. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia: Strategi keunggulan Kompetitif. Badan Penerbit Fakultas Ekonomi: Yogyakarta.
·         Gomes, Faustino Cardoso. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kelima. Penerbit Andi Offset Yogyakarta.
·         Jauch, Lawrence R, Gluecke, William F, 1997. Manajemen Strategis dan kebijaksanaan Perusahaan. Erlangga, Jakarta.
·         Randall Schuler dan Jackson Susan. 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia Menghadapi Abad 21. Surabaya: Airlangga.

1 komentar:

  1. Nama : Mochamad Zakaria
    Nim : 41115120047

    Di indonesia sendiri banyak SDM yang berkualitas namun masih banyak yang belom terlihat bagi pemimpin perusahaan, dan bagaimana caranya seorang pemimpin bisa mendapatkan SDM itu ??

    Dan setiap orang mempunyai kebutuhan masing masing,, bagaimana seorang pemimpin bisa menjaga dan mensejahterakan SDM yang sudah di dapatkan agar bisa bertahan di perusahaan ,,

    BalasHapus