Kamis, Maret 28

Pola Pikir Menuju Sukses


mind map @M16-ARIS
Oleh : Aris Akbar Setiawan (@M16-ARIS)

Abstrak
            Kebanyakan orang ingin jadi orang yang sukses. Sayangnya, tidak semua orang berhasil. Ada banyak faktor yang membuat seseorang bisa lebih unggul dari orang lain, salah satunya adalah lewat pola pikir. Orang sukses punya pola pikir yang berbeda dari orang biasa. Penasaran dengan pola pikir orang sukses ?
Setiap orang memiliki impian untuk sukses, ada banyak orang yang berlomba untuk mendapatkan kesuksesan yang sesungguhnya. Hal pertama yang pasti mereka lakukan adalah melihat orang-orang yang sudah lebih sukses sebelumnya. Kemudian kita pasti penasaran dengan kisah hidup dan perjalanan mereka dalam menempuh kesuksesan. Baru setelah itu kita mencontoh bagaimana mereka bisa sukses dan mengikuti jejaknya. Bahkan tanpa kita sadari kita sering mengikuti pola pikir orang sukses.

Kata kunci : Pola, berfikir, sukses

Pembahasan
      Pola pikir adalah sikap mental bagaimana kita merespon kondisi. Ujungnya berdampak kepada tindakan. Pola pikir sukses akan menghasilkan tindakan-tindakan menjadi sukses dan kaya. Mau memiliki pola pikir yang menjadikan kita sukses? Atau kita tetap dengan pola pikir mandeg dan tidak berkembang?
A.   Berikut beberapa Pola pikir utama untuk menjadi sukses :

1.   Berfikir positif / Positive thinking
Berpikir positif disini artinya berpikir dan berharap bahwa hal-hal positif dan baik akan terjadi pada diri kita. Harus kita akui, dalam hidup, kita pasti kadang mengalami tantangan dan masalah. Semua orang saya rasa akan mengalami. Tetapi bedanya, dari pengamatan saya terhadap banyak orang, mereka yang sukses dan mendapat ‘nasib’ baik adalah orang yang memiliki pengharapan positif terhadap segala sesuatu.

Orang yang negatif, selalu berpikir keburukan yang bisa terjadi. Otak dan pikiran mereka penuh dengan prasangka negatif, berpikir segala sesuatu itu sulit, tidak mungkin dan mustahil. 
Jadi daripada Anda berkata  : “Saya gaptek, tidak mungkin saya sukses di bisnis online”
Lebih baik Anda berkata : “Saya gaptek, tapi itu karena belum biasa saja.  Saya juga mau sukses di bisnis online, bagaimana caranya ya?”
Anda bisa lihat bedanya orang yang berpikir positif dan negatif?
Coba renungkan dan refleksikan, apakah Anda tergolong orang yang sering berpikir positif atau lebih dominan berpikir negatif?
Jika Anda merasa lebih dominan yang negatif, sadari bahwa itu semua sebenarnya hanyalah program masa lalu Anda, yang terus Anda ulang-ulangi terus.
Putuskan untuk mengganti file atau CD pikiran negatif yang terus Anda putar, ganti dengan file atau CD pikiran positif yang lebih mendukung Anda untuk membuat perubahan dan menarik hal-hal positif dalam hidup Anda.
2.      Berani Gagal
Anda mungkin merasa mindset berani gagal itu aneh, kok orang disuruh berani gagal? Hal ini karena saya melihat  kebanyakan orang tidak sukses, seringkali karena mereka kurang banyak mengalami kegagalan. Mereka begitu takut mengalami kegagalan sehingga mereka takut dalam mencoba segala sesuatu. Mereka trauma dengan yang namanya kegagalan.
Padahal yang sebenarnya adalah
SETIAP ORANG SUKSES, PASTI PERNAH mengalami KEGAGALAN.
Hanya dengan memiliki keberanian untuk gagal, maka Anda berarti berani untuk sukses karena artinya Anda berani untuk memulai atau mencoba sesuatu yang baru. Dan saat Anda berani untuk mencoba sesuatu yang baru, Anda jadi punya peluang untuk sukses.
Saya kadang kasihan dan sedih melihat orang-orang yang sudah tahu bahwa apa yang dia lakukan selama bertahun-tahun,  tidak membawanya ke kesuksesan yang dia inginkan, tapi karena takut gagal, tidak berani untuk memulai atau mencoba sesuatu yang baru.
Jadi beranilah mengalami kegagalan, beranilah untuk memulai sesuatu yang baru. Saat mengalami kegagalan, tidak masalah, Anda belajar sesuatu dari situ dan coba lagi sesuatu yang baru. Itulah yang dilakukan semua orang sukses dalam hidupnya.
3.      Fokus
Yang harus Anda ingat adalah pikiran Anda SANGAT POWERFUL saat kita sedang FOKUS. Ingat tidak saat Anda kepepet dengan deadline sebuah project, pikiran Anda hanya memikirkan bagaimana menyelesaikannya tepat waktu. Anda begitu fokus sehingga kurang tidur pun tidak jadi masalah, dan akhirnya Anda bisa selesai tepat waktu. Ya itulah kekuatan dari sebuah FOKUS.
4.      Siap Kerja Keras
Untuk sukses, Anda perlu siap kerja keras. Siap lembur, siap kerja extra untuk meraih goal yang ingin Anda capai.
5.      Konsisten dan Sabar
Be Consistent!
Kita harus sabar saat hasil yang diharapkan belum berbuah. Evaluasi kerja, apa yang bisa diperbaiki. Ulangi dan lakukan lagi.
Be Patience!
Orang yang gagal, hampir seluruhnya tidak konsisten dengan kerjanya dan tidak sabaran saat hasil  yang diharapkan belum ada. Mereka tidak sadar, seberapa dekat mereka dengan kesuksesan, asal mau untuk konsisten dan sabar.
6.      Komitmen
Saat Anda sudah memutuskan  untuk melakukan sesuatu, ambillah komitmen untuk memastikan Anda akan melakukan hal tersebut, tidak peduli Anda sedang ingin/mood atau tidak untuk mengerjakannya. mereka akan membuat bagaimana caranya agar melakukan apa yang harus dilakukan. Ambil komitmen dan konsisten!
7.      Pantang Menyerah
Saat Anda sudah kerja keras, sudah komitmen, sudah konsisten, tetapi belum ada hasil, milikilah semangat untuk pantang menyerah. Memang mudah untuk menasehati orang lain untuk pantang menyerah, tetapi menjalaninya sendiri tidaklah gampang. Tidak mudah untuk pantang menyerah saat Anda tidak percaya dengan diri Anda sendiri.
A.    Ada beberapa aspek yang seragam dalam pikiran orang-orang sukses, antara lain;
  1. Bertumbuh
Ketika semua orang takut kehilangan apa yang ia miliki, sebaliknya, orang sukses berpikir berbeda. Mereka justru berpikir mendapatkan sesuatu lebih banyak untuk dirinya sendiri. Ini adalah salah satu alasan mengapa orang kaya akan menjadi semakin kaya adalah karena mereka fokus dengan pertumbuhan mereka sendiri.
  1. Menghormati Diri Sendiri
Orang sukses membuat sebuah komitmen yang condong kepada diri sendiri dari pada ke orang lain. Ini adalah salah satu hal yang berkaitan dengan mengikuti segala yang mereka katakan, itu akan membuat mereka dapat diandalkan. Sebagian besar manusia membuat komitmen dengan menipu diri sendiri. Kebalikannya, orang sukses tidak melakukannya.
  1. Visi yang Jelas
Bertanyalah pada orang biasa, “Apakah yang di inginkan dalam hidup ini? Mengapa mereka bekerja sangat keras?”. Orang-orang awam tidak akan spontan memberikan alasan. Mereka akan berpikir dahulu baru menjawab, jawabannya pun klasik. Namun berbeda dengan orang sukses, mereka akan memberi jawaban yang jelas dengan spesifik, dan akan menjelaskan tanpa henti tanpa berpikir panjang.
  1. Tanggung Jawab yang Besar
Berbeda dengan orang biasa yang cenderung membebani orang lain dan menyalahkan diri sendiri karena kesalahannya, orang sukses akan mengambil semua tanggung jawab yang mereka rasa mereka bisa ambil.
Dalam tiap tanggung jawab yang diambil, pastinya ada resiko yang terjadi. Jika sesuatu hal terjadi, kemungkinan besar ini adalah salah dari diri mereka sendiri. Dengan melakukan hal tersebut, mereka sering membebani diri sendiri, namun mereka akan lebih sering belajar untuk mengatasi setiap masalah dalam kehidupan mereka. Dalam pemikirannya; “Aku yang mengendalikan diriku sendiri. & aku akan mewujudkannya jika hal tersebut tidak terjadi dengan sendirinya.”
  1. Menjadi Seseorang yang Positif
Ini adalah salah satu hal yang terpenting dan faktor terbesar dalam pemikiran/ mindset yang harus dimiliki seorang yang sukses. Jika kegagalan terjadi, mereka memiliki kemampuan untuk bangkit lagi, dan memiliki pikiran terbuka dengan hati yang mudah menerima keadaan. Pesimis dan berpikiran negatif tidak akan menjadikan suasana menjadi lebih baik, bahkan menjadi lebih terpuruk.
Dalam pandangan orang sukses, hidup mereka akan lebih baik jika berpikir positif dan bahagia.
Apa yang kita tanam dalam diri itulah yang akan muncul, seperti halnya negatif dan positif, jika kita menanam hal yang positif maka yang muncul adalah sesuatu hal yang positif pula.
  1. Tidak Takut untuk Mencoba
Orang sukses sendiri tidak akan takut untuk mencoba. Banyak sekali perbedaan pandangan orang tua zaman dulu dan sekarang. Contohnya saja dalam hal pendidikan; orang tua zaman dulu berharap anaknya dapat belajar dengan giat dan rajin agar nilai lebih baik, karena nilai adalah salah satu faktor dari kesuksesan. Namun orang zaman sekarang berpikir, jika anak hanya perlu ijazah untuk menjadi sukses karena anak yang pintar akan mengetahui resiko.
Anak zaman sekarang lebih takur mencoba sesuatu hal yang baru karena mereka tidak berani mengambil resiko yang ada. Namun tidak ada yang namanya kesuksesan tanpa adanya kegagalan. Jika kita gagal 100 kali maka coba lah 101 kali.

B.     Berikut ini adalah contoh pola pikir para orang sukses dunia yang patut kita teladani.
1.                Berfikir besar dan bermimpi besar (Think big, dream big )
Orang sukses dunia mereka memiliki pola pikir yang sangat maju, mereka berani berpikir besar, berani bermimpi besar yang pada akhirnya membawa mereka pada sebuah tempat dan zaman yang benar-benar sesuai dengan impian mereka. Jadi bila Anda ingin menjadi sukses seperti para orang berhasil dunia, jangan pernah batasi pikiran Anda untuk berpikir yang besar, jangan takut untuk bermimpi. Karena semua keberhasilan dimulai dari pikiran dan mimpi yang besar.
2.      Action
Setelah memiliki impian dan pikiran yang besar, biasanya tokoh dunia yang sukses pun segera mengambil langkah untuk mewujudkan apa yang telah menjadi impian mereka. Mereka semua melakukan aksi nyata, jadi bukan hanya dalam bentuk impian dan pikiran. Sama halnya dengan kita, bila kita sudah memiliki impian yang jelas, kini saatnya Anda mengambil langkah nyata untuk mewujudkan apa yang Anda inginkan.
3.      Dare to be different
Dan yang terakhir adalah jangan pernah takut memiliki perbedaan, berani tampil beda merupakan salah satu hal yang dimiliki oleh orang sukses. Pola pikir orang sukses, Orang sukses tidak pernah memiliki hal yang sama dengan orang kebanyakan pada umumnya. Itulah mengapa mereka selalu memiliki perbedaan dan tidak pernah takut untuk berbeda dari yang lainnya.

Daftar Pustaka



Tidak ada komentar:

Posting Komentar