Minggu, Maret 24

Pola Pikir Positif Membawa Perubahan

Dibuat Oleh : @M18-NOFIYANTO

Abstrak : Kita akan membahas tentang pola pikir,tetapi sebelum nya kita harus tau,Apa itu pola pikir?? Pola pikir adalah cara menilai dan memberikan kesimpulan terhadap sesuatu berdasarkan sudut pandang tertentu. Perbedaan pola pikir seseorang disebabkan oleh bedanya jumlah sudut pandang yang dijadikan dasar, landasan atau alasan.Bayaknya sudut pandang seseorang untuk berpikir dipengaruhi oleh emosi (mentality), pendidikan dan pengalaman. Hal ini yang menjadi tolak ukur tinggi rendahnya kedewasaan seseorang.Banyak definisi tentang pola pikir yang mungkin kita ketahui, walaupun pada intinya merujuk pada suatu kesimpulan yang sama. Pola adalah bentuk atau model. Dengan demikian pola pikir itu sebenarnya adalah bentuk pikir atau cara kita berpikir yang disebut “ Mindset “. Kata Mindset terdiri atas dua kata yakni “mind” dan “set”. ”Mind” merupakan sumber pikiran dan memori atau pusat kesadaran yg menghasilkan pikiran, perasaan, ide, dan menyimpan pengetahuan dan memori tentang segala macan hal-hal yang pernah dilakukan sendiri maupun kejadian apa saja yang dibaca, dilihat, dan dilakoni diri sendiri maupun orang lain. Sedangkan set adalah kepercayaan-kepercayaan yang mempengaruhi sikap seseorang; atausuatu cara berpikir yang menentukan perilaku dan pandangan, sikap dan masa depan seseorang.

Kata Kunci : Pola pikir, Mindset, Kesuksesan


Pola pikir : adalah kepercayaan atau sekumpulan kepercayaan atau cara berpikir yg mempengaruhi prilaku dan sikap seseorang yg akhirnya menentukan level keberhasilan hidupnya.

Mindset seseorang sangatlah berbeda-beda,Namun mindset tersebut bisa diubah dari waktuke waktu,Mengubah Midset yang ada pada diri kita tidaklah mudah,kita dapat mengubah midset kita dengan cara mempengaruhi komponen pembentuk mindset yaitu pengetahuan dan pengalaman.

Jenis-jenis Pola Pikir : 

1.POLA PIKIR PERFEKSIONIS.PRIBADI yang menilai dirinya begitu tajam sehingga sekilas pribadinya tidak berani mencoba sesuatu yang tidak dikuasai dengan sangat sempurna.

2. POLA PIKIR OBSESIF.Mengingat terus menerus sesuatu yang menakutkan sehingga menteror diri sendiri sampai rasa takut itu menjadi jauh lebih besar dari dirinya sendiri dan akhirnya berhenti sambil meyakini bahwa semuanya adalah malapetaka.

3. POLA PIKIR PESIMIS.PRIBADI yang meyakini bahwa dirinya telah dikutuk. Bagaimanapun kerasnya berusaha tapi yang datang selalu hal yang kurang menguntungkan. Pribadinya tidak mampu melihat atau peduli akan keberhasilan yang diraih karena dirinya memilih untuk hanya selalu melihat pada kegagalan.

4. POLA PIKIR KETERGANTUNGAN PADA ORANG LAIN.Pribadinya sangat ingin untuk bebas tapi dilain pihak merasa bahwa hanya orang lain yang dapat menyelamatkannya. Ia berpikir bahwa mereka mencintainya karena mereka telah menyelamatkannya. Ia merasa takut kehilangan hubungan baik yang telah lama dibina.

5. POLA PIKIR BIROKRAT / DOGMATIK.Memaksakan kehendaknya untuk mengikuti aturan dan merasa yang paling tahu segalanya tapi kita juga dapat mempunyai pola pikir yang baik dan konstruktif.

6. POLA PIKIR OPTIMIS.Pribadinya percaya bahwa tidak ada sesuatu yang tidak mungkin. Semua dapat dilakukan secara bertahap, biar lambat asal selamat maka kita akan berhasil melakukan sesuatu yang teramat sulit

7. POLA PIKIR REALISTIS.Dapat mengalahkan rasa takut dan hal-hal negatif dan melihat sesuatu tanpa menggunakan emosi lalu membuat rencana secara bertahap dengan penuh rasa percaya diri

8. POLA PIKIR TAOISME.
Hitam tidak selalu jelek dan putih tidak selalu baik.Sesuatu yang jelek dapat sangat bermanfaat jika ada pada situasi yang tepat., dan sesuatu yang kelihatannya baik mungkin dapat mencelakakan. Pribadinya selalu berada dijalur tengah, berjalan dengan sendirinya tanpa diatur, tanpa emosi, menerima apa adanya tanpa penyesalan.

Boedijaeni.2009 website


Tidak ada komentar:

Posting Komentar