Jumat, Maret 29

Setting Pola Pikir


Oleh: Rofiqoh Awaliyah (M22-Rofiqoh)

Abstrak Apakah yang dimaksud pola pikir? Pentingkah dalam kehidupan kita? Apakah kita dapat menjalani hidup tanpa pola pikir? Apakah pola pikir mempengaruhi tanggapan seseorang pada suatu hal tertentu? Apakah yang membuat setiap manusia mempunyai pemikiran yang berbeda satu sama lainnya? Semua ini berhubungan dengan cara kita berpikir.


Kata Kunci: Pola Pikir, Motivasi Sukses

Pernah kalian sadari bagaimana pendapat kalian bisa berbeda dengan orang lain? Bagaimana pandangan kalian dapat berbeda dengan pandangan orang lain? Bagaimana cara kalian berpikir dan bagaimana pula cara orang berpikir. Itu semua terjadi karena setiap orang memiliki pola pikir yang berbeda.

Dalam buku Mindset Therapy, Andreas Harefa (2010) mengatakan bahwa pemahaman tentang pola pikir akan membantu siapapun untuk memahami setiap respons dan penapsiran mereka untuk memahami situasi yang dihadapinya adalah hasil pembelajaran dimasa lalu. Dengan demikian pola pikir dapat diperbaiki atau diubah total.

Maksudnya adalah pola pikir dapat terbentuk dengan sendirinya, ini bisa dipengaruhi oleh pengalaman hidup mereka sendiri. Apakah kalian tau peribahasa yang berbunyi jatuh dilubang yang sama. Tidak sedikit orang yang mengalami hal tersebut, ketika hal tersebut sudah terjadi. Apa yang tertanam dalam pikiran kita untuk pertama kalinya adalah mencegah hal tersebut terulang lagi. Dengan begitu, ketika kita sudah memahami situasinya akan tersetting pula dengan sendirinya respons dan penapsiran untuk menjauhi hal tersebut terjadi lagi. Misalnya dalam konteks kehidupan, ada seorang anak yang semasa SDnya bodoh namun ketika sudah besar mereka menjadi seorang dokter. Pertannyannya adalah bagaimana bisa? Kenapa? Pola pikir bukanlah hal yang statis seperti mesin, pola pikir dapat diubah karena terdapat hal-hal yang mendorong untuk membuat suatu pola pikir tersebut berubah kearah yang lebih baik.

Berdasarkan riset-riset (Ang & Dyne, 2008; Fujitta, Gollwitzer & Oettigen, 2007; Gupta & Govindarajan, 2002; Pikens, 2005; Story & Barbuto, 2011) dalam Jurnal Psikologi, Saputri dan Himam (2015), didapati bahwa mindset merupakan konsep pada psikologi kognitif yang berfokus bagaimana seseorang memahami dunia, beradaptasi, berinteraksi dan berperilaku sesuai dengan lingkungan dan budaya yang baru. Mindset penting dimiliki oleh seseorang yang berwirausaha agar mampu berintegrasi (ability) dan terbuka (openness) terhadap market dan culture yang berbeda. Selain itu, seorang yang berwirausaha harus menumbuh kembangkan mindset kewirausahaan. 

Sedangkan menurut Ramadhani (2007), wirausaha adalah seseorang yang melakukan suatu usaha untuk mendapatkan keuntungan dimana dalam prosesnya bisa menciptakan sesuatu yang kreatif inovatif dan memiliki manfaat lebih. Wirausahawan atau seorang wirausaha juga harus memiliki karakter yang unik dan melekat pada dirinya seperti kepercayaan diri. Sehingga dapat membuat seseorang memiliki ambisi lebih untuk mencoba sesuatu yang sebelumnya belum pernah di coba.

Dengan demikian definisi pola pikir pengusaha sukses adalah setiap pola pikir, kebiasaan dan tindakan yang berorientasi kepada aktivitas dengan inovasi kreatif dan pengembangan usaha, bisnis atau produk baru. Pola pikir terbentuk dari pembelajaran, karena asal muasalnya tersebut pola pikir juga dapat di ubah dan dapat dibentuk kembali. Untuk mempelajarinya kita dapat lihat pengalaman pengusaha-pengusaha yang sudah sukses dalam menjalankan usahanya. Ada beberapa pola pikir untuk pengusaha sukses diantaranya adalah:

1.      Tidak mudah menyerah. Memperkuat kepercayaan dan alasan mengapa ingin menjadi pengusaha.
2.      Bangkit dan belajar dari kesalahan. Kegagalan merupakan sarana untuk belajar dan memperbaiki diri.
3.      Bertanggung jawab untuk setiap keputusan. Membiasakan untuk mengambil keputusan yang dapat meningkatkan kualitas hidup.
4.      Mempunyai visi jangka panjang yang kuat. Sebagai pendorong untuk bekerja keras setiap hari dan untuk tidak menyerah.
5.      Mempunyai Fokus. Untuk meningkatkan kemampuan serta keahlian pada suatu bidang.
6.      Melihat peluang dibalik masalah. Menemukan solusi untuk dijadikan peluang.
7.      Berani mengambil resiko.

Kesimpulan
Pola pikir merupakan hal yang dapat diubah. Maka dari itu manusia dapat melakukan perubahan menjadi lebih baik dimasa depan. Salah satunya dengan mengubah pola pikir yang tidak baik menjadi baik, yang baik menjadi lebih baik. Dengan begitu kita dapat meraih kesuksesan, karena pola pikir adalah hal utama yang menjadi pengaruh kesuksesan.

Daftar Pustaka

Saputri, Rizky K. dan Himam, F. 2015. Mindset Wanita Pengusaha Sukses. Jurnal Psikologi. Vol. 42, NO. 2, Agustus 2015: 157 – 172 https://journal.ugm.ac.id/jpsi/article/download/7170/5615

Ramadhani, Niko. 2017. Apa Itu Wirausaha? Berikut Devinisi dan Tujuannya https://uangteman.com/blog/bisnis/apa-itu-wirausaha/

Firman. 2017. 7 Mindset Pengusaha Sukses dan Cara Membangunnya https://idntrepreneur.com/7-mindset-pengusaha-sukses-dan-cara-membangunnya


2 komentar:

  1. NAMA : YORGI GANDA

    NIM : 41916120058

    artikelyang dapat mengubah polapokir kita untuk kedepannya sehingga menjadi lebih baik dan memotivasi pada diri kita yang membacanya.

    BalasHapus
  2. Nama : Ratu Nasia Nastashia Sakina
    NIM : 41118110154

    Dengan mengubah pola pikir menjadi lebih baik, kita akan mampu menuju ke hal yang lebih baik. Tentunya pikiran positif akan membawa diri kita pada hal yang positif.

    BalasHapus