Kamis, April 4

Berwirausaha Dengan Kreatif dan Inovatif

Oleh : Aris Akbar Setiawan (@M16-ARIS)


Abstrak


Untuk berwirausaha, inovasi dan kreativitas adalah hal yang perlu dimiliki dan dikembangkan dalam diri seorang wirausahademi perkembangan dan kesuksesan sebuah usaha. Kedduanya sering kali dipandang hampir serupa. Inovasi dan kreativitas merupakan inti dari kewirausahaan. Pada dasarnya sebuah inovasi dalam berusaha adalah kemampuan untuk menerapkan solusi kreatif terhadap masalah dan peluang untuk meningkatkan atau mempeerbaiki kinerja usaha. Sedangkan kreativitas dapat di pandang sebagai kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru untuk menemukan cara-cara baru dalam melihat masalah dan peluang.

Kata Kunci : Kreatif, inovatif

Pembahasan
        Kreatif dan inovatif adalah karakteristik personal yang terpatri kuat dalam diri seorang wirausaha sejati. Bisnis yang tidak di landasi upaya kreatif dan inovatif ddari seorang wirausaha biasanya tidak dapat berkembang abadi.
            Arti dari kata kreatif sendiri adalah menciptakan sesuatu yang berbeda dari yang lain, atau menghubungkan hal-hal yang tadinya tidak berhubungan. Sedangkan arti dari kata inovatif adalah menciptakan sesuatu yang belum pernah ada menjadi ada atau menciptakan sesuatu yang sama sekali berbeda. Hal-hal itulah yang sejatinya diperlukan para wirausahawan. Yang dimaksud dengan wirausahawan adalah pengusaha, tetapi tidak semua pengusaha adalah wirausahawan.
            Ada dua aspek penting pada kreatifitas yaitu proses dan manusia. Proses yang berorentasi tujuan, yang di desain untuk mencapai solusi suatu permasalahan. Sedangkan manusia merupakan sumber daya yang menentukan solusi. Proses tetap sama, namun pendekatan yang digunakan dapat bervariasi. Antara wirausahawan yang satu dan yang lainnya pastilah melakukan cara atau strategi yang berbeda-beda dalam membangun bisnisnya. Cara atau strategi inilah yang menentukan hasil akhir yang dihasilkan. Semakin kreatif orang tersebut menggunakan peluang yang ada, maka semakin baik pula hasil dari bisnis yang mereka jalankan.
            Berikut 6 kiat jitu agar Kamu bisa menjadi pribadi kreatif dan inovatif.
1. Buka Mata, Buka Telinga
Coba untuk peka terhadap lingkunganmu, lihat sekeliling Kamu untuk mencari referensi baru. Jangan lupa juga untuk bersosialisasi dan mendengar masukan ataupun ide dari teman-teman yang Kamu punya.
2. Belajar dari Orang Kreatif
Yup, jangan malu untuk berkenalan dengan orang baru dan mencoba untuk belajar dari orang-orang kreatif. Kamu pun bisa mendapatkan berbagai pelajaran saat berkumpul bersama orang-orang kreatif, seperti cara berpikir mereka atau cara mereka berkreasi.
3. Bergerak Aktif
Menjadi orang kreatif, Kamu semakin dituntut untuk bergerak aktif. Jangan hanya diam saja menunggu datangnya ide, tapi cobalah untuk memikirkan inovasi baru kapan pun dan di mana pun. Kamu pun bisa coba untuk bergerak ke mana pun yang Kamu mau untuk mencari ide yang lebih baru lagi.
4. Tuangkan Semua Ide
Tulis semua ide yang Kamu punya, jangan takut jika ide yang kamu tuangkan belum begitu bagus. Kamu bisa memikirkan ide setiap saat sehingga jangan lupa juga untuk menulisnya ketika ada ide yang tiba-tiba terlintas di benakmu.
5. Percaya Diri
Ini kunci yang harus Kamu miliki untuk menjadi sosok yang kreatif dan inovatif. Ketika Kamu memiliki ide yang ‘Out Of The Box’, Kamu tidak perlu takut untuk mengeluarkan ide yang Kamu punya di depan umum. Jadi, jangan minder ya untuk memberi tahu ide-ide kreatif yang Kamu punya.
6. Mulai beraksi

Daftar kaPusta
  1. http://pmct.co.id/pentingnya-inovasi-dan-kreativitas-dalam-berwirausaha/
  2. https://magfood-amazy.com/2018/01/09/kreatif-inovatif-kunci-sukses-wirausaha/
  3. https://www.liputan6.com/showbiz/read/2455802/6-kiat-jitu-menjadi-pribadi-kreatif-dan-inovatif
  4. http://bbs.binus.ac.id/business-creation/2018/04/kreatif-dan-inovatif-dalam-berwirausaha/
  5. https://www.kompasiana.com/www.dhanasaputra.com/552887946ea8346d018b457c/berfikir-kreatif-dan-inovatif


Tidak ada komentar:

Posting Komentar